Sabtu, 04 Januari 2020

Sewa Apartemen Harian, Alternatif Hunian Saat Banjir

1 Januari 2020

Tahun baru kemarin adalah hari yang tak terlupakan buatku. Pagi itu dalam perjalanan dari Magelang ke Jakarta adikku telpon. Katanya komplek perumahan kami kebanjiran. Segera kulihat  grup whats app komplek. Air bah telah menerjang komplek perumahan kami. Selanjutnya foto-foto banjir sepinggang bersliweran di grup.

Hampir 13 tahun di komplek ini, rumahku dan gang kami tidak pernah terkena banjir.  Namun tetangga sebelah gang berfoto dengan banjir sepinggang. Kali ini sepertinya banjir menyapa rumah kami. Hatiku deg-degan nggak karuan. Dua jam lagi kami sampai rumah . 

Alhamdulillah meski mobil nggak bisa masuk perumahan dan kami harus berjalan kaki, air yang masuk ke rumah kami tidak begitu tinggi. Meski demikian banjir di tetangga gang sebelah tinggi sekali. Bahkan dari grup aku baru tahu kalau perumahan dekat  perumahan kami tinggi air sudah segenteng.  



Banjir di perumahan 

Dari berita teman-teman di facebook ternyata banjir ini merata di Bekasi, Jakarta dan Tangerang. Beberapa teman yang rumahnya tenggelam memilih mengungsi ke saudaranya. Dari status di facebook dan whats app sebagian teman memilih menginap dan menyewa apartemen sampai banjir di rumahnya surut. 

Sewa apartemen harian ini adalah salah satu alternatif hunian untuk tinggal saat banjir. Apalagi bagi teman-teman yang banjirnya tinggi dan tidak ada saudara untuk mengungsi. Tinggal di apartemen dengan sewa harian lebih nyaman dan aman.

Untuk korban banjir yang rumahnya sementara tidak bisa dihuni dan listrik mati, sewa apartemen harian menjadi pilihan karena lebih murah  dari hotel karena bisa ditempati seluruh anggota keluarga. Selain itu biasanya di apartemen disediakan dapur. Jadinya lebih irit karena bisa memasak di apartemen.

Sewa Apartemen Harian untuk Liburan

Pernah nggak liburan keluarga bareng keluarga besar? Aku pernah dan kami harus menyewa beberapa kamar. Padahal dipakainya cuma sebentar buat istirahat saja.

Dulu belum ada sewa apartemen harian. Jadi untuk liburan menginap sehari dua hari kita harus sewa hotel. Sekarang kalau bepergian dengan keluarga besar kita bisa menyewa apartemen harian karena sekarang ada sewa apartemen harian. Di Traveloka ada beberapa pilihan sewa apartemen, dari harian, mingguan sampai bulanan.

Apartemen di Bali (sumber : Traveloka)


Keuntungan menyewa apartemen harian:
1. Lebih Hemat
Untuk liburan rame-rame menyewa apartemen lebih murah dibandingkan dengan menyewa hotel dengan beberapa kamar.

2. Bisa memasak di apartemen
Biasanya kalau malam-malam kelaparan. Jika menginap di apartemen biasanya disediakan dapur. Jadi kita bisa memasak mie  di apartemen.

3. Fasilitas tidak kalah dengan hotel
Di beberapa apartemen biasanya disediakan fasilitas kolam renang. Jadi meskipun tidak menginap di hotel, pagi hari sebelum jalan-jalan anak-anak bisa berenang dulu di kolam renang apartemen.

4. Fasilitas wi-fi
Di apartemen juga tersedia fasilitas wi-fi seperti di hotel.

5. Playground buat anak-anak
Beberapa apartemen menyediakan playground buat anak-anak. Jadi buat yang nggak ingin jalan-jalan dan seharian leyeh-leyeh di apartemen bisa menghabiskan waktu di playground bersama anak-anak.

Playground di apartemen Puri Casablanca (sumber:Traveloka)

Jadi buat teman-teman bisa memanfaatkan apartemen sewa harian untuk liburan atau hunian sementara saat banjir ya. Tentu saja kita semua tidak ingin kebanjiran lagi. Namun hal ini bisa menjadi alternatif saat kita "terpaksa" harus mengungsi dari rumah.

Sebelum terlambat aku ingin ngucapin Selamat tahun baru buat teman-teman fadevmother semua. Semoga tahun ini kita diberi keberkahan dan kesehatan ya. Sampai jumpa lagi di catatan perjalanan berikutnya.


35 komentar:

  1. Semoga segera membaik keadaan ya, Mak.
    Alhamdulillah ya kalau ada budget lebih , bisa buat nginap di apartemen. Kalau tidak ... ya menunggu banjir reda baru beberes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau di perumahanku malam sudah surut mbak. Kalau ada budget lebih enak menunggu surut di apartemen mbak Niar. Apalagi kalau nggak punya saudara buat ngungsi.

      Hapus
  2. Bener bngt ya sekarang sedang Ada musibah bnjir jd apartment seperti cocok bangt utk alternative hunian akupun jd kpikiran ini mau punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Utie. Bisa jadi salah satu tempat alternatif buat ngungsi sementara mbak.

      Hapus
  3. Semogaaaaaa cuaca semakin stabil, hujan sedeng2 aja, dan semua korban banjir diberikan jalan keluar yg baik, aamiiiin
    Iya nih Mba, banyak yg rekomen buat sewa apartment harian aja apalagi kalo buat rame2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin doanya mbak. Sekarang kalau hujan dikit dah deg degan aja bawaannya .

      Hapus
  4. Mba aku ikut sedih dengan rumahnya dan rumah- rumah lain yang kebanjiran. Rumah aku hampir kebanjiran juga. Untung allhamdulillahnya kita bisa lihat di traveloka ya cari apartemen harian atau bulanan untuk ngungsi sementara, jadi kebantu ya mba. Semoga nggak ada banjir lagi ya mba dan pada bisa pulang ke rumah lagi. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak doanya.
      Alhamdulillah ya mbak rumahnya gak ikut kebanjiran. Kali ini banjirnya luar biasa soalnya. Yang biasa gak kena aja pada kena.

      Hapus
  5. Kalau perginya rombongan emang lebih enak sewa apartemen harian ya mbak. Bisa istirahat dengan tenang dan berdekatan pula posisi kamarnya. Jadi ingat dulu pernah rombongan ke Jakarta, ngantar sepupu lamaran. Cuma sewa 2 kamar aja buat mandi dan ganti baju, mau tiduran juga nggak enak karena banyak sodara. Jaman dulu belum model ada sewa apartemen harian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kalau pergi rame rame enak sewa apartemen mbak. Lebih murah daripada sewa hotel. Bisa leluasa tiduran juga.

      Hapus
  6. Setuju sekali mbak, dari pada di rumah hati galau lihat air banjir. Mending sewa apartemen ya. Untuk liburan juga aku udah tiga kali sewa apartemen, hemat sih jatuhnya karena bisa sharing cost kalo bareng teman atau keluarga lainnya misal dengan keluarga besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Wati sewa apartemen lebih murah ya jatuhnya. Bisa sharing cost soalnya.

      Hapus
  7. Bener, daripada menderita karena banjir di rumah, mending selamatkan / evakuasi diri dan keluarga saja dengan sewa apartemen yah, nah nanti sudah surut baru deh kembali dan beres - beres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak soalnya ada yang dua hari baru surut. Kalau nungguin juga tersiksa soalnya mati lampu. Sewa Apartemen harian lebih aman dan nyaman.

      Hapus
  8. Iyaa.. di depok juga sekarang banyak banget apartement harian. Nyamannya serupa sih dengan hotel ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya mbak. Apartemen dekat Margonda banyak disewakan juga ya.

      Hapus
  9. Sedih mba kalau lihat berita banjir kemarin, semoga tabah dan lekas pulih kondisinya. Apartemen memang membantu kalau ada saat-saat genting sprti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Armita. Apartemen bisa jadi salah satu alternatif hunian sementara saat banjir. Semoga para korban banjir tabah dan sabar ya. Ada beberapa temen deket yang kerendem semuanya dari mobil, motor sampai seisi rumahnya.

      Hapus
  10. Selamat tahun baru, Mak! Iya, sewa apartemen bisa jadi alternatif dibandingkan menginap di hotel ya, tarifnya lebih terjangkau..semoga aman selalu ya rumahmu..

    BalasHapus
  11. Bener banget nih ideny. Dulu aku pas banjir besar jkt thn 2012 juga tinggal di apartemen di daerah jaksel, sekelilingku banjir semua, alhamdulillah di apartemen aman

    BalasHapus
  12. Duh aku sedih banget liat teman teman yang kebanjiran mba. SMoga bisa tertangani dengan baik ya mba. Dan info jadi solusi juga mba

    BalasHapus
  13. Wahhh saya baru dengar nama apartemen ini. Jadi penasaran pengen coba juga deh

    BalasHapus
  14. Semoga bencana banjir yang menimpa tidak akan datang lagi ya Mba.. pemerintah semiga dapat segera mengambil pilihan kebijakan terbaik meminimalisir terulangnya banjir besar...

    BalasHapus
  15. Tinggal di apartemen itu memang penyelamat banget deh kalau banjir gini ya. Karena kemarin rumah mamahku kebanjiran efek hujan yang awet banget itu. Waktu kemarin sempat mikir apa pindah rumah aja atau sewa apartemen saja?

    BalasHapus
  16. Ya Allah, semoga airnya cepet surut ya, Mbak.

    Kalau komplek perumahan terkena banjir, enggak ada salahnya lah ya, kita sewa apartemen harian. Bisa lebih hemat dan fasilitas juga sangat memadai.

    BalasHapus
  17. Mbak, semoga sehat semua ya...setelah besih-bersih dan enggak datang lagi banjirnya.
    Aku beberapa kli sewa apartemen saat liburan. Lebih praktis dan ekonomis. Apalagi anakku dah gede, kalau nginep di hotel mesti 2 kamar terpisah. Jadi aku sama si sulung, bapaknya sama si bungsu. Kalau di apartemen, bisa jadi satu, lebih gampang ngurus ini itu. Juga lebih gampang bebikinan teh, kopi, popmi, hangatin sayuran dll

    BalasHapus
  18. Kalau mengungsi ke rumah sodara sehari dua hari mah masih gpp tapi kalau kelamaan nggak enak juga ya Mak. Mending nginap di apartemen.

    BalasHapus
  19. Untunglah di rumah mba ketinggian air gak seberapa ya mba. Suka kasian banget liat temen2 disana pada serem rumahnya diserang banjir.. Mana tinggi banget. Huhu. Sehat selalu ya mba, semoga selalu dilindungi. Btw, boleh juga nih alternatifnya.. Sewa harian apartemen. Mungkin mau aku rekomendasikan ke temen nih.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah ya mak rumah aman. Semoga selalu amannn. Itu banjir rata emang dari bekasi sampe tangsel :"(
    Tahun baru berkah hujan kebanyakan smeoga rejeki juga banyak aamiin

    BalasHapus
  21. Jadi salah satu solusi sementara nunggu air surut ya mba. Sewa apartemen harian rasanya lebih terjangkau dan keluarga bisa beristirahat sementara.

    BalasHapus
  22. Pernah banget sewa apartemen harian.
    Dan bahagia..hehhe...soalnya bisanya sewa kamar hotel.
    Rasanya gak begitu jauh siih...tapi apartemen lebih homey.

    BalasHapus
  23. kalau banjir begini, lebih enak sewa apartemen harian. lebihn banyak yg kosong dibandingkan sewa kamar hotel ya katanya

    BalasHapus
  24. Aamiin.

    Semoga nggak kebanjiran lagi rumahnya. Emang enak juga ya kalau menginap di apartment harian. Ada dapurnya. Ini nih yang bikin irit. Bisa masak sendiri. Bisa tidur banyak orang tanpa harus nyewa bad tambahan pula. Lebih leluasa.

    BalasHapus
  25. Saya juga ngikutin nih berita banjir di media dan sosmed. Turut prihatin ya mbak. Tapi itu lah pentingya dana darurat ya. Jadi di saat seperti itu bisa menyewa apartemen atau hotel untuk mengungsi sementara.

    BalasHapus

Sewa Apartemen Harian, Alternatif Hunian Saat Banjir

1 Januari 2020 Tahun baru kemarin adalah hari yang tak terlupakan buatku. Pagi itu dalam perjalanan dari Magelang ke Jakarta adikku telpo...