Meluruskan Niat Ngeblog

Jujur blog bukan hal baru untukku. Aku sudah ngeblog sejak tahun 2003. Saat itu sih isinya buat curhat-curhat lebay gitu. maklum masih belum nikah. Awal nikah blog lebay yang lebih banyakan isinya curhatan pribadi alias diary online itu masih suka diisi. Pas hamil baru deh blog itu mati suri. 

Tahun 2006 aku mulai ngeblog lagi. Isinya tentu saja seputar tumbuh kembang anak. Maklum baru punya anak satu. Jadi seneng aja pamer-pamer anak gitu. Waktu itu ngeblognya di multiply. Kebetulan juga pas umur 20 bulan si sulung pernah speech delay. Jadi blog nya isinya curcol emak galau yang anaknya telat ngomong. Telat ngomong doang sih, normal..nggak ada gangguan perkembangan lain. Multiply waktu itu sempat menjadi semangat dan uneg-uneg nulisin apa yang ada di hati. Kesedihan saat dia telat ngomong, kebahagiaan saat dia pertama kali bisa ngomong dan menyanyi dan lain sebagainya. Tapi sekarang multiply juga udah mati juga.




Tahun 2012 karena dikomporin sama sahabat baik yaitu Mbak Arin akhirnya aku buat juga blog di wordpress. Saat itu masih gratisan. Isinya ya campur-campur gitu. Isinya sih kebanyakan pamer. Hihi...Dari tulisan -tulisan yang dimuat di media, sampai pamer hadiah kuis dan masuk TV. Maklum aku nggak bisa pamer di facebook. Jadi blog itu merupakan ajang pamer bebas tanpa merasa bersalah dan menjaga perasaan orang lain. Uneg-uneg tersampaikan, rasa bangga tersampaikan tanpa harus merasa nggak enak hati sama temen-temen di facebook. Jadi ajang curhat juga sih meskipun cuma sedikit. Yang penting hati ploong. 

Tahun 2014 baru deh aku mulai bikin blog yang ini. Mbak Arin bilang, kalau mau bikin blog itu yang spesifik. Karena mbak Nunung suka jalan-jalan kenapa nggak bikin blog jalan-jalan aja kata Mbak Arin. Agar kelihatan lebih profesional pakai dot kom seperti saran Mbak Arin. Dan taraa...jadilah blog ini.

Bisa dikatakan dari blog inilah pertama kali aku dapat tambahan uang jajan. Awalnya sih niat bikin blognya ya cuman mendokumentasikan jalan-jalanku sama anak-anak saja. Jadi kalau besok tua dan anak-anak sudah gede  masih ada kenangan yang diingat. Sama sekali nggak kepikiran bisa menghasilkan.

Seneng juga sih..karena diajak gabung  ke KEB sama Mbak Arin, aku jadi tau ada acara-acara keren di KEB. Event pertama yang kuikuti adalah pemilihan srikandi blogger. Saat itu belum punya banyak teman kecuali Mbak Arin doang. Jadi celingak-celinguk aja di sana sama Mbak Murti . Alhamdulilah ketemu mbak Ade Anita yang sudah tau sebelumnya. Ketemu dan ngobrol sama Mbak Tias Tatanka juga walau cuma sebentar. 

Event  kedua yang diikuti yaitu Pembukaan Hotel Santika Bekasi. Terima kasih buat Mak Injul, Mak puh yang ngajak waktu itu. Jadi bisa merasakan event KEB. Berikutnya ada beberapa event yang kuikuti melalui KEB. Nggak sering sih. Paling sebulan sekali. Atau dua bulan sekali datang ke acara blogger. Seneng bisa ketemu banyak temen, bisa haha hihi, bisa me time lepas sejenak dari rutinitas ibu rumah tangga.

Aku membatasi datang ke event. Paling sekali dalam sebulan atau sekali dalam dua bulan. Bukan apa-apa sih. Rasanya bersalah saja meninggalkan anak-anak meskipun mereka sebenarnya sudah besar dan pulang sore. Menurut aku pribadi, eksis tidak harus sering datang ke event-event. meski jujur aku senang dan sangat menikmatinya. Lagian kasihan juga suami kalau tiap weekend aku ikutan acara blogger. Soalnya kan Senen-Jumat waktu ngobrolnya terbatas. Jadi waktu berkualitasnya Sabtu Minggu. Sungguh tidak adil buat anak-anak dan suami kalau Sabtu Minggu aku datang ke event. Jadi kubatasi sebulan sekali. Soalnya ada hak mereka yang harus kupenuhi. Meskipun jujur...terkadang iri dan pengin banget lihat blogger blogger tiap hari datang ke acara. Hihi..Tapi hidup adalah pilihan dan aku harus memilih.

Dari ngeblog aku bisa merasakan makan di hotel-hotel (meski cuma beberapa kali), bisa jalan-jalan gratis dan dapat hadiah goodie bag. Dari blog ini juga pertama kalinya aku dapat job review. Dapat job review juga dari salah satu toko online selama sekitar 7 bulan. Dengan nama kode etik aku dua kali menolak tawaran dari toko online kompetitor karena sedang bekerja sama dengan toko ini. Bukan nggak butuh uang sih. Tapi aku kan harus konsisten. 

Pernah juga menolak job review placement kontent dari salah satu lembaga keuangan. Bukan nggak butuh duit sih, tapi karena sudah komit nggak mau nulis hal yang berhubungan dengan riba makanya ku tolak. Kuncinya ya itu meluruskan niat dan punya prinsip. 

sumber gambar : www.kurniasepta. blogspot.com

Jujur...aku pernah nangis tersedu-sedu gara-gara kalah lomba satu setengah tahun lalu. Dengan effort maksimal ternyata kalah juga. Memang sih tulisanku standar. Tapi rasanya effortnya sudah maksimal. Pernah juga kecewa gara-gara pengin menang tetapi kalah lomba. Tetapi semua kembali ke niat awal ngeblog. Niat awal membikin tulisan. Ketika niat awal murni  berbagi maka nggak boleh sedih saat tulisan kita kalah. Bukannya niat awalnya saat nulis murni berbagi? Bukan ingin menang? 


Kembali ke niat awal ngeblog. Mungkin mulai sekarang aku harus meluruskan niat awal ngeblog. Buat apa? Untuk uang (butuh  juga siih....) , buat goodie bag ( seneng juga kalau dapat) atau biar dikira emak-emak eksis. Mari kita kembali ke niat awal ngeblog. Bikin kenang-kenangan yang bisa dibaca buat  anak cucu kelak. Biar nggak baper kalau kalah lomba, biar nggak kecewa kalau ke event tapi kehabisan goodie bag, biar nggak iri melihat yang pada dapat job review. Yaah meskipun jujur aku butuh semua itu.....Hihi..

Bismillah...Mari Kita Luruskan Niat.....


Komentar

  1. aku sih nganggep job review bonus aja lah. asal bisa update terus, bisa nulis teratur, dan bermanfaat buat orang lain udah seneng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbak Munaa...job review bonus saja yaa..Ini soalnya terkadang niat ngeblogku sudah melenceng. Jadi perlu nulis ini buat pengingat mbak..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Yuuk Mbak Murti. Ngeblog buat selingan usir penat ya mbaakkk...

      Hapus
  3. Aku ngeblog buat jualan buku, mbaaa... Ayo beli bukuku mbaa atau nanti aku nangis tersedu-sedu huhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sudah punya lho buku-bukunya Mbak Leyla.Cuma yang terbaru emang gak punya Mbak.Hihi...

      Hapus
  4. Yang penting facebook tidak tahu udah itu juga cukup jadi alasan nulis mah, tapi ya kalau bisa mah mesti dapet uang juga biar lebih semangat nulisnya Mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..pengin ketawa baca yang penting facebook tidak tahu.Iyaa..dulu emang dijaga banget biar fb nggak tau.Makanya jarang share.Akhir -akhir ini sering share karena keperluan job harus share.

      Hapus
  5. Aku tadinya ambisius banget pas ngeblog, harus begini harus begitu harus menang ini harus menang itu tapi jatohnya jadi nggak enjoy. Padahal niat awal aku ngeblog biar nggak setres dan bisa mencurahkan apapun lewat tulisan. Alhamdulillah sekarang ngeblognya jadi easy going dan nggak ngoyo banget. Lebih santai malah lebih menikmati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ratnaa...ternyata kalau santai dan tanpa beban nulisnya malah lebih enjoy ya.Tanpa beban harus menang ini harus menang itu.

      Hapus
  6. Menulis dengan hati dan hati-hati aja ya, mak..bonus mah mengikuti, tapi bukan utama yang dicari..yang penting sesuai hati nurani..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak....menulis dengan hati dan harus hati-hati. Hihi...terima kasih remindernya ...Ntar bonusnya nyusul sendiri yaa

      Hapus
  7. bagus jga saranya.. kalo tujuan ngeblog, selain buat bisnis juga buat menyalurkan apa yang ada pikiran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas...ngeblog bisa ngeluarin uneg-uneg juga sih..

      Hapus
  8. Betul Mbak. meluruskan niat ngeblog. kalau ngeblog itu nulisnya dari hati, enggak karena duit semata (walau butuh), dan juga sebagai warisan buat anak cucu, yang baca juga enak. akhir-akhir ini agak bosan lihat blogger terlalu sibuk ngurusi job review. jadi tulisannya sering terkesan 'maksa. mungkin eforia sejenak. duh, jadi curcol nih. maaf ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii...toss Mbak. Saya nulis ini juga sebenarnya karena niat ngeblog saya akhir-akhir ini sering melenceng. Sering baper kalau kalah lomba. Qiqiqi..ngaku. Makanya nulis ini sebagai pengingat diri sendiri biar gak baper lagi kalau kalah atau nggak dapat job review

      Hapus
  9. dulu aku jg santai ngeblog tanpa embel2 "pesanan", rasanya kok plong gitu, lbh byk yg berkunjung, lbh mudah diterima vivalog, byk juga yg email utk diskusi masalah yg sama.. sejak liat fenomena lomba, review, job makin membahana, kok mendadak jadi stress haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah...masak sampai stress sih Mbak. Makanya jangan dipaksain biar nggak stress. Hihi..santai aja mbak. Ngalir gitu...nulis yang ringan-ringan aja lagi Mbak tanpa embel-embel pesanan. Yuuk..

      Hapus
  10. santai..nulis aja lah.. terus..he2, yang penting selalu perbaiki cara nulis..dan bobot kontentnya..biar kelihatan kalo tulisan makin berbobot..diluar itu...sambil lewat aja..

    BalasHapus
  11. Klo nulis sudah menjadi kebutuhan kita maka tidak menjadi beban mba
    sama hal nya kita makan yang sdh menjadi kebutuhan hehe..

    BalasHapus
  12. ngeblog asik biar ga panik, xixixi. setuju mb, pokoke ngeblognya semoga berkah yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget quotenya Windi. Ngeblog asik biar gak panik...Aamiin doanyaa.

      Hapus
  13. saya ngeblog buat nyari duit. blogg sya pasangin iklan google adsense. tapi masih baru sih kenal dunia bloging. nggak kayak mba dah lama banget.

    BalasHapus
  14. Hmm kalau saya nge blog sih yang pertama luruskan niatnya untuk ngeblog jauhkan diri dari pikiran yang hanya akan membuat kita malas ngeblog, anggap ngeblog adalah hal yang paling kita sukai, dan jadikan blog adalah hobi itulah yang biasa saya lakukan agar ngeblognya okeh.

    BalasHapus
  15. luruskan niat, & harus punya tujuan..:D

    BalasHapus
  16. semangat nge blog untuk saling menasehati :D

    BalasHapus
  17. besar kecilnya aktifitas, berarti tidaknya aktifitas di nilai dari niatnya.
    setuju mba..

    BalasHapus
  18. Wah salam kenal Mbak, saya juga baru memulai blog nih, semoga bisa meluruskan niat dan dari blog ini bisa bermanfaat bagi orang yang membacanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Saya sudah berkunjung ke blognya. ISinya bermanfaat dan bagus sekali.

      Hapus
  19. Yang pertama adalah berbagai ya mbak, terus bermanfaat juga buat orang lain. syukur2 dapat rejeki :D

    BalasHapus
  20. Bismillah, nawaitulillah.. terus semangat mbak Nunung

    BalasHapus
  21. Tetap semangat & memberikan manfaat.
    kelinci

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer