Kamis, 27 Februari 2020

Pilihan Transportasi Umum Dari Jakarta Ke Bandung


Sudah mau weekend aja nih.  Siapa yang kalau weekend tiba gembira? Pasti semua dong. Ngomongin weekend itu selalu identik dengan liburan. Betul nggak guys?

Liburan itu nggak harus jauh-jauh ke Jogja atau ke Bali. Ke destinasi yang dekat juga bisa. Ke Kota Bandung misalnya. Buatku Bandung itu ngangenin. Selain itu dengan jarak tempuh yang dekat dan berbagai wisata yang ada membuat  Kota Bandung menjadi salah satu destinasi wisata pilihan khususnya bagi masyarakat di sekitar Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Jaraknya yang relatif dekat dan pilihan wisata yang beragam menjadi alasan Kota Bandung ini menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, pasangan, ataupun sendirian. Alasan lainnya ialah karena modal transportasi umum yang mudah, apa sajakah itu?


Transportasi Udara yakni Pesawat

Transportasi udara merupakan salah satu modal transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan waktu tempuh antar daerah yang relatif cepat. Bagi teman-teman yang berprinsip waktu adalah uang naik pesawat adalah moda transportasi yang tepat.

Sekarang ini banyak maskapai penerbangan yang menyediakan rute Jakarta-Bandung. Diantaranya ada Wings Air, Citilink, Garuda Indonesia dan Multi-Maskapai antara Batik Air serta Wings Air. Waktu tempuh setiap maskapai berbeda, seperti Wings Air dengan tiket seharga sekitar Rp330.000,00 memberikan pelayanan waktu tempuh Jakarta-Bandung sekitar 30 menit tanpa transit. Sedangkan untuk maskapai lainnya waktu tempuh perjalanannya cukup lama bisa dari 1 jam hingga 9 jam. Harganya pun bervariasi   dari Rp400.000,00 hingga Rp2.200.000,00.

Pada era digital seperti  sekarang ini memesan tiket termasuk tiket pesawat sangat mudah. Teman-teman  hanya perlu membuka beberapa situs yang memberikan jasa penjualan tiket pesawat. Mudah bukan?Tak usah ribet dan bingung membeli tiket, tinggal pakai smartphone dan kita bisa pesan tiket online.

Transportasi Darat Cepat Menggunakan Kereta

Selain moda pesawat,  kita juga bisa main ke Bandung dari Jakarta  dengan kereta loh. Kereta api adalah  salah satu transportasi darat yang memiliki waktu tempuh yang relatif cepat. Selain relatif cepat, kelebihan lainnya yakni lebih murah dan memberikan kenyaman serta keamanan kepada para penumpang.

Sama seperti membeli tiket pesawat membeli  tiket keretapun sekarang sangatlah mudah. Kita bisa membeli tiket kereta dengan berbagai cara.  Bisa melalui aplikasi, situs website, langsung ke stasiun atau menelpon call center.

Kereta api Argo Wilis

Dari Jakarta ke Bandung kita  bisa naik kereta  dari Stasiun Pasar senen ataupun dari Stasiun Gambir. Ada beberapa kereta yang bisa kita pilih  antara lain  Argo Wilis, Turangga, Malabar, dan Mutiara Selatan untuk kereta eksekutif . Untuk kelas bisnis ada kereta Malabar. Untuk kelas ekonomi ada kereta Serayu, Malabar, dan Mutiara Selatan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengeceknya di situs Traveloka.

Transportasi Darat Menggunakan Bis

Selain pesawat dan kereta api, kita juga bisa menggunakan bis dari Jakarta ke Paris van Java. Banyak jasa angkutan bis yang menyediakan jasa transportasi dari Jakarta dengan tujuan ke kota Bandung. Salah satu yang banyak digunakan masyarakat ialah Primajasa.

