Ribetnya Migrasi Dari Wordpress ke Blogspot

Haai friends...I am back. Ini adalah postingan pertamaku dalam bentuk blogspot. Sebelumnya selama bertahun-tahun aku memakai wordpress dan lebih familiar dengan wordpress. 
Sori ya dah berbulan-bulan nggak isi blog ini . Jadi blognya tampak berdebu, kumuh dan banyak sarang laba-laba di mana-mana. Sebenarnya masih males juga nih isi blog. Tapi kalau nggak dipaksain kapan lagi ya aku bisa isi blogku ini. Hehehe.

Oke deh..aku mau cerita aja tentang ribetnya pindahan rumah dari self hosting wordpress ke blogspot. Awalnya sih ide ini datang dari teman baikku Arta. Dia bilang lebih enak kalau pakai blogspot. Untuk jangka panjang jika pakai blogspot bisa menampung lebih banyak pengunjung sampai puluhan ribu perhari tanpa hang. Beda apabila kita memakai wordpress. Jika memakai wordpress apabila jumlah pengunjung perhari terlalu banyak bisa eror katanya. Ya udahlah manut saja sama yang sudah expert.




Awalnya berat banget mau pindah dari self hosting wordpress ke blogspot. Pertama karena aku lebih familier dengan wordpress dan harus belajar dari nol lagi untuk blogspot. Kedua sebenarnya aku takut ada yang salah saat proses pemindahan dan tulisanku hilang semua atau ada beberapa yang hilang. Sayang banget kan kalau tulisan atau komen yang sudah banyak itu hilang begitu saja? Tapi mau nggak mau ya aku harus berani. Akhirnya aku bersiap pindah ke blogspot.  

Di bawah ini adalah langkah-langkah nya :

1. Membikin blog baru berbasis blogspot
Jadi meskipun saat itu aku masih mempunyai blog dengan basis wordpress di               www.fadevmother.com aku juga membuat blog baru di www.fadevmother.blogspot.co.id. Fungsinya adalah untuk mengimport tulisan dari wp ke blog baru di blogspot. untuk masalah eksport dan import ini sebenarnya aku nggak begitu jelas karena semua dibantu sama temenku Arta. Buat yang ingin pindahan bisa juga memakai jasanya.

2. Upload foto satu persatu ke blog baru
Awalnya aku pikir wordpress dan blogspot ini sama saja. Jadi setelah poses import dll nya selesai, domain dot com nya langsung dipasang di blog yang baru. Ternyata setelah dipasang fotonya hilang alias tidak muncul di blog baru berbasis blogspot. Ada beberapa foto yang muncul, tapi foto ini yang kusimpan dan kuupload di blog melalui photobucket. Untuk foto yang diupload melalui wp hilang semua. Akhirnya si Arta balikin blogku lagi ke awal di www.fadevmother.com berbasis wp. Dia bilang satu-satunya jalan agar fotoku di blogsopt bisa muncul harus upload foto satu persatu.

Akhirnya upload lagi deh foto satu-persatu di blogsopot. caranya fotoku di wp, aku save satu-persatu di komputer dan aku upload satu persatu di ww.fadevmother.blogspot.co.id. Bayangin aja teman-teman...aku harus save foto satu-satu dan upload lagi satu-satu. dan jumlahnya ratusan foto *pingsan deh*. Makanya proses ini memakan waktu yang lama karena lebih lama daripada nulis post baru. Hehehe..

3. Setelah semua oke, tempel domain dot.com ke blog kita yang baru yaitu blogspot
Untuk proses ini aku juga nggak begitu ngerti, tapi aku minta tolong temenku Arta buat ngerjainnya. And finally selesai juga. 

Alhamdulilah semua proses migrasi ini berlangsung kurang lebih sebulan dengan eror-erornya.Tapi seneng juga sih meski sebulan ngerjain akhirnya selesai juga. Tiap malam lembur ngerjain kalau pas anak-anak dah tidur ditemani minuman hangat dan camilan. 

Dan selamat datang di blog dengan format baruku ini teman-teman. Mari kita saling berkunjung lagi. Semoga nggak males-males lagi ya nulisnya...


Komentar

  1. Welcome mak nunung. Katanya kalo wordpresa SEO nya lebih bagus. Aku malah ga ngerti wordpress hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Leyla..sebenarnya SEO wordpress lebih bagus. Tapi kalau pakai blogspot lebih aman sih karena nginduk ke google gak harus pakai hosting.

      Hapus
    2. Kalo urusan SEO gak mesti Wp yang bagus, apalagi blogspot punya google. Apalgi sekarang. Saya lebih sering migrasi ke Wp dari BS. Selamat bergabung dengan Blogger yang ringan dan user friendly.

      Hapus
  2. Wah, baru nemu niy yang boyongan ke blogspot. Biasanya pada rame-rame pindahan ke WP :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ratna...biasanya pada boyongan ke wordpress ya. Saya kebalikannya malah. Boyongan ke blogspot. Hehe..kalau pakai hosting terkadang bermasalah soalnya. jadi lebih aman pakai blogspot

      Hapus
  3. step nya ribet juga ternyata ya, saya juga pernah ada dlu bikin di wordpress cmn lupa paswordnya, skrg fokus di blogspot aj dlu.

    ohya jika anda butuh tutorial tentang blogspot bisa berkunjung ke blog ini http://blog.enasnasrudin[dot]com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah terima kasih tutorialnya Mas Enas Nasrudin. Nanti saya berkunjung deh buat belajar

      Hapus
  4. emang bisa hang ya mbak kalo pake wordpress? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung hostingnya juga sih mas. Katanya kalau sehari pengun jung ratusan ribu kadang hostingnya gak kuat dan hang. Saya sendiri belum buktikan sih.Soalnya selama ini pakai wp dan hosting saya fine-fine aja. Cuman pengunjung saya emang baru seribu orang perhari.

      Hapus
  5. Sebelumnya wordpress.com apa wordpress selfhost mbak?

    BalasHapus
  6. Sebelumnya wordpress selfhost udafanz

    BalasHapus
  7. aku masih setia di wp mbak, nyaman di sini soalnya, blogspot malah bingung

    BalasHapus
  8. Iya sih Mbak Ev...enakan di wp kok sebenarnya. Lebih familiar sama menu-menunya

    BalasHapus
  9. Setelah mendengar dari banyak cerita, kebanyakan awalnya menggunakan blogspot kemudian migrasi ke wp yang katanya wp itu lebih enak daripada blogspot...dan well saya pengguna wp dan belum tahu isi dari blogspot tetapi dari cerita2 yg saya dapat bahwa wp itu enakan dari blogspot...tetapi kekurangannya ya ada aja kalo kebanyakan pengunjung servernya gak kuat :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ..mas Dulhaq. Itu kalau pakai wp yang self hosted katanya begitu. Kalau kebanyakan servernya gak kuat. Misal ratusan ribu poengunjung perhari. Tapi secara menu sih saya lebih suka dan familiar dengan wp daripada blogspot.

      Hapus
  10. kalo aku lebih nyaman pake wp self host mba,
    tapi pake blogger enaknya gk usah mikirin hosting ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebenarnya enakan pakai wp self host. Cuman kalau pakai blogger ya gak mikirin hosting. Terima kasih sudah berkunjung ya

      Hapus
  11. Hai kak yuk terbitin cerita-cerita kamu jadi sebuah buku di guepedia.com
    Guepedia.com adalah On-Publisher pertama di Indonesia. Tempat penulis berbakat yang ingin menerbitkan buku sebagai aktualisasi diri sekaligus mendapatkan uang dari hasil tulisannya tanpa harus menunggu lama.
    Guepedia membuka promosi untuk penulis yang ingin menerbitkan buku secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.
    Info lebih lengkap kunjungi website www.guepedia.com

    BalasHapus
  12. Enakan pake WP, kalo blogspot mah kita masih terbatas buat ngatur permalink artikel. Di WP juga masih banyak plugin SEO yang banyak banget. Pokoknya keren dah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yooii mas...sebenarnya sih enakan pakai wp . Tapi ini biar gak mikirin hosting aja pindah ke blogspot

      Hapus
    2. Sekarang blogspot sudah bisa ngatur permalink yang panjang. Hanya saja setting format yang tidak bisa. Jika urusan SEO tergantung bloggernya. banyak koq blogger blogspot dunia yang sudah bagus dengan blogspot, bahkan dengan sub domain blogspot.
      http://www.sneeit.com/
      http://www.bloggerplugins.org/
      http://www.mybloggertricks.com/
      http://buka-rahasia.blogspot.com/
      http://helplogger.blogspot.com/

      Hapus
  13. saya sendiri lebih suka make WP, soalnya kalo blog kan bukan punya sendiri, bisa aja tiba2 di delete google hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sih..tapi berdoa saja semoga tidak didelete google..

      Hapus
  14. Pakai blogspot enak juga sih mbak. Selain gratis, login-nya juga ga ribet soalnya udah jadi satu sama akun google hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. merasakan untungnya ya bau satu . Yaitu kemudahan login karena sama dengan email. Untuk fiturnya masih tetap belum familiar juga. hehehe

      Hapus
  15. Padahal banyak yang pada pindah ke WP mak ^^ hehehe


    Tapi ia, aku juga lebih nyaman ngeblognya di blogspot sih ^^ lebih gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh jujur lebih nyaman di wp mak. Ada jumlah katanya juga. Langsung kelihatan sudah nulis berapa banyak. Salam kenal mak..

      Hapus
  16. Wah saya habis pindahan rumah juga, dari blogspot ke wp. Paragraph jadi amburadul semua.. akhirnya nata satu-satu :( . Capek sekali ternyata boyongan itu ya Bu Nunung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah kita kebalikan dong ya Mas Inggit. Emang jadi amburadul sih. Capek ya kayak boyongan rumah aja. Hihi..

      Hapus
  17. Kalo saya lebih merasa famous dengan wp, nyaman dan simpel :D

    BalasHapus
  18. Saya= sukanya pakek wordpress hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh jujur sih emang enak pakai wp ya. Lebih familiar. Blog satunya yang gratisan juga masih pakai wp.

      Hapus
  19. Wah...padahal udah lama aku kepengen ngeblog di wordpress, emang sih blogspot lebih mudah tapi ngeliat tampilan blog-blog berbasis wordpress mupeng juga, templatenya oke-oke sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Mutia..template nya sih oke di wp. Plug innya juga lebih banyak..

      Hapus
  20. dari keduanya sih lebih senengan Wp ya. kalo blogspot itu makin bingung. kayanya butuh coding-coding gitu juga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KArena belum familiar dengan blogspot, makanya ini postingan nggak nambah-nambah. Hehehe..Ntar belajar blogspot dulu saya mas. Saya juga lebih seneng wp sih

      Hapus
  21. blogspot pluginnya lengkap nggal mbak? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nhaa..itu dia mas..saya juga belum begitu tahu dan belum begitu familiar. Kalau wp lengkap ya pluginnya

      Hapus
  22. wahh makasih infonya, bermanfaat banget :-)

    BalasHapus
  23. Bookmark dulu deh. Kali aja nanti butuh, hehe.
    Tapi selama ini, saya sudah nyaman dengan wp self hosted. Mungkin karena bayar gitu ya, jadi cukup rajin nulisnye, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan bookmark dulu mbak Sakinah. Yg kemarin saya juga wp self hosted mbak..Kemarin-kemarin juga rajin nulis. Kalau sekarang lagi males nih. Hihi.

      Hapus
  24. saya juga beberapa kali coba bikin blog di WP malah enggak mudeng. malah nyaman di blogspot, jadi enggak ganti-ganti deh. btw, kabarnya lagi isi ya? Selamat deh :)semoga sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi..kebalikan ya Mbak kita.Aku malah lebih mudeng di WP. Iya nih mbak lagi isi lagi. Alhamdulilah. Makasih ya mbak doanya..

      Hapus
  25. hemm... aku pemain baru di wp dan baru tau klw BS daya tampungny lebih dari Wp..
    makasih mbak infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga taunya dari yang tempat yang aku beli domain dan hosting mbak. Kalau blogspot lebih besar kapasitasnya. Sama-sama mbak..semoga bermanfaat infonya.

      Hapus
    2. heheee... iyh mbak...
      maaf sblmnya aku bukan cewek mbak :D

      tapi kenapa kok pindah ke blogspot kan lebih enak di wordpress meski kapasitasnya lebih kecil d banding blogspot..

      Hapus
    3. Waah sori Mas Ghilad. Kirain mbak niih. Hihi..

      Hapus
  26. Agak beda nih kasusnya, dari wp ke blogspot. Saya pernah pakai blogspot, tapi bentar saja sih. Kemudian dapet saran disuruh pake wp biar lebih mudah. Eh beneran lebih gampangan pake wp. Tapi kalo mba sendiri sih nggak tau nyamanan mana, wp atau blogspot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyamanan pakai wp sih. Tapi sama ya kita ribetnya. Sama-sama ribet pindahan

      Hapus
  27. Baru tahu kalo bisa dimigrasi... tau gitu aku gak perlu susah-susah baru ... ahh.. gini ni kali ilmu ngeblog masih cetek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa migrasi kook. Jadi nggak usah susah-susah bikin baruu. Aku juga masih newbie kok.

      Hapus
  28. Wah terimakasih banyak atas informasinya ya...
    Sangat bermanfaat bagi saya...

    BalasHapus
  29. emang ribet, sangat ribet

    BalasHapus
  30. Mba, rajin banget...
    Aku awalnya udah di blogspot, ampe sekarang. Pada rame2 ke wp juga aku setia aja deh hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ternyata Mbak Tesya pengguna setia blogspot yaa...Setia.Hihi...

      Hapus
  31. Belum pernah sih ngalamin yang namanya boyongan, tapi aku pernah pake dua-duanya blogspot maupun wordpress. Kalo aku lebih prefer pakai wordpress hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ngalami boyongan mbak Eny. Ribeet. Hihi..

      Hapus
  32. Walaupun punya dua duanya tapi lebih enak yang blogger mbak :D Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah mas punya wordpress dan blogspot ya. Hebat dong bisa ngelola dua-duanya yaa..

      Hapus
  33. aku dpt kerjaan (lagi) migrasi wp ke blogspot n googling krn udah agak lupa urutannya, eeeh kog nemu postinganmu dari hasil googling "migrasi wp ke blogspot" hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer