Pengalaman Menginap di CRA Hotel Wonosobo


Mudik adalah sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat Indonesia. Yup...pulang kampung menjelang lebaran ini adalah kesempatan buat sebagian orang yang jarang pulang kampung atau hanya pulang kampung setahun sekali saat lebaran. Meskipun sering pulang kampung dan tidak hanya pulang saat lebaran, kami juga selalu menunggu event mudik ini. Karena selain bisa berkumpul dengan banyak saudara, saat mudik si ayah bisa libur dan cuti panjang. Sesuatu yang mewah buat kami karena si ayah biasanya jarang ambil cuti karena sibuk. 

 Lebaran kemarin kami pulang lebih awal. Di saat orang-orang masih kerja si ayah sudah ambil cuti duluan. Selain agar bisa lebih lama di kampung, juga menghindari macet akibat pulang kampung yang berbarengan dengan pemudik lain. Rute kali ini adalah ke Jepara dulu tempat keluarga ayah, baru dilanjutkan ke Magelang tempat nenekku. Alhamdulilah jalanan lancar meski sempat macet di daerah Cikampek. By the way meski nyetir berjam-jam si ayah kuat puasa loh, duo krucils juga tetep puasa meski perjalanan jauh. Emaknya aja yang nggak kuat dan batal. Hahaha..abaikan bagian tidak penting ini. Intinya sih karena tetap puasa saat perjalanan anak-anak jadi minta reward. Dan rewardnya adalah minta main ke Dieng sebelum ke Jepara. Huhuhu....ngapain dadakan sih kids. Kan sudah mepet waktunya, sudah siang mana belum booking hotel lagi. 

Anak-anak sih maunya menginap di hotel di Dieng seperti dua tahun lalu. Dan mereka excited banget sampai pengin menginap di Dieng lagi. Tapi karena emak menghitung jarak dan waktu kayaknya nggak mungkin deh nginap di Dieng. Sudah terlalu malam sampai di sana dan jalanan pasti berkabut. Ayah juga butuh istirahat setelah seharian nyetir. Akhirnya aku putuskan buat menginap di Wonosobo. Sudah  siang dan anak-anak baru ngomong minta nginap itu rasanya gimanaaa gitu. Mana belum booking hotel. Untung sekarang booking hotel nggak kayak jaman dulu ya. Sekarang semua mudah. Tinggal buka smartphone dan cari aplikasi pesan hotel. Sekarang banyak aplikasi booking hotel murah dan lengkap . Jadi mau pesen hotel mendadak juga nggak masalah. Banyak pilihan hotel dengan harga terjangkau.


Sensasi Menginap di Ketinggian Wonosobo

Waktu menunjukkan jam 11 malam saat kami tiba di CRA Hotel Wonosobo. Hihihi...lama banget ya. Bukan karena macet sih, tapi kami sering berhenti-berhenti buat istirahat plus tidur. Dan taraa...anak-anak surprise banget pas sampai kamar karena kamarnya dindingnya kaca, Jadi kita bisa melihat keindahan Wonosobo di malam hari dari kamar. Karena capek anak-anak langsung tidur, tak lupa request ke mas-mas yang jaga minta dianterin sahur jam 3 pagi sebagai pengganti breakfast.

Paginya keindahan Wonosobo terpampang di depan mata. Subhanallah indah banget pemandangan dari dalam kamar. Tampak gunung di kejauhan. 

Keindahan  Wonosobo dari dalam kamar

Pemandangan dari balkon

Berdinding kaca
Depan kamar


Buat yang ingin menginap di Wonosobo CRA Hotel ini recommended deh. Kita bisa menikmati indahnya Wonosobo dari ketinggian. Apalagi kalau malam hari tampak lampu berkelap-kelip dari kejauhan. Suasananya juga tenang. Fasilitasnya oke termasuk handuk bersih dan air panas. Buat yang ingin jalan-jalan ke Dieng tapi nggak kuat dengan dinginnya Dieng, menginap di Wonosobo bisa jadi pilihan karena udaranya meskipun dingin tapi tidak sedingin Dieng.

Enaknya lagi staffnya juga kooperatif. Di sana menyediakan sahur bagi yang muslim karena bulan puasa. Sahurnya juga diantar ke kamar. Buat yang non muslim dapat breakfast seperti biasa. Karena jatah hanya 2 orang dan kami berempat kami nambah untuk makan sahur dengan harga yang murah.

Suasana hotelnya sepi dan adem. Buat kami yang anaknya tiga kamarnya cukup luas. Karena sudah malam kami juga cuma sewa satu kamar bukan dua kamar karena hanya buat numpang tidur sebelum paginya berangkat ke Dieng. 

lobi


lobi

Jam 9 pagi kami check out dan melanjutkan perjalanan ke Dieng. Jadi buat teman-teman yang punya acara piknik atau liburan dadakan seperti kami dan harus menginap di hotel nggak usah khawatir karena sekarang ada Traveloka. Ada beberapa fitur di Traveloka yang bisa teman-teman manfaatkan seperti pay@hoteleasy reschedulelast minute hotel dan hotel near me. Kami juga pernah memanfaatkan fitur hotel near me ini saat berada di kota yang belum familiar dengan kami dan harus menginap dadakan. Fitur ini sangat membantu karena kita tidak usah bingung mencari hotel terdekat. Apalagi saat kita kemaleman.

Oya sekarang di Traveloka juga ada fitur Pay Later loh. Fitur ini bisa dimanfaatkan buat kita yang ingin  traveling atau staycation namun belum ada dana yang cukup. Jadi kita tetap bisa traveling dengan memanfaatkan fitur ini. Jangan khawatir kalau data pribadi kita bocor karena kemanan data pribadi kita dilindungi. Traveloka PayLater didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK. Takut dengan penagih hutang jika tidak bisa bayar? jangan khawatir meskipun kita telat penagih hutang dari pay later ini cukup santun dan beretika kok. 


Nah buat temen-temen yang ingin melakukan perjalanan jauh road trip ke Jawa seperti kami ada beberapa tips yang dari kami yaitu : 

1. Servis mobil sebelum berangkat. Pastikan kondisi mobil baik-baik saja. Tidak lucu kan kalau pas di jalan apalagi malam hari tiba-tiba mobil mogok dan minta derek?

2. Buat yang bawa balita  seperti kami dan melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi mobil nyaman untuk perjalanan jauh. Biasanya kami melipat jok tengah dan bisa dijadikan kasur sehingga anak-anak nyaman selama perjalanan karena bisa tiduran.

3. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan. 
4. Istirahat dan tidur jika mengantuk. Jangan paksakan menyetir jika tidak kuat agar aman dan menghindari terjadinya kecelakaan akibat sopir yang mengantuk.

5. Jika perjalanan jauh dan tidak kuat lagi, menginap di hotel semalam bisa menjadi salah satu alternatif daripada tidur di mobil.

Udah dulu ya cerita traveling kali ini. Sepertinya sudah banyak cerita. Maklum sudah lama banget nggak ngisi blog ini. Happy traveling guys. Sampai bertemu lagi di catatan perjalanan kami berikutnya. 



Komentar

  1. Aaaaaaakkk suka banget sama kamarnyaaa. Walaupun desainnya nggak gimana-gimana, tapi aplikasi dinding kaca yang menghadap pemandangan alam itu juara! Rasanya betah duduk di situ sambil menulis dan berkarya. Nggak ada foto kamar mandi dan sahurnya ya, mbak? Aku penasaran hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa....sukaa bangeet deh sama dinding kacanya ini. Betah loh duduk di balkon sambil nulis. Sayangnya gak ada waktu karena harus ke Dieng. Ada sih foto kamar mandi dan sahurnya. Nggak sempat diposting. Hehehe

      Hapus
  2. Menurut saya Wonosobo di malam hari sudah cukup dingin. Dieng memang parah, sih. Tapi pengalaman saya menginap di Dieng adalah di rumah penduduk dan ngampar di kasur yang ditaruh di lantai. Jadi sudah pasti dingin banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dieng astik buat yang tahan dingin. Tapi buat saya yang gak tahan dingin ampun deh. Nginjak lantai masjid aja nggak kuat dinginnya. Apalagi wudhu. Pernah nginap sekali di Dieng. Nggak tahan dingin. Waah gak bayangin mbak Dyah yang nginap di kasur di lantai ya.

      Hapus
  3. View nya dari kamar hotel cantik sekali, ini sih bisa betah berlama-lama ngopi di teras kamar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak viewnya cakeep bangeet. Betah berlama-lama ngopi di teras andai bukan bulan puasa Mbak.

      Hapus
  4. Wah rekomendasi baru nih kalo mau ke Dieng. Iyaa view dari hotelnya bagus yaa kak, apalagi pas malem nih, bisa tidur sama bintang-bintang wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau malam bisa lihat bintang-bintang. Tapi tentu saja gorden kamar ditutup. Hehehe...

      Hapus
  5. Aku tuh suka ketuler antara Wonosobo dan Bondowoso 😂

    Traveloka memang sejauh ini favoritku. Meskipun terkadang harga di aplikasi lain lebih murah, tapi karena kenyamananan yang ditawarkan, aku malas pindah ke lain hati. Ahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah kayaknya jauh deh Wonosobo sama Bondowoso. Satu di Jawa Tengah, satu di Jawa Timur. Emang Traveloka masih jadi favorit buat booking hotel.

      Hapus
  6. Di Wonosobo itu basicnya udara udah dingin
    Nah kalau di hotel gini dia nyiapin AC juga gak?
    Kami pernah nginep di Dieng, yang dibutuhkan justru penghangat ruangan dan selimut tebal haha
    Btw itu view dar balkon hotelnya cantik banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hotelnya ada AC nya meskipun Wonosobo dingin. Tapi dinginnya Wonosobo aku masih toleran sih mirip-mirip Magelang. Kalau Dieng udah gak kuaat deh. Lantai masjid aja duingiiin banget. Pernah sekali nginap di Dieng kedinginan.

      Hapus
  7. Wah, kayaknya saya terakhir kali ke Wonosobo sekitar 30 tahun yang lalu. Dieng belum seramai sekarang. Tapi ngomong-ngomong, kamar hotelnya itu bagus lho biarpun dapetnya mendadak. Balkon depan kamarnya itu yang jadi nilai plus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah dah lama banget ya Mbak. Sepuluh tahun terakhir saya sudah 4 kali ke Dieng. Nggak tau mengapa. Tapi suasananya bikin kangen pengin kesana lagi dan lagi. Iya view balkonnya emang kece.

      Hapus
  8. Aku ke Dieng duluuuu banget, zaman mahasiswa tk II. Kuliah lapangan ceritanya.
    Sekarang udah bagus banget yah fasilitasnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah dah lama banget ya ...Main ke Dieng lagi yuk. Sudah keren dan cakep sekarang. Sepuluh tahun terakhir saya kesana 4 kali dan sepertinya selama 4 kali kesana juga banyak yg berubah.

      Hapus
  9. Sampai ke wonosobo CRA nya malem banget mbak. Daku mah udah bakal susah tidur itu, apalagi siap siap buat sahur. Mungkin bisa tidur nyenyak nya setelah jam 6 an, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fenni. Sudah malam banget ya. Itu aja bisa meremnya jam 12 trus jam 3 harus bangun lagi. Tapi dah kebiasaan sih. Dah beberapa kali kalau nginap hotel pasti nyampainya diatas jam 10 malam.

      Hapus
  10. Wah, saya belum pernah ke Dieng. Jadi penasaran sedingin apa :D terima kasih atas sharingnya, jadi berminat mau tau Dieng lebih dalam~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah ke Dieng 4 kali dan selalu nagih pengen kesana dan kesana lagi...

      Hapus
  11. Aku baru tahu nih kalau Wonosobo punya hotel yg dindingnga kaca begitu. Aku sendiri suka lihat pemandangan landscape kota.
    Bikin agenda menginap di Cra hotel Wonosobo ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk mbaak nginep ke sini. Pemandangannya asli asyiiik bangeet..

      Hapus
  12. waaaah seru banget itu kak hotelnya...suka banget sama hotel dengan full kaca dengan pemandangan alam...jadi pengen nginap di CRA pas ke wonosobo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seruuu bangeet bisa lihat pemandangan indah tanpa keluar kamar.

      Hapus
  13. Tipe hotel kesukaan saya nih, simple dan pemandangannya bagus ^_^

    BalasHapus
  14. Wah, asik ya makanan sahurnya bisa juga diantar ke kamar :) Kalau dingin begini AC nya tetap dinyalakan kan? Aku sih emang demen dingin hihihi. Nyaman ya hotelnya liat dari fotonya. Serunya traveling bareng anak2 itu anak2 jadi nambah wawasan juga ga sekadar senang2. Mau juga dong ke Dieng. Aku belum pernah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook Mbak agendakan main ke Dieng. Pasti anak anak suka. Saya aja udah 4 kali tapi anak-anak masih minta ke sana terus. Iya makan sahurnya diantar ke kamar. Menunya sederhana sih cuma nasi goreng sama teh anget manis. Tapi alhamdulilah tetep bisa sahur. Meskipun dingin tapi AC tetep dinyalakan trus pakai selimut.

      Hapus
  15. Wuihh viewnya adem banget. Enak klo pengen nyari sunrise tapi ogah kemana mana nih hotelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. View nya asyik..bikin betah sih. Tapi sayang cuma sebentar soalnya ini kan di Wonosobo sementara tujuannya ke Dieng.

      Hapus
  16. melihat pemandangannya, seger banget suasananya dari hotel

    BalasHapus
  17. Kayaknya saya milih mager aja sambil ngopi kalau viewnya seperti itu. Perjalanan ke Dieng dari hotel tersebut butuh wkatu berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 30-45 menitan Mbak Mira. Pengen mager sambil ngopi juga sih. Sayangnya bulan puasa

      Hapus
    2. hihihi iya, ya. Kalau bulan puasa mah saya biasanya berhenti ngopi. Ternyata gak jauh juga dari Dieng

      Hapus
  18. Seneng liatnya, ngebayanginnya pasti nyaman banget ya, apalagi disuguhkan pemandangan kaya gitu. Kereen

    BalasHapus
  19. mbaaaaa kebayang banget cantiknya, bangun tidur, lgs disuguhin pemandangan gunung:D. aku pasti betah ini. Dieng dan wonosobo itu kota favoritku banget, karenaaaaa dingiiiiiin hahahahah.. dieng lebih favorit sih. pas kesana dulu, aku cm staynya di dieng. nginep rumah warga, not bad, tapiiiii ga ada air panas wkwkwkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya favorit banget nih Wonosono dan Dieng. Saya aja dah empat kali ke sana. Tapi kalau nginap di Dieng lagi gak kuuuaat. Terlalu dingin buat saya yang gak tahan dingin. Pernah nginap di Dieng di Johar Syariah. Ada air panasnya, dapat sahur, orangnya ramah. Tapi gak kuat dingin kalau suruh nginap di Dieng lagi.

      Hapus
  20. Sukak banget nih sama view di kamarnya...Bikin betah ..apalagi bareng keluarga ..semakin seru pastinya

    BalasHapus
  21. Betah mah klo gua di hotel begini.. Sepi, adem, pemandangannya dari dalam kamar cukup memanjakan mata... How lucky your family mbak.. Keren banget hotelnya juga.

    BalasHapus
  22. Wah kebayang malam ada lampu2 kelatan indah dari balkon :D
    Sampai diantar ke kamar gtu ya sahurnya mbak? Biasanya hotel2 tetep sahur di restonya hehe :D
    Noted nih nama hotelnya kalau kapan2 mengunjungi Dieng/ Wonosobo.
    Oh traveloka paylatter bisa buat hotel ya kirain buat pesawat aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau malam lampunya kerlap kerlip baguus. Iya traveloka paylater bisa buat hotel juga mbak.

      Hapus
  23. Ya ampyuunnn, enaknya main ke siniiii
    Bisa makan manisan Carica sepuasnya ya Mak qiqiqiqiqi
    *penggemar carica garis keras*
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa banyak Carica di Dieng ya Mbak Nurul. Waah penyuka Carica garis keras ya? Hihii

      Hapus
  24. Tanpa persiapan ya Mak staycationnya. Syukurlah puas sama pengalaman menginapnya di CRA Hotelnya. Apalagi pemandangannya beneran sejukkk heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mendadak sih nginapnya. Tapi biasanya sebelum booking kalau ada waktu beberapa jam.aku sempetin baca review review nya dulu meski sebentar. Jadi gak kecewa sama hotelnya meski mendadak nginap.

      Hapus
  25. Wuih, bagus banget ya pemandangan dari balkon hotelnya, hijau gitu... Saya juga bakal betah kalau nginep di sana...

    BalasHapus
  26. Wah liburan yang seru ya mba. MasyAllah hotelnya menurut aku bersih, minimalis dan rapih ya penataannya terus enak juga bisa lihat pemandangan. Ahhh jadi bikin aku berkata pada diri "kapan ya bisa jalan-jalan lagi dan nginep di hotel" rasanya udah lama nggak jalan-jalan jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuk mbak jalan -jalan yang jauh. Refreshing....abis liburan biasanya segeer lagi .

      Hapus
  27. Bisa menikmati pemandangan dari ketinggian adalah bonus nginap di hotel ini ya..
    , Pasti sejuk banget..

    Cocok juga buat staycation nginap disini.. ..bukan sekedar numpang semalam..

    BalasHapus
  28. asyik banget hotelnya. bisa lihat pemandangan indah. kebayang suasana pegunungan dan hawanya yg dingin dingin sejuk. pan kapan boleh nih nginep di sini kalo mau ke dieng. makasi ya mba :)

    BalasHapus
  29. Pemandangannya apik ya apalagi pas malam ya kerlap-kerlip lampu di perbukitan. Baru sekali ke Dieng dan belum pernah menginap hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dedew pemandangannya bagus. Aku sudah 4 kali ke Dieng dan dua kali nginap. Nagih..

      Hapus
  30. Pilihan duo krucils betul tuh, mampir ke Dieng. Pemandangan dari balkon itu cantik banget, ditambah lagi udara di situ yang memang sejuk banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Eri. Mereka ketahihan pergi ke Dieng. Sudah 4 kali padahal

      Hapus
  31. Dapat pemandangan yang bagus dari kamar itu salah satu hal yang menyenangkan kalo nginep, kalo aku disana juga pasti betah berlama lama mba ngeliati gunung, bawaan nya jadi adem

    BalasHapus
  32. Mba....
    Paling suka dengan kamar seperti ini, berdinding kaca, terus viewnya ijo royo-royo gitu, Masya Allah!
    Bisa ngendon bae di kamar, hihihi.

    Baidewei, subway,
    Aku baru tahu tentang fitur near me, ntar kapan-kapan coba ahhh^^

    Traveloka masih OTA, kesayangan, terbaik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yooiii Bun Rosanna...ntar kapan kapan coba fitur near me ya Bun..

      Hapus
  33. Ah Dieng, udah pernah ke sana dan emang ngangenin. Ya Allah semoga bisa ke sana lagi bawa keluarga. Kalau penginapan meski sederhana tapi view-nya cakep gitu bener2 bikin bahagia ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Dieng emang ngangenin. Ini penginapannya biasa tapi view nya cakeep. Ini di lantai 3 mbak

      Hapus
  34. Pernah baca jiga fitur pay later dari traveloka ini. Memudahkan pelanggan setianya. Kapan2 mau nyobain juga buat booking hotel

    BalasHapus
  35. wah, ini tempatnya selain bisa ngilangin stress juga bisa menmabah ide ya Mba. bisa booking traveloka juga, jadi enak gak repot ya. btw itu pasti dingin yaaah

    BalasHapus
  36. Kamarnya sukaaa bangeeet. Simple tapi ini bisa bikin nyaman buat Staycation nih, apalagi kalau memang tujuannya untuk "menyepi" dan cari inspirasi, dapat banget. Saat bangun pagi, pasti langsung buka gorden selebar mungkin pastinya supaya bisa langsung nikmati View diluar yang Masya Allah ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak kamarnya indah banget pas kita buka jendela. Hamparan pemandangan indah langsung terpampang di depan mata.

      Hapus
  37. Wahh pemandangannya indah sekali mba dari atas gt jd view nya mantep..

    BalasHapus
  38. Kamarnya bagus.. bisa jadi referensi kalo mampir ke wonosobo nanti, wonosobo memang ngangenin..pemandangan sama udaranya itu yang aku suka dan gak pernah bosen kalo mai ke wonosobo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Wonosobo dan Dieng emang ngangenin ya Mbak.

      Hapus
  39. Maasyaa Allah nyaman sekali
    Ingin juga rasanya staycation di sana
    Sudah lama banget nggak staycation

    BalasHapus
  40. Wuih pemandangan luar kamarnya bagus banget. Betah berlama-lama deh lihat yang begitu mah. Kamarnya juga nyaman kayaknya ya

    BalasHapus
  41. Aku juga kalo pesan hotel ya dadakan. Lah wong enak tinggal pesan via aplikasi wkwk... Kalo ga dadakan, takutnya gak sampe di hotel nya tepat waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sering banget Mbak dadakan. Seringnya sih kalau pas pulkam gini. Tiba tiba ayah capek nyetir..terpaksa dadakan cari hotel.

      Hapus
  42. Balkonnya bareng-bareng ya, tapi indah gitu bisa liat bareng-bareng indahnya kotaaaa. MasyaAllah.

    Aku belum pernah paylateran di traveloka kalai di gojek sering. Ssama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balkonnya bareng bareng tapi pas sepi Mbak Echa. Jadi ya nikmat aja gituu.

      Eh aku malah belum pernah paylater di Gojek. Ada ya?

      Hapus
  43. Waaaaaa bisa jadi alternatif penginapan pas mudik besok nih. Betewe ini di Wonosobo daerah mananya ya mbak? Masih dekat kota atau sudah naik ke atas Garung?

    BalasHapus
  44. Masyaa Allah pemandan dari kamarnya bagus banget. Ada kaca seluas itu pas depan kamar. Bisa puas nih lihat pemandangan hamparan hijau dari dalam kamar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer