Serunya Jelajah Kepulauan Seribu Bersama Traveloka Xperience


Minggu, 29 September 2019 adalah hari yang dinantikan anak-anak. Yup...aku telah berjanji untuk mengajak mereka berpetualang sehabis UTS. Dan pagi itu adalah hari yang mereka tunggu. Biasanya kami menghabiskan weekend ke mall atau bioskop. Tapi kali ini kami akan seru-seruan ke Kepulauan Seribu. Yuhuuu....

Waktu menunjukkan pukul 7 lebih sedikit saat kami tiba di Muara Kamal. Kami harus melewati tempat pelelangan ikan sebelum mencapai dermaga tempat perahu motor bersandar. Bau khas ikan laut segar dan udang menyambut kami. Takjub banget melihat berbagai ikan segar di sepanjang jalan kami menuju dermaga.

Hari itu kami ikut tour jelajah tiga pulau Kepulauan Seribu dari Traveloka Xperience. Mas Harry dan Mas Zae dari Kili Kili Adventure sudah menunggu para peserta di dermaga dan langsung mengabsen kami. Namanya juga open trip jadi pesertanya terdiri dari banyak orang dan kelompok.

Menyusuri Tiga Pulau 

Pukul 7.45 rombongan kami berangkat. Deru perahu motor menemani perjalanan kami menuju pulau. Anak-anak antusias banget. Meski ini bukan perjalanan pertama mereka naik perahu motor, tapi ini adalah perjalanan pertama mereka ke Kepulauan Seribu. Buat si kecil bontot ini adalah perjalanan pertamanya naik perahu motor. Dan dia sangat excited.

Pulau Kelor

Pulau Kelor adalah salah satu pulau di kepulauan seribu. Luasnya  kurang lebih hanya 1.5 hektar. Butuh waktu sekitar 40 menit naik perahu motor dari dermaga Muara Kamal ke pulau ini.

Oya sebelum menyusuri dan explore pulau kita berfoto dulu bersama para peserta lain. Selain foto rame-rame kita juga boleh minta foto per group loh. 

Kami siap berpetualang (dok.pri)


Salah satu daya tarik Pulau Kelor adalah Benteng Martelo. Benteng Martelo merupakan bangunan yang didirikan oleh VOC pada abad ke-17 guna menghalau serangan musuh dari luar. Bentuk bangunan berupa benteng yang melingkar 360 derajat dan terbuat dari bata merah yang kokoh. 

Benteng Martelo

Acara di pulau ini bebas. Jadi kami diberi waktu sampai jam 10 pagi untuk mengeksplor benteng atau main ke pantai. Aku dan dua ABG segera mengeksplor Benteng Martelo dan berfoto-foto sambil menerangkan sejarah Benteng Martelo ke mereka.  Si ayah dan si kecil memilih bermain pasir pantai.

Foto candid oleh mas Kili Kili Adventure

Enaknya ikut open trip kita bisa bertemu banyak orang dalam satu grup meski kita gak kenal. Dalam grup kami, hanya kami keluarga yang bawa anak. Delapan pasang lainnya pasangan muda. Satu orang lainnya pasangan ibu dan mahasiswi.

Seru juga melihat peserta tour yang bikin foto ala-ala prewedding. Selain mas-mas dari Kili Kili Adventure, ada juga Mbak Muti yang lagi magang di Kili Kili Adventure. Mereka dengan senang hati mengambil foto sesuai request peserta tour.

Pukul sepuluh perahu motor kami sudah menunggu di dermaga Pulau Kelor dan siap mengantar kami ke Pulau Onrust.

Pulau Onrust

Tidak butuh waktu lama buat kami sampai di Pulau Onrust. Si kecil sudah tertidur karena  kelelahan bermain pasir di Pulau Kelor.

Pak Rosadi guide Pulau Onrust yang jenaka menyambut kami. Kami pun diajak berkeliling Pulau Onrust. Pulau Onrust dulunya adalah tempat karantina jamaah  haji. Jadi jamaah haji sebelum sampai di Jakarta dikarantina dulu selama beberapa hari di sini agar tidak membawa penyakit sesampainya di Jakarta.

Tour di Pulau Onrust bersama guide lokal

Para jamaah haji ini ditempatkan di barak-barak. Satu barak berisi sekitar 100 orang. Waah sempit sekali ya. Kini Barak-Barak tersebut tinggal berbentuk puing-puing.


Kami  berkeliling ke penjara dan rumah dokter jaman dulu yang sekarang beralih fungsi menjadi museum. Selain itu kami juga ke komplek pemakaman Belanda.  Pak Rosadi membawa kami ke makam Maria Van de Velve salah satu makam yang paling terkenal di sana. Konon dia meninggal bunuh  diri karena kisah cintanya yang tragis. 




Acara selanjutnya adalah makan siang. Ibu-ibu penduduk sekitar pulau menyediakan makan siang bagi wisatawan. Makan siangnya sederhana. Cuma nasi putih, sayur, tempe, ikan, sambal dan lalapan. Mereka bekerja sama dengan penyelenggara tour menyediakan makan siang. Lezat sekali makan di pinggir pantai ditemani angin sepoi-sepoi.

Pulau Cipir

Pulau Cipir ini letaknya dekat dari Pulau Onrust. Dahulu Pulau Cipir ini digunakan untuk menyimpan berbagai barang dari Pulau Onrust. Kedua pulau itu dihubungkan dengan sebuah jembatan. Namun kini jembatannya sudah rusak.


Salah satu daya tarik dari Pulau Cipir ini adalah banyaknya reruntuhan bangunan di sana. Ada reruntuhan rumah sakit haji dan banyak meriam. Banyak wisatawan berfoto karena tempatnya yang instagrammable.

Bergaya dijepret ayahnya


Pulau Cipir ini teduh karena banyak pohon. Selain itu pasir pantainya yang putih dan laut yang tenang juga menjadi daya tarik tersendiri. Anak-anakku bermain naik banana boat di pulau ini.

Pukul 3 siang kami meninggalkan Pulau Cipir dan tiba di Dermaga Muara Kamal 45 menit kemudian. Berpetualang  dari pagi sampai sore capek, tapi kami happy. Next pengin ikutan tour lagi ke destinasi berbeda.

Selalu ada hikmah di setiap perjalanan. Jelajah tiga Pulau ini sangat berkesan buat anak-anakku yang masih SMP.  Mereka bisa belajar banyak sejarah sekaligus menikmati keindahan pantai. Open trip juga mengajarkan banyak hal. Bertemu banyak orang baru dengan berbagai karakter. Di sini mereka juga belajar berempati karena kami bukan trip sendiri jadi harus tepat waktu agar tidak mengganggu kenyamanan peserta tour lain.

Buat si kecil ini adalah hari bonding bersama ayah. Sebenarnya dia dekat banget dengan ayah, tapi sebulan belakangan nempel mulu sama ibunya. Jadi perjalanan kemarin bikin dia nempel  lagi sama si ayah.


Nah seru banget kan petualangan kami menjelajah tiga pulau.  Buat teman-teman yang ingin ikut tour seperti kami bisa beli di Traveloka Xperience ya. Penasaran Traveloka Xperience? Cuzz baca info di bawah ini ya.

Traveloka Xperience

Traveloka Xperience adalah salah satu fitur baru dari Traveloka. Diluncurkan sejak awal tahun 2019 Traveloka Xperience ini adalah rebranding  aktifitas dan rekreasi di fitur sebelumnya. Traveloka Xperience hadir untuk memenuhi kebutuhan kita akan hiburan dan rekreasi dengan mudah, cepat dan harga terjangkau.

Ada 12 jenis #Xperience Seru yang ditawarkan Traveloka yaitu atraksi,  hiburan, olah raga, tour, spa dan kecantikan, event, bioskop, makanan dan minuman, transportasi, taman bermain, kursus dan workshop serta pelengkap perjalanan.



