Rabu, 21 Maret 2018

Cara Membersihkan Kaca Berkerak dengan Mudah dan Ampuh

Hay guys, kali ini kita membahas tentang kebersihan rumah yuk. Maklum namanya juga emak-emak nggak bisa lepas dari yang namanya bersih-bersih rumah. Membersihkan rumah menjadi sebuah hal yang sering dilakukan untuk tetap menjaga penampilan rumah tetap rapi dan menarik. Meskipun saat ini sudah banyak jasa cleaning service, namun bukan berarti kita tidak perlu membersihkan rumah sendiri. Dari berbagai elemen yang ada di rumah, kaca menjadi satu hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkannya. Aku pribadi paling males kalau suruh bersihin kaca. Soalnya susah-susah gampang. Bukan tanpa alasan, kaca memang memerlukan cara khusus dalam membersihkan terlebih lagi yang sudah berkerak.
Membersihkan kaca yang sudah berkerak memang bisa dibilang susah-susah gampang. Padahal, perangkat atau element kaca hampir sudah pasti di temui disetiap rumah. Nah, untuk itu dalam kecempatan kali ini kita akan mengulas cara membersihkan kaca berkerak dengan mudah dan ampuh secara mendalam. Kerak yang terjadi pada kaca biasanya disebabkan oleh cipratan air yang tidak segera dibersihkan dan akhirnya membuat kaca menjadi berjamur.


Nah, daripada susah membersihkannya lebih baik kita melakukan pencegahan. Pencegahan dapat kita lakukan dengan rutin membersihkan kaca setiap setelah terkena air. Apalagi jika air tersebut merupakan air hujan yang diklaim lebih mudah untuk menimbulkan jamu pada kaca. Yuk kita simak beberapa tips dan trik membersihkan kerak pada kaca yang dirangkum di bawah ini.
  • Cara Membersihkan Kaca Berkerak Dengan Pasta Gigi
Siapa sangka barang sehari-hari yang kita pakai ini tanpa disadari ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu alat pembersih kaca berkerak. Bahkan, kemampuannya dalam menghilangkan kerak disebut-sebut lebih baik dari alkohol. Meskipun demikian, tidak semua jenis pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan kaca berkerak. Pasta gigi yang dapat digunakan untuk membersihkan kaca berkerak adalah pasta gigi yang memiliki kandungan butiran lembut di dalamnya.
Untuk melakukannya, caranya pun sangat mudah yakni hanya dengan mengusapkan pasta gigi tersebut ke permukaan kaca yang berkerak. Setelah diusapkan dan dilumurkan secara merata, maka tahap selanjutnya kita hanya tinggal menunggunya mengering. Setelah mengering, bilas dengan air sembari digosok menggunakan sikat. Nah, jika sudah maka kita tinggal mengelapnya menggunakan koran agar kering.
  • Cara Membersihkan Kaca Berkerak Dengan Alkohol
Seperti yang sudah sedikit disinggung di segmen pertama, alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca berkerak. Meskipun banyak yang mengungkapkan jika kemampuannya tidak sebaik yang dimiliki pasta gigi. Alkohol yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada kaca sendiri merupakan alkohol 50% hingga 90%.
Nah, cara menggunakan alkohol untuk membersihkan kaca ini pun terbilang sangat mudah. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membasahi kain bersih mengunakan alkohol. Kemudian, langkah selanjutnya gosokan kain yang sudah dibasahi dengan alkohol tersebut ke permukaan kaca yang berkerak. Karena sifat alkohol yang berupa cairan dan mudah menguap maka kita butuh usaha ekstra dalam hal ini.
  • Cara Membersikan Kaca Berkerak Dengan Blau
Mungkin beberapa dari kita sudah ada yang mengetahui apa itu blau. Ya, blau merupakan sebuah pewarna biru yang biasanya digunakan untuk mempertajam warna pada pakaian. Siapa sangka, selain bisa digunakan untuk membuat warna pakaian menjadi cerah, barang yang satu ini juga efektif untuk membersihkan kaca. Caranya hampir sama dengan ketika kita menggunakan pasta gigi.
Pertama-tama, kita harus mencampurkan blau ke dalam air hingga mengental. Kemudian, jika sudah mengental, maka kita bisa mengoleskannya ke permukaan kaca hingga merata. Setelah itu, jika sudah merata maka diamkan sampai kering dan kemudian bilas dengan digosok menggunakan sikat gigi bekas.
  • Cara Membersihkan Kaca Berkerak Dengan Cuka
Jika teman-teman suka makan bakso, cuka tentu menjadi salah satu hal yang tidak asing lagi. Namun rupanya, selain bisa menambah kenikmatan makanan, cuka juga bisa digunakan sebagai alat pembersih kaca berkerak. Caranya adalah dengan mencampurkannya ke air dengan takaran 1 banding 1:1. Nah, jika sudah tercampur kita tinggal menyemprotkannya ke permukaan kaca berkerak dan mendiamkannya sekitar 5 menitan. Jika sudah, maka kita tinggal membilasnya dengan air panas.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan kaca berkerak yang ampuh dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Meskipun sebenarnya saat ini sudah ada obat khusus untuk membersihkan kerak, namun dengan menggunakan beberapa bahan di atas, kita bisa menghemat bajet yang kita miliki.

6 komentar:

  1. Wah aku baru tahu kalau membersihkan kaca berkerak bisa menggunakan pasta gigi. Nice info, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Alida. Semoga informasinya berguna ya.ĺ

      Hapus
  2. bisa jadi rekomendasi banget nich untuk bersihin kaca di rumah udah pada buram dan kotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas...semoga abis baca ini membersihkan kaca jadi lebih mudah ya

      Hapus
  3. ternyata cuka dan alkohol bisa untuk bersihkan kaca ya. kalau untuk bersihkan dinding kamar mandi bisa nggak ya mbak? btw makasih sharing nya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah coba sih untuk kamar mandi. Bagaimana kalau kita coba besok? Hihi..Semoga bermanfaat ya tipsnya.

      Hapus