Senin, 26 Januari 2015

Wajah Baru Kereta Api Majapahit

Sekarang liburan tidak lagi menjadi barang mewah . Namun sekarang liburan menjadi kebutuhan masyarakat kota besar. Liburan yang dahulu menjadi barang mewah kini menjadi kebutuhan sekunder. Penatnya rutinitas membuat orang ingin melepaskan diri sesaat dari kejenuhan dengan liburan.


Banyak moda transportasi yang digunakan untuk liburan. Selain kendaraan pribadi dan pesawat, kereta api menjadi salah satu pilihan alat transportasi untuk mencapai tempat liburan. Semakin berkembangnya model liburan ala backpacker menjadikan sebagian masyarakat tidak lagi memanfaatkan kereta api eksekutif yang harganya sekarang melangit untuk transportasi jarak jauh.

Salah satu kereta yang bisa digunakan adalah kereta api Majapahit. Harga yang dipatok untuk Jakarta Malang hanya 240 ribu, dan bisa menjadi 320 ribu saat liburan. Bandingkan dengan kereta api Gajayana yang mematok harga di atas 500 ribu. Lebih banyak uang yang bisa dihemat bukan?


kereta majapahit



Dalam liburan enam bulan lalu kami sempat naik kereta api Majapahit ini. Penampakannya cukup bersih dan nyaman. Sayang belum ada colokan charger seperti di kereta eksekutif. Perjalanan dengan kereta api  Majapahit enam bulan lalu bisa dilihat di sini.  Dengan naiknya tarif kereta ekonomi AC per Januari 2015 PT Kereta Api Indonesia melakukan beberapa peningkatan pelayanan. Contohnya di kereta Majapahit ini.

Awal Januari kami kembali menggunakan kereta ini saat liburan sekolah. Dan surprise.... tampak banyak perubahan. Pemerintah ternyata tidak hanya meningkatkan tarif kereta api saja. Namun pelayanannya juga ditingkatkan. Hal ini tampak dari gerbong yang semakin bersih. Kursi pun menjadi cantik dengan tambahan sarung kursi berwarna merah. Di sarung kursi terdapat slogan kereta api. Di sana tertulis " Anda  Adalah Prioritas Kami". Hal ini membuktikan jika perusahaan kereta api cukup serius meningkatkan pelayanannya dan membuat pelanggan menjadi nomor satu .



 photo kereta majapahit_zpslmd0r4qc.jpg
Suasana dalam gerbong kereta Majapahit




 photo slogan di kursi kereta_zpsrqj2atll.jpg
Moto Kereta Api

Ternyata kejutan tidak hanya sampai di sini. Jika enam bulan lalu belum ada colokan listrik dan sempat mati gaya jika baterai gadget habis, sekarang di kereta api Majapahit ini terdapat colokan listrik. Ada dua buah colokan yang terdapat di bawah meja samping jendela tempat duduk kita. Selain itu terdapat juga gantungan plastik tempat sampah di bawah colokan. Jadi penumpang tidak perlu khawatir membuang sampahnya di kolong tempat duduk. Cukup 'cantolin' plastik sampah di sana. Tempat duduk pun bersih dan nyaman.


 photo colokan listrik_zps80uw2u5h.jpg
Colokan listrik



 photo tempat sampah_zpsawuhbhzu.jpg
 Gantungan Tempat sampah

Buat yang membawa jaket maupun tas tapi kerepotan membawanya dan tidak ingin memakainya, jangan khawatir. Sekarang di sebelah jendela samping tempat duduk kita ada tempat untuk meletakkan jaket atau tas. Praktis sekali.

 photo cantolan jaket_zpselk4hj1u.jpg
Gantungan jaket

Jadi kata siapa liburan harus menghabiskan banyak budget? Dengan budget minimal pun kita bisa menikmati liburan dengan pelayanan kereta yang memuaskan. Kereta api ekonomi AC pun oke. Anak-anak pun senang dan nyaman. Mereka bisa bermain gadget sambil mengisi waktu tanpa khawatir baterai habis. Jadi..liburan lagi yuk...


 photo asyik di kereta_zpsvt5wwney.jpg
Nyaman di dalam kereta[/


6 komentar:

  1. wah seruu jadi pengen liburan ke Malang naik kereta Majapahit... makasih mba infonya :)

    BalasHapus
  2. Sama sama Nisa :) Jalan yuuk..

    BalasHapus
  3. Kalau ke Malang aku juga pengen coba kerta Majapahit seperti ini, pasti seru bisa membuat ulasan yang keren seperti Mba Nunung kaya gini. he,, he, he,,,

    BalasHapus
  4. Iya Pak Indra. Ke malang naik Majapahit yuk. Pasti ulasan expert kayak Pak Indra lebih keren.

    BalasHapus
  5. fajar nuraini10 April 2015 11.30

    kamar mandi nya seperti apa ya? apakah sama saja dengan matarmaja yang ekonomi ac?

    BalasHapus
  6. Aduuuh maaf ya mbak.Saya belum pernah naik Matarmaja AC.Jadi nggak tau.Mungkin sama ya.

    BalasHapus