Rabu, 25 November 2020

5 Resep Masakan Jepang yang Mudah Dibuat di Rumah

Resep Masakan Jepang. Siapa yang tidak kenal masakan Jepang. Hampir semua orang kenal masakan Jepang ya. Sama seperti anak-anakku. Dulu sebelum pandemi hampir tiap weekend minta makan di luar dan pilihannya adalah masakan Jepang siap saji. Selama pandemi jarang banget keluar rumah apalagi untuk ngemall. Pernah beberapa kali ngemall dalam 9 bulan terakhir ini. Itupun untuk sesuatu yang urgent, jadi bukan sengaja makan di luar seperti weekend sebelum pandemi. 

Tiga bulan pertama anak-anak mulai protes dong, yang bilang kangen tempura lah, kangen beef yakiniku lah, kangen chicken teriyaki lah. Lah tapi kan nggak bisa keluar kan ya? Untung emak-emak gini nggak hilang akal. Coba-coba belajar bikin masakan Jepang sederhana yang bisa dibikin di rumah. Yaaah...meski rasanya nggak seenak bikinan makanan di resto-resto siap saji tersebut, tapi paling nggak kangen anak-anak terhadap masakan Jepang bisa terobati ya.

Setelah beberapa kali mencoba dan mempertimbangkan bahan-bahan yang mudah diperoleh untuk memasak, disini aku tulis 5 Resep Masakan Jepang yang mudah dibuat ya. Ini menurut pengalaman pribadiku ya. Jadi temen-temen bisa coba resep sederhana di bawah ini. 


Resep Masakan Jepang Sederhana: 

1. Tempura Udang 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masakan ini adalah : 

  • 250 gram udang besar
  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 kotak susu uht (kecil)
  • 2 butir telur
  • 1 siung bawang putih ulek halus atau garlic powder 
  • 250 gram tepung panir
  • garam, merica, penyedap rasa
Cara memasak :
1. Bikin adonan tempura yang terdiri dari tepung terigu,  susu uht,  telur, garlic powder dan garam.
2. Bersihkan udang, buang kulit dan kepalanya, kerat dagingnya dan luruskan udangnya.
3. Celup udang ke adonan basah.
4. Selanjutnya kita bikin adonan kering yang terdiri dari tepung terigu, tepung tapioka, garam, merica , penyedap rasa.
5. Udang yang sudah dicelup ke adonan basah, dimasukkan ke adonan kering dan tepung panir.
6. Udang tempura siap digoreng 



2. Tamagoyaki ( Telur Gulung Jepang)

Bahan - bahan : 
  • 3 butir telur ukuran besar
  • 2 daun bawang, iris tipis
  • 1/2 buah wortel, potong dadu super mini
  • 3 sdm susu cair
  • Garam + merica secukupnya
  • Minyak goreng untuk mengolesi penggorengan
Cara Memasak : 
  1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkok, kocok rata.
  2. Tuang sepertiga bagian ke wajan yang sudah dipanaskan. Jika bagian atas sudah mulai kering (masih agak basah sih tapi sudah ga mbleber lagi kalo wajan dimiringkan), gulung dengan menggunakan sumpit atau spatula, kemudian geser ke pinggir wajan.
  3. Tuang lagi sepertiga bagian, masak, gulung lagi dimulai dari gulungan yang pertama tadi.
  4. Teruskan/ulangi sampai habis.
  5. Angkat, biarkan agak dingin kemudian potong-potong.
3. Beef Teriyaki

Bahan-bahan  : 

  • 250 gram daging sukiyaki
  • 4 sendok saus teriyaki
  • Setengah butir bawang bombay
  • Satu sendok makan saus tomat
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
Cara memasak :

1. Rendam atau marinate daging sukiyaki ke dalam saus teriyaki selama 20 menit
2. Panaskan minyak, masukkan bawang bombay tumis sampai harum.
3. Masukkan daging yang sudah dimarinate, aduk-aduk sampai matang
4. Tambahkan sedikit garam, lada dan saus tomat
5. Beef Teriyaki siap dihidangkan


4. Sayur Tempura 
 
Bahan-bahan :
  • 100 gram wortel iris korek api
  • 250 gram kol iris tipis
  • 50 gram buncis iris korek api
  • Tepung bumbu instan serba guna
Cara memasak : 

1. Iris tipis semua bahan
2. Masukkan semua bahan ke dalam adonan basah ( sedikit  tepung bumbu yang dikasih air)
3. Gulingkan satu sendok sayur yang sudah dicelup ke adonan basah ke tepung kering 
4. Siap digoreng 


Sumber: idntimes

5. Chicken Karage

Bahan - bahan : 
  • 300 ayam fillet potong dadu
  • Bahan rendaman masing-masing kecap asin, kaldu bubuk, merica dan garam seperempat sendok teh. Jahe, 2 siung bawang putih haluskan dan susu cair 60 ml.
  • Bahan baluran yang terdiri dari tepung terigu 100 gr, tepung maizena 50 gr, garam dan lada.
Cara Memasak :

1. Masukkan semua bumbu rendaman ke dalam wadah.
2. Lumuri ayam fillet dengan bumbu rendaman, masukkan kulkas selama 1 jam agar bumbu meresap.
3. Ambil ayam yang di kulkas, gulingkan ke bahan baluran, goreng dengan minyak panas.
4. Chicken Karage siap dihidangkan.



Belanja Bahan Makanan untuk Masakan Jepang

Nah teman-teman sudah bisa kan membuat masakan Jepang sederhana yang bisa dibuat di rumah. Paling nggak bisa ngobatin kangen akan masakan Jepang di mall ya. Meski rasanya nggak seenak resto mereka. Yang penting sih anak-anak seneng.

Biasanya aku belanja bahan makanannya online. Yaah kan lebih praktis soalnya nggak harus keluar rumah. "Berencana untuk mencoba resep masakan Jepang di atas? Mumpung saat ini tanggal gajian, kamu bisa banget belanja di promo gajian dari Shopee, yaitu Shopee Gajian Sale! Ada Gratis Ongkir Rp0 Sepuasnya dan Cashback Kilat s/d 250RB"

78 komentar:

  1. Masakan jepang aku suka banget, terutama teriyaki (ayam atau sapi), karena ada daging dan sayurnya, dan bumbu atau rempahnya juga cocok di lidah

    BalasHapus
  2. Chicken karage nih hampir setiap hari jadi menu andalan, selain bikin sendiri kadang saya beli jadinya kalau lagi males uprek di dapur...hehehe

    BalasHapus
  3. Aku suka tempura udang, tapi anak-anakku kok nggak suka ya. Hiks sedih deh.
    hiken KArage emang udah paling enak deh apalagi buat anak-anak juga doyan dan lahap makannya.

    BalasHapus
  4. Aku pernah coba bikin beef teriyaki tapi gagal..rasanya malah mirip daging bumbu kecap, haha. entah bumbu apanya yang kurang.
    btw sayur tempura itu mirip bala-bala/bakwan di indonesia ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku beli bumbu Teriyaki jadi mbak. Bisa pakai bumbu Teriyaki dari Saori. Jadi nggak ribet tinggal tambahin dikit saos romat, sejumput garam sama lada. Jadi deh

      Hapus
    2. Baiklah, nanti aku coba pake saos teriyaki yang udah jadi aja deh. Dijamin anti gagal ya haha

      Hapus
  5. Bisa dipraktikkan nih...yang telur gulung ala jepang dulu saja yang bahan-bahannya mudah ditemukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahannya mudah cuma telur sama sayuran. Gulungnya yang kadang gagal. Hihihi..

      Hapus
  6. Ooh kalau teriyaki masaknya pakai saus tomat ya? Tambah enak rasanya.
    Tempura sayuran juga aku suka banget. Anak-anak makan tanpa tahu dalamnya sayur, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih dikit saos tomat tambah enak mbak. Iya kalau tempura kriuk kriuk. Anak anak gak sadar kalau dalamnya sayur

      Hapus
  7. Auto ngiler liat tempura udang!
    Resepnya kayak gampang gitu ya, mbak.
    Aku jadi penasaran buat bikin sendirii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuk mbak bikin sendiri. Agak ribet dikit sih tapi mudah kok

      Hapus
  8. Chicken karage ini dari Jepang ya? Baru tahu aku loh. Tak kira dari barat. Soalnya kan sekarang banyak dijual di mall-mall gitu

    BalasHapus
  9. Dari lima resep masakan Jepang itu, saya hanya baru bisa buat beef teriyaki, Mbak. Inginnya sih bisa juga buat sayur tempura. Keliatannya enaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sayur tempura mudah kok. Kalau beef teriyaki emang paling mudah soalnya sudah ada saos jadinya

      Hapus
  10. Wajib kukasih tau sama istriku nih,biar nyoba resepnya. Masakan jepang emang beda daripada yg lain. KAdang kangen juga masakan jepang pinggiran jalan itu, sama enaknya gda bedanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk mas kasih tahu resep ke istrinya biar dicoba

