Senin, 08 Agustus 2016

Masjid "Taj Mahal" Ramlie Musofa Sebuah Oase di Jakarta Utara

Buat kami masjid selalu saja menghadirkan kesejukan tersendiri. Menghadirkan suasana nyaman dan tentram.  Masjid laksana oase ...penyejuk dan pelepas lelah di sela-sela kesibukan kami. Entahlah ...sejak kapan kami mencintai masjid. Tapi kalau aku pribadi mungkin sejak balita. Dibesarkan di rumah nenek yang rumahnya "dempetan' dengan masjid membuat masjid serasa rumah kedua sejak aku balita. 

Kebiasaan itu terbawa sampai aku dewasa. Sekolah..kuliah..menikah..berkeluarga tetap saja kecintaanku terhadap masjid tidak berkurang. Jadi kalau pas jalan-jalan dan tiba waktu sholat kami sering mencari masjid terdekat untuk sholat. Seperti kemarin...nggak sengaja pas mencari masjid unuk sholat dhuhur kami terdampar di sebuah masjid yang begitu indah. 

Masjid Ramlie Musofa namanya. Jujur sebelumnya kami belum pernah mendengar  nama masjid ini. Namun saat melintas di daerah Danau Sunter dan kami memang belum sholat dhuhur, kami putuskan untuk berhenti di masjid terdekat. 



Subhanallah...itu adalah kata pertama yang terucap saat memasuki masjid. Kami disambut dengan ucapan salam yang ramah oleh security yang menjaga masjid. Bapak securitynya baik dan ramah lho. Terbukti saat ada jamaah sepuh datang beliau langsung menyediakan kursi roda dan mengantarnya sampai ke tempat wudhu. 

Oya parkir mobil tidak bisa di dalam area masjid ya. Tetapi di pinggir jalan depan masjid. Masjid yang belakangan kuketahui bernama Masjid Ramlie Musofa ini berasitektur mirip dengan Taj Mahal di India. Dengan cat serba putih dan arsitektur India membuat masjid ini begitu mempesona.

masjid megah


arsitektur India

Tempat wudhu dan toilet laki-laki dan perempuan terpisah dan berada di sebelah kanan dan sebelah kiri masjid. Toiletnya sendiri terdiri dari beberapa toilet yang terawat dan bersih.



Toilet laki-laki tampak dari atas




Toilet wanita

Tempat wudhu wanita berada di samping tangga dan terletak di sebelah kanan masjid. Terdiri dari beberapa kran dan dilengkapi dengan tempat duduk untuk meletakkan tas, kerudung atau sekedar untuk berwudhu sambil duduk. Di dinding yang berwarna hijau tampak tata cara berwudhu. Hal ini sangat membantu buat mualaf atau anak kecil yang belum begitu hafal cara berwudhu. 
tempat wudhu wanita

Suasana adem dan nyaman langsung terasa saat kita memasuki bagian dalam masjid. Area sholat jamaah pria dan wanita tidak dipisahkan oleh sekat. Hanya area lantai yang tidak diberi karpet saja sebagai tanda pemisah antara area jamaah pria dan wanita. Arsitektur di dalam juga mempesona. Kubahnya terlihat mewah dan megah. 




kubah

Selesai sholat aku sempat berkeliling masjid. Melihat teras, bedug dan sebuah tanda peresmian masjid. Ternyata masjid seluas 2000 meter persegi ini bernama Masjid Ramlie Musofa. Dibangun oleh seorang mualaf cina bernama Bapak Ramlie. Sedangkan Musofa adalah singkatan dari nama ketiga putranya. Masjid yang terletak di depan Danau Sunter ini laksana oase diantara pemukiman mewah di sekitarnya. 

batu peresmian

bedug

Di kanan dan kiri tangga masjid tampak arti surat Al fatihah yang terdiri atas dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Mandarin. Beberapa jamaah tampak asyik berfoto di tangga masjid berlatar belakang masjid ala Taj Mahal. Karena bentuknya unuk maka banyak yang berfoto sehabis sholat. 

al fatihah di dinding tangga

Buat teman-teman yang sedang melintas di Danau Sunter dan ingin sholat, bisa mampir sholat di masjid ini. Meskipun saya pribadi tidak kenal siapa Bapak Ramlie, saya berdoa semoga pahalanya tetap mengalir dari orang-orang yang sholat di masjid beliau. 





26 komentar:

  1. Aku memandangnya lewat foto aja udah berasa sejuk sekali Mba, Masha Allah hatiku rasanya berbeda saat melihat masjid ini. Masha Allah

    BalasHapus
  2. Iyaa...adem banget Mbak sholat di masjid ini...Tapi sepertinya semua masjid deh.Adem dan nyaman banget.

    BalasHapus
  3. subhanallah, masjidnyaaa mbk,

    BalasHapus
  4. waahhh, daerah Sunter yah mb? Aku juga suka banget berpelesir ke masjid, baru tau ada ini, kirain tadi sebelum baca, ada di luar negeri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Prita...ini letaknya di tepi Danau Sunter. Coba Mbak main-main ke sana dan mampir kalau pas waktunya sholat...:)

      Hapus
  5. Subhanallah daerah situ pemukiman mewah dan ada masjid segede itu. Jadi ingin solat di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Helena...serasa oase di tengah pemukiman elit deh. Ayoo Mbak Helena mampir ke sana yuk buat sholat.

      Hapus
  6. Wow, mesjidnya cantik banget, Mba. Pasti di dalamnya sejuk, teduh dan bikin betah untuk kusyuk beribadah, ya?

    BalasHapus
  7. Iya Mbak Alaika...rasanya adem dan sejuuuk di dalam. Ibadahnya jadi khusyuk meski tanpa AC.

    BalasHapus
  8. uuh, masjidnya keren banget ini. masha Allah ...

    BalasHapus
  9. Iya masjidnya keren bangeet Mas..Ala ala Taj Mahal gituu..

    BalasHapus
  10. baru tau ada mesjid ini di Jakarta. Bagus banget. Kapan2 mau ah mampir ke sana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Zata..Saya juga baru tau MAsjid ini ada di tepi Danau Sunter..

      Hapus
  11. indah ya mba mesjidnya, semoga diiringi dengan kegiatan mesjid yang ramai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masjidnya indah Mbak Kania..Semoga kegiatannya juga ramai ya. Tapi ini beru banget buat musafir yang pengin sholat di daerah sana. Bisa mampir buat sholat.

      Hapus
  12. Beberapa waktu lalu dapet kiriman foto masjid ini dari saudara di Jakarta. Dan emang semua orang yg sudah pernah ke sana bilang, indah banget masjidnyaaa... sama kayak Mbak Nunung :)
    saya aja yg cuma liat di foto juga mengakui keindahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah saudaranya malah pernah ke sini ya Mbak Diah. Saya aja malah baru kemarin itu. Hehehe..itu pun nggak sengaja lewat. Iya Mbak..masjidnya emang indah. SEperti Taj Mahal India.

      Hapus
  13. Masjidnya bagus. Gak kalah ma Masjid Tiban yang di Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Anisa.Eh saya juga pernah loh jalan-jalan ke Masjid Tiban Turen Malang

      Hapus
  14. wah, jadi pengen ke sana mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir Mas ke masjidnya kalau pas jalan-jalan ke sekitar Sunter..

      Hapus
  15. adem banget masjidnya. Rasanya betah berlama-lama di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Myra. Masjidnya adem. Betah berlama-lama di sana...

      Hapus
  16. Itu ada tulisan China apa yak Mbak di atas nama masjidnya. Dipengaruhi arsitektur China jugakan selain India? Masjidnya memang keren yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Levina..itu ada tulisan China di atas masjid. Kalau arsitektur sepertinya hanya arsitektur India saja. Ada tulisan Cina karena yang bangun masjid mualaf China sepertinya mbak Levina..

      Hapus