Senin, 11 Februari 2019

Yuk Dukung Gerakan Satu Juta Iya Boleh dari Dancow



Hari Kamis 7 Februari kemarin aku dan si kecil Firdan menghadiri acara peluncuran gerakan satu juta ' iya boleh' dari Dancow yang diadakan oleh Dancow Parenting Center. Acara dilaksanakan di Hotel Ayana Midplaza Sudirman.



Hadir sebagai nara sumber Ussy sulistiawati sebagai brand ambassador Dancow, Ratih Ibrahim sebagai psikolog, dr.Ray Baswori, dan Alvin Wiradarma selaku Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri +.



Menurut dokter Ray Basrowi, MKK dua dari sepuluh anak balita kurang bagus pertumbuhan badannya dan tiga dari sepuluh balita Indonesia kurang darah atau anemia. Akibatnya pertumbuhan mereka menjadi terhambat dan badannya menjadi pendek dan kurus.

Ketika bereksplorasi, banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, sebanyak 41,9% anak Indonesia sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12,2% anak Indonesia masih sering terkena diare.

Perlindungan gizi perlindungan untuk eksplorasi bisa diperoleh dari bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus yg telah teruji klinis dpt membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan,infeksi saluran cerna  dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut psikolog Ratih Ibrahim ada tiga hal yang menjadi modalitas tumbuh kembang si kecil yaitu nutrisi, stimulasi dan cinta. Eksplorasi sebagai bagian dari stimulasi untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Belajar lebih banyak, skill motorik meningkat dan lebih percaya diri. Untuk itu butuh keterlibatan oramg tua dengan bilang 'iya boleh'.



Hiks jadi merasa bersalah sedikit setelah mendengarkan penjelasan Mbak Ratih.  Maklum namanya emak-emak penginnya sih protektif alias melindungi tapi ternyata salah.

Selama ini sepertinya ada yang salah dalam cara pengasuhanku. Selama ini aku lebih banyak bilang 'jangan' ke Firdan. Sementara ayahnya cenderung membolehkan jika dia ingin bereksplorasi asal tidak bahaya. Ternyata cara ayahnya ini yang sama dengan pendapat para ahli.

Untuk menjadi anak unggul Indonesia yangbsehat, cerdas dan berkarakter,Dancow Advanced Excelnutri+ percaya ada lima karakter penting yaitu :

  1. Berani Explorasi merupakan salah satu cara untuk si kecil berinteraksi langsung dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem solving, decision making dan keterampilan sosial

2.Cerdas
  Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan     tahap perkembangannya, aspek kognitif si       kecil dapat terstimulasi melalui berbagai              kegiatan dalam proses eksplorasinya.


3. Kreatif
Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik. 


4. Peduli
Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, si kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.


5. Pemimpin
Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.


Nara sumber terakhir adalah artis Ussy . Mama dari Sheva ini concern terhadap perkembangan Sheva anaknya. Dia termasuk mama yang sering bilang 'iya boleh' terhadap apa yang dilakukan Sheva. Jadi Sheva tumbuh menjadi anak yang kreatif, cerdas serta peduli. Ada satu cerita yang tidak terlupakan yaitu saat Sheva mencoret-coret tas Ussy dan Ussy membolehkan meskipun akhirnya noda tas itu tidak bisa hilang. 



Acara ini ditutup dengan surprise kejutan dari Dancow untuk anak-anak. Ada bermacam zona yang bisa mereka coba dari zona berani, zona cerdas, zona kreatif, zona peduli dan zona pemimpin.  Waah Firdan paling seneng berada di zona kreatif karena dia bisa mencorat-coret tembok memakai kuas seperti hobinya mewarnai selama ini.

Oya di kesempatan kemarin juga kita ikut berpartisipasi dengan cara vote satu juta 'iya boleh' di website Dancow. Yuk kita dukung gerakan satu juta 'iya boleh' bunda....





10 komentar:

  1. Iya boleeeeh.. yuk main ke rumah Kakak Asa nanti main bola bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah mauuuu.....kapan ya main ke rumah Kakak Asa. Asyiik ntar diajak main bola bareng.

      Hapus
  2. Selalu seru dan edukatif nih event dancow...waktu anak2 kecil pernah ikut event dancow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Rina. Event Dancow selalu seru. Dulu pas kakak-kakaknya kecil juga beberapa kali ikut event Dancow.

      Hapus
  3. Event dancow selalu seru dan edukatif , waktu anak2 kecil pernah ikut event dancow

    BalasHapus
  4. Waaah sepertinya seru sekali ya acaranya. Besok aku juga bilang iya boleh deh kalau Elang main air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...bilang iya aja. Selama ini kita terlalu melarang anak-anak ya. Ternyata gak bagus.

      Hapus
  5. bagus sekali acara yang digelar dancow, banyak edukasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus sekali acara-acara Dancow. Mendidik ...edukatif.

      Hapus
  6. Acara Dancow educatif banget ya Kak.
    Aku juga setuju kalau orang tua tidak sering mengatakan "jangan".
    Tapi, orang tua masih banyak yang bilang "jangan".

    Semoga Firdan semakin pintar dan aktif ya Kak.

    BalasHapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...