Peluncuran Al Qur'an Haji dan Umrah dari Syaamil Quran



Labbaikallaahumma labbaika, 
labbaika laa syariika laka labbaika, 
innal hamda wanni’mata laka wal mulka laa syariika laka.

Entahlah...setiap kali aku mendengar bacaan talbiyah air mata ini langsung menetes. Ada rasa haru, rasa kangen dan bermacam rasa campur aduk di dada. Rasa kangen untuk datang mengunjungi rumahNya meskipun belum pernah ke sana. Ada rasa yang menghentak-hentak di dada untuk berkunjung ke rumahNya setiap mendengar kalimat talbiyah yang kutonton di televisi saat penyelenggaraan haji atau umrah. 

Yup...umrah adalah salah satu cita-citaku sejak lama. Berkunjung, berdoa dan bermunajat di depan Ka'bah. Rasanya pasti damai sekali. Sayangnya sampai saat ini aku belum diberi kesempatan untuk umrah. InsyaAllah langsung haji menunggu antrian yang kurang 3 tahun lagi. Kebetulan kami daftar haji tahun 2013 dan sudah menunggu selama 6 tahun, jadi kurang 3 tahun lagi InsyaAllah rasa rindu mengunjungi Ka'bah ini akan terwujud. Semoga diberi umur yang panjang sehingga bisa terwujud. Aamiin...

Seperti kita ketahui untuk melaksanakan ibadah  umrah dan haji diperlukan kesiapan fisik dan mental. Diantaranya badan yang sehat agar kita bisa melakanakan rukun dan wajib haji dengan baik karena memang untuk umrah dan haji diperlukan fisik yang prima. Selain itu kita juga mempersiapkan mental dan rohani termasuk beberapa pengetahuan tentang rukun haji, umrah, hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama umrah dan haji dan sebagainya.  Jadi dari sekarang aku sudah suka membuka-buka dan belajar banyak hal tentang panduan haji dan umrah.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Di saat bersemangat untuk belajar segala hal tentang haji dan umrah aku mendapat undangan dari Syaamil Qur'an untuk menghadiri acara launching Qur'an haji dan umrah di pameran buku Islamic Book Fair tanggal 2 Maret 2019 lalu di JCC Senayan.


Acara dimulai pukul setengah tiga sore. Alhamdulilah dapat tempat duduk paling depan pas di depan panggung, jadi bisa konsentrasi menyimak acaranya. Acara dibuka oleh  mas Febriyanto Z sebagai moderator. Dilanjutkan  dengan tilawah oleh  Ust. Nurhidayat dari Syaamil Qur'an. Setelah itu Talkshow inspiratif "Launching Al-Qur'an Haji Umrah" dimulai. Hadir sebagai nara sumber Bapak Syamsu Arramly selaku General Manager Sygma Innovation dan   Ustad Andre Raditya yang merupakan inisiator patungan sedekah umrah.


Menurut Bapak Syamsu Al Qur'an Haji dan Umrah ini sebenarnya sudah digodog sejak dua tahun lalu sebagai komitmen Syaamil Qur'an melayani umat. Selama ini Syaamil Qur'an telah menerbitkan berbagai macam Qur'an sesuai kebutuhan seperti  Al Qur'an Bukhara, Al Qur'an Hijaz, Al Qur'an wanita untuk wanita, Al Qur'an Azalia, Al Qur'an Yasmina dan Al Quran Tikrar untuk penghafal Qur'an.

Selanjutnya Ustad Andre bercerita tentang sedekah dan patungan umrah yang beliau gagas. Awalnya sebenarnya Ustad Andre ini fokus ke sedekah Jumat yang sudah berjalan beberapa tahun. Hingga akhirnya awal 2019 ini memulai patungan sedekah umrah. Tulisan beliau tentang Pak Tarjo tukang parkir yang rajin baca Qur'an dua  juz sehari viral di media sosial dan banyak warga medsos yang ingin ikut serta dalam patungan dan sedekah umrah. Sebenarnya dua tahun lalu Ustad Andre sudah menulis tentang Pak Tarjo namun responnya biasa. Akhirnya beliau tulis ulang lagi  karena nggak sengaja ketemu Pak Tarjo dan tetap istiqomah baca Qur'an. Alhamdulilah responnya luar biasa. 


Ustad Andre mengajak untuk patungan umrah minimal 50 ribu  dan kurang dari 24 jam dana umrah untuk Pak Tarjo langsung terkumpul. Tapi karena masih banyak yang menyumbang akhirnya dana yang ada bisa untuk mengumrahkan Pak Tarjo dan istrinya dengan fasilitas bintang lima. Dan sampai saat ini dana dari umat pun masih mengalir.  Subhanallah....

Ustad Andre sampaikan kalau umrah itu bukan masalah uang, namun jika Allah berkehendak. Maka siapa sangka jika Pak Tarjo bisa umrah. Allah lah yang menggerakkan tangan-tangan kita untuk ikut berdonasi untuk Pak Tarjo agar bisa umrah. Semua itu karena amalan Pak Tarjo yang istiqomah membaca 2 juz Quran perhari dari tahun 1996 sampai sekarang di sela kesibukannya sebagai tukang parkir. Subhanallah...


Spesifikasi Al Qur'an Haji dan Umrah


Quran Haji dan umrah dari Syaamil Qur'an ini dilengkapi dengan QR Code. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut. 

1. Download aplikasi QR Scanner Haji Umrah 

2. Saat membuka aplikasi untuk pertama kali, lakukan registrasi dengan email yang valid.
3. Buka menu QR Code scanner, scan pada QR Code yang terdapat dalam Mushaf Haji dan Umrah. Dalam hal ini kita memerlukan koneksi internet.


Contoh QR Code yang ada di Al Qur'an Haji Umroh. Jika QR Code yang terdapat di halaman Qur'an kita scan akan muncul teks yang berkaitan dengan haji dan umrah.


Contoh QR Code yang ada di Al Qur'an Haji dan Umrah. Jika QR Code kita scan, akan muncul video tentang pelaksanaan Haji dan Umrah. 



Contoh QR Code yang ada di Qur'an Haji Umrah (dok.pri)


Al Qur'an ini jika dilengkapi dengan kartu Haji Umrah yang berisi rangkaian pelaksanaan ibadah haji (miqat sampai selelasi ibadah haji) dan himpunan doa selama ibadah haji.



Acara peluncuran Al Qur'an diakhiri dengan pemberian Al Qu'an Haji dan Umrah ke penanya warga keturunan yang muslim bernama Eka. Semoga kita semua diberi kemudahan dan kelancaran untuk segera memenuhi panggilanNya ya teman-teman.





Komentar