Kamis, 23 Januari 2020

Harga Mentega Putih: Kenali Terlebih Dahulu Ciri-ciri Mentega Berkualitas Sebelum Membelinya

Happy New Year

Nggak papa ya ucapin Happy New Year meski sudah hampir akhir bulan. Yang penting masih bulan Januari kan guys? Hihihi. Ngomongin tahun baru jadi ingat resolusi 2020 ku. Diantaranya yaitu pinter memasak.

Nah ceritanya nih tahun 2020 selain masak sayur dan lauk pauk pengin juga dong belajar bikin kue. Kalau lihat gambar kue di cookpad atau majalah udah mupeng aja deh. Kayaknya enak banget ya kuenya.

Sumber cookpad.

Salah satu bahan di kue ini adalah mentega. Namanya juga pemula ya jadi ulik-ulik deh tentang mentega. Takut salah beli. Soalnya mentega kan juga banyak macamnya. Ya kan?

Mentega  termasuk dalam salah satu produk olahan susu sapi yang banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya adalah dalam pembuatan kue, apalagi ia memiliki aroma dan juga cita rasa yang khas, jika dibandingkan dengan margarin yang terbuat dari lemak nabati. Harga mentega putih di pasaran terbilang bervariatif, mulai dari angka belasan ribu rupiah sampai dengan ratusan ribu rupiah, tergantung juga dari ukuran yang dibeli.
 
Kita tetap bisa  mendapatkan harga mentega putih murah berkualitas. Sebelum itu penting untuk mengenali terlebih dahulu ciri-ciri mentega berkualitas berikut ini, yaitu:
 
1. Teksturnya tidak terlalu padat, produk mentega yang berkualitas baik memang memiliki tekstur yang tidak terlalu lembek, namun juga tidak terlalu padat, ini menandakan bahwa bahan-bahan yang ada di dalamnya cukup solid sehingga dapat menyatu dengan baik. Bisa diuji dengan mengambil sendok kemudian mencoba mengoleskannya pada produk makanan seperti roti.

Salah satu merk mentega putih


2. Mudah, mentega yang bagus juga akan mudah leleh ketika terkena suhu panas, ini menandakan bahan baku pembuatannya memang sebagian besar dari lemak susu sapi, sesuai dengan kriterianya yaitu lemak ini mudah sekali leleh ketika terkena panas.

3. Warna, dari segi warnanya sendiri juga dapat dilihat, semakin padat ia maka akan semakin bagus. Jika seandainya warnanya lebih ke arah kekuningan, maka bisa jadi produknya ditambah dengan lemak nabati seperti produk margarin. Jika seandainya warnanya sendiri sudah mulai berubah menjadi hitam atau berbintik artinya ia sudah terkontaminasi dengan jamur ataupun bakteri, maka harus segera dibuang, jangan dipakai atau bisa menimbulkan penyakit.

4. Kandungan gizi, perhatikan label kemasan kemudian cek tabel nilai gizi yang ada didalamnya, semakin banyak jumlah lemak esensial seperti omega 3 dan juga 6 di dalam produk mentega tersebut tentunya semakin sehat atau bagus.
 
Itulah cara mudah mengenali mentega berkualitas, langsung saja cek harga mentega putih dari berbagai merk di Tokowahab.com. Selain itu teman-teman bisa belanja produk atau bahan-bahan makanan semakin mudah disini, langsung saja kunjungi websitenya. Selamat berkreasi guys...


28 komentar:

  1. Mentega putih ini cocok bgt buat bebikinan kue, cakes, dll ya Mba
    Aku mau ceki-ceki harganya aahhh

    BalasHapus
  2. Mentega ... beda sama margarin. Banyak yang mengira margarin mentega padahal beda. Nah, uraian ini makin memperjelas.

    BalasHapus
  3. Aku suka pakai mentega putih kadang untuk olesan roti karena lebih enak dan harum. Dan emang di rumah paling demen pakai mentega putih ini.

    BalasHapus
  4. oh, jadi mentega sama margerine itu beda ya?
    Duh saya baru tahu. Kirain mentega itu nama lain dari margarine

    BalasHapus
  5. Mbak, bedanya margarine sama mentega itu apa? Aku selama ini kalau masak telur suka pake merk itu tuh. Lha itu mentega apa margarine yak 😄

    BalasHapus
  6. Jadi ingat Nai yang suka pakai mentegar putih Anchor. Memang salah satu mentega yang berkualitas. Di rumah, dia yang punya hobi baking

    BalasHapus
  7. Di rumah aku selalu sedia Anchor butter buat naikin BB anak2 :D dan menurut aku Anchor butter itu enyaak, apalagi kl dipake untuk masak.. wangiii banget, udah gitu harganya juga lebih terjangkau dibandingkan butter lain, tapi kualitasnya oke & bisa diadu sama butter2 lain :D

    BalasHapus
  8. Hhehee aku jujur kadang susah bedain mba. Pokoknya beli, masak. Udah gitu aja. Jadi makin tahu setelah baca tulisan ini :)

    BalasHapus
  9. Lah...aku baru tahu kalau mentega dan margarin itu beda...ya ampun kemana aja aku ini, tapi kalau untuk olesan roti biasanya pakai mentega ya mak, tapi aku jarang pakai mentega putih, soalnya anak-anakku kurang suka.

    BalasHapus
  10. Oh begitu cara mengenalinya ya mbak, aku malah dlu suka bingung beda mentega, margarine, sama butter :)
    Bisa dilihat dari cepatnya meleleh ya, catet

    BalasHapus
  11. Wah, aku baru tahu nih ciri-ciri mentega berkualitas. Selama ini kalo beli ya beli aja yang ada. Noted deh, untuk ke depannya kudu hati-hati.

    BalasHapus
  12. Aku 2020 ini juga lagi belajar masak. Tapi jarang pakai mentega. Bikin roti juga masih jarang. Paling sedia margarin buat tumis ini itu

    BalasHapus
  13. wah, sekarang ada ya toko online khusus bahan makanan. Aku jadi pengen buat kue kalau lihat websitenya ini :D

    BalasHapus
  14. yg saya utamakan itu kandungan gizi kak. ya namanya jg bikin camilan biar gizi anak terpenuhi. soalnya dia susah makan nasi, jd saya ganti ke cemilan yg gk hanya kenyang tp juga punya nilai gizi

    BalasHapus
  15. Mentega ini lebih sehat daripada margarin ya, aku suka yang unsalted jadi lebih ringan dinikmati

    BalasHapus
  16. Mentega putih biasanya utk campuran kue gtu ya. Tapi zaman anak MPASI juga suka nambahin gtu ke makanan anak hehe.
    Biasanya sih kalau beli cek kandungan bahan sama kedaluwarsanya sih 😁

    BalasHapus
  17. Selama ini saya beli mentega ga pernah milih haha kecuali merknya, baru tau ciri2 mentega berkualitas nih, makasih loh mbak.

    BalasHapus
  18. Ohh yang bagus itu yang mentega putih ya? Aq kadang beli ditoko bahan kue, dikasih yang warnanya agak kekuningan. Tapi bukan margarine sih.

    BalasHapus
  19. Beli mentega putih sekardus banyak begini bagusan kalau buat hajatan bikin kue atau buat para pengusaha makanan.

    BalasHapus
  20. Taunya selama ini ya margarin itu yang dipakai sehari-hari. Ternyata ada berbagai jenis ya mentega, kalau mentega putih ini tidak dicampuri minyak nabati sehingga terjaga warna dan kualitasnya.

    BalasHapus
  21. Mentega putih ini yang dipake utk menghias kue itu ya,MBak? Wah, ilmu baru nih. Selama ini kalo beli mentega ya aku terima yg dikasih penjual aja. Makasih infonya, mbak. Bermanfaat banget.

    BalasHapus
  22. biasanya saya suka menggunakan mentega yang dari pasar seperti menggunakan karung atau di jual per ons - kilo. Namun ternyata setelah membaca postingan ini mindset saya berubah jadi menggunaan mentega bungkusan

    BalasHapus
  23. saya baru menikah nih, harus lebih banyak belajar masak, pengen bikin kue juga.
    kadang bingung kalau pas mau beli bahan yang bagus, termasuk beli mentega pun sering ngasal gak milih-milih.

    BalasHapus
  24. pas banget nih postingannya, aku pun masih bingung cara menentukan mertega yang baik. Dan apakah mertega dan margarin itu berbeda mbak? Itu kadang aku juga masih bingung

    BalasHapus
  25. Aku nggak pernah bikin roti. Kalaupun bikin roti yang sederhana saja. Biasanya pakai mertega kuning saja. Belum pernah pakai mertega putih. Jadi lebih paham sekarang.

    BalasHapus
  26. Oh jadi yang warnanya kekuningan itu ditambah lemak ya ternyata. Makanya mentega putih jadi favorit karena ga ada tambahan lemak lagi

    BalasHapus
  27. Taunya selama ini margarin, soalnya disupermarket jarang yang menjual mentega. Atau sayanya yang gak lihat yak.

    BalasHapus
  28. Thanks infonya mba, sangat membantu..

    BalasHapus

6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Pandemi

Sejak virus corona menyebar di seluruh dunia awal tahun kemarin kita semua patut waspada. Apalagi Covid 19 ini mulai memasuki Indonesia sej...