Senin, 18 April 2016

Tujuh Tips Jalan-Jalan Ala Fadevmother

Haaaiii.... I am back. Haloo teman-teman semuaya..rasanya sudah lama banget ya nggak nulis artikel jalan-jalan kami ya. Sebenarnya ceritanya sih banyak. Sayangnya ada beberapa jalan-jalan yang belum sempat ditulis di sini. Nanti ya..akan ditulis dalam beberapa bagian ya. By the way jalan-jalan terbaru kami adalah beberapa hari yang lalu. Si emak kembali backpackeran kembali bersama duo krucils ke Kuala Lumpur. Kali ini bersembilan bersama adik-adik, ibu dan keponakan batita. 

Buat yang penasaran..nanti ya ceritanya bisa dibaca di sini. Penasaran mengapa kami selalu bisa jalan-jalan hemat? Bisa baca tips di bawah ini.


Tujuh Tips Jalan-Jalan Ala Emak-Emak Fadevmother : 

1. Mencari tiket murah pesawat, kereta atau bis 

Setelah menentukan tujuan liburan hal yang kami lakukan berikutnya adalah mencari tiket pesawat  atau kereta murah. Saat ini banyak promo tiket pesawat murah dari maskapai yang menawarkan harga murah banget. Biasanya tiket bisa dibeli 6 atau 10 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Biasanya untuk jalan-jalan kami memanfaatkan tiket promo ini. 

Untuk kereta api, untuk tujuan yang sama misalnya Malang atau Surabaya kami memilih tiket ekonomi AC daripada tiket kereta api eksekutif. Selisihnya lumayan banyak, apalagi kami berempat. Selisihnya bisa untuk biaya makan selama traveling.

Kereta ekonomi AC juga nyaman



2. Membuat initiary perjalanan
Setelah mendapat tiket biasanya saya membuat initiary perjalanan. Perjalanan selama tiga atau empat hari dibuat jadwalnya agar saat liburan kita sudah mempunyai tujuan yang jelas dan tidak go show. Misalnya hari pertama tujuannya kemana, naik transportasinya apa, biayanya berapa, termasuk makan dimana dan berapa budget yang kita butuhkan. Begitu seterusnya sampai jadwal kepulangan kita.

3. Survey terlebih dahulu
Biasanya dalam membuat initiary saya survey terlebih dahulu. Biasanya survey ini saya lakukan dengan cara browsing dari beberpa artikel perjalanan dari beberapa orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Dari beberapa artikel biasanya saya menjadi tahu berapa harga makanan, biaya transportasi dan tempat penginapan murah yang ada di sana. 

4. Cari tempat wisata yang tiketnya murah atau gratis
Satu lagi nih...tips irit ala emak fadevmother. Biasanya kalau ke tempat wisata cari tempat wisata yang tiketnya murah atau gratis. Jadi lumayan memangkas biaya perjalanan. Kalau ke Kuala Lumpur tidak usah naik ke Petronas atau masuk ke Petrosains. Cukup berfoto-foto di depan menara Petronas saja. Yang penting ada foto kita di sana. Kalau main ke Bandung, nggak usah main ke Universal Studio. Cukup berfoto di depan logonya saja atau main murah meriah ke Gedung Sate. Jika ingin berwisata ke Yogyakarta bisa dengan mengunjungi keraton atau jalan-jalan ke sepanjang Malioboro yang gratis dan murah meriah.

Gedung sate


5. Mencari hotel atau penginapan yang murah
Jika bepergian ke luar negeri biasanya kami memanfaatkan hostel sebagai tempat menginap karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan menginap di hotel. Namun jika bepergian dalam negeri tidak usah khawatir. Di dalam negeri banyak hotel bagus yang bisa kita dapatkan dengan harga hemat dan tidak menguras kantong. Salah satu hotel rekomendasi kami adalah Hotel AiryRooms. Hotel ini cocok untuk traveling dengan harga murah dan ramah di kantong. Eits...tunggu dulu. Murah bukan berarti murahan ya. Fasilitasnya oke dan bagus.