Tiket bus Primajasa saat ini bisa kita dapatkan dengan membelinya di situs Traveloka atau di  Pool Bus. Harga tiket bus ini hanya Rp75.000,00. Murah bukan? Kita bisa naik dari  Terminal Leuwipanjang. Jangan takut ketinggalan bis karena primajasa memberangkatkan bisnya setiap satu jam sekali. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke Bandung kurang lebih lima hingga tujuh jam. Mayan lama ya guys.

Travel

Selain pesawat, kereta api dan bis, kita juga bisa menggunakan travel. Banyak  travel  dari Jakarta ke Bandung.  Diantaranya Luxury Class Big Bird, Bara, Cititrans, dan lain sebagainya. Tarif yang diberikan bervariasi dari Rp70.688,00 hingga Rp1.326.000,00 dengan waktu tempuh dari 2,5 hingga lima jam. Sangat bervariasi bukan?



Dari empat moda transportasi di atas kalau aku paling nyaman naik kereta api. Tapi pilihan orang kan beda-beda ya guys? Kalau kalian paling suka naik moda transportasi apa? Pesawat? Kereta api? Bis? Atau Travel?  Apapun pilihan teman-teman yang pasti jangan  perhatikan kenyaman dan keamanan yah.

Oke teman-teman. Selamat liburan yaa. Sampai jumpa di catatan perjalananku selanjutnya.



28 komentar:

  1. Baru tahu mbak ada rute jakarta-bandung via pesawat. Itu penerbanhan dari bandara halim atau cengkareng ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Halim ada Mbak Wings sama Citilink. Dari Cengkareng juga ada yang terbang ke Bandung

      Hapus
    2. Wahhh, belum sempat bobo, udah landing aja yaaa :)))
      Jakarta BDG pake mobil atau KA aja deket, kalo naik pesawat kayaknya jauh menuju airport-ya sik yaaaa

      Hapus
  2. Kalau ke Bandung naik transportasi umum juga saya lebih memilih naik kereta. Kalau naik pesawat kayaknya kurang puas karena cuma sebentar. Sedangkan naik travel bisa ketemu macet juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Mira. Naik kereta lebih cepat ya. Naik pesawat malah kelamaan perjalanan dari dan ke bandaranya

      Hapus
  3. Aku tiap 2 bulan sekali suka bolak balik jakarta bandung mba. Tapi aku naik bis soalnya lebih deket jarak bisnya ama tenpat tinggal aku di jakarta ama di bandung. Tapi kalau lebaran enakan naik kereta soalnya ga macet dan keretanya bikin nyaman juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sering juga ya Mbak bolak balik Jakarta Bandung. Iya bis lebih disukai kalau jaraknya lebih dekat dengan tempat tinggal ya mbak

      Hapus
  4. Kalo misalnya LRT udah jadi, aku pribadi lebih suka naik kereta.
    Tapi kalo ada bayi, lebih baik bawa kendaraan sendiri.
    Kalau anak udah agak gedean, bisa naik kereta aja, lebih santai gak capek.
    Kalo ngeburu2 waktu bisa naik pesawat.

    Jadi depends kondisi juga :)

    BalasHapus
  5. Saat ini kalau mau jalan-jalan sudah tidak pusing lagi mau menggunakan transportasi jenis apa ya. Tinggal menyesuaikan budget saja. Dari mau naik pesawat, kereta, bus atau yang nyaman di darat, naik Travel. Karena langsung sampai di tujuan. Tidak perlu naik transportasi lagi dari bandara/stasiun/terminal.

    BalasHapus
  6. Catet, ahhhh...
    Bakalan sering ke Jakarta insyaallah. Jadi biar mudah kalo mampir sekalian ke Bandung

    BalasHapus
  7. Senangnya kalau pergi keluar kota bisa dengan berbagai pilihan transportasi. Jadi gak bingung dan suka-suka banget mau naik apa

    BalasHapus
  8. Aku pernah dari Jakarta ke Bandung naik travel mba. Tapi paling sering naik kendaraan pribadi. Mau nyoba ah naik kereta :)

    BalasHapus
  9. Lebih nyaman kalau jalan jalan atau berperhoan naik kereta api, mbak. Nyaman dan ekonomis hehhehee.
    Tapi kalau kehabisan tiket ya naik bis wkkwkkw

    BalasHapus
  10. Aku biasanya ke Bandung naik travel, tapi ternyata macetnya makin nggak masuk akal, eh naik kereta asyik juga ya dari Jakarta..sukaaa..pemandangannya juga apik.

    BalasHapus
  11. Transportasi sekarang banyak pilihannya yah jadi tinggal tentuin aja mau naik apa, karena semuanya nyaman yah.

    BalasHapus
  12. Bandung memang ngangenin untuk selalu dikunjungi karena banyak tempat wisata dan kuliner yang enak di sana ya...
    Makanya gak heran, kalau setiap weekend, Kota Bandung sering dipenuhi oleh wisatawan dari Jabodetabek hihihi

    BalasHapus
  13. Dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya, kami baru mencoba dua moda transportasi saja, yaitu bis dan kereta api. Sejauh ini kereta lebih baik untuk menghindari kemacetan terlebih di hari Raya Idul Fitri.

    BalasHapus
  14. Selama ini aku seringnya pake Travel dan Kereta. Yang nyaman sebenernya Travel. Sayangnya sering kejebak macet. Enak juga naik kereta. Hanya suka molor jam perginya. Jadinya nyampenya juga telat. Tapi Alhamdulillah sih, banyak pilihan transportasi dari Jakarta-Bandung atau sealiknya.

    BalasHapus
  15. Bandung deket ya Mak. Tapi aku belum tau naik kereta. Pengen cuma ga jadi-jadi. Malah milih naik travel atau bis ke sana. Tapi memang ngangenin Bandung mah yaaa

    BalasHapus
  16. Wah ada travel juga ya dari Jakarta ke Bandung. Kupikir adanya cuman kereta. Aku suka banget naik kereta ke arah Bandung. Pemandangan nya keren banget

    BalasHapus
  17. Jujur aja, aku blom pernah sekalipun ke Bandung lho. Sedih ya. Kalau dari Solo-Bandung paling nyamna dan murah naik apa ya?

    BalasHapus
  18. Sama, untuk transportasi darat saya lebih suka kereta api. Lebih nyaman dengan harga ekonomis pula. Yang jelas kalau naik kereta risiko mabuk tidak ada

    BalasHapus
  19. Pengin banget bisa ke Bandung naik kereta api. kalau dari Semarang kayaknya hanya 1 kereta yang ke arah Bandung, itupun aku belum pernah nyoba. Semoga suatu saat ada rejeki bersama keluarga piknik ke Bandung.

    BalasHapus
  20. Aku biasanya ke Semarang naik travel, tapi ternyata macetnya makin nggak masuk akal, eh naik kereta asyik juga ya dari Jakarta..sukaaa..pemandangannya juga apik.

    BalasHapus
  21. Naik kereta api dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya, nyaman pakai kereta, melewati jalur dengan pemandangan yang apik. Ada beberapa daerah yang bikin deg2an. semoga selalu aman ya moda transportasi kereta. aamiin.

    BalasHapus
  22. sepuluh tahun yang lalu saya sempat dari jakarta ke bandung naik bus, soalnya waktu tu kereta gak ada, sekarang udah ada lagi jadi lebih enak dan nyaman pakai kereta sih ya

    BalasHapus
  23. Nanti kalau kereta cepat udah ada, makin nyaman perjalanan dari Jakarta ke Bandung.

    BalasHapus
  24. Aku paling nyaman naik kereta api juga. Tapi dalam beberapa kondisi juga lebih nyaman pake bis karena kalo pake kereta malah muter-muter dan tempat tujuannya jauh dari stasiun.

    BalasHapus

Kurangi Worry dengan Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel

Memasuki new normal kita mulai kurangi worry. Di era ini segala aktifitas mulai dilakukan kembali. Tentu saja  dengan protokol kesehatan. A...