Jujur sejak ada Traveloka Xperience ini memudahkan aku dalam mencari atraksi atau hiburan yang dibutuhkan. Sejak dulu pengin berpetualang mengajak anak-anak ke kepulauan seribu tapi nggak ngerti caranya. Untung ada kategori tour di Traveloka Xperience. Jadi dengan mudah aku bisa mewujudkan impian berpetualang dan menikmati #XperienceSeru bersama anak-anak.

Kelebihan Traveloka Xperience



1.  Cepat dan mudah
Prosesnya cepat dan mudah. Kita pun bisa memesan atraksi atau hiburan kapan pun dan dari manapun. Tidak perlu antri tiket sudah dalam genggaman. Praktis dan mudah bukan?

2. Berbagai jenis pembayaran
Di Traveloka Xperience kita bisa memilih untuk membayar dengan berbagai jenis pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan baik dari kartu kredit, kartu debit, m bangking, minimarket atau  paylater Traveloka.


3. Berbagai macam pilihan
Ada berbagai macam atraksi dan hiburan yang bisa kita pilih dari tour,olahraga, atraksi, hiburan, makanan dan minuman dan sebagainya.

4. Tidak khawatir
Tidak perlu khawatir jika memesan di Traveloka Xperience karena kita akan dilayani 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Apabila ada masalah customer service Traveloka Xperience siap membantu kapanpun.

Cara Membeli Tiket di Traveloka Xperience

Buat teman-teman yang ingin menikmati berbagai Xperience seru dari Traveloka Xperience atau ingin join paket tour seperti kami caranya mudah. Bisa lihat di step step di bawah ini. Sudah dikasih nomor ya urutannya.


Pertama kita buka aplikasi Traveloka. Kemudian kita pilih kategori Xperience. Kita pilih kategori tour dan kita pilih tour yang kita inginkan.


Kita bisa pilih tanggal tour yang kita inginkan. Harga tour trip ke 3 Pulau ini adalah 120 ribu perorang. Aku membelinya sebelum epic sale Traveloka, jadi harganya normal. Kalau beli pas epic sale hanya 84 ribu per orang. Murah bukan?

Oya total biaya yang aku bayar untuk 5 orang adalah 599 ribu sekian. Harusnya 600 ribu tapi dapat diskon beberapa ratus rupiah. Si kecil umur 3 tahun juga bayar penuh.

Nah karena aku bayar diatas 500 ribu aku bisa ikut undian Traveloka Xperience berhadiah mobil Xpander baru dan berbagai voucher Traveloka senilai jutaan rupiah. Setiap pembelian seharga 500 ribu otomatis mendapat satu nomor undian dan tidak berlaku kelipatan. Kalau ingin dapat banyak kupon harus beli 3 kali 500 ribu, bukan beli sekali tapi 1.5 juta. Semoga dapat salah satu hadiahnya ya guys biar hobi jalan-jalan ini tersalurkan gratis. Aamiin...

Nah...seru banget kan acara jalan-jalan kami. Teman-teman juga bisa seru-seruan seperti kami loh. Penasaran apa itu Traveloka Xperience? Tonton video di bawah ini ya. Sampai jumpa di catatan perjalanan kami berikutnya.






Komentar

  1. Traveloka ini banyak banget sih fiturnya ya. Makin susah aja buat berpaling

    BalasHapus
  2. Yuhuu..sik asik lsg jelajahin 3 pulau mbak, jadi lebih mudah berkat Traveloka Xperience ya. Aku pengen juga ke Pulau kelor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa asyiik bangeet Mbak. Yuuk ikutan Jelajah tiga Pulau.

      Hapus
  3. Whoaaa, asiknya kalau mengeksporasi Kep.Seribu bareng Traveloka XPerience!
    Segalanya makin mudah ya Mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yooiii Mbak. Makin mudah dengan Traveloka Xperience

      Hapus
  4. Wah termasuk murah ya 600 an ribu ber5 k pulau seribu...jd pengen juga nih kepulau seribu pake agen travel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mbak Rina ajak jalan anak-anak ke sana. Pasti jadi pengalaman tak terlupakan.

      Hapus
  5. Asyuk banget bisa ajak anak-anak menjelajah ke tiga pulau. Tentunya lebih berkesan dibanding jalan-jalan ke mall. Dan murah juga ya, 600 ribu buat sekeluarga, udah terima beres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau ke mall dah bosen Mbak. Yang ini pengalaman baru...anak anak suka banget.

      Hapus
  6. Aku blm pernah nih ke pulau seribu sama anak-anak, pokoknya blm pernah ngajak anak-anak ke pantai lagi karena blm ada waktu hiks... Pengen banget padahal ngajakin kesini plus dapet diskonan dari traveloka :D nanti aku atur waktunya ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo Mbak Sandra. Sempetin ke sini sama anak-anak. Nggak usah nginep. Cuman dari pagi sampai sore aja kok. Anak anak pasti sukaa

      Hapus
  7. Wah...lumayan murah lho, bisa jelajah tiga pulau di Kepulauan Seribu, cocok nih buat berwisata singkat bersama anak-anak tapi masalahnya aku tuh fobia air jadi kalau naik kapal kecil aku ngak bisa, padahal anak-anak udah sering ngajakin jalan-jalan ke Kepulauan Seribu...keren katanya. Yah...mudah-mudahan nanti setelah anak-anak besar bisa wisata sendiri, ntar emaknya aja yang pesenin lewat Traveloka Xperience, biar dapat harga murah...hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mbak Mutia gak bisa naik kapal kecil bisa jalan-jalan ke Pulau Seribu lainnya. Kalau ke Pulau Bidadari atau Pulau Pramuka pakai kapal besar bukan perahu motor. Jadi InsyaAllah gak phobia mbak.

      Hapus
  8. Murah juga ya kalo pakai tiketnya kalo beli di Traveloka pas Epic kemarin. Nggak nyampe 500 ribu untuk 4 orang kalo anaknya dua aja. Aku sering pakai Traveloka untuk beli tiket kereta. Mayan sih dapat diskon juga, jadi suka kalo klik klik aplikasi Traveloka, berasa dapat bonus, hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau anaknya 2 gak sampai 500 ribu Mbak Wati. Aku juga sering banget pakai Traveloka. Seringnya buat pesen hotel.

      Hapus
  9. travelling bareng keluarga memang menyenangkan banget ya mbak. Apalagi sekarang ada traveloka xperience, merencakan liburan makin mudah. Semua ada di traveloka. Banyak promo nya lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya merencanakan liburan bukan masalah lagi. Semua ada di Traveloka

      Hapus
  10. aku yang lahir dan besar di Jakarta belum pernah lho mba ke Pulau Seribu, sungguh terlalu hahahah parah sih, pantesan aja kurang piknik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah..padahal lahir dan besar di Jakarta ya. Ayoo mbak main ke Pulau Seribu. Asyiiik kok..

      Hapus
  11. Wah, seru banget ya mbk traveling ikut open Trip gini. Lumayan murah ya, berlima cuma 600ribu,di diskon pula

    BalasHapus
  12. gak pernah tahu nama-nama pulau itu, baru tahu di sini. Perjalanannya seru dan menyenangkan, plus terbantu dengan adanya traveloka xperience ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Terbantu banget dengan Traveloka Xperience ini

      Hapus
  13. Pengennnnn. Berulang kali suamiku ngajak jelajah pulau-pulau itu tapi aku masih maju mundur. Jujur aja aku blm berani kalau gak pakek tour leader kayak gini. Next bisa aku rekomendasiin ke suami nih. Apalagi kalau dapat diskon Traveloka Xperience. Wih, bojoku mesti ho oh, kikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo Mbak Damar. Enak pakai tour gini. Nyaman buat anak-anak kok. Yuuk ke Kepulaun Seribu. Wisata dekat tapi asyiik.

      Hapus
    2. Iya, Mbak. Sambil nunggu bisa piknik yang jauh, yang deket dulu aja deh, kikiki. Kemarin aku lgs cek paket-paketnya, dan tentu saja gmaps buat ngecek lokasi Muara Kamal, hahah, seniat itu. Cakep nih buat bikin VLOG

      Hapus
  14. Seru ya jelajah pulau seribu, aku pernah ke Onrust mbak tapi waktu itu belum bisa beli pakenya dari Traveloka sekarang enak ya jadi praktis kayanya harus balik lagi ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah Mbak Lidya pernah ke Onrust ya. Iya sekarang bisa ke 3 Pulau pakai Traveloka Xperience. Ke sana lagi yuk bawa anak anak..pasti seruu..

      Hapus
  15. Membahagiakan banget ya ini traveloka xperience.. kita ngapain aja selama liburan bisa direncanakan lebih matang

    BalasHapus
  16. Aku pengen ke Pulau Seribu deh, cantik juga ya, nggak terlalu jauh dari kota ya..anak-anak pasti senang main di pantai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anakku anak pantai Mbak. Suka ke pantai. Dekat sih Mbak dari Jakarta Kepulauan Seribu


      Hapus
  17. Asyiknya bisa menjelajahi 3 pulau di kepulauan seribu yang banyak menyimpan peninggalan zaman dulu. Selain bisa berwisata kita juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan sejarah dari sana ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak sekalian belajar sejarah buat anak anak

      Hapus
  18. Indah banget nih, ternyata untu menjangkau lokasi wisata yang seindah ini gak harus ke luar negeri atau ke daerah timur Indonesia ya cukup ke pulau seribu aja udah seindah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Nggak usah ke luar negeri atau pantai-pantai di Indonesia Timur. Ini wisata dekat tapi indah.

      Hapus
  19. Tiga pulau eksotik ini ternyata deket ya. Lumayan sih dari Bandung mah. Baru tau juga ada asrama haji dan benteng Belanda yang unik gini. Pas ke makamnya Maria itu berasa merinding atau biasa aja, Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Evi dekat dari Bandung. Ke makam Maria biasa aja sih mbak. Nggak angker kok. Eh tapi kan siang. Kalau malam entah..

      Hapus
  20. Wih pengen banget ke Pulau Seribu 😍😍 otw cek app Traveloka ah kali aja dpt diskon heheh, skrg q tmbh suka Traveloka krna ad fitur Xperience yg jauh lbh memudahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...sekarang enak. Ada fitur tour di Traveloka Xperience. Jadi bisa ikut tour ke Kepulauan Seribu

      Hapus
  21. Kemarin k Pulau seribu juga aku mba d Pulau pramuka kpingin bngt kesana lg praktis y sekarang Ada traveloka xperience lengkap semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah says malah belum pernah ke Pulau Pramuka. Next destination deh. Kemarin lihat ada tour ke Pramuka dari Traveloka Xperience

      Hapus
  22. Wah.. Seru banget mba jalan-jalannya. Sekarang fitur traveloka yg terbaru ini mmg menyenangkan ya mba. Udah praktis. Banyak diskonnya pula. .

    BalasHapus
  23. Baca-baca tentang Traveloka Xperience bikin mupeng deh. Nyobain deh biar bisa seseruan dengan keluarga

    BalasHapus
  24. Aku pas ke kepulauan seribu cm muter aja mak ga mampir2 banyak2 tapi memang cakep banget ya tempatnya. Secara muteri banyak pulau-pulau kecil gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Echa aku dulu juga pernah ke Pulau Bidadari. Trus pulangnya muterin aja pulau-pulau itu dan gak mampir. Baru berkesempatan kemarin itu.

      Hapus
    2. Mak itu anak-anak ga bingung ya ke kepulauan seribu. Atau anak2 takut gitu? Kan itu laut takut anak-anak iseng gt

      Hapus
    3. Anak anakku anak pantai Mak Echa. Seneng bangeet malah main ke sana. Minta lagi. Hahahaha...

      Hapus
  25. Mupeng kan iniii jadinya ngeliat foto-foto selama ada di Kep. Seribu. Semoga kapan-kapan bisa liburan ke sana juga aaahh sama keluarga.

    BalasHapus
  26. Mupeng banget pingin ke pulau seribu. Belum pernah snorkeling di sini ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalau di 3 Pulau ini gak ada snorkeling Mbak. Kalau di Pulau lain ada.

      Hapus
  27. Kayaknya ikutan paket tour yaa jadi dipandu segala macamnya. Iya pas epic sale kemaren diskonnya mayan banget. Ga terpikie ke pulau seribu krn jauh. Mudah2an suatu hari ada rejekinya ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak ikut paket tour. Karena terlalu antusias dan rencana lama jadi beli tiketnya dah lama sebelum Epic Sale. Kalau pas epic sale lumayan sih dapat diskon yaa

      Hapus
  28. Ih mau mba.. asyik. Murce ya mba nung hihi travelokaa cakeep. Aku nunggu bayik gedean dikit ah. Itu si bontot yaa, udah sgitu aja gedenya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nunggu bayi gedean baru diajak ke sini Uci. Iya si bontot dah 3 tahun aja nih. Dulu masih kecil yaa.

      Hapus
  29. wahh asiknya jelajah pulau alami bareng anak2 gini ya...Alhadulillah di traveloka ada ya fasilitasnya...Jadi gampang banget urusan jalan2 nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Diane...jalan Japan serahin aja ke Traveloka Xperience

      Hapus
  30. wah banyak banget yang seru seru di kep seribu yaaaa. banyak tiket seru juga di traveloka experience ya, langsung ah mau buka traveloka :D

    BalasHapus
  31. Wah keren banget mbak pasir putihnya di Pulau Kelor, aku tuh dari dulu pengin banget berkunjung ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu..

    Ternyata di Traveloka ada yang menyediakan paket liburanl di Pulau Seribu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mbak. Ini kan baru ya Traveloka Xperience ada fitur tour nya.

      Hapus
  32. Wahh menarik banget ikutan open trip kepulauan seribu. Aku belum pernah ke sana dong mba. Hahaha. Tertarik banget nih mau cari open tripnya di Traveloka Xperience. Murah banget dong segitu mah huhu. Mau ngajakin temen deh biar rame. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya murah Mbak. 120 ribu udah bisa keliling 3 pulau dan pemandangan baguuus....cakep buat foto foto. Hihihi..

      Hapus
  33. tergoda hadiah Xpander nya nih..
    langsung meluncur ke Traveloka Xperience deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Yessi. Sayangnya undian Xpandernya sampai 10 Oktober aja. Tapi dont worry banyak yang cakep cakep di Traveloka Xperience

      Hapus
  34. Wah murah banget paket wisata 3 pulang langsung cuma 120 ribu. Tapi aku bayangin bawa batita ke pantai riwehnya cam mana . Mungkin aku nyari wisata yg sedikit lebih nyante di traveloka experience yg mure2 bingit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau masih kecil banget kayak Mbak Mirna masih repot Mbak. Kebetulan ini aku yg dua sudah SMP dan kecil udah 3 tahun. Jadi nyaman nyaman aja. Meskipun pas di sana jarang banget aku liat pengunjung yang bawa anak.

      Hapus
  35. Jadi pengen ikut opentrip juga nih mbak..kayaknya seru bisa dolan sama orang yang belum kita kenal sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak seru pakai open trip. Kalau Kili Kili Adventure nih malah slogannya Pulang Gak Kenal, Pulang Jadi Saudara.

      Hapus
  36. Sudah ga sabar nunggu rasanya nih pasca lahiran mau liburan
    Sekalian refreshing pasca shock karena harus SC lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cepet pulih pasca operasi ya Mbak. Dan bisa segera liburan..

      Hapus
  37. Aaahhhh...Bentengnya cakep bangetttt. Pantainya bikin betaah ya, Mbaaak. Si kecil kelihatan menikmati sekalii sama Ayahnya. :D Btw, fiturnya Traveloka makin menggoda, tahu bangett kebutuhan pengguna aplikasinya ya, Mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer