Cara Mudah Cek Jadwal Keberangkatan Kereta Api

Kereta api masih menjadi salah satu favorit moda transportasi publik bagi sebagian masyarakat. Yup...selain bebas macet, naik kereta api terasa lebih menyenangkan apalagi di siang hari karena kita bisa melihat banyak pemandangan bagus di luar.


Pemandangan indah (dok.pri)




Saya sendiri adalah salah satu pemakai jasa transportasi publik ini. Kalau pulang ke Blitar Jawa Timur biasanya kami naik kereta api karena kalau nyetir sendiri dari Jakarta ke Blitar si ayah nggak kuat. Biasanya kami naik kereta api Gajayana atau Majapahit tergantung budget. 

Dulu jika kita  mau naik kereta api harus pergi ke stasiun untuk melihat jadwal keberangkatan kereta api. Kini semua lebih mudah. Tidak perlu pergi ke stasiun untuk melihat jadwal kereta api. Kita bisa cek jadwal lengkap keberangkatan kereta api di sini.

Dengan melihat jadwal kereta api online, proses pembelian kereta api menjadi lebih mudah. Hemat waktu, tenaga dan biaya tentunya karena tidak usah repot pergi ke stasiun untuk membeli tiket kereta api. Jadwal keberangkatan kereta api bisa kita lihat 90 hari sebelumnya. Jadi kita bisa memesan tiket kereta api 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. 



Pulang kampung lebaran kemarin kami memilih transportasi kereta api untuk arus mudik  mudik ke Jakarta. Sebenarnya kami pulang naik mobil pas pulang kampung, tapi karena si ayah sudah buruan masuk kerja dan kami masih extend karena libur anak-anak masih lama, akhirnya pulang ke Jakartanya naik kereta api.
Stasiun Blitar (dok.pri)

Kebetulan karena tiket bisa dibeli jauh-jauh hari, kami cek jadwal keberangkatan kereta api dari Traveloka dan membelinya di sana. Karena berbarengan dengan lebaran, kenaikan kelas dan melihat harga tiket Gajayana yang mahal, akhirnya kami memutuskan naik kereta api Majapahit sesuai budget. Alhamdulilah anak-anak bisa diajak kerja sama. mau naik Gajayana oke, naik Majapahit pun bukan masalah buat mereka. 

Kereta Api Majapahit (dok.pri)


Tips bepergian dengan kereta api :

1. Tentukan jenis kereta yang akan kita naiki apakah ekonomi atau eksekutif. Sesuaikan dengan  budget kita.

2. Lihat jadwal kereta api yang lengkap di website yang kita percaya seperti Traveloka.




Di Traveloka kita bisa melihat jadwal kereta api secara lengkap. Dari Pasar Senen misalnya.terdapat  jenis kereta api yang menuju ke Blitar lengkap dengan nama kereta, jam berangkat, lama perjalanan dan jam tiba. Harga tiket kereta api juga jelas tertera di sana. Jadi kita bisa memilih dan putuskan ingin naik kereta api yang mana setelah melihat jadwalnya. Tentu saja disesuaikan dengan waktu kita. 

3. Membeli tiket kereta api di website pilihan.

4. Saat hari H pastikan waktu kita cukup untuk pergi ke stasiun.
Lebih awal lebih baik agar kita tidak ketinggalan kereta. Karena ketinggalan kereta itu nyesek jendral. Hehehe. Jadi ingat tiket Gajayana yang hangus beberapa tahun lalu gara-gara si ayah mepet pergi ke stasiun. Padahal telatnya cuma 5 menit.

Nah itu dia tips dari fadevmother untuk yang ingin bepergian dengan kereta api. Happy traveling guys...

Komentar

  1. Duh belum kesampaian traveling naik kereta nih, padahal mupengnya dari tahun lalu, huhuhu.
    Pengen banget padahal, pesan tiketpun lebih mudah melalui Traveloka ya.
    Bahkan bisa cek jadwal keberangkatan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mbak naik kereta. Anak anak suka loh. Ke tujuan yang dekat aja dulu.
      Surabaya Yogyakarta gitu sekalian jalan-jalan ke Jogja.

      Hapus
  2. Penting sekali buat cek jadwal keberangkatan KA sebelum kita booking tiket ya mom. Jangan sampai kita ketinggalan KA gara2 salah jadwal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Harus itu...salah jadwal berabe doong. Hihihi

      Hapus
  3. Ibuku selalu bilang "Lebih baik penumpang yang menunggu daripada ketinggalan kereta."
    Aku juga pernah ngalamin **hampiiirr ketinggalan pesawat karena terlalu asik ngobrol sama keluarga.
    Gak diulang lagi...karena bikin sport jantung banget...trus merugikan penumpang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketinggalan entah pesawat entah kereta itu pasti bikin deg degan dan sport jantung ya Mbak.

      Hapus
  4. Yey makin keren saja ni Traveloka. Saya waktu ke Jember Jawa Timur kemarin cek dan pilih tiket kereta yang sesuai juga nyarinya di Traveloka ini. Sangat membantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya praktis. Cek jadwal kereta sekaligus beli di Traveloka tiketnya.