Harga yang ditawarkan Hotel AiryRooms ini cukup terjangkau untuk backpacker atau keluarga yang ingin berjalan-jalan hemat seperti kami. Contohnya AiryRooms di daerah Yogyakarta. Harganya berkisar dari 180 ribuan  sampai 400 ribuan tergantung luas kamar. 

AiryRooms Syariah Sleman


Pasti semua nggak menyangka kalau kita bisa menginap di Airy Gondokusuman dengan kamar yang mewah ini dengan harga hanya 300 ribuan saja per malam. Woooow....

Airy Gondokusuman Yogyakarta





Dan semua kenyamanan di atas  bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Jangan khawatir deh sama fasilitasnya . Di AiryRooms kita bisa mendapatkan Wifi gratis, TV layar datar, AC, air hangat , minuman dan perlengkapan mandi lho. Aduuuuh...jadi nggak sabar ingin liburan lagi *lirik dompet*.

By the way Hotel AiryRooms ada beberapa di kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan Bogor. Jadi buat teman-teman yang ingin liburan ke tempat-tempat di atas bisa memanfaatkan hotel murah di AiryRooms. Buat yang ingin liburan panjang bulan Mei besok bisa booking hotel dan penginapan murah di Airyrooms. 

6. Memanfaatkan wifi di tempat umum

Tips keenam ala  emak adalah memanfaatkan wifi di tempat umum. Pergi ke luar negeri tapi masih pengin eksis di medsos? atau sekedar kirim kabar ke keluarga di rumah? Dont' worry...masih bisa irit kok. Nggak perlu beli kartu SIM Card baru di negara tujuan. Apalagi jika perginya hanya tiga hari saja. Pemborosan...hehe...maklum emak irit. Biasanya sih kalau cuma pergi tiga hari kami memanfaatkan fasilitas wifi di hotel atau tempat umum. Biasanya di bandara dan  stasiun di luar negeri menyediakan wifi gratis. Jadi kita tetap bisa browsing atau sekedar upload foto narsis liburan di instagram sebelum kembali ke Indonesia.

7. Naik angkutan umum
Jika sedang bepergian atau liburan biasanya kami selalu menghindari naik taksi. Bukan apa-apa sih....hanya emak irit satu ini berpendapat sayang banget kalau liburan harus naik taksi yang ongkosnya berkali-kali lipat naik angkutan umum. Usahakan menggunakan transportasi umum yang ada di tempat liburan. Jika ke luar negeri bisa memanfaatkan bis gratis wisata yang disediakan atau menggunakan MRT, komuter line, LRT atau monorail yang murah meriah. 

Komuter line KL Sentral-Batu Caves


Jika bepergian di dalam negeri bisa menggunakan angkutan umum yang ada di sana. Di semarang atau Yogyakarta ada bis Trans yang murah meriah dan kita bisa turun di tempat wisata. Di Jakarta ada bis city tour yang disediakan gratis untuk wisatawan yang berkunjung. Atau kita bisa menggunakan angkutan umum lokal di tempat wisata yang akan kita tuju.

Oke guys...itu dia tujuh tips wisata ala emak fadevmother satu ini. Jadi sudah siap liburan? Yuuk...siapain ransel...






24 komentar:

  1. Tips nya berguna nih mba, saya juga suka yang irit-irit.

    BalasHapus
  2. Emak-emak memang suka yang irit-irit ya Mbak Ety termasuk acara jalan-jalan dan liburan. Hihi..

    BalasHapus
  3. pengeen banget bisa ngajak anak-anak traveling kaya mak Nung nih, insyaallah step by step dijalani tipsnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk Mbak Lia jalan-jalan backpackeran sama anak-anak.Seruu lhoo..Eh..tapi nunggu si baby besaran dikit ya mbak...