      Hapus
    2. udah kemarin mbak wkwkwk
      dia bilang susah :D

      Hapus
  11. Aku yang udah pernah masak beef teriyaki mba, nyobain resepnya Cookpad hehe. dan emang enak yaa..next mau nyobain sayur tempura karena kalau dulu jajan di Marugame, suami suka banget sama itu. Sekarang jadi kepikiran buat bikinin. Makasih resepnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama Mbak Meike. Semoga berguna ya resepnya

      Hapus
  12. aku baru nyobain beef teriyaki aja nih, nanti cobain resep yang lainnya juga aaah. Makasi sharingnya maaaak

    BalasHapus
  13. Aku sukaaa banget masakan Jepang. Makasih infonya Kak... Khususnya tempura tuh. Anakku pasti seneng kalau aku buatin. Aku sendiri pengen nyoba tempura sayur. Yummyy

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas resepnya ya, Mbak, bisa nih kapan-kapan coba bikin sendiri di rumah. Kebetulan aku dan Pewe suka banget makanan Jepang begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Mon bisa dibikin khusus di rumah spesial buat Mas Pewe . Hihi..

      Hapus
  15. Kalau sayur tempura ga beda sama bakwan ya mba :) kalau di rumah saya suka bikin Chicken Katsu buat anak, mudah dan disukai semua anggota keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa mirip bakwan ya kalau di kita mbak. Cuman bisa kriuk renyah gitu ya.

      Aku belum bisa bikin chicken katsu mbak.

      Hapus
  16. Sampai sekarang aku belum berhasil bikin punggung udang tempura lurus gitu wkwkwk.

    BalasHapus
  17. wah ternyata lumayan banyak ya, maskaan jepang yg mudah dibuat di rumah, selala ini aq cuma masak beef teriyaki saja

    BalasHapus
  18. Di antara yang disebutkan pernah kucoba Tamagoyaki aja kak hehe. Enak sih. Anak-anak juga suka. Mau coba menu Jepang lainnya nanti deh

    BalasHapus
  19. Sayur tempruanya gemess ya, bikin pengen nyomot. Ini kayak bala-bala di sini. Pengenn cobain juga resepnya. Ku harus cari cabe rawit atau saus tomat buat temen ngemilnya. Dimakan sore-sore sambil baca buku asik nih Maaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dimakan sore-sore sambil baca buku asyik mbak

      Hapus
  20. Favorit anak-anak semua ini...beneran masakan Jepang sederhana yang bisa dibuat di rumah bisa ngobatin kangen akan masakan Jepang di mall. Pas nih mumpung ada promo gajian Shopee saatnya belanja bahan-bahannya dan masak deh nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoooii Mbak Dian. Bisa belanja kemarin ya pas gajian Shopee

      Hapus
  21. Wah, asik nih ada resep japanese food. Aku udah naksir aja resep beef teriyaki trus chicken karage, tamagoyaki boleh juga. Udah ngiler aja nih, jadi pengen segera praktik deh di dapur hehehe.

    BalasHapus
  22. Resep resepnya praktis ya Mbak Nunung. Btw bulan kemarin saya coba belanja di Shopee. Masya Allah senangnya dapat yang free ongkir. Soalnya ongkir ke Makassar dari pulau Jawa mihil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya Mbak Niar. Free ongkir mayan banget ya . Soalnya tau sendiri kalau ngirim ke luar Jawa apalagi Makasar itu mihil bangeet

      Hapus
  23. Aku kayanya cuma pernah masak tempura dan beef teriyaki deh, karena cenderung mudah aku kerjain. Hehehe tapi sekarang jadi dapat resep2 baru buat dicoba

    BalasHapus
  24. Waah dari kelimanya aku dah bisa deh masak di rumah mba...
    Kecuali yg nomor 2...
    Kelihatannya gampil tapi kok blom bisa sukses ya...
    Aku kurang pakaar ngegulung kaykanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu emang gulungnya agak susah mbak. Aku aja mletat mletot. Hahaaha

      Hapus
  25. Asyik dapat resep sayur tempura...Suka lihat di salah satu restoran, tapi bingung gimana ya cara masak dan bumbunya yang pasnya....Makasih banyak ya mba resepnya...Makanan jepang yang gampang juga sushi kali ya, hihi tapi isinya sederhana aja sosis sama telor

    BalasHapus
  26. Makasih mba. Aku belum pernah nih bikin tempura udang mba. Jadi pengen juga mencobanya karena ini bakalan enak dan praktis. Makasih resepnya mba :)

    BalasHapus
  27. Wah aku bagaikan nemu harta karun nih disini. Makasih ya mba sharingnya. Aku pengen banget nyobain bikin tempura udang sama chicken karage. Ternyata gak susah ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkwwk bisa aja mbak kayak nemu harta karun. Monggo dicoba Mbak..

