Kamis, 04 Januari 2018

Menikmati Pemandian Para Bangsawan di Candi Umbul Magelang

Waktu menunjukkan pukul setengah tiga siang saat mobil kami beranjak dari rumah makan lesehan di pinggir sawah di daerah Temanggung. Perut kenyang dan buaian udara yang sejuk membuat aku tertidur. Baru tidur sebentar dibangunkan si ayah yang bingung dengan arah. Yup...tujuan kami berikutnya adalah Candi Umbul di daerah Grabag. Si ayah sempat bingung dengan GPS karena tulisan arah Candi Umbul tidak juga ketemu. 

Kami terus melanjutkan perjalanan. Peta di GPS menunjukkan kalau tujuan kami sudah dekat. Dugaan kami benar. Selang beberapa ratus meter tampak tulisan plang Candi Umbul di sebelah kanan jalan. Yeayyy....akhirnya tiba juga di Candi Umbul. 

Plang Arah Candi Umbul



Yup...Candi Umbul adalah salah satu tujuan liburan kami saat pulang kampung libur akhir tahun kemarin. Candi ini terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan GrabagKabupaten MagelangJawa Tengah. Untuk dapat mencapai objek wisata ini, bila mengendarai mobil dari arah Semarang, kita dapat mengambil jalan ke kiri sebelum Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Sekitar 400 meter akan langsung sampai di lokasi. Sedangkan apabila dari arah Yogyakarta, pengunjung dapat mengambil jalan ke kanan di pertigaan Desa Krincing (sebelah utara Secang) ke arah Grabag, kemudian mengikut papan penunjuk arah menuju Candi Umbul.

Senin, 25 Desember 2017

Wisata Semarang Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Tahun



Siapa yang tidak kenal petikan lagu di atas? Lagu Tasya tersebut jadi favorit anak-anak saat liburan tiba.  Kalau musim liburan tiba anak-anak yang senang. Sementara para orang tua berpikir untuk memberikan liburan yang berkesan buat anak-anak tanpa membikin kantong jebol. Hihihi..

Rencana liburan sekolah dan tahun baru kali ini rencananya  kami  mau liburan  di rumah saja. Kalau nanti suntuk dan bosan  baru main ke Bogor saja yang dekat. Maklum kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan untuk jalan-jalan dan liburan. Namun rencana tinggal rencana karena  nenekku telepon kalau beliau kangen sama buyut-buyutnya alias trio krucils. Nenekku memang sayang banget dengan anak-anakku. Kebetulan si ayah cutinya disetujui . Jadi kita pulang kampung deh. Pulang  kampung tanpa rencana jauh-jauh hari. 

Rencananya kami akan berangkat nanti sore. Berangkat saat liburan  Natal jalanan lebih  sepi daripada kemarin. Dua hari sebelum Natal jalan Pantura ke Jawa Tengah  padat dan macet. Meskipun niat awalnya silaturahmi mengunjungi nenek di Magelang, tapi karena musim libur anggap saja sekalian liburan. Jadi sambil menyelam minum air. 

Kebetulan kalau ke Magelang kami lewat Semarang. Jadi mau mampir Semarang dulu untuk wisata sebelum sampai rumah nenek. Tapi karena dana cekak, mainnya ke tempat wisata yang murah meriah saja.  Sebenarnya banyak wisata Semarang yang bisa dieksplore. Tapi karena judulnya liburan yang mendadak alias tidak direncanakan, jadi tidak ada budget berlebih. Untung di Semarang banyak tempat wisata  yang murah meriah yang bisa dikunjungi.  

Rabu, 13 Desember 2017

Resolusiku Tahun 2018

Nggak terasa ya sudah pertengahan bulan Desember. Itu artinya sebentar lagi akan terjadi pergantian tahun. Perasaan baru kemarin tahun berganti menjadi tahun 2017 sekarang sudah akan berganti lagi menjadi tahun 2018. Biasanya kalau mau pergantian tahun gini kita ngomongin resolusi.  Resolusi 2017 saja belum tercapai loh, eh sudah bikin resolusi baru lagi buat tahun 2018.

Resolusiku tahun 2018 diantaranya adalah ngelanjutin resolusi tahun 2017 yang belum tercapai. Keinginan sih banyak banget ya, tapi yang akan kutulis ini kira-kira resolusi yang ingin kucapai dan berusaha untuk diwujudkan tahun 2018.

Resolusiku tahun 2018 diantaranya adalah :

1.Lebih rajin menulis blog                                                                                             
Ngakunya sih blogger tapi ternyata aku jarang banget nulis dibandingkan tahun-tahun di awal aku ngeblog.  Tahun ini aku baru menulis sekitar 35 artikel di blog. Tahun 2016 malah cuma 30 artikel. Bandingkan dengan tahun 2015 yang menulis 75 artikel dan 2014 yang menulis 44 artikel dalam setahun. Targetnya sih tahun 2018 lebih rajin isi blog ya. Paling nggak nulis 75 artikel atau lebih dalam setahun.
Minggu, 10 Desember 2017

HIT Expert Melindungi Keluargaku dari Nyamuk Bandel


Tanggal 7 Desember 2017 kemarin aku berkesempatan mengikuti community gathering yang diselenggarakan oleh HIT bersama Kumpulan Emak Blogger. Sebagai nara sumber hadir dr Lula Kamal yang telah belasan tahun menjadi Brand Ambassador HIT. Dokter Lula Kamal menjelaskan berbagai fakta dan mitos tentang nyamuk. Banyak hal baru yang kuketahui dari penjelasan beliau.  Diskusi berjalan hangat dan seru dengan berbagai pertanyaan dari para emak blogger dipandu MC yang energik.

Dalam HIT community gathering kemarin beberapa poin penting yang aku catat adalah : 
  1. Waktu menyemprot nyamuk yang tepat adalah waktu pagi hari dan sore hari.
  2. Sebaiknya baju yang sudah dipakai langsung dicuci dan tidak usah digantung karena bisa menjadi sarang nyamuk. Nyamuk suka dengan bau tubuh manusia. Itu sebabnya mengapa pakaian yang setelah dipakai dan digantung dihinggapi nyamuk dibandingkan dengan pakaian yang belum  dipakai.
  3. Hampir seluruh ruangan kita berpotensi menjadi sarang nyamuk. Dari gantungan baju, kolong  tempat tidur, sofa , tumpukan buku dan lain sebagainya. Nyamuk dapat bersembunyi di dalam dan      di luar ruangan. Di luar ruangan nyamuk bisa bersembunyi di bak sampah yang terbuka, pot   tanaman dan sebagainya. 
  4. Saat menyemprot ruangan, ruangan harus tertutup tanpa AC dan kipas angin. Biarkan selama  satu  sampai dua jam sebelum ruangan digunakan kembali. 
  5.  Menurut dokter Lula Kamal nyamuk sekarang berevolusi menjadi lebih bandel. 
  6.  Nyamuk adalah binatang yang berbahaya dan menyebabkan kematian. Data tahun 2016 menyebutkan kematian akibat penyakit DBD yang disebabkan  nyamuk di Indonesia  sebanyak 1585 orang.


Selasa, 28 November 2017

Membuat Paspor Melalui Aplikasi Antrian Paspor Online

Yuhuu...ketemu lagi sama fadevmother. Kali ini kita berbicara masalah paspor yuk. Meski sudah bikin paspor beberapa kali ( punyaku dan duo krucils ) serta memperpanjangnya sepertinya belum pernah bikin tulisan khusus tentang paspor ya. Tulisan tentang paspor baru satu di blog ini. Itu pun nulisnya sekilas saja. 

Baca : Tips memperpanjang paspor anak

Jadi rencananya kami mau bikin paspor buat si dedek bayi. Belum tahu ada rencana kemana sih. Cuman bikin aja dulu. Siapa tau ntar emaknya dapat rejeki jalan kemana atau ada tiket promo murah kemana. Yang penting sudah punya paspor duluan sudah tenang.

Sabtu, 18 November 2017

Rencana Liburan Akhir Tahun ke Bali

Beberapa bulan ini kami disibukkan dengan berbagai macam urusan. Mencari sekolahan buat si kakak yang tahun depan SMP. Surveynya dah dari sekarang. Browsing sana-sini nanya sana-sini. Ternyata cari sekolahan SMP bikin pusing dan galau  ya. Trus sudah 4 bulan ini rumah kami renovasi dan belum selesai sampai sekarang.  Urusin desain dari awal, diskusi ini itu sama arsitek, mengecek pekerjaan tukang dan printilan ini itu membuat kami pusing juga. Rasanya  butuh refreshing akhir tahun untuk ngademin kepala yang mulai ngebul. Qiqiqi...

Senin, 13 November 2017

Mengambil Sisi Positif Perkembangan Gadget Dalam Keluarga

Saat ini perkembangan dunia digital semakin maju. Di era ini hampir semua orang tidak bisa dipisahkan dengan gadget khususnya smartphone. Mempunyai smartphone sepertinya menjadi sebuah keharusan saat ini. Dari pesan ojek, belanja online sampai pesan pesawat dilakukan secara online melalui HP android.

Perkembangan gadget ini tentunya juga berdampak bagi keluarga. Banyak keluarga yang membekali anak-anaknya dengan smartphone. Maka tak heran jika kita jumpai anak-anak asyik sendiri dengan smartphonenya dan tidak mempedulikan lingkungan sekitar.

Pemakaian smartphone buat anak-anak ini ibarat dua sisi mata uang. Banyak manfaatnya namun juga banyak segi negatifnya. Terutama jika anak tidak bisa menggunakan smartphone secara bijak. Anak-anak bisa menjadi anti sosial,  kecanduan games atau tontonan yang tidak mendidik. Pemakaian smartphone pada anak memang tetap harus dalam pantauan orang tua.