Selasa, 17 Januari 2023

Semalam di Villa Cemara Situ Gunung

Berawal dari undangan temen si ayah yang mantu di Sukabumi,  akhirnya kita sepakat untuk kondangan ke Sukabumi.  Kebetulan sekali dah lama gak jalan-jalan sama anak-anak formasi lengkap. Yang gede dah susah diajak jalan. Akhirnya  ajak anak-anak ke Sukabumi buat main. Susah banget ajak anak-anak. Mau gara-gara dikasih liat instagram Situ Gunung yang indah.

Misi pertama done. Anak-anak mau diajak ke Sukabumi.  Selanjutnya cari hotel buat menginap.  Rencananya mau main ke Situ Gunung. Ayahnya malah ajak camping bermalam di sana. Bayangin dinginnya aja gak sanggup.  Apalagi kalau di sana hujan. Akhirnya browsing cari-cari villa atau penginapan daerah sana. Setelah baca berbagai ulasan akhirnya klik sama satu villa. Namanya villa Cemara. Sayangnya gak ada di Aplikasi Traveloka kesayangan.  Akhirnya telepon di no wa yang ada di sana. Alhamdulilah masih ada kamar kosong untuk tanggal 14 Januari.

Hari H pun tiba. Pagi-pagi kita berangkat ke Sukabumi. Niatnya menghindari macet. Tapi tetep saja macet. Setelah kondangan kita cuzz langsung ke Situ Gunung.  Dan taraaa....villanya terletak persis di depan gerbang Situ Gunung.

Minggu, 01 Januari 2023

Mewujudkan Liburan Impian Suami ke Turki bareng Traveloka

Angin bertiup sepoi-sepoi , air laut dan langit berwarna biru. Sungguh pemandangan yang indah. Sesekali burung camar menyambar roti  yang diberikan wisatawan di atas kapal  yang membelah selat Bosphorus. Pemandangan indah tersebut  membuat kami terpaku. Sungguh pemandangan yang kami lihat di youtube tentang selat Bosphorus tiga tahun lalu membuat kami ingin pergi ke Turki.

Yuuup...aku dan pak suami ingin pergi ke Turki. Paling tidak sejak  tiga tahun lalu Turki menjadi salah satu destinasi impian kami. Bukan Jepang, Korea atau pun Australia. Bukan tanpa sebab mengapa Turki menjadi salah satu wishlist kami. Pak suami adalah salah satu penggemar serial Turki Ertrugul. Serial  sejarah Turki sebanyak 150 episode ini menjadi serial favorit pak suami. Bukan hanya Ertrugul namun Kurulus Osman juga salah satu serial favorit suami. Jika beberapa bapak lain menghabiskan waktu me timenya dengan merokok, ngopi atau ngobrol dengan bapak-bapak, pak suami menghabiskan waktu me time nya untuk nonton sejarah Turki Utsmani. Yup beliau memang penyuka sejarah dan sangat suka sejarah perkembangan islam di Turki.

Bahkan saking ngefansnya sama Turki pak suami ikut salah satu komunitas pecinta Turki di Indonesia.  Tahun 2019 bahkan pernah ikut nobar dan kopdar bersama komunitas pecinta Turki di Jakarta. Pas ada photo sesion pak suami yang jarang mau difoto pun sampai ikut foto sama si bungsu. Jadi bisa dibayangkan ya sepengen apa pak suami berlibur ke Turki. Mungkin sepengen remaja para pecinta KPOP dan emak-emak pecinta drakor liburan ke Korea. Hahaha...

Kamis, 22 Desember 2022

Salacak Donercisi, Menikmati Sarapan di Tepi Laut Marmara

Hai...kembali lagi dengan fadevmother. Kali ini udah agak lega ya. Anak-anak udah libur, jadi si emak bisa nulis lanjutkan catatan perjalanan ke Turki lagi.

Hawa dingin langsung menyergap saat kita landing di Bandara Turki.  Maklum bulan November di Turki sudah masuk musim dingin. Untung dari pesawat dah pakai jaket ya. Jadi lumayan hangat. Masya Allah bandaranya cukup besar. Jadi kita lumayan berjalan jauh dari turun pesawat ke terminal kedatangan. Kita berhenti sejenak ke toilet untuk membersihkan diri. Maklum penerbangan belasan jam dari Jakarta ke Turki membuat lumayan kucel. Hahaha...

Waktu subuh di Turki ternyata lebih siang daripada kita di Indonesia.  Jadi sambil nunggu bagasi kita sempat sholat subuh di bandara.

Selanjutnya kita langsung city tour. Tujuan pertama kali ini adalah ziarah ke makam Sulaiman Hilmi Tunahan. Beliau adalah ulama dan pendiri pesantren Sulaymaniyah yang tersebar di Turki, Asia, Eropa dan mempunyai beberapa cabang di Indonesia. Sayang gak boleh memfoto makamnya ya. Tapi boleh memfoto beberapa makam di sekitarnya. Kebetulan beliau dimakamkan di sebuah pemakaman umum yang sudah berusia ratusan tahun di daerah Uskudar.

Sabtu, 10 Desember 2022

Menikmati Aroma Rempah di Spice Bazaar Turki

Catatan perjalanan Turki hari pertama bisa dibaca  disini ya. Maaf jika nggak berurutan nulisnya.

Setelah ke  makam Eyup city tour hari pertama ini selanjutnya menuju ke Spice bazaar. Spice Bazar dalam bahasa Turki disebut Misir Carsisi. Mikir Carsisi ini sudah ada sejak tahun 1957. Di sini ratusan penjaja rempah menjajakan dagangannya. Ada berjenis-jenis rempah di sini dari saffron, cabai, lada dan puluhan rempah lainnya ada di sini.

Aroma rempah menyeruak begitu kita memasuki Spice Bazaar ini. Disini juga tersedia berbagai manisan Turki berbagai rasa. Orang menyebutnya Turki Delight. Berbagai macam makanan juga ada di pasar ini. Ingin mencicipi atau menikmati berbagai macam makanan Turki, datanglah ke Spice Bazaar ini.

Di dalam selain rempah-rempah kita bisa menikmati berbagai pedagang yang menjajakan berbagai macam dagangannya.  Disini terkadang kita boleh menawar.

Selasa, 15 November 2022

Hobi Traveling? Jangan lupa Baca Buku Ini Sebagai Referensi Healing

“Kok gitu sih, mungkin dia kurang piknik” Begitu kalimat yang sering kita dengar kalau ada orang yang uring-uringan atau nggak konsen sama pekerjaan. Piknik, travelling, rekreasi, tamasya atau bahasa anak zaman sekarang “healing” sudah menjadi kebutuhan bagi hidup manusia.

Beberapa dekade lalu rekreasi masih dipandang sebagai kebutuhan tersier, tapi saat ini bisa jadi sudah naik derajat jadi kebutuhan sekunder, seperti halnya manusia zaman sekarang butuh paket internet cepat. Ya kan di zaman serba digital segala kegiatan butuh koneksi internet yang nggak ajrut-ajrutan agar kerjaan beres, nggak stress akibat pekerjaan seperti orang yang kurang jalan-jalan.

Senin, 07 November 2022

Menikmati Keindahan Little Venice Kota Bunga

Sebenarnya ini cerita libur lebaran Idul Adha kemarin. Hihi...dah lumayan lama ya. Gak papa kemarin belum sempat nulis soalnya. Tulis disini siapa tahu ada yang pengin ke sana ya.

Libur lebaran Idul Adha 2022 kemarin kami menghabiskan waktu liburan di puncak. Iya di puncak, jadi kami sholat Idul Adha pun di puncak. Berangkat dua hari sebelumnya,  jadi si ayah yang puasa Arafah pun buka dan sahur di puncak.

Paginya setelah sholat Idul Adha kami jalan-jalan ke Little Venice.  Sebenarnya kami nggak punya tujuan sih. Cuma pengin yang adem-adem aja gitu. Tapi kebetulan hotel tempat kami menginap dekat Little Venice. Jadi go show deh ke sana.

Little Venice ini terletak di komplek perumahan Kota Bunga. Menuju ke sana suasana khas Eropa langsung terasa. Di kanan kiri banyak bangunan khas Eropa. Namun bukan hanya khas Eropa  saja ternyata.  Di sini berbagai rumah Bergaya Jepang sampai Korea bisa kita temui.

Taraaa....sampailah kita di Little Venice. Pintu gerbangnya ala-ala bangunan Romawi kuno dengan berbagai patung di sana. Kebetulan karena hari libur, jadi harga tiketnya harga tiket weekend. Satu tiket harganya 90 ribu rupiah termasuk tiket masuk, replika bangunan negara, maze of light dan tiket empat permainan. Kami membeli 4 tiket terusan 90 ribu dan satu tiket masuk 60 ribu buat si ayah karena gak mau naik permainan. Tiket 60 ribu termasuk tiket masuk dan tiket maze of light. Jadi total 420 ribu untuk berlima.

Untuk setiap pengunjung yang masuk, kita diberi gelang. Masing-masing gelang berbeda warnanya tergantung tipe tiket yang kita beli.

Bangunan ala-ala Eropa dan Venesia langsung terasa saat kita memasuki area Little Venice. Sayang foto-foto yang bisa kuambil hanya ini. Si kakak punya banyak objek bagus buat difoto. Sayangnya gak pernah boleh dimasukkan blog emaknya. Jadi foto pakai handphone emaknya aja nih yang ada di blog. Tapi tidak mengurangi keindahannya.

Selasa, 11 Oktober 2022

Tips Memilih Destinasi Wisata yang Tepat untuk Anak

Sumber: RODNAE Productions –canva.com

Berwisata ke suatu tempat memang selalu menjadi momen menyenangkan yang ditunggu-tunggu. Bukan hanya untuk orang tua, anak-anak juga pasti akan merasa senang jika berkunjung ke suatu tempat yang menyenangkan dan menghibur. Akan tetapi, ada banyak tempat wisata yang sebenarnya kurang aman untuk anak. Untuk itu, orang tua sebaiknya lebih selektif dalam menentukan tempat yang akan dikunjungi bersama keluarga demi kenyamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga.

Tentunya, sebagai orang tua, kita ingin anak-anak bermain sepuas hati saat berkunjung ke tempat wisata. Untuk itu, pilihlah destinasi wisata yang ramah untuk anak. Kira-kira apa saja ya tips untuk memilih destinasi yang tepat untuk anak? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Impian Backpacker ke Palembang Bersama #TemanHidupTraveloka

Sumber: IG Palembang.destinasi

"Liburan terbaik bukanlah soal kemewahan, tetapi soal kebersamaan di tengah keluarga tercinta."

Suka banget sama quotes di atas. Iya liburan itu bukan soal kemewahan,  namun tentang kebersamaan bersama keluarga. Persis banget seperti yang kurasakan. Kami suka jalan dan tipe family traveling. Jadi tiap jalan ya harus sekeluarga.  Meski lebih sering jalan pakai tiket promo, penginapan yang terjangkau, bahkan tiket kereta ekonomi. Yang paling penting jalan bersama keluarga karena masa kecil anak-anak tidak akan terulang. Mereka tidak ingat dibelikan baju atau sepatu branded tapi mereka akan selalu terkenang diajak jalan-jalan kemana sama orang tuanya.

Sudah belasan tahun pernikahan kami. Banyak tempat indah yang dikunjungi. Meski demikian ada impian yang belum terwujud. Apalagi kalau bukan jalan-jalan ke pulau Sumatra. Sebagai anak yang lahir dan besar di Jawa kami selalu penasaran dengan pulau Sumatra. Seperti apa ya rasanya bisa traveling ke sana. Meski tahun 2017 kami pernah ke pulau Bangka dan 2019 kami ke Belitung, rasanya tetap saja kami belum pernah menginjakkan kaki di pulau Sumatra. Yuup bisa dibilang Sumatra is our dream.

Iya di saat orang lain pengin jalan-jalan ke Labuan Bajo, Sumba atau Raja Ampat, kami malah ingin ke Sumatra. Iya destinasi anti mainstream bagi sebagian traveler.

Minggu lalu tiba-tiba pak suami ada ide.

" Bu ke Palembang yuk, backpackeran. Kayaknya seru deh," katanya.

" Hah? Serius ayah pengin ke Palembang backpackeran? Asyiiiik," aku pun langsung heboh sendiri.

"Iya serius. Aku lihat  dulu masih punya cuti berapa, trus ibu seperti biasa bikin budget dan itinerary," kata si ayah.

"Siap bos, dengan senang hati,"seru si emak.

Kamis, 29 September 2022

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) untuk Menunjang Hobi Anakku

Percakapan suatu pagi di sekolah saat terima raport.

" Ini hasil raport Faris semester ini Bu, masih banyak yang perlu ditingkatkan", kata wali kelas si kakak.

Tiba-tiba hatiku mencelos. Iyaa...rasanya sedih dan campur aduk.  Apalagi melihat teman baik si kakak menerima piala juara kelas semester itu. Sering berpikir kenapa anak-anakku tidak pernah juara kelas. Kenapa rangking anakku tidak tiga besar atau sepuluh besar. Hati ini langsung membanding-bandingkan raportku yang selalu tiga besar sejak SD sampai SMA. Terus membandingkan rapot anakku dengan ayahnya yang selalu juara umum saat di sekolah.

Sedih? Itu pasti. Mungkin aku yang terlalu berharap banyak kepada anak-anakku. Aku terlalu berekspetasi lebih. Aku ingin mereka seperti kami saat masih sekolah. Maju ke depan kelas untuk menerima piala atau piagam saat penerimaan rapot. Lebih sedih lagi saat melihat anak-anak sahabatku yang pintar-pintar seperti ibunya. Rasanya aku gagal menjadi seorang ibu yang bisa mencetak juara. Huhuhu....

Kamis, 15 September 2022

Bermain di Suraloka Zoo Kaliurang Yogyakarta

Halooo pa kabar teman-teman? Rasanya dah lama banget ya gak nulis cerita jalan-jalan.  Jadi kangen nulis nih. Sebenarnya banyaaak banget cerita jalan-jalan atau staycation yang belum ditulis. Kadang mager aja bawaannya. Tapi hari ini sengaja pengen nulis soalnya abis kecewa rejekinya ilang. Gpp semoga ntar diganti yang berlebih sama Allah. Jadi nulis kali ini ceritanya healing. Hahaa....semoga mimin-mimin yang makan uang gak berkah jg sehat selalu.

Ini cerita lebaran bulan Mei kemarin. Ceritanya lebaran kemarin kami nginep di tempat paman di Yogyakarta.  Mumpung ke Jogja nih, main dong kita ke Kaliurang. Cari yang adem.

Sebenarnya ke Kaliurang juga belum punya tujuan sih mau main kemana. Asal jalan aja, go show. Eh ternyata pas mau masuk Kaliurang kelihatan kayak taman besar gitu. Ya udah kita berhenti dan main parkir aja. Parkirannya lumayan luas. Karena kita jalan pagi-pagi banget jadi tempatnya masih sepi.

Begitu masuk kita disambut dengan taman berisi beraneka macam Bunga Anggrek. Huhuhu.. jadi ingat ibuku penyuka Anggrek. Kalau diajak kesini pasti beliau senang sekali.

Rabu, 07 September 2022

6 Alasan Kenapa harus Beralih ke barenbliss Lip Tint dan Cushion

Barenbliss lip tint dan barenbliss cushion adalah salah satu produk kosmetik yang banyak dicari. Setiap jenis produk yang ada di barenbliss ini mempunyai kelebihan masing-masing. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kelebihan dari brand tersebut. Sedangkan, buat teman-teman yang penasaran dengan brand barenbliss bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.