      Hapus
  28. Saya paling suka bikin beef teriyaki. Masaknya cepet banget. Paling tinggal saya tambahin salad supaya semakin lahap makannya

    BalasHapus
  29. Oh my everything looks delicious and it is easy to cook them as well. My kids love those Japanese food

    BalasHapus
  30. Wah baru sadar, selama ini ternyata aku sering masak masakan Jepang ya :D buat menu sehari2.
    Dari list diatas aku paling sering buat chicken karaage, tempura udang and beef teriyaki :)

    BalasHapus
  31. Bahan-bahannya semua gampang didapat, ya. Aku kayaknya bakal coba yang paling gampang, Udah Tempura. Haha. Dan yang Tamagoyaki kok aku sulit ya membayangkan harus menggulungnya. Tapi pengin nyoba, sih. Biar ada menu baru di rumah, nggak itu-itu lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini emang nggulungnya yang agak susah. Harus liat youtube bolak-balik lihat cara gulungnya

      Hapus
  32. Wah, bisa dipraktekkan nih resepnya. Simpel tapi enak ya mba. Masaknya juga gak pake lama. Anak-anak pun pasti suka dimasakin beginian. Thank for sharing mba..

    BalasHapus
  33. Kalau ke resto Jepang, saya paling sering pesan sayur tempora, rasanya yang krenyes-krenyes gurih itu yang bikin nagih. Ternyata resepnya gampang yah? Tapi bisa nggak saya bikin sendiri? Ok, saya catat saja dulu resepnya, praktiknya kapan-kapanlah wkwkwk.

    BalasHapus
  34. Terima kasih resepnya mbak. Kalau masakan jepang di rumah yang sering kami bikin adalah kare tapipakai bumbu instan haha.
    Aku sampai skrng gak bisa bikin telor dadar ala Jepang yang cakep itu. Kepikiran mau be;i teflon yang kotak yang kyk di dorama itu :D

    BalasHapus
  35. Tempura udang kesukaan anak-anak banget mba... Ternyata mudahh juga ya bikinnya. mau coba ah mudah2an anak2 juga suka seperti saat makan di resto jepang...Apalagi bahannya juga mudah didapat

    BalasHapus
  36. wah aku jadi pengen nyobain deh, anak-anak senang itu makan udang kayak gini. Kalau bikin sendiri pasti jadi lebih sehat dan lebih hemat ya. Makasih resepnya.

    BalasHapus
  37. Wah, ini resepnya gampang dicoba semua ya mba. Aku suka banget sm chicken karage n tamogayaki. Bs njh aku cb di rumah. Tp kalo teriyaki ini lbh baik beli bumbu jadinya ya mba

    BalasHapus
  38. Naah...chicken karage ini bisa dibuat simpenen stok yaa..
    Jadi lebih sehat dan anak-anak suka. Dimakan sama mayo, uummmhh~ endeeuus pisaan.

    BalasHapus
  39. Wah, sayur tempura-nya menarik sekali untuk dicoba. Saya baru tahu tekniknya sepeeti ini.
    daripada bosan dengan bakwan dan bala-bala terus.
    Makasih ya.

    BalasHapus
  40. Ternyata praktis banget yaa mbak, baik dari bahan-bahan maupun cara pembuatannya. Selama ini saya malah beli aja tuh. Kalau udah tahu buatnya gampang, ya mending bikin sendiri sih yaa

    BalasHapus
  41. Dari sekian resep tadi aku kok cuma bisa bikin sayur tempura yaa hehehe.. alias bakwan kan kalau di kita istilahnya. Mau juga ah nyontek resep praktisnya untuk diterapkan di rumah. Anakku pasti suka nih kalau ibunya bisa masak yang agak beda.

    BalasHapus
  42. Saya tuh paling sering bikin tempura sama teriyaki, hihihi... Udah lama penasaran pengen bikin tamagoyaki, tapi takut gagal :D

    BalasHapus
  43. Waaah mba, aku save ah resepnya. Yg tempura udang itu kesukaan suami bangetttt. Kalo makan di resto Jepang pasti nyarinya udon tempura.

    Palingan yg sering aku bikin itu beef teriyaki. Tapi lain2nya blm prnh bikin sendiri :D

    BalasHapus
  44. Aku juga suka Tempura udang. Tapi aku lebih suka nyebutnya udang goreng tepung. Tapi aku belum pernah masak Tempura udang. Btw, salam kenal ya, kak.

    BalasHapus

Pengalaman Vaksin Sinovac Pertama dan Efek Sampingnya

Selamat Hari Raya Idul Adha ya teman-teman. Meski Idul Adha kali ini berbeda dengan biasanya. Yup.... kita melaksanakan sholat Idul Adha di ...