Menikmati Hijaunya Kebun Raya Cibodas

Beberapa waktu yang lalu kami berkesempatan mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Sebenarnya sudah lama sekali kami ingin berwisata ke Kebun Raya Cibodas.  Namun jarak yang jauh dan waktu cuti si ayah yang belum pas membuat perjalanan ke Cibodas tertunda terus. Baru beberapa bulan yang lalu kami sempat berwisata ke Kebun Raya ini. 

Kebun Raya Cibodas terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Dari Cipanas untuk menuju ke Cibodas bisa melewati Simpang Tiga Paragrejen. 

Kebun Raya ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johanes Elias Teijsman seorang ahli botani Belanda. 
Terletak di bawah Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1275 meter  membuat udara di kebun raya ini dingin dan sejuk. Udara sejuk dan pemandangan indah di Kebun Raya Cibodas membuat kebun raya ini menjadi salah satu tujuan wisata baik turis domestik maupun manca negara.

Selain lapangan rumput yang luas, Kebun Raya Cibodas ini juga mempunyai koleksi ribuan pepohonan seperti halnya Kebun Raya Bogor. Sekitar 5831 contoh tanaman ada di kebun ini. Selain ribuan pohon kebun raya ini juga mempunyai air terjun, Ada dua air tejun yang bisa dijumpai di Kebun Raya ini. Salah satunya terdapat di dekat Taman Sakura. Sedangkan satu air terjun lagi terdapat di dekat pintu masuk. Salah satu yang khas dari Kebun Raya ini adalah topografi lapangannya yang bergelommbang dan berbukit-bukit.

Berwisata ke Kebun Raya Cibodas ini murah meriah. Cukup membeli tiket seharga 9500 rupiah dan membayar sewa parkir mobil kita sudah bisa berkeliling kebun raya dan menikmati hijaunya rumput dan segarnya udara di Kebun Raya Cibodas.

tiket masuk



Dengan luas kurang lebih 80 hektar berkeliling Kebun Raya Cibodas cukup melelahkan. Tapi jangan khawatir kita bisa menyewa kuda dengan membayar beberapa puluh ribu atau naik kereta dengan membayar tujuh ribu rupiah. Kami sendiri membawa sepeda lipat . Jadi kalau salah satu dari kami ada yang capek, bisa gantian naik sepeda. Jangan khawatir tersesat karena ada petunjuk arah di berbagai sudut kebun ini. 

papan penunjuk 


naik kereta


bisa naik kuda

bisa gantian naik sepeda


Keindahan Kebun Raya Cibodas bisa dilihat dari berbagai foto di bawah ini. Ada banyak pohon termasuk pohon kayu putih di sini. Berbagai bunga juga tumbuh di kebun raya ini. Rumput yang luas dimanfaatkan anak-anak untuk main bola dan bulutangkis. Kebetulan kami membawa bola dan peralatan bulu tangkis ke sini.

hijau dan rimbun
berbukit-bukit

berbagai jenis pohon


hijau dan sejuk

pohon kayu putih


Jadi ingin menikmati wisata murah meriah dan segarnya udara dan hijaunya rumput? Main ke Kebun Raya Cibodas yuk guys. 





Komentar

  1. meskipun jauh, tp kebun raya cibodas masuk dlm list tmpt wisata yg aku sambangin sm keluarga nanti, makasih bnyak sharenya ya mbk nung, :)

    BalasHapus
  2. Sama-sama Mbak Inda. Yuk..kapan-kapan main ke Cibodas

    BalasHapus
  3. Murah harga tiketnya ya. Bisa ke sini buat nyari inspirasi hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Leyla..Tiketnya murah banget.Cuman jauh.Coba deket ya. Bisa dua kali sebulan ke sana.

      Hapus
  4. cocok banget untuk liburan bersama keluarga ya bu.. buat jomblower2 sepertinya diwajibkan membawa tmn aja, daripada keliing2 sendiri,, kan sediiihh hahaha..

    salam kenal bu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..kalau jomblo sih enaknya jalan jalan bareng sama teman mas. Biar ada yang diajak ngobrol. Terima kasih sudah berkunjung ..

      Hapus
  5. liburan emang seru sama anak-anak ya kan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda...seru banget liburan sama anak-anak..

      Hapus
  6. Bagus ternyata Kebun raya Cibodas. Pernah ke sana, tapi sampe parkiran anak-anak tidur dengan nyenyak. Gak tega buat bangun, jadi pulang lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sayang banget Mbak Myra. Dah sampai parkiran pulang lagi. Padahal kan perjalanannya jauh...Kapan-kapan main ke sana lagi Mbak. asiik kok.

      Hapus
  7. Wah,, enak memang main kesini, bisa naik kuda di antara pepohonan yang rimbun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asyiik banget. Naik kuda diantara pohon yang hijau

      Hapus
  8. bisa jadi alternatif wisata bersama dengan keluarga nih, kebetulan juga lagi pengen ke kebun raya cibodas pas akhir taun. Maklum, lumayan jauh nih heheehe

    BalasHapus
  9. wah bisa nih kalo lagi balik ke rumah mau sekalian mammpir ke cibodas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..silakan mampir kalau pas pulkam. Bagus kok tempatnyaa..

      Hapus
  10. kebetulan nih mba, saya lagi cari tempat yang indah dan hijau buat bawa jalan-jalan istri, semoga aja istri saya suka yah, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama...semoga bisa jadi tempat alternatif liburan berikutnya yaa..

      Hapus
  11. Balasan
    1. Hahaha..monggo silakan. Naik kuda aja kelilingnya. Kalau jalan kaki lumayan capek juga sih..

      Hapus
  12. Masukin list dulu, sapa tau bisa liburan akhir tahun ini. Kumpul2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan masukin list dulu. Semoga bisa jadi alternatif tempat liburan berikutnya yaa.

      Hapus
  13. Hijaunya Cibodas emang selalu bikin pengen balik lagi dan lagi, rasanya napas di sana tuh lega banget. Hahahaha. Yuk, jalan-jalan!

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah pernah ke Cibodas ya Mas. Iya jadi pengin kesana lagi ya. Hijaunya bikin kangen. Segaaaar...

      Hapus
  14. Aku masih penasaran mau lihat bunga sakura yang katanya tumbuh setahun dua kali di Kebun Raya Cibodas. Kayaknya lebih enak ke kebun raya ini ya daripada yang di Bogor. Kalau di Bogor, pas weekend, penuh sesak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah..aku malah baru tau loh ada bunga Sakura di Cibodas. Ikutan penasaran. Di sini lebih sepi daripada di Kebun raya Bogor. Mungkin karena jauh ya. Jadi orang lebih milih yang dekat-dekat aja di Bogor.

      Hapus

Posting Komentar