A sampai Z Diet Keto Bagi Kesehatan

Beberapa waktu yang lalu aku dikejutkan dengan perubahan drastis saudara yang tiba-tiba menjadi langsing. Berat badannya turun beberapa kilogram dalam beberapa bulan. Mbak Zul begitu aku menyebutnya lebih terlihat langsing, enerjik dan segar. Karena penasaran akhirnya aku tanya rahasianya ke Mbak Zul. Ternyata rahasianya ada pada diet keto. Diet keto adalah diet dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang tinggi protein dan lemak sehat. 

Karena penasaran dengan Mbak Zul yang bisa menurunkan berat badan tanpa diet yang menyiksa, akhirnya aku belajar lebih jauh tentang diet keto ini. Bertanya ke beberapa teman yang melaksanakan diet keto dan membaca beberapa pengalaman orang yang melakukan diet keto. Mas Bondan misalnya, temen yang satu ini rajin membagikan pengalaman diet keto nya di facebook miliknya. Temenku yang satu ini merasakan banyak manfaat setelah diet keto selama beberapa tahun terakhir. Selain badannya yang turun beberapa kilogram, dia juga tidak pernah terserang kolesterol lagi. Badannya menjadi lebih fit, sehat dan tampak lebih muda setelah menjalani diet keto. Beberapa temannya bahkan tidak mengenalinya karena badannya yang ideal sekarang. Menurutnya diet keto ini adalah diet enak karena  konsumsinya adalah lemak yang selama ini dihindarinya.

Mas Bondan sebelum dan sesudah diet keto



Mas Bondan mengatakan jika sebelum melakukan diet keto dia merasa sedikit-sedikit kesemutan, posisi tidur telentang pasti akan tersedak, tidur mendengkur dengan dengkur keras, sesak nafas, sesekali timbul gejala asma, kaki sering kram, asam urat tinggi sampai sulit berjalan sampai ancaman fatty liver. Setelah melakukan diet keto selama 2,5 tahun semua ganggan di atas hilang.

Buat yang masih belum ngerti tentang diet keto kita baca bareng-bareng yuk. Diet keto menerapkan pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Dalam kondisi normal, asupan lemak yang dikonsumsi adalah 20 hingga 30 persen, sedangkan pada diet keto asupan lemak mencapai 60 hingga 70 persen. Beberapa pelaku diet keto mengurangi konsumsi karbohidrat hingga lima persen saja. Energi yang pada orang normal dan tidak diet diperoleh dari karbohidrat, dalam diet keto energi ini diperoleh dari lemak yang dipecah menjadi energi.

5 Fakta  yang Harus Diketahui Tentang Diet Keto
(sumber gambar : halodoc)


Sebenarnya ada beberapa pro dan kontra mengenai diet keto ini. Beberapa orang mengatakan jika diet keto ini hanya cocok untuk diet jangka pendek alias untuk beberapa bulan saja karena dapat mengganggu fungsi organ-organ lain. Salah seorang yang melakukan diet keto mengaku dia menjadi sakit empedu gara-gara diet keto karena konsumsi VCO dalam waktu banyak dan lama.

Sementara untuk para pelaku diet keto mereka merasakan aman-aman dan baik-baik saja untuk melakukan diet keto jangka panjang. Bahkan beberapa diantara mereka merasakan manfaat yang sangat luar biasa dari diet keto ini karena beberapa penyakitnya hilang. 

Detox yang Dialami Saat Menjalani Diet Keto

Beberapa pelaku diet keto mengatakan sebelum programnya berhasil tubuhnya melakukan detox terlebih dahulu. Beberapa hal yang terjadi di awal seseorang melakukan diet keto adalah :

1. Sering ke kamar kecil
Bagi beberapa orang yang baru melakukan diet keto, keinginan untuk berkemih menjadi meningkat. Hal ini aman-aman saja asal diimbangi dengan meminum banyak air putih agar tidak dehidrasi.

2. Menstruasi yang tiba-tiba banyak
Bagi beberapa pemula yang melaksanakan diet keto ini, darah menstruasi tiba-tiba banyak dan berbentuk gumpalan. Bahkan gumpalan masih ada sampai hari ke tujuh pada beberapa orang. Katanya proses ini normal, dan menstruasi akan kembali lancar dan normal setelah beberapa bulan detox darah berbentuk gumpalan.

3. BAB yang tiba-tiba tidak lancar
Bagi yang melakukan diet keto, di awal-awal BAB tidak lancar dan terasa keras. Setelah 2 minggu BAB akan kembali lancar dan tidak keras lagi. Dalam hal ini disarankan untuk konsumsi agar-agar plain.


Beberapa Perubahan Setelah Menjalani Diet Keto

Beberapa pelaku diet keto sembuh dari penyakit setelah melakukan diet keto selama beberapa bulan atau ada juga yang telah diet keto lebih dari setahun. Beberapa penyakit yang sembuh dengan diet keto adalah :

1. PCOS
PCOS adalah kelainan hormon yang menyebabkan wanita memiliki kadar hormon testoteron yang tinggi sehingga tidak mengalami ovulasi. Dengan melakukan diet keto hormon testoteron bisa normal.

2. Asam urat

3. Tumor
Makanan tumor adalah glukosa, dengan rendah karbo (glukosa) tumor tidak menemukan makanannya karena memakai keton sebagai ganti glukosa sebagai bahan bakar. Dengan begitu banyak penderita tumor sembuh dengan diet keto.

4. Menstruasi menjadi lancar
Beberapa pelaku diet keto mengaku menstruasinya yang selama ini tidak lancar, menjadi lancar setelah menjalani diet keto.

5. Insomnia kronis sembuh
6. Maag kronis sembuh
7. Gerd sembuh
8. Tukak lambung bocor sembuh
9. Lebih sehat buat orang yang berpenyakit jantung

Meskipun ada beberapa penyakit yang sembuh akibat diet keto, namun diet keto ini adalah diet yang berbahaya dalam jangka panjang  jika tanpa pengawasan dokter. Jadi teman-teman bisa menggunakan aplikasi halodoc jika ingin berkonsultasi dengan dokter tentang diet keto ini. 

Komentar

  1. Wah asyik juga ya diet keto . Diet asyik soalnya bisa makan lemak. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya diet keto asyik. Soalnya kayak gak berasa diet ya. Bisa makan lemak sehat dan protein tinggi. Tapi hati-hati ya harus tetap dalam pengawasan dokter.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer