Sabtu, 20 Juni 2020

Bumbu Hitam Bangjo Rasanya Maknyuss

Sore itu teriakan pakeeeeeet dari pak kurir mengagetkanku. Sebungkus paket atas namaku tertera di kardus. Hihihi penasaran deh perasaan lagi nggak belanja online. Langsung deh kubuka dan tadaaa...isinya bumbu hitam ternyata.

Langsung ingat kemarin sahabat rasa adek nanya alamat mau kirim sambel. Kirain becanda. Ternyata sambalnya langsung mendarat ke rumah. Dia ini memang kreatif sih. Bisnisnya sebenarnya rumah makan alias restoran. Karena di musim pandemi ini restoran lagi sepi langsung banting setir bikin  bumbu hitam deh.

Sambal buatannya dikasih label Bangjo.  Aku juga lupa nanya asal mula nama Bangjo ini. Apa nama lampu lalu lintas ya? Di daerah kami, kami biasa menyebutnya Bangjo. Lupakan deh asal nama Bangjo yang penting kita coba dulu sambalnya.


Minggu, 14 Juni 2020

Ibu Yuni Sosok Insipiratif di Balik Rumah Qur'an Gratis As Syifa

Namanya Ibu Yuniati. Tapi orang-orang dan muridnya lebih suka memanggilnya Umi Yuni. Perawakannya sedang, dengan kulit sawo matang dan penampilan yang bersahaja. Siapa sangka di balik penampilannya yang bersahaja beliau adalah sosok yang luar biasa.

Ibu Yuni



Pertama kali kenal  Ibu Yuni dari adikku. Beliau adalah guru PAUD keponakanku alias anaknya adek.  Setelah beberapa tahun  mengajar di PAUD, Bu Yuni memutuskan keluar dan membesarkan sekolah qur'an gratis yang dirintisnya. Rumah Qur'an As Syifa namanya. Adik saya pun menjadi donatur tetap di sana dan saya beberapa kali ikut nitip meski sekedar ikut menyumbangkan buku iqro' atau menyumbang semen buat perbaikan tempat mengaji. 

Awal rumah Qur'an Asy Syifa berdiri 5 tahun lalu  muridnya hanya 15 orang yang terdiri dari anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya. Bu Yuni sendiri  masih  tinggal di kontrakan rumah petak yang sempit bersama suami dan  keenam putra-putrinya. Kegiatan mengaji dilakukan di teras kontrakan rumah petaknya yang jauh dari kata layak. 

Minggu, 31 Mei 2020

Cara Cek Resiko Tertular Virus Corona secara Online

Sejak awal Maret pertama kalinya ada virus corona di Indonesia sampai hari ini sudah 25 ribuan orang di Indonesia positif virus corona. Terdengar menakutkan ya guys.

Dengan penyebaran virus corona yang semakin banyak ke seluruh Indonesia,  selain PSBB pemerintah juga mengeluarkan larangan mudik dan himbauan untuk sholat idul fitri di rumah masing-masing lebaran kemarin.

Sebuah pengalaman baru buat kami sekeluarga dan jutaan orang di Indonesia. Untuk pertama kalinya seumur hidup tanggal 24 Mei kemarin kami sholat idul fitri di rumah. Si ayah jadi imam dan si kakak jadi khotib. Beberapa hari sebelumnya si kakak sudah belajar cara khotbah.

Tidak ada acara silaturahim ke tetangga-tetangga. Sedih? Pasti dong...tapi nggak boleh sedih ya. Semua untuk kebaikan bersama. Toh seluruh Indonesia juga merasakan hal yang sama dengan kami.
Jumat, 29 Mei 2020

Mengunjungi Petilasan Prabu Siliwangi di Majalengka

Hai...hai..apa kabar? Lama bangeeeeeet ya nggak jalan-jalan. Harus sabar nggak jalan demi kebaikan kita semua ya. Semoga pandemi segera berlalu biar kita bisa jalan-jalan lagi.

Nah biar nggak bosen kita tulis acara jalan-jalan tahun lalu aja ya. Sebenarnya acaranya tahun lalu sih, tapi belum sempat ditulis aja. Jadi berhubung suasananya masih lebaran kita tulis sekarang ya.

Tahun lalu pas lebaran  kita ada kumpul keluarga satu trah buyut di Majalengka. Kebetulan keluarga yang ketempatan tinggalnya di Majalengka.  Jadi keluarga besar Magelang pergi deh ke Majalengka.  Kebetulan kita udah balik ke Jakarta. Jadi lebih  dekat.

Sebelum acara keluarga dimulai,  paginya sama tuan rumah kita diajak jalan-jalan ke Petilasan Prabu Siliwangi. Kebetulan tempatnya tidak jauh dari rumah saudara. Kapan lagi kan silaturahim sekalian liburan?

Petilasan Prabu Siliwangi berada di Desa Pajajar Kecamatan RajaGaluh Majalengka. Petilasan ini merupakan salah satu situs sejarah di Majalengka. Sepertinya belum begitu banyak wisatawan yang tahu situs ini. Kebanyakan wisatawan adalah wisatawan lokal sekitar Majalengka.

Sabtu, 23 Mei 2020

6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Pandemi

Sejak virus corona menyebar di seluruh dunia awal tahun kemarin kita semua patut waspada. Apalagi Covid 19 ini mulai memasuki Indonesia sejak awal Maret lalu. Hanya dalam waktu 2.5 bulan virus ini telah menginfeksi belasan ribu penduduk Indonesia.

Selain sosial distancing dan berdiam diri di rumah sebagai salah satu cara menghindari terjangkitnya virus ini, kita juga harus meningkatkan kekebalan tubuh sebagai salah satu cara menghindari covid 19 ini.

Ada 6 cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh di musim pandemi ini. Diantaranya adalah: 

1. Istirahat yang cukup
Istirahat atau tidur yang cukup terbukti bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Waktu tidur yang cukup yaitu antar 7-9 jam. Dengan tidur yang cukup dapat menjaga berat badan, menurunkan r├ęsiko stress dan menjaga suasana hati jadi lebih baik.


Rabu, 13 Mei 2020

Downy Mild & Gentle , Wangi Lembut Aman untuk si Kecil dan Keluarga



Sebagai ibu rumah tangga kewajibanku seabrek-abrek. Dari urus rumah, mencuci, menyetrika dan memasak di dapur. Selama pandemi ini tentu saja pekerjaanku bertambah banyak karena si mbak diliburkan dan tidak masuk kerja sementara waktu. 

Untuk urusan cuci mencuci meskipun sebelumnya dikerjakan mbak, tapi untuk urusan detergen dan pewangi pasti aku yang pilih.  Selama ini pilihnya sih pewangi yang umum saja karena yang khusus untuk si kecil hanya ada beberapa merk tertentu.

Downy Mild and Gentle 


Jumat, 08 Mei 2020

10 Tips Hemat Belanja Online saat Musim Promo di Bulan Ramadhan

Haii...sobat fadevmother karena bulan ini lagi Ramadhan, gak ada salahnya ya nulis banyak tema Ramadhan. Nah kali ini aku mau nulis tips hemat belanja online saat Ramadhan ya.

Salah satu alasan kenapa tren belanja online di bulan ramadhan meningkat adalah karena e-commerce banyak memberi promo dan diskon belanja yang sulit untuk ditolak. Mulai dari promo gratis ongkir, bonus cashback, beli satu gratis satu, flash sale, diskon s/d 99%, hingga berbagai promo undian berhadiah menarik seperti gadget, laptop, mobil, atau bahkan rumah.

Walau banyak promo yang bertebaran, jangan sampai ini membuat kamu terbuai sehingga menyebabkan dompet kamu terkuras habis. Supaya tidak boros, simak 10 tips hemat belanja online saat musim promo di bulan ramadhan berikut ini.

Sudah Eranya Mendapatkan Kemudahan Deposito Online Berbunga dari digibank Deposito




Hai sobat fadevmother. Saatnya ngomongin keuangan ya. Biar topik di blog ini ganti-ganti gak melulu jalan-jalan ya. Jadi seperti teman-teman ketahui saat ini sudah eranya mendapatkan kemudahan deposito online berbunga dari digibank Deposito.

Kemudahan bunga deposito online bisa didapatkan ketika mencairkan deposito loh... Nah, kalo zaman dulu, cara-cara umum pencairan deposito ketika tanggal jatuh tempo di bank itu seperti ini:

1. Menyerahkan sertifikat deposito kepada pihak bank.

2. Kemudian petugas bank akan memproses dan menyiapkan slip pencairan deposito. 
Bersamaan dengan slip bunga dari deposito.

3. Nasabah cukup menandatangani slip tersebut dan kemudian petugas bank akan memasukan deposito itu ke rekening nasabah.
Kamis, 07 Mei 2020

Bandrek Plus Jahe Merah Cailate Minuman Sehat selama Corona

Haii teman-teman masih kuat kan puasanya? Semoga masih kuat ya. Sambil nunggu waktu berbuka baca-baca artikel ini dulu yuk.

Jadi pengin ngomongin jahe merah nih. Sepertinya sejak ada Corona ini jahe merah jadi hits ya.   Katanya jahe merah ini adalah salah penangkal corona.  Makanya di musim ini jahe merah jadi laris manis ya.

Kita bahas sedikit tentang jahe merah dulu ya. Jahe merah, memang agak berbeda dari jahe lainnya. Selain dari warna, tanaman rimpang yang satu ini lebih kerap dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan dibandingkan sebagai bumbu masakan.

Pemilik nama latin Zingiber officinale itu memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan jahe jenis lainnya. 

Berbagai penelitian memang menyebutkan jahe merah memiliki fungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. 

Minggu, 03 Mei 2020

#THRBigRamadhanSale Solusi Belanja di Rumah saat Ramadhan



Sejak wabah Covid 19 ada di Indonesia kita harus menerapkan sosial distancing. PSBB pun diterapkan di Jabodetabek dan beberapa wilayah zona merah. Memasuki Bulan Ramadhan diterapkan peraturan baru yaitu tidak boleh ada kendaraan keluar masuk Jabodetabek.

Ramadhan #DirumahAja

Sejak ada Covid 19 di Indonesia, banyak kegiatan di rumah kami yang berubah. Tentu saja semua ada sisi positif dan negatifnya. Kini saat Ramadhan tiba kami masih tetap di rumah saja untuk keselamatan bersama.

Kegiatan kami selama Ramadhan:

1. Anak-anak sekolah di rumah, ayah juga bekerja dari rumah.

2. Sholat berjamaah, sholat tarawih dan tadarus dilakukan di rumah bukan di masjid.

3. Lebih sering beres-beres karena si mbak diliburkan selama Covid dan Ramadhan.

4. Lebih sering memasak untuk buka dan sahur.

5. Kebiasaan belanja ke mall atau supermarket  berubah menjadi belanja online untuk menghindari kerumunan.

#Shopeedarirumah Solusi Belanja  Saat Ramadhan 

Buat teman-teman yang pengin belanja kebutuhan Ramadhan tapi takut keluar rumah, teman-teman bisa memanfaatkan belanja dari rumah lewat Shopee. Berbagai bahan kebutuhan pokok, baju atau home decor bisa dibeli dari rumah.

Kurma Sukari #Shopeedarirumah (dok.pri)

Selasa, 28 April 2020

Mengunjungi Masjid Jogokariyan Jogja

Siapa yang tidak kenal dengan Masjid Jogokariyan Jogja. Awalnya aku juga nggak begitu ngerti tentang masjid ini. Namun berita beberapa tahun terakhir tentang masjid ini terutama kegiatan di bulan puasa dengan menyediakan ribuan makanan berbuka membuatku tahu dan ingin mengerti lebih banyak tentang masjid ini.

Masjid Jogokariyan terletak di Mantrijeron Jogjakarta. Masjid kampung ini mendunia. Beritanya ada dimana-mana. Setiap tahunnya saat bulan puasa masjid ini menyediakan ribuan menu buka puasa dalam piring. Konon uang yang dikeluarkan untuk menu ini sampai 25 juta sehari untuk menyediakan menu berbuka.

Selain itu aktifitas penjual makanan dan takjil di sekeliling masjid membuat masjid ini menjadi terkenal. Ratusan penjual ikut meramaikan jualan di sekitar masjid.

Bukan tidak mungkin jika masjid ini menjadi begitu berbeda dengan masjid-masjid di kampung lain. Pemberdayaan lingkungan dengan berbagai kegiatan positif melalui uang infak masjid patut diacungi jempol. Bahkan ada penginapan murah di sekitar masjid Jokoriyan ini.

Rasa penasaran akan masjid ini semakin besar saat mendengar ceramah Ustad Salim Al Fillah. Aku sangat salut akan aktifitas masjid ini yang bisa menggandeng seluruh masyarakat sekitar agar bisa jamaah di masjid ini. Tentu saja dengan pendekatan yang sangat personal. Jadi yang sebelumnya nggak pernah sholat jadi sholat, yang sebelumnya jarang jamaah ke masjid jadi sering ke masjid.  Pokoknya aku penasaran dengan masjid ini.

Sejuknya Sholat Dhuhur di Masjid 10 Kubah Nurul Mustofa Depok

Siang itu di pertengahan bulan November udara terasa panas.  Mobil kami meninggalkan Rumah sakit Cibinong untuk mengunjungi kerabat yang sak...