Kamis, 05 Februari 2015

Tips Liburan Gratis dan Murah Meriah

Kali ini mau nulis seputar tips sebagai tulisan tantangan dari mbak Ani Berta. Sebagai orang  yang sejak jaman muda kakinya gatel selalu pengin dolan, meskipun sudah jadi emak-emak kebiasaan dolan atau liburan  itu tidak bisa hilang begitu saja. Namun tentu saja sekarang beda. Kalau dulu ingin liburan tinggal berangkat, sekarang kalau mau sekedar liburan yang dipikir banyak. Soalnya harus mikir susu anak, SPP, listrik, telepon dan tagihan kartu kredit *ngaku*. Maklum emak-emak kan mikirnya serba ekonomis. Jadinya maunya tetap liburan dengan harga ekonomis alias murah meriah atau syukur-syukur kalau bisa gratis. Di bawah ini adalah sebagian foto-foto liburan gratisku.



Pemenang HSBC AirAsia Flyng Fantasi



Pas menang ke Universal Studio ini cuma bisa jalan-jalan berdua sama suami nggak sama anak-anak. Fotoku nyempil tuh di pojok. Perjalanannya bisa dilihat di sini. Penyelenggaranya kartu kredit HSBC. Menangnya tahun 2010 yang lalu. Tapi lumayan sih semua ditanggung termasuk hotel, akomodasi dan masuk ke Universal Studio.

Pernah juga sih liburan nol rupiah pulang pergi tahun 2010 sama anak-anak ke Kuala Lumpur. Saat itu Air Asia belum memberlakukan fuel surcharge. Jadi ya nol rupiah cuman bayar airport tax, hotel, dan akomodasi selama di sana. Tapi tiketnya nol rupiah pp buat berempat. Hayoo..irit berapa tuh? Pernah  kutulis dengan judul My first time backpacker with kiddos.


Petronas


Kalau yang ini liburan nol rupiah pulang pergi ke Bali tahun 2011. Cerita selengkapnya ada di sini. Kalau yang ini juga nol. Perginya backpackeran satu minggu sama krucils di Bali. Tapi ya harus siap panas-panasan sewa motor bukan sewa mobil selama di Bali. Trus juga nginepnya bukan di hotel, tapi penginapan murah meriah. Namanya juga pengin dolan tapi budget minimal.


Besakih


Pengin ke Eropa? Hal yang mustahil kali kalau nabung sendiri. Lagian kalau ada uangnya juga mending buat umroh , gak buat jalan-jalan ke Eropa. Tapi kalau gratis sih ya gak nolak. Dan ini adalah jalan-jalan gratisku ke Eropa tahun 2012. Kayak mimpi lho. Kalau yang ini menang lomba nulis tahun 2012 lalu di salah satu Fanpage Facebook punya nya Unilever.




By the way perjalanan gratis nggak cuman ke luar pulau atau luar negeri saja lho. Hampir semua tempat wisata yang aku pakai buat liburan itu gratis. Kidzania, Jungle Land, Dufan, Pinisi , Water Boom dan hampir semua tempat wisata di Jakarta. Dan dapat gratisnya nggak hanya sekali . Bisa berkali-kali. Jadi lumayan kan, cuma modal mobil,  bensin dan uang makan tapi bisa sering-sering liburan. Kalau tiket-tiket di atas sih dapatnya dari kuis. Sekali ke Kidzania gratis bisa irit 480 ribu berempat (dua tiket dewasa, dua tiket anak). Bayangkan kalau tiga kali ke sana gratis. Ke Dufan juga bisa irit banyak. Gratisan terus.

Berikut tips liburan murah meriah :

1. Mencari tiket promo jauh-jauh hari sebelumnya agar dapat tiket murah. Syukur-syukur nol rupiah. Btw sekarang sudah jarang nol rupiah ya.Kalaupun ada kursi gratis kita harus bayar fuel surcharge.

2. Untuk menekan pengeluaran selama liburan  tidak perlu menginap di hotel yang mahal. Di losmen murah pun tidak masalah asal anak-anak merasa  nyaman .

3. Agar lebih irit, jangan menyewa mobil  atau naik taksi jika bisa menyewa motor atau naik transportasi umum.

4. Membeli oleh-oleh di tempat yang murah meriah. Membeli makan di warteg atau warung sederhana dibandingkan rumah makan cepat saji karena lebih irit.

5. Ikuti lomba nulis yang berhadiah ke luar negeri. Syukur-syukur bisa jadi pemenang.

6. Ikutin fanpage-fanpage yang ada di Facebook. Biasanya mereka mengadakan kuis dengan hadiah tiket-tiket tempat bermain anak seperti Kidzania ataupun Jungle Land.

7. Jangan ikuti kuis yang memakai parameter  like sebagai acuan pemenang karena kita akan kalah dengan orang-orang yang punya ratusan akun. Ikuti kuis yang mengandalkan tulisan atau testimony.

8. Pantau Facebook dan twitter serta instagram karena setiap hari ada kuis yang diadakan.

Selamat mencoba jalan-jalan gratis teman.

10 komentar:

  1. Huuwaaa tips nyaa keren punyaaa ampe gratisaannn huhuhuh *maaauuuu

    BalasHapus
  2. Hihi...iya mbak Shinta. Ikutin yuk tips nya. Siapa tau dapat yang gratisan. Hehehe.

    BalasHapus
  3. jalan jalan ke Eropa nya itu bikin mupeng mbakkk.
    tips tipsnya udah tak catet di memori otak hihi.
    salam kenal yah

    BalasHapus
  4. asyik ya mbak bisa jalan-jalan gratis

    BalasHapus
  5. iya mbak Lidya.Ikut yuk....hihi.

    BalasHapus
  6. Salam kenal juga mbak Astari. Catat yuk tipsnya. Siapa tau bisa jalan-jalan gratis juga :)

    BalasHapus
  7. oww begitu caranya boleh dicoba ni untuk anak liburan sekola nanti

    BalasHapus
  8. gratis gak masalah yang penting bisa jalan jalan keluar negri hihihihi

    BalasHapus
  9. mbak,mbak.... tipsnya keren banget, pas banget mau rencanain liburan sama krucils, nice share

    BalasHapus
  10. Iya mbak Fitrina. Terima kasih sudah mampir ke sini..

    BalasHapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...