Rabu, 17 Januari 2024

Waspadai Gejala Mata Kering pada Anak




Haaaii...guys ketemu lagi nih ma fadevmother.  Huhuhu lama banget ya gak nulis blog ini. Postingan terakhir Oktober tahun 2023. Jadi ini akan menjadi postingan pertama tahun 2024. Enaknya nulis apa ya? Pengin nulis jalan-jalan sih,  banyak banget draft  tapi nunggu mood nulis muncul itu ternyata susah ya guys.

Oya gara-gara kemarin baca tentang mata kering jadi ingat drama mata kering nih. Hihihi gak papa ya curhat. Itung-itung isi blog. 

Beberapa tahun lalu  anakku yang paling kecil sempat kecanduan gadget. Iya salah aku juga sih sebagai emaknya. Jadi ceritanya biar bocah anteng saat emaknya nulis dia kukasih gadget. Terkadang kukasih handphone atau kadang bermain komputer. maksudnya sih baik, yaitu biar diem, anteng  dan nggak ngerusuh saat emaknya kerja. Emang diem sih, anteng.....tapi lama-lama jadi kecanduan gadget. Maafkan emakmu ya kid....

Kecanduan gadget ini tidak bagus untuk tumbuh kembang anak.  Hal ini karena  berpengaruh terhadap perilaku anak-anak.  Anak yang kecanduan gadget menjadi gampang marah dan tidak  sabaran. Pokoknya jadi lebih gampang marah dan kesulitan mengontrol emosi. Saat itu  usianya empat tahun. Dia menjadi gampang marah dan saat menangis akan tantrum. 

Sedih? Iya pasti sedih karena aku merasa dia kecanduan gadget gara-gara aku yang selalu memberinya gadget agar aku tenang menulis  di depan laptop. Berbagai usaha kucoba untuk mengalihkan  kecanduannya. Tapi susah banget. Namanya juga sudah kecanduan. Dia main games sama lihat youtube. Memang sekilas dia hanya main game  buat anak-anak, tapi tetep saja namanya game. Dan itu membuat candu.




Menurut  penelitian , terlalu sering melihat gadget membuat anak terpapar blue light yang berbahaya bagi mata.

Beberapa gangguan kesehatan mata yang seringkali terjadi pada anak yang mengalami radiasi sinar dari layar gadget:

  • Mata lelah (astenopia)
    Otot-otot mata menjadi cepat lelah dan membuat penglihatan menjadi buram.
  • Mata kering
    Frekuensi berkedip akan berkurang, sehingga mereka akan sering mengeluh matanya perih atau nyeri, mengalami mata kering.
  • Mata juling (strabismus)
    Paparan sinar biru dari layar gadget yang terlalu intens dan dekat dapat meningkatkan risiko mata anak menjadi juling.
  • Rabun jauh (myopia)
    Bola mata menjadi lebih lentur atau memanjang yang menyebabkan anak rentan menderita rabun jauh (myopia).

Rasa khawatir kembali menyelinap saat itu karena melihat berita  tentang mata anak yang menjadi juling karena kecanduan gadget. Atau berita tentang  anak yang kehilangan penglihatannya gara-gara gadget. Dan akhirnya ketakutanku menjadi kenyataan. 

Pada suatu hari  sehabis melihat gadget mata anakku berkedip-kedip terus. Bahkan bisa berkedip - kedip juga saat tidak menonton gadget. Hal itu berlangsung selama beberapa hari. Bukan hanya terus berkedip namun saat berada di luar dia memicingkan mata seperti orang silau terkena sinar matahari. Huhuhu....aku langsung ketakutan. Bayangan gangguan mata pada anak-anak yang terpapar gadget seperti video yang kutonton membuatku tambah panik. Aku mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi pada anakku dengan cara  browsing. Namun semakin banyak yang kubaca aku malah semakin  panik.

Akhirnya setelah gejala tersebut tidak hilang, aku bawa si kecil ke dokter spesialis mata di rumah sakit dekat rumah. Aku kemukakan kekhawatiran dan ketakutanku. Jujur saat itu aku takut si kecil mengalami penurunan penglihatan seperti kasus di video-video yang bersliweran dan kutonton.

Bu dokter segera melakukan tes pada mata si kecil.  Serangkaian pemeriksaan termasuk tes dengan gambar-gambar dan huruf di dinding dilakukan  untuk memastikan penglihatan anakku berfungsi normal atau tidak. Alhamdulilah setelah melakukan pemeriksaan ternyata mata anakku masih normal dan masih bisa melihat dengan jelas. Mata dia yang memicing saat terkena sinar  dan berkedip-kedip terus itu disebabkan karena mata kering atau dry eyes. Saat itu dokter meresepkan obat tetes untuk mata kering yang aman untuk anak-anak. 

Alhamdulilah...lega banget. Ternyata matanya tidak bermasalah,  hanya saja matanya kering.  Jadi respon dia memicingkan mata seperti silau  dan terus berkedip. Memang respon untuk setiap anak berbeda - beda. Alhamdulilah matanya kembali normal setelah diberi obat tetes mata untuk mata kering.

Dari kejadian yang menimpa anakku , aku baru tau istilah dry eyes atau mata kering. Mata kering adalah kondisi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di mata, bahkan bisa merusak lapisan bening di bola mata yang berakibat pada gangguan penglihatan.

Gejala - gejala mata kering:

1. Mata terasa pedih
2. Mata terasa lelah dan  mata pegal
3. Terkadang pandangan buram
4. Mata berkedip-kedip karena seperti ada yang mengganjal.
5. Silau jika terkena sinar matahari
6. Mata merasa cepat lelah
7. Mata  sepet
8. Mata kering





Oya mommies jangan sepelekan bahaya mata kering ini ya. Apabila mata kering tidak diatasi bisa berbahaya. Selain pada anak , mata kering juga bisa terjadi pada kita sebagai orang dewasa atau remaja lho.

Bahaya Mata Kering


Mata kering jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas dan bisa menyebabkan beberapa masalah seperti iritasi ringan. Jika iritasi ini tidak segera diatasi bisa menyebabkan komplikasi seperti infeksi mata, gangguan penglihatan, kongjungtivitis dan kerusakan pada kornea.

Waaah jadi ingat juga kasus dengan mata si ayah pas pandemi lalu. Saat pandemi kerjaan si ayah yang memang berkaitan dengan data,  harus menatap komputer lebih lama dari biasanya.  Semua aktivitas dilakukan di depan layar komputer  seperti meeting dengan zoom dan lain-lain.  Alhasil si ayah yang selama ini tidak pernah ada keluhan dengan mata harus ke dokter mata karena merasa matanya sudah lelah, pegal dan tidak enak. Sayangnya....saat itu pandemi dan rumah sakit dekat rumah,  spesialis matanya terbatas dan tidak berani banyak menerima pasien. Kita juga ketakutan karena takut ketularan covid di rumah sakit. Alhasil akhirnya kami harus ke rumah sakit spesialis mata ...ya semacam eye center gitu. Memang sih jadinya lebih mahal daripada rumah sakit biasa. Dan tebak....sakit mata si ayah kenapa. Yuuupp dry eyes juga ternyata guys....

Sejak saat itu,  karena sudah terjadi dua drama mata kering yang mengharuskan kami ke dokter, kami menjadi lebih aware dengan mata kering. Terutama mengetahui penyebabnya agar lebih mudah mencegah dan mengatasi mata kering. Penasaran kan aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering.

Penyebab  Mata Kering

1. Alergi
2. Perubahan hormonal terkait usia
3. Penyakit tiroid
4. Inflamasi pada kelopak mata
5. Penggunaan lensa kontak
6. Aktivitas di depan komputer, menulis atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual

Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering


Pengalaman dua anggota keluarga yang terkena mata kering sampai harus drama dan ke dokter spesialis mata membuatku lebih aware tentang bahaya mata kering, gejala dan cara mengatasinya. Jadi saat ini  aku stok #InstoDryEyes #SolusiMatakering di rumah karena berguna bagi semua anggota keluarga yang aktivitas sehari-harinya terpapar gadget. Si ayah yang ubek-ubek data setiap hari, aku yang nulis blog, si sulung dan tengah yang sering pegang handphone dan si kecil yang menonton  youtube atau bermain game di gadget.

Dulu saat si kecil  ke dokter dan mengalami gejala dry eyes usianya kurang dari lima tahun jadi harus memakai  obat tetes dengan resep dokter. Kini dia bisa memakai Insto Dry Eyes sebagai obat mata kering karena usianya sudah tujuh tahun. Insto Dry Eyes ini aman  digunakan untuk anak usia 6 tahun ke atas ya mommies.



Jangan sepelekan mata kering atau dry eyes pada anak ya mam. Karena akibatnya bisa fatal. Terkadang kita hanya fokus yang terjadi pada kita karena kita sering bekerja depan layar. Padahal sebenarnya dry eyes juga bisa terjadi pada anak-anak dan perlu kita waspadai.


Kini si kecil masih suka bermain game atau menonton youtube dari gadget. Pemakaiannya kubatasi. Selain itu kini aku tidak khawatir lagi karena selalu tersedia Insto Dry Eyes di rumahku. Secara berkala aku tetesin Insto Dry Eyes ke mata si kecil. Jadi jangan menunggu sampai terjadi mata kering ya mommies. Nanti drama deh.






Nah sekarang mommies sudah tau kan cara menjaga mata agar tidak terjadi mata kering. Tips mata kering yaitu secara berkala dan teratur meneteskan Insto Dry Eyes. Dan segera kunjungi dokter spesialis mata apabila keluhan tidak berkurang. Selain itu untuk menjaga kesehatan mata mommies bisa memberikan sayur yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel yang bagus untuk kesehatan mata  agar mata si kecil selalu sehat. 


Referensi : 

https://www.alodokter.com/mata-kering
https://jec.co.id/id/eye-condition/dry-eye-0
https://herminahospitals.com/id/articles/dampak-gadget-terhadap-kesehatan-mata.html






25 komentar:

  1. Mata kering ini bakalan jadi masalah banget kalau tidak tertangani dengan baik. Apalagi memang kita ini seringnya berhadapan dengan gadget. Untung ada insto sebagai solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mata kering tidak bisa dianggap sepele ternyata.

      Hapus
  2. kesehatan mata memang penting ya mbak, apalagi di zaman yang serba digital ini. sama banget kadang khawatir melihat kondisi mata anak. untungnya insto bisa jadi solusi mengatasi mata kering ya.. sebaiknya rutin pake insto untuk mata sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Insto Dry eyes selalu tersedia di rumah sekarang. Buat jaga-jaga dari mata kering. Biar no drama lagi..

      Hapus
  3. anak-anak juga perlu dijaga ya, kesehatan matanya. Dan ini related banget dengan kebiasaaan anak jaman sekarang, lebih dekat dengan gadget. Semoga matanya tetap terjaga dan sehat. untung ada insto drye eyes ya. bisa jadi teman pengobat di kala mata mengalami drama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak anak sekarang beda dengan anak jaman dulu yang main apa aja ya. Anak sekarang mainnya gadget jadi rentan dengan mata kering.

      Hapus
  4. dilema sih ya Mbak, kasih gadget ke anak biar kita bisa kerja dengan tenang tapi ya ada efeknya juga bagi mata anak kalau mereka udah kecanduan, huhuh.
    anakku malah bukan hanya sekadar dry eyes lagi tapi udah minus gegara keseringan main gadget :(
    makanya sekarang udah sangat membatasi banget dah, dan sama Mbak, saya juga siapin Insto Dry Eyes juga di rumah buat menjaga kesehatan mata kami semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah mbaak sampai minus ya. Ya ini akibat main gadget tapi tidak teratasi dengan baik bisa minus ya mbak. Sekarang selalu sedia insto dry eyes ya mbak di rumah

      Hapus
  5. Gejala mata kering baik untuk orang dewasa maupun anak-anak sama ya
    Apalagi untuk anak-anak, selain mata kering efek lainnya jika terlalu lama terpapar gadget adalah anak menjadi tantrum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak-anak yg kecanduan gadget bisa tantrum kalau masih kecil. Emang gadget ini ngaruh banget ke prilaku anak-anak mbak

      Hapus
  6. Wah, baru tau nih kalo Insto Dry Eyes ternyata bisa juga buat anak-anak. Mengingat anak-anak sekarang tuh nggak bisa jauh dari gadget. Ditambah tugas sekolah yang sudah digitalisasi.

    BalasHapus
  7. Memang harus pinter-pinter kita sebagai orang tua dalam mengatur screen time bagi anak-anak. Kan Kalau udah matanya kering, bisa berabe kita, ya. Untung ada Insto Dry Eyes yang juga aman untuk anak-anak, bisa diandalkan banget kalau anak mengalami mata kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Andalan di rumah dengan harga terjangkau.

      Hapus
  8. Bagi yang memiliki aktivitas atau hobi yang memang bersinggungan erat dengan membaca dan menulis dengan durasi bejam-jam, ternyata memiliki potensi yang tidak kecil sebagai bagian penyebab gejala mata kering. Hal yang tak jarang kita ( eh saya) khilaf untuk menyadarinya, perlu banget ready stock Insto ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang harus stock mbak biar gak kering matanya mengingat kerjaan kita banyak depan laptop

      Hapus
  9. Wah, sama nih mbak. Masalah mata kering cukup sering dialami anak bungsu saya. Kadang malah jadi lucu, karena paham kalo ndak dibolehin kucek-kucek mata, anaknya suka sembunyi-sembunyi. Tapi kan efek suara mata dikucek agak susah disembunyikan, manalagi setiap jelang jam tidur, kondisi rumah mulai sepi. Jadi tetap ketahuan dah kalo sedang kucek mata.
    Makanya selalu sedia Insto Dry Eyes. Mata kering jadi kembali lembab dan terhindar dari mengucek mata berlebihan.

    BalasHapus
  10. Urusan mata kering memang bikin gak nyaman diri baik untuk melihat apalagi saat bekerja yang mana perangkatnya adalah gadget, eh pas lagi ada banyak deadline pula, deuh berasa deh.

    BalasHapus
  11. Nah nah ini yang lagi dicari, info mata kering dan solusi jitunya, saat ini memang gadget menjadi mainan sehari hari, mata lelah deh kalau main hape, tapi tenang asa Insto

    BalasHapus
  12. Nah aku sering banget nih malam ini mata kering. Terutama kalau di ruangan ber-ac yang ngerasa sepet kalau lama-lama di sana. Memang jadi solusi pakai insto lebih enakan terasa.

    BalasHapus
  13. Mata kering pada orang dewasa saja bikin resah, apalagi kalau menimpa anak-anak pasti bikin gundah. Memang harus punya solusi tepat buat atasi mata kering dengan cepat. Waspadalah, Waspadalah!

    BalasHapus
  14. Insto Dry Eyes termasuk jenis produk di kotak P3K yang rajin dikontrol. Jangan sampai kehabisan.
    Manalagi jaman now, akses ke gadget waktunya cukup lama. Apalagi kalau ketambahan jadwal keliling ke sana kemari, dan pelindung mata kurang maksimal melindungi dari angin atau debu di jalan.

    BalasHapus
  15. Insto merek terpercaya sejak lama. Aman juga dipakai untuk anak-anak ya, Mbak?
    Harus sedia di rumah untuk jaga-jaga nih, penanganan pertama pada mata kering keluarga.

    BalasHapus
  16. Mengabaikan gejala mata dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius. Penting untuk segera mencari bantuan medis jika mengalami gejala yang mencurigakan. Melalui perawatan dan pencegahan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah potensi bahaya yang dapat terjadi.

    BalasHapus
  17. beneran deh kak Kecanduan gadget ini memang tidak bagus untuk tumbuh kembang anak. Hal ini karena berpengaruh terhadap perilaku anak-anak yang kurang baik ya, Anak yang kecanduan gadget menjadi gampang marah dan tidak sabaran bisa bikin mata kering juga kan

    BalasHapus