Senin, 10 Juni 2024

Rekomendasi Games Makanan untuk Si Kecil

Haiii...

Lama banget ya gak ngisi blog ini.  Entah kemana semangat nulisnya. Kayaknya karena akhir-akhir ini lagi sibuk ngurusin si sulung yang lagi ujian UTBK. Jadi energi emak terkuras habis di sana.

Tapi kan anaknya bukan si kakak saja ya. Ada adik-adiknya yang juga butuh perhatian. Jadi yaa...mari kita fokus lagi ke adiknya. Jadi sekarang kita ceritain adiknya.

Anak-anak itu punya segudang cita-cita. Terkadang mereka ingin menjadi polisi,  dokter, pemain bola atau presenter TV. Cita-cita anak-anak masih suka berubah. Sama seperti si kecil anakku paling bontot. Suatu waktu pengin jadi pemain bola, tapi kadang berubah pengin punya toko juice. Hahaha...

Sebagai orang tua kita hanya bisa memfasilitasi. Saat ingin jadi pemain bola, kita berikan les ekstra kurikuler bola di sekolah, plus membelikan berbagai keperluan bola seperti baju,  sepatu bola dan sebagainya. Saat tiba-tiba pengin bikin toko kue atau toko juice padahal mamanya gak bisa bikin kue ya kita fasilitasi. Pernah juga maksa emaknya buat bikin kue. Ya udah kita belikan aja terigu, margarine, telur dan peralatannya buat dia bereksplorasi meski rasanya gak karuan. Paling sering sih bantuin emaknya siangin sayur buat masak. Waah seneng banget dia bantuin metikin kacang panjang.  Hahaha....

Anaknya paling seneng kalau bergaya ala koki. Ya udah kita fasilitasi meski pakai kertas daur uang jadi topi 



Nah ngomongin tentang cita-cita si kecil kita gak bisa lepas juga dari aktivitas anak-anak.  Biasanya sepulang sekolah dan hari libur anak-anak mempunyai banyak waktu luang. Waktu luang yang ada ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai anak-anak salah dalam mengisi waktu luangnya.

Lima aktivitas untuk mengisi waktu luang si kecil.



1. Bermain bola atau sepeda

Sore hari biasanya adalah waktu si kecil untuk bermain bola atau sepeda. Nggak jauh-jauh sih, paling di depan rumah saja trus keliling naik sepeda ke gang sebelah. 

2. Bermain scrabble 

Ini adalah permainan favorit aku dan si kecil. Permainan ini bisa dilakukan oleh dua sampai empat orang. Tapi karena kakaknya sibuk, biasanya kami hanya main berdua. Bermain scrabble bisa menambah kosa kata Bahasa Inggris si kecil.

3. Bermain Lego

Menyusun balok-balok lego menjadi berbagai bentuk meningkatkan kreativitas anak. Favoritnya adalah membuat rumah-rumahan.

4. Bermain bersama hewan peliharaan 

Bermain bersama kucing di sela waktu luang menumbuhkan sifat menyayangi kepada sesama makhluk hidup. Memberi makan atau sekedar bermain bersama hewan peliharaan.

5. Bermain games

Bermain games juga salah satu aktivitas untuk mengisi waktu luang si kecil. Ada berbagai macam games edukasi yang bagus untuk si kecil. 


Game untuk anak-anak bagus  karena beberapa game adalah game edukasi. Jadi berguna  untuk belajar beraktivitas dan berkreasi. Sayangnya ada beberapa games untuk orang dewasa yang tidak semestinya dimainkan untuk anak-anak. Jadi kalau anak-anak main game pasti aku temenin awalnya untuk memastikan anak-anak tetap main game untuk anak seusianya.

Di https://www.culinaryschools.org/kids-games/ ada beberapa games edukasi tentang makanan. Kita bisa temukan beberapa games disana. Ada game makanan sehat dan tidak sehat, game cara membuat pizza, game membuat bento sampai game cara membuat jus dengan berbagai resep. Cocok banget buat si kecil.

Kemarin si kecil sudah coba beberapa games di sini dan dia enjoy banget. Game favoritenya di bawah ini nih. 

1.  Juice Crusher

Di game ini anak-anak belajar untuk membuat juice dengan resep yang telah ditentukan.  Anak-anak akan memindahkan buah-buahan sesuai dengan resep ke dalam juicer. Apabila ada buah-buahan yang tidak sesuai di atas juicer, anak-anak harus memindahkannya.

Contohnya seperti di gambar di bawah ini. Anak-anak harus membuat resep juice yang terdiri dari delapan jeruk dan tujuh anggur.




2. Bento Box

Bento Box adalah permainan atau game bentuk. Jadi anak-anak harus memindahkan gambar makanan yang hilang di dalam Box Bento agar makan siangnya lengkap. Di sini anak-anak belajar tentang berbagai bentuk Bento makanan. Seru banget kan?




3. Coffee shop

Game ini agak sulit buat anak-anak.  Jadi lebih enak main game ini bersama mamanya. Di game coffee shop ini adalah simulasi bagaimana kita menghasilkan uang setiap bulannya untuk coffee shop. 

Agak susah,  tapi ini adalah game yang menantang. Kita belajar bagaimana membeli dan menyetok ingredients kopi yang akan kita jual. Harus tahu berapa jumlah cup, kopi, susu dan gula yang kita perlukan. Kita juga harus membuat resep yang sesuai.  Resep ini menentukan berapa harga kopi yang kita jual. Satu lagi kita juga harus memperkirakan berapa jumlah kopi yang akan laku tergantung cuaca. Jadi di game ini setiap harinya cuaca akan berubah suhunya. Jika cuaca dingin semakin banyak orang yang akan membeli kopi.

Game ini lebih cocok untuk orang dewasa karena kita belajar berbisnis coffee shop.  Berapa keuntungan perhari yang akan kita peroleh. Seru sih main game ini. Anak-anak bisa main juga dengan didampingi orang dewasa karena dibutuhkan hitung-hitungan yang tepat agar coffee shop tidak rugi.



4. Farm Animals Memory

Di game ini anak-anak akan belajar memasangkan hewan ternak yang sama. Kekuatan memory anak-anak dibutuhkan untuk memainkan game ini karena kita harus mencocokkan dua gambar yang sama. 

Ada empat jenis permainan dari learning belajar nama-nama hewan. Easy, normal sampai hard. Untuk hard kotak hewan semakin banyak dan dibutuhkan memory yang bagus untuk mengingat letak dua hewan yang sama.

Di bawah ini adalah contoh untuk game type hard. Jadi jumlah kotak hewannya lebih banyak.


5. Baby Supermarket 

Permainan ini bagus untuk belajar bahasa Inggris dan mengenal berbagai macam makanan, buah dan sayur  dalam bahasa Inggris.  Pertama-tama anak-anak bisa belajar pengertian dan perbedaan berbagai macam makanan seperti spageti, soup, burger dan pizza.

Selanjutnya mereka akan belajar memasukkan makanan atau sayuran di keranjang. Game ini bagus karena sekaligus untuk belajar Bahasa Inggris.  Misalnya carrot untuk wortel. Karena ada visualnya yaitu gambar wortel yang dimasukkan ke dalam troly jadi anak-anak lebih mudah mengingatnya. Cocok untuk anak-anak TK atau anak-anak SD di kelas bawah.



Nah....itu dia rekomendasi game makanan buat anak-anak.  Nah buat mama-mama yang ingin lebih tahu tentang masak-memasak bisa juga berkunjung ke sini https://www.culinaryschools.org/

17 komentar:

  1. Saya aja masih enjoy kalau main games makanan. Mudah gamesnya tapi menyenangkan. Makanya cocok banget deh games makanan untuk anak-anak.

    BalasHapus
  2. Kalau seperti ini bukan hanya anaknya yang suka, tapi emaknya juga hihihi...Legkap ada ya game-nya: game makanan sehat dan tidak sehat, cara bikin pizza, bento, jus dengan berbagai resep. Yeayy!!

    BalasHapus
  3. anak-anak memang suka bermain games online ya, tinggal gimana kita sebagai orangtua memberikan games yang tentu sekaligus bisa mengedukasi juga

    BalasHapus
  4. jangankan si kecil, saya aja yang jelang golden age masih suka games cullinary ini... xixixi... habis seru dan memang asyik sih.

    BalasHapus
  5. Game makanan sangat menarik dan edukatif buat anak, sesekali anak memang sebaiknya kenal dengan game yang aman. Supaya ia gak penasaran dan nyoba-nyoba game yang tidak sesuai sama usia. Nice infonya manfaat banget, mba

    BalasHapus
  6. eh saya juga suka ini main games di culinaryschools seru-seru gamenya, saya juga termasuk orang tua yang membebaskan anak bermain game apalagi kalau game kayak di culinaryschools bisa sambil belajar. Asalkan main game tidak lupa waktu saja

    BalasHapus
  7. Anak-anak tuh pasti senang sekali diajak main games bersama gini. Jadi berasa kayak masak benaran gitu ya mak, aku pun masih suka main game. Karena selain melatih kemampuan kita juga, bisa jadi teman untuk menunggu

    BalasHapus

  8. Daku sering menemani ponakan main lego.
    Bongkar pasang, bentuk ini itu kesukaan dia. Nggak ada bosennya dan selalu happy hehe

    BalasHapus
  9. Anakku juga suka main game di culinaryschool games mbak. Memang menarik dan seru banget piliha gamenya. Kadang aku lun ikutan nimbrung main

    BalasHapus
  10. Keponakanku suka juga main game dan kapan hari kuajak main di culinaryschools. Paling suka yang nebak nama buah pakai Bahasa Inggris. Soalnya anaknya lagi suka bahasa asing

    BalasHapus
  11. anak-anak seneng banget main, atau ngegames ...tapi kita harus pilihkan games yang tak sekedar permainan, tapi ada nilai edukasi dan menambah wawasan..dan pasti bikin anak happy

    BalasHapus
  12. Wah ada game kulinary gitu ya. Cocok nih dimainkna bareng anak. Biasanya anak anak menyukai hal hal yang berbau masak-masakan.

    BalasHapus
  13. Wah, ini saya sama anak saya suka mainan game ini. Abang Pendar tuh yang suka, seru dan edukatif ini ya

    BalasHapus
  14. Lucu-lucu ya games makanan buat anak-anak ini. Gemes banget visualnya, terutama warna-warna yang dipakai

    BalasHapus
  15. Gak anak-anak pun seneng main di https://www.culinaryschools.org/ yaa..
    Mainannya selain mengandung edukasi juga bentuknya lutu lutuu... gemecc..
    Selain bermain online, juga diimbangi dengan bermain di dunia nyata.

    BalasHapus
  16. Culinary School tempatku ajarin anak tentang food
    Bahkan bisa tahu step masaknya
    Meski memang dalam nyata tak sesimpel game

    BalasHapus
  17. Aku pun suka game tema kuliner gini. Lebih aman dimainin anak-anak
    Yang bikin jus menarik sekalian ngenalin beragam jenis jus ke anak-anak

    BalasHapus