Selasa, 27 Oktober 2015

Ngebolang Ke Tugu Khatulistiwa

Pernah punya lagu favorit saat kecil dan masih sekolah? Pasti punya dong. Dulu saat masih SD aku suka sekali memandangi peta Indonesia besar yang tertempel di dinding belakang kelas sambil menyanyikan lagu di bawah ini.

Dari Sabang Sampai Merauke

Berjajar Pulau-Pulau

Sambung Menyambung Menjadi Satu

Itulah Indonesia



Saat aku dewasa  keinginan mengunjungi daerah-daerah di Indonesia menjadi impian. Sayangnya karena keterbatasan biaya aku belum bisa menginjakkan kaki di seluruh daerah di Indonesia. Baru beberapa daerah di Jawa, Bali, Madura dan Bangka yang pernah aku singgahi. Daerah lainnya masih menjadi impian sampai sekarang.  Sudah lama sekali aku ingin menginjakkan kaki di Pulau Kalimantan. Pulau besar yang selama ini hanya kulihat di Peta Indonesia. Kebetulan salah satu  pamanku tinggal di sana.

Rabu, 14 Oktober 2015 pesawat Sriwijaya membawaku terbang ke Pontianak. Rasanya campur aduk. Kayak belum pernah terbang saja. Akhirnya...impianku mengunjungi Pulau Kalimantan terkabul juga. Aku dijemput di Bandara Supadio oleh paman dan bulikku.

Setelah beristirahat di rumah, siang harinya kami mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa ini adalah salah satu ikon Pontianak. Tugu khatulistiwa ini terletak di pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur.

a. Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah.

b. Tahun  1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah.

c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech  Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam.

d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991.

( sumber : Wikipedia)



depAN TUGU photo tugu depan_zpsat8ynsbp.jpg
Depan Tugu Khatulistiwa

Ada dua buah tugu di sini. Satu tugu berada di luar dan satu lagi berada di dalam bangunan kubah. Tugu yang berada di luar ini adalah duplikat tugu asli yang besarnya lima kali lebih besar dari tugu asli. Tugu yang asli berada di dalam kubah dan terdapat di tengah-tengah bangunan. Di dinding bangunan kubah terdapat beberapa foto matahari, garis lintang dan garis bujur.



 photo tugu khatulistiwa dalam 2_zpsxwgrpssj.jpg
Bagian dalam kubah


tugu dalaM 2 photo tugu khatulistiwa dalam 3_zpstr2eidyg.jpg
Globe di bagian dalam kubah

tugu dalam photo tugu khatulistiwa dalam 4_zpsqajtuo3h.jpg
Foto di dinding kubah


 photo tugu khatulstiwa 1_zpsvyoxxkrf.jpg
Peta bintang di dinding kubah


AKU AND TUGU photo tugu khatulistiwa dalam_zpsddepxsgo.jpg
Tugu khatulistiwa sebenarnya

Sebagai salah satu ikon pariwisata Pontianak, tugu ini banyak dikunjungi wisatawan dari beberapa daerah termasuk dari Pulau Jawa. Di sekitar tugu banyak kedai yang menjajakan kopi dan indomie. Selain itu ada satu toko souvenir yang menjual berbagai macam souvenir bergambar tugu khatulistiwa. Aku sempat membeli pajangan berupa tugu khatulistiwa mini, tempelan kulkas dan kaos bergambar tugu khatulistiwa ini sebagai oleh-oleh.

Ingin melihat titik tonggak garis equator dan menikmati keindahan sungai Kapuas? Datang ke Pontianak yuuuk...

11 komentar:

  1. Seneng ya, impian berkunjung ke Pontianak jd nyata. Moga ada kesempatanku ke sini pengin juga lihat Tugu Khatulistiwa

    BalasHapus
  2. Iya mbak..seneng banget.Impian jadi nyata.Semoga mbak Murti bisa juga ya berkunjung ke Tugu khatulistiwa..

    BalasHapus
  3. Wauuuw kereeen mbak Nunung...saya taunya cuma Sidoarjo hihihi

    BalasHapus
  4. kapanlah aku bisa ke sana, ke Pontianak, belum menginjakkan kaki ke Kalimantan nih T_T

    BalasHapus
  5. Yuuk Mbak Evri main ke Pontianak.Belum ke Pontianak tapi kan kemarin sudah ke Palembang yaa...Saya malah belum.

    BalasHapus
  6. Yuuk Mbak jalan-jalan yuuuk.Biar nggak ke Sidoarjo aja.Hihi...

    BalasHapus
  7. Dulu sering baca saat pelajaran di sekolah tentang Tugu Khatulistiwa ini, moga kelak ada rejeki main ke sini sama keluarga. Salam kenal Mbak :-)

    BalasHapus
  8. Iya Mas Ihwan.Semoga suatu hari ada rejeki buat main ke Tugu Khatulistiwa ya.Salam kenal juga keluarga biru.Sudah sering ke blognya tapi jarang meninggalkan jejak.

    BalasHapus
  9. Sayang banget kemarin aku gak sempet kesini :(

    BalasHapus
  10. wah asik ya pasti ketugu khatulistiwa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak..sering lihat fotonya pas pelajaran jaman sekolah dulu. Ternyata kesampaian juga sampai sana

      Hapus

Cara Cek Resiko Tertular Virus Corona secara Online

Sejak awal Maret pertama kalinya ada virus corona di Indonesia sampai hari ini sudah 25 ribuan orang di Indonesia positif virus corona. Ter...