Kamis, 18 Februari 2021

Fertility, Cardiology dan Oncology Tiga Program Penting dari MHTC

Pas lagi beres-beres kemarin mataku tertumbuk pada paspor bocil yang kutemukan pas beres-beres.  Paspor itu kubuat 3 tahun lalu saat usianya setahun. Sebenarnya tahun kemarin ada rencana ajak anak-anak jalan ke negara tetangga yaitu Malaysia. Kebetulan yang belum punya paspor bocah si bontot. Jadi pas ada kesempatan ayahnya perpanjang paspor dia dibikinin sekalian. Sayangnya belum sempat kemana-mana pandemi menyerang. Jadi itu paspor bocah masih bersih belum ada cap. Keburu expired ya kan? Hehehe..

By the way ngomongin Malaysia udah 2 kali kami sekeluarga ke sana yaitu tahun 2010 dan 2016. Malaysia menjadi destinasi wisata untuk kebanyakan warga Indonesia. Selain negara tetangga dekat, satu rumpun, bahasa yang hampir sama, biaya hidup untuk berwisata tidak semahal jika kita melancong ke Singapura. Karena itu berwisata ke Malaysia menjadi destinasi favorit turis asal Indonesia. Semoga pandemi segera berakhir ya, biar bisa kasih cap paspor bocah. Terakhir ke sana pas hamil dia 4 bulan di kandungan.




Malaysia tidak hanya  terkenal dengan wisatanya. Selain wisata, Malaysia juga terkenal dengan wisata medisnya. Salah seorang teman dekat beberapa kali memeriksakan diri ke Penang Malaysia untuk memeriksakan benjolan di lehernya. Bukan rahasia umum lagi kalau Penang dan Malaysia menjadi destinasi wisata medis buat orang Indoonesia yang ingin berobat. Hal ini dikarenakan fasilitas yang bagus dan harga yang terjangkau dibandingkan jika berobat ke Singapura atau Korea. 


Malaysia Healthcare Travel Council (MTHC)

Malaysia Healthcare Travel Council (MTHC) adalah merupakan badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata kesehatan di Malaysia di bawah kementrian keuangan Malaysia. Bekerja sama dengan 69 rumah sakit  swasta di seluruh Malaysia. MHTC berkantor pusat di Kuala Lumpur dan mempunyai perwakilan di beberapa negara yaitu di Indonesia, China, Myanmar dan Vietnam . Rumah sakit yang ada di bawah MHTC memiliki standart internasional. Karena sebagai salah satu syarat bisa berkolaborasi dengan pemerintah Malaysia adalah memiliki akreditasi internasional.




Salah satu fungsi MHTC adalah melayani konsultasi calon pasien yang ingin berobat  ke Malaysia baik  melalui telpon, maupun langsung ke perwakilan kantornya di Jakarta. Selain itu MHTC juga  membantu calon pasien membuatrencana perjalanan, hingga menyarankan RS mana yang cocok dengan keluhan dan budget yang  mereka miliki. Penjemputan di bandara juga bisa dilakukan oleh MHTC sebagai fasilitas yang diberikan kepada pasien yang ingin berobat di rumah sakit rekanan. 

Saat ini MHTC sangat concern terhadap 3 jenis pengobatan yang meliputi fertility, cardiology dan oncology. Beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan MHTC fokus pada ketiga jenis pengobatan tersebut. Seperti kita ketahui program bayi tabung di Malaysia lebih murah dibandingkan dengan program bayi tabung di Singapura, Korea dan Amerika Serikat. 

Fertility

Salah satu rumah sakit di Malaysia yang menangani masalah fertility dan menyelenggarakan program bayi tabung adalah Alpha Fertility Centre. Alpha IVF didirikan pada tahun 2011 oleh spesialis fertilitas yang sudah terkenal, dengan lebih dari 60 tahun total pengalaman para spesialis di bidangnya. Dilengkapi dengan peralatan dan teknologi laboratorium inovasi terbaru, Alpha IVF mampu memaksimalkan tingkat keberhasilan IVF (bayi tabung). Banyak pasangan dari Indonesia yang telah berhasil melakukan program bayi tabung di sana. Diantaranya adalah pasangan Beflin dan Wincent dari Jakarta, Dhini dan Boy dari Jakarta, Agnes dan Sugianto dari Surabaya, serta pasangan Gabrisya dan Handi dari Makasar. 


Keunggulan Alpha Fertility Centre :


1. Tingkat Keberhasilan Kelas Dunia, 79,5%

Setara dengan pusat IVF (bayi tabung) teratas dunia. Alpha IVF menggunakan metode IVF modern seperti Program Transfer Blastocyst, Frozen Embryo Transfer (FET), dan Tes Kromosom PGS.


2. Laboratorium dan Teknologi IVF Bayi Tabung Modern

Tidak seperti kebanyakan pusat IVF, sebagian besar tes dilakukan di laboratorium Alpha sendiri (in house), memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih akurat. Termasuk didalamnya tes kromosom PGS dan PGD.


3. Tim Dokter, Ahli Embriologi dan Perawat yang Berpengalaman

Tim dokter Alpha IVF sudah berpengalaman dalam penggunaan teknologi IVF terbaru untuk meningkatkan tingkat kesuksesan prosedur IVF. Ahli embriologi memiliki peranan penting dalam memastikan embrio anda berkembang dengan baik.


4. Embrio Extra akan Disimpan dengan Aman untuk Usaha Mendapatkan Anak ke-2 Anda

Teknologi Cryotec Freezing menghasilkan 100% tingkat ketahanan bagi embrio anda. Artinya jika anda memiliki embrio extra yang dibekukan di Alpha, anda tidak perlu mengulangi proses injeksi dan pengambilan sel telur untuk bayi kedua anda karena semua embrio akan bertahan hidup.


5.Kurangi Resiko Keguguran dan Kelahiran Bayi Abnormal dengan PGS

Skrining kromosom PGS memungkinkan pemeriksaan embrio sebelum dilakukan implantasi untuk mengurangi resiko komplikasi pada bayi anda. Hal ini juga berimbas pada tingkat keberhasilan prosedur IVF yang tinggi.


6. Embrio Kecil Anda akan Selalu Aman bersama Alpha IVF

Alpha IVF mempraktikan prosedur “satu inkubator, satu pasien” untuk memaksimalkan perkembangan embrio anda. Anda juga tidak perlu khawatir embrio anda akan bercampur dengan embrio pasien lainnya.



Alamat Alpha Fertility Centre :

G01, Ground Floor, Encorp Strand Mall, Jalan PJU 5/22, Kota Damansara, 47810, Petaling Jaya, Selangor DE, Malaysia.

Selain Alpha Fertility Centre beberapa rumah sakit di Malaysia yang tergabung dalam MHTC partners juga menyediakan layanan bayi tabung . Diantaranya adalah Genesis IVF, Gleneagles medini Johor, KL Fertility Centre, KJP Ampang Putri, Loh Guan Lye Spesialists Centre dan beberapa rumah sakit lain. 

Saat ini banyak yang memilih untuk melakukan layanan bayi tabung atau IVF di Malaysia karena harganya yang lebih murah dan tingkat keberhasilan yang tinggi. Barangkali ada teman-teman yang masih kesulitan mendapatkan keturunan, program bayi tabung di Malaysia ini bisa dicoba. 

Beberapa tahapan sebelum melakukan bayi tabung menurut Island Hospital adalah : 

1. Konsultasi

Pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan dengan dokter, misalnya pemeriksaan sperma untuk suami dan USG kista serta miom terhadap istri. Dengan konsultasi dan pemeriksaan, rencana perawatan apa saja yang akan dilakukan bisa didiskusikan.

2. Minum obat

Di hari kedua hingga hari ke-14, tahapannya adalah memasukkan obat kesuburan, dengan cara disuntik.

3. Pengambilan sel telur

Sebagai tahapan ketiga, di hari ke-15 dilakukan egg retrieval atau pengambilan sel telur. Di tahap ini akan dilakukan tindakan penyuntikan GnRH, untuk memicu pematangan pembentukan sel telur (oosit).


4. Fertilisation

Di hari yang sama, sample sperma juga akan dikumpulkan dan dibersihkan. Ahli embrio akan mengambil sperma lalu menginjeksinya langsung ke sel telur yang sudah matang.

5. Embryo culture

Tahapan selanjutnya, di hari ke-16 embrio akan disimpan di inkubator selama tiga hingga lima hari, lamanya tergantung pada kualitas embrio itu sendiri.

6. Memilih jenis treatment

Di hari ke-21, di waktu inilah akan diputuskan treatment apa yang akan dipilih. Apakah metode transfer embrio (embrio akan ditempatkan ke dalam rahim), embryo freezing (embrio akan dibekukan untuk ditransfer di siklus selanjutnya), atau Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidies atau PGT-A (dilakukan tes genetik pada sel-sel embrio).

7. Tes kehamilan

Sebagai langkah pamungkas, tepatnya di hari ke-25, setelah dua pekan transfer embrio maka tes kehamilan akan dilakukan. Jika hasilnya positif, maka dokter akan menjadwalkan sesi pemeriksaan selanjutnya (termasuk di dalamnya periksa USG). Jika, tes kehamilannya menunjukkan hasil negatif, maka bisa direncakan untuk transfer embrio di siklus lain jika memang ada embrio yang tersimpan.

.

Cardiology

Salah satu yang menjadi perhatian Malaysia Healthcare adalah layanan untuk penyakit jantung atau cardiology. Salah satu rumah sakit yang terkenal untuk masalah penyakit jantung ini adalah rumah sakit CVSKL atau Cardiac Vaskular Sentral Kuala Lumpur.

Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL) merupakan sebuah rumah sakit jantung dan pembuluh darah yang terintegrasi yang mulai beroperasi pada bulan November tahun 2017. Mengkhususkan diri dalam perawatan yang modern bagi para pasien yang menderita penyakit jantung dan pembuluh darah, CVSKL didukung oleh rekam jejak pencapaian dan keahlian yang luar biasa. Tim unggulan terdiri dari para ahli yang berdedikasi memastikan diberikannya perawatan berbasis bukti dan profesional dengan standar tertinggi.

Terdiri dari rumah sakit dengan kapasitas 60 tempat tidur yang dilengkapi dengan fasilitas modern, CVSKL memiliki rangkaian lengkap layanan kardiologi, diagnostik kardiotoraks dan pembuluh darah, pengobatan, serta tindakan pencegahan. Terletak di pusat transportasi kota, Kuala Lumpur Sentral memiliki aksesibilitas yang tertandingi dengan menggunakan LRT, MRT, kereta api, bus, taksi, atau KLIA Ekspres di pusat kota yang berkembang. Untuk menambah kenyamanan, terdapat banyak hotel, apartemen berlayanan, dan sebuah pusat perbelanjaan yang dapat dijangkau oleh para pengunjung dengan berjalan kaki.

Dengan diperkuat oleh 5 layanan unggulan: pusat diagnostik jantung, program elektrofisiologi, pusat toraks, program jantung struktural, dan pusat pembuluh darah dan endovaskular, CVSKL bertujuan membuat dirinya menjadi pusat unggulan yang berdedikasi untuk jantung.




Lima keunggulan yang ditawarkan rumah sakit ini adalah program aritmia, program struktur jantung, pusat vaskular dan endovaskular, pusat jantung dan paru serta pusat diagnostik jantung. 

Alamat CVSKL :

Jalan Stesen Sentral 5, Kuala Lumpur Sentral, 50470 Kuala Lumpur, Malaysia

Selain CVSKL pusat jantung di Malaysia adalah 

  • Gleneagles Kuala Lumpur
  • Sunway Medical Centre
  • Pantai Hospital KL
  • Institut Jantung Negara

Oncology

Kanker atau oncology menjadi salah satu penyakit yang di highligt di MHTC. Salah satu rumah sakit yang menangani kanker di Malaysia adalah Sunway Medical Centre. Rumah sakit ini terletak di jalan Lagoon Selatan no 5 Bandar Sunway Selangor malaysia. Merupakan salah satu rumah sakit swasta terbesar dan terlengkap di Malaysia, dengan 617 tempat tidur, 180 ruang konsultasi, dan 12 ruang operasi.

Menerima penghargaan Best Oncology Service Provider 2019. Salah satu teknologi terbaru untuk menangani kanker yang dimiliki Sunway Medical Centre adalah :

1. Teknologi Varian TrueBeam™ STx. 

Merupakan sebuah alat revolusioner yang digunakan pada radioterapi untuk pengobatan kanker. Teknologi ini merupakan Akselerator Linear Medis Terkini atau Advanced Medical Linear Accelerator (LINAC), yang mampu menghantarkan dosis secara tepat untuk area-area yang ditarget di tubuh. LINAC merupakan tipe terapi radiasi eksternal yang menggunakan tenaga listrik untuk menghantarkan energi radiasi tinggi yang digunakan untuk mengobati kanker.

Fitur unik dari LINAC adalah kemampuannya untuk mengatur sinar agar sesuai dengan bentuk tumor sehingga dapat menghancurkan sel kanker sembari menyisihkan jaringan yang normal dan sehat di sekitar sel kanker.




2. IORT (Intraoperative Radiotherapy)

IORT adalah singkatan dari Intraoperative Radiotherapy. Radioterapi jenis ini efektif untuk pengobatan Kanker Payudara. IORT merupakan teknik pemberian radioterapi secara langsung ke jaringan di sekitar kanker pada saat operasi. Teknik ini sangat dapat mengurangi paparan radiasi dan lamanya waktu terapi.

Terapi yang inovatif ini diberikan pada saat lumpectomy, setelah pengangkatan kanker. INTRABEAM IORT dihantarkan dengan menggunakan perangkat radiasi mini yang dimasukkan ke dalam sayatan lumpectomy. Radiasi terapeutik (untuk mengobati) kemudian diarahkan langsung dan tepat pada tempat atau area yang paling dibutuhkan – lokasi dimana kanker itu diangkat. Melokalisasi radiasi di dalam jaringan payudara juga sangat efektif karena penelitian menunjukkan bahwa di area sinilah kemungkinan kanker dapat muncul kembali.

3. Brachytherapy

Brachytherapy adalah prosedur yang melibatkan penempatan bahan radioaktidf di dalam tubuh anda untuk mengobati kanker. Prosedur ini dapat memungkinkan dokter anda untuk menggunakan total dosis radiasi yang lebih tinggi untuk mengobati area yang lebih kecil dalam waktu yang lebih singkat jika dibandingkan terapi sinar radiasi eksternal (External Beam Radiation Therapy/EBRT) yang konvensional.

4. PET-CT

PET-CT (Positron Emission Tomography/Computed Tomography) merupakan Teknik pencitraan kuat yang menggabungkan baik CT Scan dan PET Scan dengan menggunakan gula radioaktif sebagai pelacak. Teknik ini menyediakan informasi komprehensif tentang aktivitas dan fungsi yang abnormal dari sel-sel (diperoleh melalui PET) serta lokasi yang tepat dari kelainan-kelainan ini di dalam tubuh (diperoleh melalui CT).

5. SPECT-CT

Pemindaian SPECT-CT memungkinkan dokter anda untuk melihat bagaimana organ anda bergungsi dan untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu seperti metastasis kanker ke tulang.

Nah lengkap sekali bukan?  Selain Sunway Medical Center  Malaysia juga mempunyai beberapa rumah sakit bagus yang bekerja sama dengan MHTC. Jadi jika teman-teman mempunyai masalah dengan fertility, oncology atau cardiology bisa menghubungi perwakilan MHTC di Indonesia ya. Bisa lihat di media sosialnya yaitu : 

Website : www.medicaltourismmalaysia.id

Instagram : @medtourismmy.id

25 komentar:

  1. aku juga kepikiran kalau ngajak anak anak ke luar negeri pertama kali ya ke Malaysia, karena kurs tidak beda jauh ya mbak..

    BalasHapus
  2. Saya malah belum pernah ke Malaysia, Mbak. Padahal lebih jauh ke Makassar hehehe. Padahal dulu pas saya jadi penulis freelance di salah satu penerbit anak, saya pernah diajak. Hanya saya pas ada urusan hehehe.
    Tapi Malaysia ini memang salah satu tujuan wisata. Selain dekat, bahasa hampir sama, budaya dan makanan juga. Bahkan banyak orang Indonesia berobat ke sana, sekalian jalan-jalan.

    BalasHapus
  3. Peralatan dan pelayanannya canggih banget ya RS di sana. MHTC, bisa bagus gitu karena didukung oleh pemerintah Malaysia. Berapa ya biayanya kalau mau ikut program bayi tabung? Prosesnya mayan ribet juga...Tapi gimana lagi, namanya pengen menimang anak yah, apapun dijalani...

    BalasHapus
  4. Pernah dengar kalau berobat ke Malaysia memang jatuhnya lebih terjangkau, apalagi kalau mau program hamil. Eh ternyata benar ya.

    Seru ya di sana ada biro khusus yang membawahi rumah sakit-rumah sakit swasta, asyiknya lagi sambil berobat bisa sekaligus traveling. Jelas bikin sehat lahir batin nih, asal duit di kantong memang mencukupi :)

    BalasHapus
  5. Ya ampun... sama, Mbak. Tahun lalu itu, kelar ngurus paspor buat umroh aku udah berniat sepulang umroh mau bikinin paspor buat anak-anak. Pengen jalan-jalan ke Malaysia. Eh ndilalah, pulang umroh malah pandemi. Ditunda dulu deh.

    Semoga ada kesempatan nih jalan-jalan ke sana. Malaysia sekarang keren ya. Dulu mereka berguru pada Indonesia. Sekarang kita yang berobat ke sana, sambil berwisata :)

    BalasHapus
  6. Memang sudah banyak yg merekomendasikan untuk berobat ke malaysia
    temanku juga akhirnya berhasil punya anak dgn ikut program bayi tabung disana

    BalasHapus
  7. MHTC emang udah terkenal sih di telinga orang2 indonesia
    orang2 kalau mau bikin bayi tabung ya di sana
    udah terpercaya

    BalasHapus
  8. Berobat di sana asiknya tidak punya bayangan takut ya, karena fasilitasnya yang asik sehingga pengobatan bisa dilakukan dengan tenang

    BalasHapus
  9. Program bayi tabung di Malaysia emang cukup terkenal sih. Terus bagi kita yang tinggal di Indonesia, ke Malaysia itu deket banget dan mudah. Sekalian bisa buat jalan-jalan.

    BalasHapus
  10. temenku juga ada yang berobat masalah fertilitas di Penang dan akhirnya berhasi mendapatkan 3 orang buah hati. katanya lebih murah dan kotanya menyenangkan untuk liburan

    BalasHapus
  11. Wah alat2nya canggih semua ya. Aku liat di foto, ruangannya itu kayak yg pilem2 masa depann hehe

    BalasHapus
  12. Malaysia emang tempat yang cukup ampuh untuk perobatan ya, mbak. Kalau mau melakukan perobatan yang sungguh-sungguh sih bisa coba kesana. Lagian jaraknya tidak terlalu jauh, dan bahasanya pun masih mirip-mirip dengan bahasa kita.

    BalasHapus
  13. Wah, bisa jadi rekomendasi buat teman saya yang lagi cari informasi mengenai bayi tabung nih,, apalagi kalau tingkat keberhasilannya tinggi di MHTC

    BalasHapus
  14. Tiga penyakit itu emang salah satu yang terbanyak dikeluhkan masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia ya. Keren nih MHTC bisa bikin layanan utk menyembuhkan tiga penyakit itu. Harganya juga terjangkau lagi.

    BalasHapus
  15. Salut dengan Malaysia yang getol menggenjot pariwisata, terutama kreativitas mengelola wisata kesehatan dengan teknologi canggih. Terutama fertilitas, itu program yang banyak dicari orang. Dibanding bayi tabung yang sangat mahal. Keren ya sinergi pemerintah dan swasta dalam mengemas paket wisata yang holistik.

    BalasHapus
  16. Betul banget, 3 program ini memang jadi rekomendasi untuk teman² yang membutuhkan perawatan di Malaysia ya

    BalasHapus
  17. Fasilitas kesehatan malaysia memang udah canggih banget yaaa, bener bener bisa buat pilihan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan yaaa.. Nah sambil berobat, bisa juga sambil berwisata di malaysia yaaa. Berarti tinggal cari cari infonya aja di MHTC buat tau medical tourismnya Malaysia yaaa

    BalasHapus
  18. Artha Nugraha Jonar21 Februari 2021 23.26

    Setuju banget kalau penanganan penyakit jantung di Malaysia bagus. Kawan saya melakukan operasi klep jantung di Penang. Dengan paket yang lebih murah daripada di Singapura, tapi penanganannya sangat profesional.

    BalasHapus
  19. Saya juga dulu punya kakek mau dirawat di Malaysia
    Namun urung karena ternyata biayanya terlalu besar
    Di samping itu kakek tidak mau karena khawatir di pesawat malah merepotkan banyak orang

    BalasHapus
  20. Masyaallah.. teknologi yang luar biasa bisa membantu banyak pasangan untuk mendapatkan buah hati ya kak. Luar biasa sekali MHTC ini ya

    BalasHapus
  21. Wah, ternyata kalau mau proses bayi tabung di MHTC ada ya. Lagi ngetrend nih sekarang. Terutama di kalangan selebriti

    BalasHapus
  22. Keren ya Malaysia ada MHTC yg berkoordinasi dengan RS2 berstandar internasional. Sepertinya fasilitasnya oke dan secara budget lebih terjangkau dibanding negara lain ya

    BalasHapus
  23. wah pas banget ya ini informasi buat teman teman yang sedang ikhtiar menantikan buah hati mereka, mana tingkat keberhasilannya juga besar ya Mba.

    BalasHapus
  24. Ternyata sudah level kelas dunia ya. Tingkat keberhasilannya tinggi. Cocok untuk yang lagi berjuang menantikan buah hati. Thx 4 sharing mba, keep on blogging^^

    BalasHapus
  25. Aku setuju kalau mau bayi tabung ya ke Malaysia aja. Soalnya sodaraku pernah juga dan alhamdulillahnya berhasil. Sekarang anaknya udah mau masuk TK. Bisa sekalian berwisata juga ya kak di Malaysia.

    BalasHapus

Semalam di Grand Tjokro Jakarta

Beberapa hari lalu manfaatin tiket flash sale dari Traveloka yang udah dibeli beberapa bulan sebelumnya. Yup ...kapan lagi bisa nginap di Gr...