Selasa, 13 Juni 2017

Gunung-Gunung Cantik di Pulau Jawa Yang Bisa Dinikmati Dengan Mudah

Mendaki gunung tentu menjadi pekerjaan berat bagi anak-anak atau mereka yang pada dasarnya tidak suka naik gunung. Karena ketika mendaki, diperlukan fisik prima dan persiapannya pun harus matang. Tidak bisa semerta-merta berangkat begitu saja. Namun tidak semua gunung harus didaki dengan persiapan yang sangat matang seperti Semeru atau Merapi. Beberapa gunung di Pulau Jawa bisa didaki sampai puncaknya cukup dengan kendaraan bermotor.
Gunung-gunung ini cocok buat liburan bersama keluarga atau sekedar santai menikmati pesona keindahan pemandangan alam yang tersaji disana. Beberapa lokasinya pun dekat dengan bandara, sehingga tak perlu usaha lebih untuk menikmati keindahannya.
Gunung Bromo
lautan pasir bromo wisatajatiminfo.jpg

lautan Pasir Bromo - sumber foto:wisatajatim.info

Gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo ini memiliki puncak yang menawarkan keindahan mentari terbit dan lembah yang punya pesona lain dari matahari terbenam. Untuk mencapai puncaknya memang perlu jalan kaki tapi rutenya tak panjang, karena sebagian besar di antaranya bisa dijangkau dengan mobil atau berkuda.
Untuk mencapai Bromo, rute yang paling populer adalah dari Probolinggo dan Malang. Jika memilih rute Probolinggo, beli tiket Citilink menuju Surabaya dan lanjutkan perjalanan ke Probolinggo, baru naik ke Bromo. Jika memilih jalur lewat Malang, beli tiket Citilink di Traveloka.com ke Bandara Abdul Rahman Saleh, lalu lanjutkan perjalanan dengan hardtop atau jeep ke Bromo.
Jika menilik rutenya, jalur Malang adalah yang terdekat dari bandara. Dengan banyaknya pilihan jadwal penerbangan dari Citilink, menuju Malang bisa dilakukan setiap hari. Harga tiket Citilink ke Malang dan Surabaya pun tak jauh beda, tapi perjalanan dari Malang memangkas waktu cukup banyak jika dibandingkan dengan perjalanan dari Surabaya.
Gunung Ijen
bluefire kawah ijen banyuwangibaguscom.jpg
Blue Fire Kawah Ijen - sumber foto:banyuwangibagus.com
Gunung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ini dikenal dengan api biru yang menyala dari kawahnya. Di puncak Ijen juga terdapat tambang belerang yang menarik untuk diabadikan. Dan pastinya, tak perlu berjalan kaki selama berhari-hari untuk mencapai puncaknya, karena bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.
Dari area parkir, kamu tinggal jalan kaki beberapa puluh menit saja dengan jalur yang tak terlalu menanjak. Datanglah di malam hari, dan api biru yang menjadi kebanggaan warga sekitar Ijen akan memukaumu.
Gunung Kelud
gunung kelud travel.tribunnewscom.jpg

sumber foto:travel.tribunnews.com
Gunung ini terletak di Kabupaten Kediri, yang memiliki puncak dengan danau di tengahnya. Dulu ketika sebelum meletus beberapa tahun lalu, danau di puncak Gunung Kelud berisi air yang cukup banyak. Namun setelah meletus, timbul gunung kecil di tengah air danaunya dan mengurangi jumlah debit air di puncaknya.
Namun demikian, puncak Gunung Kelud tetaplah cantik. Pemerintah setempat membuatkan jalur khusus untuk pengendara motor dan mobil, serta jalur di puncaknya pun ditata rapi sehingga nyaman untuk dikunjungi.
Gunung Telomoyo
paralayang temoloyo.png
Landasan Paralayang - sumber foto:kesiniaja.com
Gunung yang terletak di antara Kabupaten Semarang dan Magelang ini memiliki puncak yang indah dan bisa ditempuh dengan mobil atau motor. Jalur paling cepat menuju Telomoyo adalah dari Semarang. Setelah dapat tiket Citilink ke Semarang, langsung cari kendaraan untuk mengantar kamu ke puncak Telomoyo.
Perjalanan dari bandara Semarang menuju Telomoyo sekitar dua jam dengan kendaraan pribadi. Mau sewa motor atau mobil dari Semarang tidak menjadi masalah, karena jalur menuju puncaknya sudah halus beraspal.

Yang penting adalah dapat promo tiket Citilink nya dulu ke Semarang. Setelah tiket Citilink ada di tangan, perjalanan dari kota menuju Gunung Telomoyo adalah hal yang mudah. Dan pemandangan sepanjang jalur menuju gunung ini sangat cantik, cocok buat menyegarkan pikiran yang penat.

2 komentar:

  1. wah kebetulan nih saya orang jawa, kebetulan ini lagi mau cari tempat wisata, thank ya infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama -sama. Semoga informasinya berguna ya :)


      Hapus