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sama-sama Mak Tira.Semoga tips nya berguna yaa :)

      Hapus
  5. Ini mah, gue banget! lho kog #malahcurhat
    By the way, apa kabar bumil?

    BalasHapus
  6. Alhamdulilah baik Bun Rosanna...Iya ya bun..kita sama-sama pengin yasng hemat tapi liburan jalan terus. Hiihi..

    BalasHapus
  7. Waah..sip banget nih tips nya, liburan tapi nggak banyak keluar banyak biaya ya mbak

    BalasHapus
  8. Ahaaii.. jadi keinget pas di Bali, foto-foto di patung GWK doang, tapi nggak masuk ke dalam karena ngirit dan mau lanjut ke destinasi lain. trus pernah juga beli kartu perdana mahal-mahal (secara belinya di bandara) tapi nggak kepake waktu maen ke KL seminggu, sayang banget duitnya hahaaa.. tapi jadi pelajaran juga :)

    BalasHapus
  9. Waaah...toss Mbak.Aku juga kalau mahal -mahal cuma foto di depannya doang.Cuman kalau GWK sih masuk.Sekalian penasaran dalamnya seperti apa. Waah beli kartu perdana ya?sayang banget ya duitnya. Pernah juga sih beli SIM Card di Singapura 7 bulan lalu.Tapi kalau itu pas butuh.Soalnya si ayah bawa kerjaan kemana mana dan butuh koneksi internet terus.Jadi sambil ngerjain kerjaan meski lagi liburan. Selain itu biasanya manfaatin wifi aja.Gak pernah beli SIM Card baru.Salam kenal Mbak Diah..

    BalasHapus
  10. Mbak, kalau jalan-jalan bareng keluarga, doakan aku dan keluargaku bisa mampir juga ya suatu waktu di tempat wisata yang keluarga mbak kunjungi, hehehe. Soalnya kita sekeluarga suka travelling bersama, hanya saja keadaan saat ini belum memungkinkan dari segala hal. Tapi enggak salah khan tetap menjadikannya sebagai salah satu list dalam bucket wishing list kita. nanti kalau mau jalan-jalan lagi, akupasti buka tulisan ini deh.

    BalasHapus
  11. InsyaAllah Mbak Rebelina Passy. Nanti aku doakan agar mbak sekeluarga bisa berkunjung juga ke tempat-tempat yang aku kunjungi ya..

    BalasHapus
  12. hahah bener banget nih tips2 nya..saya juga sering kalau jalan2 kemana gitu pakai beberapa tips diatas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah sama ya MAs Irul tips-tipsnya. Semoga berguna yaa...

      Hapus
  13. Survei terlebih dahulu emang sangat membantu sekali... biar nanti perjalanannya makin menyenangkan.. makasih mbak tipsnyahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...survey terlebih dahulu memang berguna. Sama-sama yaa...semoga bermanfaat..

      Hapus
  14. Saya baru tahu ada hotel itu di Bogor juga hehehe dan untuk 300ribuan segitu memang keren! leluasa banget ya

    Dan tipnya lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah...Mas Usup sudah pernah nginep di Airy Rooms Bogor yaa.Iya sih murah dan terjangkau ya..

      Hapus
  15. Mak, airy rooms jogja sarung bantalnya ada kancingnya nggak ya? Kebetulan ada planning pengen ke jogja. Aku kebetulan punya pobhia kancing dan parno sama hotel dengan rate murah karna dulu punya pengalaman dapat kamar yang sarung bantalnya ada "button"nya tadi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah baru tau ada yang phobia sama kancing sarung bantal ya.Kebetulan ini post review hotel mak.Jadi aku sendiri belum pernah nginap di Airy Rooms Jogja.Jadi nggak tau ya ada kancingnya apa nggak.Kalau dilihat dari foto fotonya sih kayaknya gak ada ya.Lagian kayaknya kalau hotel jarang ya yang ada kancingnya sarung bantalnya.Kecuali losmen atau hotel melati ya Mak.Setauku sih..

      Hapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...