Sabtu, 28 November 2020

Sejuknya Sholat Dhuhur di Masjid 10 Kubah Nurul Mustofa Depok

Siang itu di pertengahan bulan November udara terasa panas.  Mobil kami meninggalkan Rumah sakit Cibinong untuk mengunjungi kerabat yang sakit dan dirawat di sana. Kebetulan belum sholat dhuhur, jadi memutuskan untuk sholat di masjid terdekat yang kami lewati dalam perjalanan pulang. 

Di sebelah kanan jalan dari Cibinong tampak sebuah masjid. Kami segera memasukinya. Subhanallah ternyata masjidnya besar sekali. Masjid indah bercat putih dengan 10 kubah itu ternyata bernama Masjid Jami Nurul Mustofa. Awalnya penasaran mengapa ada masjid megah di jalan yang sepi ini. Setelah browsing di google masjid ini bernama Masjid Nurul Mustofa. Dibangun oleh Habib Mustofa sejak tahun 2016. Dengan luas sekitar 1.8 hektar masjid ini kini dibuka untuk umum. 

Sekilas masjid ini mirip dengan masjid "Taj Mahal"  Ramlie Musofa yang ada di Sunter. Sama-sama bercat putih dengan ornamen di dindingnya. Namun hanya mirip sekilas karena ada banyak perbedaan. Masjid Nurul Mustofa ini sangat megah dan mempunyai 10 kubah. Masjid Ramli Musofa pernah aku tuliskan di sini. 

Dari desain masjid, tempat wudhu yang luas, tempat parkir yang luas dan beberapa pohon kurma yang ada di depannya masjid ini cocok sekali untuk wisata religi. Meski tidak seluas Masjid Kubah Mas di Depok, tidak ada salahnya kalau dari Kubah Mas bisa sekalian jalan-jalan ke sini. Masjid ini terletak di Mekar Sari Cilodong Depok.

Berikut beberapa foto Masjid Jami Nurul Mustofa Depok. Foto milik pribadi dan diambil saat sholat dhuhur di sana.



Tampak megah

Rabu, 25 November 2020

5 Resep Masakan Jepang yang Mudah Dibuat di Rumah

Resep Masakan Jepang. Siapa yang tidak kenal masakan Jepang. Hampir semua orang kenal masakan Jepang ya. Sama seperti anak-anakku. Dulu sebelum pandemi hampir tiap weekend minta makan di luar dan pilihannya adalah masakan Jepang siap saji. Selama pandemi jarang banget keluar rumah apalagi untuk ngemall. Pernah beberapa kali ngemall dalam 9 bulan terakhir ini. Itupun untuk sesuatu yang urgent, jadi bukan sengaja makan di luar seperti weekend sebelum pandemi. 

Tiga bulan pertama anak-anak mulai protes dong, yang bilang kangen tempura lah, kangen beef yakiniku lah, kangen chicken teriyaki lah. Lah tapi kan nggak bisa keluar kan ya? Untung emak-emak gini nggak hilang akal. Coba-coba belajar bikin masakan Jepang sederhana yang bisa dibikin di rumah. Yaaah...meski rasanya nggak seenak bikinan makanan di resto-resto siap saji tersebut, tapi paling nggak kangen anak-anak terhadap masakan Jepang bisa terobati ya.

Setelah beberapa kali mencoba dan mempertimbangkan bahan-bahan yang mudah diperoleh untuk memasak, disini aku tulis 5 Resep Masakan Jepang yang mudah dibuat ya. Ini menurut pengalaman pribadiku ya. Jadi temen-temen bisa coba resep sederhana di bawah ini. 

Sabtu, 21 November 2020

6 Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah

Bisa dikatakan usiaku saat ini adalah usia matang. Empat puluh tahunan adalah usia yang tidak lagi dikatakan muda. Dan problem seputar wajah pun mulai bermunculan. Alhamdulilah belum ada flek. Biasanya usia 40 tahunan mulai muncul flek-flek di sekitar wajah. Namun kerutan-kerutan halus di sekitar mata nggak bisa bohong kalau umurku tidak lagi muda.

Kondisi kulit usia 40 tahunan memang berbeda dengan kondisi kulit umur 20 tahunan. Kolagen yang berkurang menjadikan kulit usia 40 an cenderung kering dan mudah keriput serta muncul garis-garis halus.  Memang keriput tidak bisa kita hindari, tapi paling tidak kita bisa merawat wajah agar tanda-tanda penuaan berkurang atau tidak terlalu kentara.

Ada beberapa cara merawat kulit wajah secara sederhana yaitu:

1. Memperbanyak minum air putih
Minum banyak air putih membuat kulit kita segar dan tidak kering. Hal ini juga berpengaruh juga ke kulit wajah. Wajah tampak kering jika kita kurang minum air putih. Paling tidak kita membutuhkan 2 liter atau 8 gelas  air putih setiap hari.




2. Memperbanyak makan sayuran dan buah
Makan sayur dan buah juga bisa membuat wajah kita segar dan awet muda. Wortel, pepaya,  dan bayam adalah sayuran dan buah yang bisa membuat kulit sehat sekaligus glowing karena mengandung beberapa zat yang penting dan bagus untuk kulit. 

Senin, 09 November 2020

Berwisata ke Ayanaz Candi Gedong Songo di Era New Normal




Sudah lama banget pengin main ke Ayanaz sejak beberapa tahun lalu. Balon-balon raksasa dengan latar belakang pemandangan khas pegunungan bersliweran di time line facebook dan Instagram. Sebagai emak-emak yang suka main mupeng banget.

Sayangnya tiap pulang kampung belum sempat mampir ke sana. Selain waktunya cuma sebentar, waktunya juga biasanya habis buat silaturahim. Kebetulan kemarin kami pulang kampung, masih ada sedikit waktu luang. Jadi dari Semarang sebelum ke Magelang kita sempetin main ke Ayanaz sebentar.

Pemandangan indah bunga warna-warni tampak di pinggir jalan sepanjang perjalanan dari Bandungan ke Ayanaz. Banyak kebun bunga yang memanjakan mata milik para petani bunga. Dan beberapa kilometer sebelum Ayanaz tampak Taman Bunga Celosia di sebelah kiri jalan.

Beberapa meter sebelum tiba di parkiran, ada petugas yang mengatur arus lalu lintas kendaraan ke parkiran. Jadi kendaraan dari atas dan yang mau ke atas diatur agar tidak naik dan turun dalam waktu bersamaan.

Pas sampai parkiran nanya ke petugas dimana Ayanaz berada. Ternyata Ayanaz ini berada di kawasan Candi Gedong Songo. Oalaaah....selama aku mengira Ayanaz berada di dekat Candi Gedong Songo. Tapi nggak tau kalau ternyata satu kawasan.