      Hapus
  5. Iya, harus estimasi waktu sebelum datang ke stasiun. Jangan mepet banget. Biar ada napas dan fokus lihat tiket dapat duduknya di mana 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau mepet mepet itu bikin spot jantung ya Mbak.

      Hapus
  6. Kudu aware banget soal jadwal kereta ya mba. Salah Salah malah jadi ketinggalan, bisa rugi uang dan waktu, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harusnya emang diperhatikan dulu ya mau berangkat jam berapa. Jadi bisa kira kira berangkatnya kapan ya Mbak.

      Hapus
  7. Aku belom pernah pesan tiket kereta via traveloka mba, tapi kayaknya bisa dicoba, lebih ringkes lewat aplikasi aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lumayan sih beberapa kali beli tiket kereta api lewat aplikasi Traveloka. Hemat waktu, tenaga dan praktis sih.

      Hapus
  8. Setuju! Aku juga lebih seneng naik kereta sekarang karena udah nyaman juga sih transportasi umum yang satu ini tuh. Pengalaman hampir ketinggalan kereta nggak bikin aku kapok sih berburu tiket murah dan pilih naik kereta lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta api sekaramg bagus bagus sih meskipin ekonomi. Nggak kayak jaman kita dulu..

      Hapus
  9. jadi inget jg kalau saya lamaaa banget gak naik kereta api sekeluarga. pengen deh naik gajayana juga. kapan yaaa...diagendakan dulu lah

    BalasHapus
  10. Ini transportasi favorit keluarga aku kemana2 naiknya kereta kalo di lihat kereta sekarang lebih bagus dan lebih tertib jadi merasa nyaman aja dan yang pasti lebih cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau jarak jauh emang enak naik kereta Mbak. Nyaman dan tanpa macet yaa..

      Hapus
  11. Udah lama banget ga pernah naik kereta gajayana terakhir 2010 hehehe pgn naik lagi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah dah lama ya Mbak. Sudah 9 tahunan tuh gak naik Gajayana. Sekarang malah ada yg luxury loh.

      Hapus
  12. AKu juga kalau beli tiket2 pesawat maupun kereta mengandalkan traveloka. Sekarang kereta enak sih ya, mulai ekonomi pun udah nyaman. Anak2ku jg udah merasakan semua kereta baik yg paling murah sampai yg paling mihil hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...sekarang kereta ekonomi nyaman kok nggak kayak jaman dulu. Anak anak juga flexible. Mau yang mahal ayoo, mau yang murah juga biasa aja.

      Hapus
  13. Aku udah lama banget ngga naik kereta api, jadi pengen jalan2 naik kereta api ajak anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk Mbak ajak anak-anak naik kereta api. Pastii sukaa...

      Hapus
  14. Bener nih, aku sekarang ngecek-ngecek jadwal kereta api memamg di traveloka. Praktis. Tinggal buka aplikasi aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mau cek jadwal kereta sekarang peaktis Mbak Nia. Tinggal buka aplikasi Traveloka aja.

      Hapus
  15. Aku mau naik kereta api ah nanti. Senang banget bisa naik kereta api bersama keluarga ya mba. Apalagi skarang kereta api juga udah nyaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk Mbak kalau pulang ke Kudus naik kereta api. Bisa turun di Semarang.

      Hapus
  16. Naik kereta skrg nyaman bgt lho, baik kls ekonomi sampai eksekutif.

    Apalagi skrg gampang ya pesan tiket kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta api nyaman, meskipun ekonomi ya Mbak. Pesen tiket pun sekarang gampang karena banyak aplikasi pemesanan tiket kereta api.

      Hapus
  17. Paling deg deg an kalo soal kereta nih, ak 2x ketinggalan soalnya. Tp skrg udah mudah ya cek cek nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sampai dua kali ketinggalan mbak? Aduuuh sayang banget ya uangnya.

      Hapus
  18. Wah..kereta api favorit aku sama anak kalo berpergian..ditambah ada traveloka yang mudahin kita pesen tiket tanpa ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lewat Traveloka bisa pesen kereta api tanpa ribet Mbak.

      Hapus
  19. sangat bermanfaat sekali. ini membantu sekali soalnya suka waswas takut ketinggalan keberangkatan keretanya nih

    BalasHapus
  20. Waktu lebaran kemarin adek pesen tiket kereta via Traveloka. Awalnya penuh, setelah itu dapet notifikasi bahwa ada kursi kosong. Langsung gercep dibeli. Enaknya pesen di Traveloka kita bisa dapet notifikasi langsung pas butuh tiket saat masa liburan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah saya malah baru tau kalau dapat notifikasi ada tiket kosong dari Traveloka kalau awalnya dah pesen tapi penuh. Thanks infonya ya

      Hapus
  21. aku gagal fokus liat thumbnail gambarnya, jadi laper :p

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer