Rabu, 07 Oktober 2015

Lima Tempat Sholat Favorit Di Mall Jakarta

Tempat sholat atau mushola di mall merupakan hal penting menurutku. Karena sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim dan sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi muslim. Jadi tempat sholat adalah sesuatu hal yang penting yang harus disediakan oleh manajemen mall. Dengan adanya mushola di mall kita masih bisa jalan-jalan window shopping di mall tanpa meninggalkan kewajiban sholat. Masih terbayang saat sholat di Universal Studio. Dengan area seluas itu hanya ada satu tempat sholat kecil yang letaknya pun nyempil. Sangat tidak sebanding dengan besarnya Universal Studio. Untuk ini aku maklum karena mayoritas penduduk Singapura bukan muslim. Jadi mungkin mereka tidak perlu menyediakan tempat sholat yang layak.



Di Jabodetabek dengan masyarakat mayoritas muslim seharusnya mall menyediakan mushola yang layak bagi pengunjungnya. Namun sayangnya tidak semua pengelola mall di Jabodetabek memperhatikan hal ini. Masih bisa ditemui beberapa mall yang menyediakan tempat sholat ala kadarnya di basement. Namun sekarang di Jakarta dan sekitarnya banyak mall yang menyediakan tempat bagus dan layak untuk sholat. Mall-Mall bagus dengan grade A biasanya menyediakan tempat sholat yang bagus lengkap dengan petugas penitipan sepatu dan peminjaman mukena.

Seperti halnya buku favorit, baju favorit dan film favorit aku punya lima tempat sholat favorit di mall. Ini tempat favorit versi aku ya. Mungkin di mall lain banyak yang lebih nyaman. Tapi lima tempat sholat favorit di mall Jakarta menurutku adalah :

1. Tamini Square
Tamini Square mempunyai tempat sholat yang sangat nyaman di area parkir paling atas. Awalnya tempat sholat di lantai paling atas ini merupakan masjid kecil. Namun lama-kelamaan diperluas menjadi masjid yang agak besar dan sekarang menjadi masjid yang besar dengan banyak tempat wudhu dan area sholat yang luas. Sholat di tempat ini tidak usah khawatir gantian tempat karena sempit atau gantian mukena karena mukena umum yang disediakan banyak. Senangnya lagi jika sholat di tempat ini saat kita pulang sandal kita sudah ditata berjejer rapi oleh petugas masjidnya.

2. Tanah Abang

Sebagai pusat grosir pakaian terbesar di Indonesia, Tanah Abang menyediakan tempat sholat berupa masjid yang cukup besar dan nyaman. Jadi jika anda berbelanja di Tanah Abang dan sudah waktunya untuk sholat, tidak usah khawatir. Tempat sholat dan wudhunya nyaman.

3. Grand Indonesia

Terdapat tiga musholla di Grand Indonesia. Yang paling luas  letaknya di west mall dekat kantin karyawan. Mushola yang ini dilengkapi dengan petugas tempat penitipan sandal. Musholla lainnya berada di lantai 3 arah Gramedia EastMall dan lantai 5 Westmall dekat Magnum cafĂ©. Semua mushola di Grand Indonesia ini cukup nyaman dan enak menurutku. Dilengkapi dengan petugas yang ramah dan tempat peminjaman mukena serta penitipan sandal.

4. Gandaria City

Tempat sholat di Gandaria City ini ada tiga mushola dan satu  masjid. Salah satu mushola yang ada terletak  di lantai LG. Sedangkan masjid terletak di lantai 4. Namanya Masjid Al Hidayah. Baik musholla maupun masjid tempatnya nyaman dan enak. Untuk mushola wanita dan pria tempatnya dipisah. Ada juga penitipan sandal di sana.

5. FX Sudirman

Mushola di FX Sudirman ini tergolong unk dan berbeda dengan mall lainnya. Mushola ini didominasi warna hijau dan dilengkapi dengan daun-daun hijau plastik. Rasanya adem banget sholat di mushola ini. Untuk mushola laki-laki berada di lantai 4. Sedang mushola wanita di lantai 5.

 photo mushola-wanita_zps5spafjou.jpg
Musholla wanita




 photo wudhu_zpshmod4so6.jpg
Tempat wudhu dan kaca
Berbeda dengan mushola lainnya yang dilengkapi dengan petugas untuk meminjam mukena dan penitipan sandal atau sepatu, di sini tidak ada petugas. Mukena diletakkan di rak tempat Al Qur'an dan mukena. Sedangkan sepatu bisa kita letakkan di rak sepatu yang berada di ujung di dekat tempat wudhu. Secara keseluruhan mushola ini bagus dan nyaman.

Mushola-mushola di atas adalah mushola favorit menurutku. Jadi mushola yang mana favoritmu?

35 komentar:

  1. saya suka musholanya alam sutra luas dan bagus. mall besar yang masih biasa musholanya aeon mall

    BalasHapus
  2. di FX hampir setiap lantai ada ya, mulai dari lantai 3 sih. dan emang nyamann..
    di tanah abang iyaa, guede banget, enak buat sholat :)

    BalasHapus
  3. Di mall kelapa gading ada 3 tempat mak. Termasuk la piazza. Tp yg paling nyaman di mall 3 yg dipisah lantainya antara laki2. Jadi lebih nyaman dan ga penuh.

    Btw nice sharing mak :)

    BalasHapus
  4. Iya mak Istiana.Di FX ada juga ya di lantai 3.Saya malah pernah nyasar di lantai 4 tempat sholat pria. Tanah Abang nyaman .Gede masjidnya.

    BalasHapus
  5. Alam Sutra bagus ya mbak Rina?Jarang-jarang main ke sana.Pas Ramadhan sholat di AEON.Tapi biasa ya tempat sholatnya..

    BalasHapus
  6. Waah di Kelapa Gading nyaman juga ya tempat sholatnya Mbak Lia Harahap? Sudah lama gak main ke Kelapa Gading soalnya.Btw makasih juga infonyaa..

    BalasHapus
  7. Aku di Tamini square sama FX pernah solat disitu enaakk tempatnya. Ngga hanya di mall2 grade A, mall rakyat jelata kayak ITC pun udah banyak yg bagus mak. PGC sama ITC Cempaka Mas udah bagus tempat solatnya, Blok G tanah abang juga bagus, kalo ga salah inget Blok M Square juga udah bagus deh...

    BalasHapus
  8. Iya Alhamdulilah ya Mak Ratna Dewi.Sekarang pengelola mall lebih banyak yang care terhadap tempat sholat.Kebutuhan kaum muslim ini.Jadi nggak hanya mall yang bagus yang tempat sholatnya bagus.Dulu aku kos dekat ITC Cempaka Mas pas belum nikah.Sering main ke sana.Tempat sholatnya audah bagus.

    BalasHapus
  9. di Grand Indo mukenanya wangiiiiiii

    BalasHapus
  10. Karena bukan warga Jakarta jadi ga tau mushalla mall di Jakarta, tp sekedar informasi kalo di Bogor mushalla di mall yang paling nyaman itu di Botani Square di basement. yang paling saya suka dari mushalla itu tempat wudhu perempuannya bener-bener terjaga, desainnya juga ok dan nyaman, dan ada WC nya juga :)

    BalasHapus
  11. Aku udah coba semuaa kecuali fx, gi walaun kecil nyaman sholat d sana soalnya mukenanya wangiiii hihihi xD *KetauanSukaCiuminAromaMukena*

    Xoxo,
    Leeviahan.com

    BalasHapus
  12. salut bgd dah bwt pusat2 perbelanjaan yg menyediakan spot utk ibadah,apalagi kalau tmpatnya nyaman, dobel dobel dah salutnya.
    :)

    BalasHapus
  13. Iya Mbak Lidya. Di Grand Indonesia mukenanya wangii...suka..

    BalasHapus
  14. Salam kenal mbak Annisa. Saya juga beberapa kali sholat di Botani Square Bogor di basement kalau pas main ke Bogor. Lumayan nyaman juga sih. Yang penting ada toiletnya ya mbak. Soalnya sebelum wudhu biasanya saya ke toilet dulu.

    BalasHapus
  15. Coba deh mbak Lee via Han ke mushola FX. Tempat sholatnya uniik..Ijo-ijo...hihi..Di GI yang besar di bawah mbak. Dekat kantin karyawan. Tapi bukan basemen ya.

    BalasHapus
  16. Iya Mbak Inda. Salut buat mereka. Soalnya kan kalau dihitung dari segi bisnis, bisa saja mereka menyewakan space itu buat toko. Tapi nyatanya dibikin tempat ibadah yang nyaman.

    BalasHapus
  17. Infonya kereen, adanya mushola di pusat-pusat keramaian akan membuat kita nyaman saat beraktifgitas di sana

    BalasHapus
  18. Terima kasih Mbak Yanti. Iya dengan adanya musholla di Mall mau jalan seharian juga gak khawatir lagi ya mbak. Hati tenang karena bisa mampir buat sholat di mall.

    BalasHapus
  19. Masya Allah yang di FX tu smpe di kasih hiasan. bagus banget. dbanding tmpat lain yg memprihatinkan. bahkan kadang Musholanya di letakkan di parkiran. dah panas, kecil, parkiran lagi. apalagi kadang kotor banget. kya ga layak gtu buat sholat.

    BalasHapus
  20. Infonya keren, sangat bermanfaat hmm tinggal nungguin yang mushola lain nih perlu ikutan direnovasi hehe

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah sekarang makin banyak yang taat beribadah sehingga mal2 menganggap musholla yang nyaman itu sangat penting. Bahkan di Jogja juga sudah ada mall yang ketika sholat Jumat tinggal naik ke lantai atas, tak perlu buru2 cari mesjid di luar mall.

    BalasHapus
  22. Iya Mbak Lusi..Alhamdulilah ya sekarang lebih mudah dalam beribadah di mall. Wah di Jogja juga sudah ada Mall yang ada masjidnya juga ya? Di Jakarta juga sudah ada beberapa mbak Lusi.

    BalasHapus
  23. Terima kasih sudah berkunjung ke sini mas. Semoga renovasi mushollanya cepat selesai ya..

    BalasHapus
  24. Iya Mas Zamroni. Musholla di FX emang bagus banget. Saya juga baru ini nemu musholla yang dikasih hiasan daun-daunan plastik di dindingnya.

    BalasHapus
  25. Wah, kalau main ke mall jakarta sudah dapat tau tempat buat sholat ni yang mana yang enak dan ngak. Karena demi kekusyuk'an shola kita, tempat juga penentu paling utama.

    BalasHapus
  26. Iya mbaj.Kalau tempat sholatnya nyaman sholatnya jadi enak dan khusyuk ya karena tidak terganggu bau mukena kotor dan tempat sholat yang sempit.

    BalasHapus
  27. Tambah 1 lagi ya mba, Blog M Square
    Masjid nya keren bgt di lantai atas
    Dikelola dengan baik,
    Eh, Blok M Square termasuk mall bukan ya, hehe

    BalasHapus
  28. Fresh banget nuansanya ya. Beberapa mall yang saya kunjungi di Jakarta punya musholla yang luas, dan jauh dari kesan sempit, pengap, bau, yang umumnya emang begitu.

    BalasHapus
  29. Iya Mas Vatih...fresh banget suasananya di FX ini. Sekarang mall di Jakarta mushollanya bagus-bagus.

    BalasHapus
  30. Waah terima kasih infonya mas. Kebetulan belum pernah sholat di Blok M Square. Waah ada masjidnya juga ya..

    BalasHapus
  31. Dimanapun mushola yang tersebar di seantero mall di Jakarta, bagi saya musholla di depan rumah adalah musholla pilihan saya. Alasannya simpel: Karena deket. Hehehe

    BalasHapus
  32. Hehe...setuju Mas Feri..Kalau dekat kan bisa lima waktu ke mushola.Cuma ini kalau pas kita ngemall.Biasanya susah cari tempat sholat.

    BalasHapus
  33. Saya sempat shalat di mushalla Tanah Abang dan menyaksikan pemandangan dari atas sana. Tidak tau nama sebuah menara tapi sepertinya menara TVRI. Sering lihat di televisi. Hehe. Suasananya ramai banget dan agak mirip suasana Pasar Baru Bandung. Meskipun saat kami berkunjung beberapa bulan yang lalu itu di Pasar Baru pengurus masjidnya sangat sigap melayani jamaah. Sendalnya juga diatur rapih. Referensi yang keren Mbak, mana tau ada kesempatan untuk ke Jakarta lagi... :-)

    BalasHapus
  34. Terima kasih Mas Azhar Ilyas sudah berkunjung ke mari.Semoga kapan-kapan bisa piknik dan berkunjung ke Jakarta dan mengunjungi Tanah Abang lagi.

    BalasHapus
  35. wah
    ini baru mantep, semoga dikalbar bisa ngekor kayak yang ada dijakarta, amin

    BalasHapus

Pilihan Transportasi Umum Dari Jakarta Ke Bandung

Sudah mau weekend aja nih.  Siapa yang kalau weekend tiba gembira? Pasti semua dong. Ngomongin weekend itu selalu identik dengan liburan...