Jumat, 22 September 2017

Memilih Mainan Anak Yang Tepat Untuk Anak Usia Setahun Di MatahariMall

Akhir bulan lalu usia Firdan tepat setahun. Nggak terasa ya. Perasaan baru kemarin ngerasain hamil dan lemes-lemes di tri semester pertama. Baru kemarin ngerasain sakitnya operasi cesar. Sekarang sudah setahun aja si bocah. Usia setahun tambah pinter nih Firdan. Bukan saja kemampuan bahasanya yang bertambah, kemampuan kognitif, sensori dan motoriknya juga sudah bertambah.


Di usianya sekarang Firdan  sudah bisa tepuk tangan, dadah-dadah, belajar berjalan dan menirukan suara kuda. Sekarang juga makin pinter karena bisa menirukan gaya meneleponku saat aku menelepon si ayah, sudah bisa komunikasi satu arah dan sudah bisa panggil 'ayah'. Bagian ini si ayah paling seneng. Kalau sudah panggil 'Ayah".."Ayah"..sudah deh nemplok seharian nggak mau lepas. Kalau bagian ini emaknya yang seneng soalnya bisa me time sejenak. Hehehe...


By the way ngomongin perkembangan si bayi nggak lepas dari ngomongin bermain. Bayi dan balita butuh bermain untuk membangun perkembangan fisik dan mentalnya. Pinter-pinter kita sebagai orang tua untuk memilih mainan yang tepat untuk anak seusianya.


Sekarang dia sudah ngerti mainan dan seneng bermain loh, Apalagi kalau main dengan Elang sepupunya yang sama-sama balita. Seneng banget dia. Kebetulan karena jarak usia Firdan dengan duo krucils kakaknya jauh, maka nggak ada mainan yang bisa diwarisin lagi. Semua mainan kakaknya dah dilungsurin dan dikasih ke orang. Jadi mainan Firdan baru sedikit alias bisa dihitung dengan jari. Terpaksa harus beli lagi mainan-mainan baru buat Firdan.

Karena Firdan usianya setahun, jadi aku pilih-pilih mainan untuk anak usia setahun. Di usia setahun seorang anak mengalami perkembangan motorik dan sensorik yang pesat. Oleh karena itu dibutuhkan stimulus yang tepat untuk perkembangannya.


Beberapa jenis mainan yang tepat untuk anak usia setahun adalah :


1. Mobil-mobilan yang digerakkan dengan kaki
Di usia setahun anak-anak sedang belajar berjalan. Oleh karena itu dia butuh mainan mobil-mobilan yang bisa dinaiki untuk menstimulasi dan memperlancar jalannya. Beberapa mainan mobil-mobilan bisa digunakan untuk membantu berjalan.


2. Peralatan musik
Di usia ini anak-anak sedang senang-senangnya mendengarkan musik. Beberapa maianan musik bisa menstimulasi kemampuan anak setahun. Di usianya anak-anak sudah pintar menirukan bunyi-bunyian. Gitar plastik, xylofone atau organ mini adalah mainan yang tepat untuk menstimulasi kemampuannya.



sumber: MatahariMall

3. Mainan yang membantu untuk mengenal warna
Mainan berbentuk balok warna-warni  atau mainan yang berbentuk donut  warna-warni yang dimasukkan ke tiang kecil adalah mainan yang cocok untuk anak usia setahun. Anak usia setahun sudah mulai belajar mengenal warna. Mainan berbentuk donut ini selain belajar warna juga untuk melatih motorik anak yaitu belajar memasukkan bulatan donut  ke tempatnya.


Firdan dan mainannya


4. Mainan bertema binatang
Melalui mainan ini si kecil mulai belajar tentang berbagai macam hewan. Firdan sudah mulai kenal kucing , anjing, ayam, burung dan kuda. Selain mainan hewan sekali-kali si kecil pasti senang jika kita ajak mengenal hewan langsung di kebun binatang.


Nah teman-teman itu beberapa mainan di atas adalah jenis-jenis mainan yang cocok untuk anak usia setahun menurutku. Untuk mainan anak usia tiga tahun atau lima tahun pasti sudah beda lagi. Mainan anak-anak sebaiknya disesuaikan dengan umurnya jadi bisa memberikan stimulasi yang tepat untuk perkembangannya.


Kalau ngomongin belanja mainan nih sekarang aku malas kalau beli mainan di mall. Selain macet, bayar parkir mahal, emaknya juga cuci mata trus jadi pengin beli ini itu jadi boros deh. Niatnya sih cuma pengin beli mainan, tapi ntar yang masuk keranjang belanja bisa nambah dua atau tiga barang lain. Hehehe. Makanya sekarang  aku lebih suka beli mainan lewat online di MatahariMall. Praktis, mudah, cepat dan pilihannya pun banyak. Yang jelas sih lebih irit karena nggak usah jajanin dua kakaknya di mall. Hehehe. Kalau teman-teman mainan apa yang cocok buat si buah hati?

2 komentar:

  1. Waa.. Senangnya Firdan bisa makin asyik bermain dan belajarnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...dengan mainan yang tepat bisa bermain sambil belajar.

      Hapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...