Selasa, 10 Oktober 2017

Lactacyd Baby untuk Perlindungan Kulit Bayiku



Rasanya masih kemarin aku hamil anak ketiga. Rasanya masih kemarin ngerasain lemes-lemes dan sesak nafas gara-gara hamil di usia yang tidak lagi muda. Eh..nggak terasa kini baby Firdan sudah 13 bulan saja.

Awal bulan lalu untuk untuk pertama kalinya Firdan berenang di Pantai saat kami main ke Bangka Belitung. Saat itu aku belum 'ngeh' kalau kulitnya berubah menjadi agak kering. Berenang di air laut yang mengandung garam bisa menyebabkan kulit kita menjadi kering. Apalagi untuk bayi yang kelembaban kulitnya lebih cepat hilang dibanding orang dewasa.

Sudah sebulan ini Firdan ikut kakaknya les berenang setiap minggu. Seminggu sekali dalam sebulan ini dia ikut 'nyebur' ke kolam renang saat Devin les renang. Kadang dia berenang bersamaku atau tantenya alias adikku. Dan tanpa kusadari kulitnya menjadi tambah kering. Terutama kulit di kaki. Dari literatur yang kubaca selain air garam air yang mengandung klorin seperti air di kolam renang menyebabkan kulit menjadi kering.


berenang bersama tante

Dan seminggu kemarin kulit kering di kaki Firdan bertambah parah. Berubah menjadi semacam eksim kering. Dari yang kubaca eksim seperti ini terjadi karena genetik dan kulit yang sangat kering bisa menjadi salah satu pemicunya. Baru kusadari kalau kulit Firdan ini sensitif. Mungkin genetik dariku yang kulitnya juga kering dan sensitif.

Awalnya aku masih fine -fine aja saat kulit Firdan kering. Tapi jujur seminggu ini agak worried saat kulit kakinya berubah seperti di foto ini. Kulitnya menebal, menggelap, bersisik dan bergaris-garis kasar seperti ada kerak-kerak di betis bagian bawah. Hiks...

kulit kaki bersisik kering

Dari yang kubaca, ada beberapa cara untuk mencegah kulit kering dan gatal pada bayi. Paling tidak kita harus menghindari pemicunya. Caranya diantaranya adalah : 
1. Menggunakan sabun per pH rendah.
2. Menggunakan baby cream.
3. Mandi air suam-suam kuku jangan mandi air panas.
4. Hindari pakaian dengan bahan  yang memicu gatal atau iritasi. Misalnya pakaian berbahan wol atau bahan sintesis.

Gara-gara kulit kaki Firdan seminggu ini aku browsing bagaimana cara mengatasi kulit sensitif pada bayi. Kebetulan aku belum membawanya ke dokter. Aku masih mencari beberapa alternatif dan referensi dengan  membaca beberapa artikel tentang kulit kering dan eksim. Hasilnya aku temukan  kalau pemakaian Lactacyd Baby aman buat kulit sensitif seperti Firdan. Akhirnya enam hari lalu aku membeli Lactacyd Baby di Guardian. Karena baru mencoba aku membeli Lactacyd Baby yang kecil ukuran 60 ml. Harganya 29 ribu lima ratus  rupiah. Lumayan mahal dibanding sabun bayi merk lain. 

Lactacyd di Guardian


Hari berikutnya aku mencoba memakai Lactacyd Baby saat memandikan Firdan. Aku baca petunjuk cara pakainya di kemasan. Caranya adalah mengencerkan 2 sampai 3 sendok teh Lactacyd Baby cair di air yang dipakai untuk mandi. Sebelumnya jangan lupa dikocok terlebih dahulu agar campur. Kebetulan Firdan lebih suka mandi di teras dan berendam di bak mandi daripada di kamar mandi. Jadi sekalian aja berendam di bak yang sudah diberi Lactacyd Baby.


paling suka berendam di teras 

Mengapa Memilih Lactacyd Baby

1. Merk internasional yang terpercaya menjaga kulit bayi dari iritasi ringan.

2. Rekomendasi dokter
Dari beberapa artikel yang kubaca beberapa orang tua memilih Lactacyd Baby atas rekomendasi dari dokter kulit yang memeriksa anak mereka. Lactacyd Baby aman untuk kulit sensitif. Aku belum ke dokter kulit untuk periksa kaki Firdan. Jadi sementara aku mencoba memandikannya memakai Lactacyd Baby.

3. Mengandung ekstrak susu
Lactacyd Baby ini mengandung Lactoserum dan Lactid acid dari ekstrak susu yang membersihkan dan merawat kulit bayi dan menjaganya agar tetap bersih dan sehat.

kandungan Lactacyd Baby

Beberapa sabun bayi di pasaran juga mengandung susu. Tapi Lactacyd Baby ini mengandung ekstrak susu. Kandungan beberapa sabun bayi lain dan Lactacyd Baby bisa dibaca di foto.

Kandungan merk lain 



4. pH nya seimbang 
Kulit bayi sangat sensitif sehingga rentan dengan masalah kulit. pH air adalah 7. Kulit bayi membutuhkan pH yang lebih rendah dari pH air agar kulit bersifat asam. Dengan kulit yang asam  bisa mencegah penyebaran bakteri dan jamur yang masuk ke kulit. Kulit yang lebih tipis lebih rentan terhadap iritasi, ruam dan eksim.

5. Mengandung bahan alami
Sabun yang wangi dan mengandung parfum tidak begitu bagus untuk kulit bayi. Lactacyd Baby tidak mengandung parfum atau fragrance tetapi menggunakan natural orange flavour aroma jeruk yang segar. 

6. Praktis dan mudah penggunaannya
Lactacyd Baby ini mudah digunakan. Cukup mengencerkan 2-3 sendok teh atau sekitar 5 ml ke dalam wadah mandi. Gosok dengan lembut dan bilas dengan air bersih. Lactacyd Baby juga bisa digunakan sebagai shampoo untuk merawat kulit kepala. Jadi praktis kan? 

encerkan 2-3 sendok teh


7. Busanya sedikit
Sabun yang bagus untuk bayi adalah sabun yang berbusa sedikit atau tidak berbusa. Biasanya sabun yang berbusa mengandung banyak SLS. SLS adalah bahan yang membuat busa banyak dan biasanya menyebabkan kulit kering. 

Aku mencoba melarutkan satu tetes Lactacyd Baby ke dalam air untuk melihat seberapa banyak busa yang dihasilkan. Dan hasilnya busanya sedikit. Ternyata Lactacyd Baby tidak mengandung SLS. Recommended lah. SLS dalam jumlah banyak bisa menyebabkan iritasi dan dermatitis. 


busanya sedikit
8. Lactacyd Baby telah teruji secara dermatology dan aman digunakan setiap hari.

infografis by fadevmother


Untuk membandingkan hasil perhari aku sengaja memfoto kaki  Firdan saat dia naik motor agar terlihat perbedaannya. Dia biasanya naik bangku rotan di depan. Jadi aku bisa memfotonya dengan mudah.

Karena aku baru mencoba Lactacyd Baby beberapa hari yang lalu maka hasilnya tidak langsung kelihatan instan. Untuk mengetahui hasilnya secara bertahap aku memfoto perubahan kaki Firdan setiap hari setelah memakai Lactacyd Baby. 

Sampai tulisan ini dibuat Firdan baru memakai Lactacyd Baby selama 4 hari. Hasilnya nggak langsung hilang karena baru 4 hari. Namun eksim dengan garis-garis kasar sudah mulai pudar. Kakinya pun lebih lembut dan tidak sekering sebelumnya. 




Di hari keempat pemakaian (10 Oktober) ini hasilnya sudah lumayan jika dibandingkan sebelum memakai Lactacyd Baby. Jadi aku akan teruskan pemakaiannya. Aku simpulkan Lactacyd Baby ini cocok untuk kulit kering dan sensitif seperti kulit Firdan.

Lactacyd Baby menjaga kesehatan kulit babyku. Terima kasih Lactacyd Baby. Sekarang tidak khawatir lagi meskipun setiap minggu berenang di kolam renang yang mengandung klorin. Kulit bayi tetap lembab dan tidak kering. 
#BabySkinExpert
#LactacydBaby















10 komentar:

  1. Wow udah mulai belajar berenang ya Firdan. Sekarang jadi lebih tenang nih berkat Lactacyd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Murti seminggu sekali setiap hari Kamis sore ikut Devin kakaknya les renang. Jadi kadang dia nyebur sama aku kadang sama tantenya soalnya sepupu kecilnya anak tantenya juga les renang.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih mam. Kulitnya belum hilang semua sih garis-garis kasarnya. Tapi lumayan sudah pudar dan kulitnya sudah agak lembab dan nggak kering algi. Jadi aku terusin pemakaiannya. Lumayan nggak usah ke dokter.

      Hapus
  3. Wah perubahannya kelihatan banget ya, Mbak.
    Jangan sampai masalah kulit jadi membatasi aktivitas anak ya. Untung ada Lactacyd Baby. Berarti Firdan masih boleh rajin-rajin berenang ya, Mbak? Asal tetap dengan perawatan kulit yang benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari keempat sudah lumayan lembab dan pudargaris garisnya mbak. Meski belum hilang sih garis-garis keringnya. Tp sudah lumayan dan nggak khawatir lagi meski sering berenang

      Hapus
  4. yang pening aman dan gak ada bahan kimia macem macem cocok deh. makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama -sama Mbak Anita. Semoga bermanfaat ya infonya.

      Hapus
  5. Alhamdulillah udah ada solusi untuk kulitnya, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..Alhamdulilah Mbak Myra asa Lactacyd Baby

      Hapus