Manfaat Asuransi bagi Keluarga

Risiko yang mengancam kehidupan kita tentu tidak bisa lepas begitu saja. Berbagai macam risiko sebenarnya dapat dihindari, namun yang menjadi masalah adalah konsekuensi dan akibat yang ditimbulkan. Terlebih risiko kesehatan menjadi ancaman yang serius, bagi diri kita sendiri maupun anggota keluarga lainnya.

Faktor risiko kesehatan yang muncul memang akan menimbulkan dampak yang sulit untuk diatasi. Namun setidaknya kita bisa mengurangi dampak yang timbul tersebut, salah satunya dengan memiliki asuransi. Berbicara mengenai asuransi, tidak semua orang memiliki pemahaman yang cukup. Karenanya, kebanyakan masyarakat menilai negatif jika mendengar kata asuransi.
Padahal asuransi merupakan sebuah sistem pengalihan risiko dari pihak tertanggung kepada pihak yang ditanggungkan jika suatu kejadian merugikan tertanggung terjadi. Sederhananya, asuransi merupakan sebuah cara untuk mengurangi dampak dari risiko yang kita alami sesuai dengan perjanjian yang disepakati.

Harus diakui bahwa, risiko kesehatan menjadi ancaman besar bagi kita maupun anggota keluarga. Melihat hal tersebut, banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi kesehatan untuk menjamin perlindungan kita dan keluarga. Dengan adanya asuransi kesehatan, segala biaya proses kesehatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.  Namun berikut ini beberapa manfaat asuransi kesehatan bagi keluarga:


  1. Pendidikan anak terjamin
Sebagai orang tua kita tentu selalu memikirkan masa depan anak. Oleh karena itu, kita terus bekerja tanpa mengenal rasa lelah agar anak bisa mendapat kehidupan yang layak. Namun ketika kita terkena sakit, biaya pengobatan yang seharusnya sebagai tabungan pendidikan anak harus digunakan. Hal ini tentu saja memberi ketidakpastian akan pendidikan anak di masa mendatang.

Oleh karena itu, dengan adanya asuransi kita tidak perlu lagi khawatir akan menggunakan dana dalam jumlah besar sebagai biaya pengobatan. Dana tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi, sehingga kebutuhan pendidikan anak tetap tercukupi. Kita tidak perlu lagi khawatir memikirkan masa depan anak yang tidak pasti.



  1. Memberi rasa aman
Risiko dari kesehatan tentu memberi dampak yang buruk. Salah satunya adalah biaya besar yang dibutuhkan, sehingga kita ketakutan jika suatu saat terserang suatu penyakit dan membutuhkan biaya yang besar. Padahal dana yang kita miliki masih akan digunakan untuk kebutuhan lain. Dengan adanya asuransi, kita tidak akan memikirkan ketakutan semacam itu. Jika suatu saat ada yang musibah yang melanda, maka pihak asuransi yang akan memberikan sejumlah dana. Kita hanya perlu patuh pada aturan dan kewajiban yang telah ditetapkan.

  1. Membantu kita dalam mengatur keuangan
Perencanaan keuangan adalah hal yang penting untuk dilakukan, terlebih bagi kita yang sudah berkeluarga tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Asuransi bisa menjadi solusi bagi kita yang telah merencanakan keuangan jangka panjang, sehingga faktor risiko kesehatan yang mengancam di masa depan bisa dilindungi dengan asuransi.

Bagi yang masih pemula, memiliki asuransi bisa menjadi keuntungan tersendiri. Kita bisa mengatur keuangan sedini mungkin dengan manfaat perlindungan yang akan dirasakan di masa depan. Terlebih bagi kita yang masih muda, keuntungan lain yang bisa didapatkan seperti biaya premi yang lebih murah. Oleh karena itu milikilah asuransi sedini mungkin, agar semakin banyak manfaat yang kita dapatkan.

  1. Mendapatkan layanan kesehatan yang tepat
Kita tentu pernah mendengar ada kasus seseorang yang tidak mendapat kesehatan yang layak karena kekurangan dana. Atau mereka yang mendapat perawatan seadanya saja, sehingga pasien tidak kunjung sembuh. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan terlebih bagi mereka yang terkena penyakit serius dan membutuhkan perawatan jangka panjang.

Kejadian tersebut tidak akan kita alami karena memiliki asuransi kesehatan. Fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh asuransi sudah memadai dan sesuai dengan kebutuhan sakit yang diderita. Oleh karena itu pengguna asuransi akan lebih cepat sembuh karena mendapatkan perawatan yang layak, mendapatkan pengobatan yang sesuai kebutuhan, serta fasilitas kesehatan yang memadai.



  1. Lebih efisien
Perawatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, telah memiliki standar dan prosedur yang baik. Oleh karena itu kita tidak perlu mengeluarkan dana tambahan ketika menjalani sebuah pengobatan. Semua hal detail dan rinci tentu sudah diatur oleh perusahaan asuransi sehingga kita dan anggota keluarga mendapat manfaat kesehatan yang baik.


Komentar

  1. Financial planning memang kudu dilakukan dgn sangat cermat ya Mba
    Apalagi seputar insurance seperti ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Nurul. Financial planning harus cermat.

      Hapus
  2. Udah kayak payung kalau terjadi apa-apa yg tak terduga bisa dicover dari asuransi yang akan kita pilih nantinya ya mbak. Makasih buat pencerahannya yah mbak
    -rurohma[dot]com-

    BalasHapus
  3. iya bener banget.. kalo punya asuransi tuh menenangkan.. apalagi asuransi pendidikan untuk anak2.. semoga kita dimudahkan ya utk bisa punya asuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti punya payung sebelum hujan mbak. Buat jaga-jaga. Jadi tenang..

      Hapus
  4. Asuransi memang penting sekali dan sangat banyak manfaatnya yang bisa kita dapat buat ke depannya nanti. Tinggal disesuaikan saja dengan budget dan tentunya kebutuhan kita serta pilih perusahaan asuransi yang sudah terpercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Lianny. Mempunyai asuransi juga harus disesuaikan dengan budget kita agar tidak terasa berat menjalaninya.

      Hapus
  5. Kalau menurutku penting sekali memiliki asuransi, apalagi bisa dimulai sejak dini ya mbak, Karena dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, secara tidak langsung kita sudah memberikan proteksi diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...mempunyai asuransi seperti memproteksi diri ya Mbak Chichie.

      Hapus
  6. Tadinya saya agak gimana gitu pandangannya tentang asuransi. Mungkin karena pernah salah milih, ya. Makanya ikut aja waktu suami pilih asuransi. Setelah merasakan manfaatnya, baru deh saya percaya kalau memiliki asuransi memang penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tau manfaat asuransi karena sejak saya SMP bapak mulai ikut asuransi buat anak-anaknya.

      Hapus
  7. Duh, aku jadi ingat, dulu termasuk yang alergi asuransi!
    ... karena tak kenal maka tak sayang.
    Iya, dulu aku belum tahu banyak tentang asuransi, apalagi akses informasi belum sekencang saat ini.

    Alhamdullilah, sejak 2010 sudah ikut asuransi unik link, proteksi sekaligus investasi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya bun asuransi dengan unit link proteksi sekaligus investasi ya bun.

      Hapus
  8. Asuransi yang masih bisa aku percaya yaitu asuransi pendidikan buat anak. Setidaknya ini ada jangka waktu yang jelas dan bisa diambil jika ada kebutuhan buat sekolah anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Andiyani, asuransi pendidikan ada jangka waktunya dan bisa diambil saat anak kita memasuki jenjang pendidikan tertentu ya.

      Hapus
  9. Segala sesuatu emang perlu perencanan dan persiapan ya Mbak. Apalagi ini untuk jangka panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak asuransi itu untuk jangka panjang. JAdi harus benar-benar terencana.

      Hapus
  10. TErjamin & ada rasa aman bener banget mbak itu yang aku rasakan sejak punya asuransi. ALlhamdulilah anak-anak juga punya sejak baru lahir dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..alhamdulilah ya Mbak Lidya punya asuransi sejak anak-anak lahir. Sudah melek asuransi sejak lama ya Mbak.

      Hapus
  11. Aku asuransi kesehatan dari kantor, dulu punya asuransi pendidikan tapi rasanya tekor jadi sekarang nabung biaya pendidikan anak dengan LM dan Reksadana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku malah masih buta mbak sama reksadana. Kapan kapan belajar reksadana ah..

      Hapus
  12. Asuransi untuk keluarga itu penting sih, anak-anakku juga dulu punya asuransi pendidikan. Sekarang lagi mikir mau pakai tambahan asuransi kesehatan selain yang udah ada dari pemerintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya asuransi kesehatan lain selain yang punya pemerintah butuh juga mbak. Kami juga punya dua asuransi kesehatan. Satu yang pemerintah satu swasta.

      Hapus
  13. Bener ya manfaat asuransi bnyak bnget,, bisa dipakai pass saat membutuhkan dan tentunya gak bikin khawatir nantinya

    BalasHapus
  14. Aku termasuk telat mikirin asuransi buat keluarga. Mikirnya dulu yakin aja sama Gusti Allah. Semakin ke sini baru sadar kalau asuransi juga wujud ikhtiar. Oalah, ke mana aja aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku asuransi itu wujud dari ikhtiar mbak. Makanya sejak kecil anak anak juga punya asuransi.

      Hapus
  15. aku belum paham soal reksadana sih mba, uruan asuransi masih yang berkaitan ama negara aja. ma kasih infonya yah, semangat nabung dan inves ya

    BalasHapus
  16. Asuransi emang sangat bermanfaat banget... Kebantu kalau lagi sakit atau apa gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbantu sekali pas kita sakit mbak kalau asuransi kesehatan.

      Hapus
  17. Asuransi kesehatan akan memberi ketenangan kepada orang tua sehingga dana pendidikan untuk anak-anak tidak terganggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak kayak punya yang buat jaga jaga gitu saat kita atau anak anak sakit.

      Hapus
  18. Asuransi sekarang jadi andalan banyak keluarga Indonesia ya mbak. Pilihannya juga sudah beragam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan asuransi sekarang lebih banyak dan lebih beragam dibandingkan jaman dulu mbak.

      Hapus
  19. Wah memberi rasa aman ya karena sudah dicover sama asuransi kalau ada apa-apa. Manfaatnya yang banyak jadi tujuan banyak orang menggunakan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dian memberi rasa aman ya asuransi itu.

      Hapus
  20. Namanya juga persiapan menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, kita perlu memproteksi diri dengan kepemilikan asuransi. Nggak ada sih yang mau terkena hal2 tak diinginkan, tapi tetap harus ikhtiar untuk menjamin kondisi keluarga jika terjadi sesuatu hal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku juga seperti itu mbak. Ikut asuransi itu bukan gambling tapi merupakan salah satu bentuk ikhtiar kita

      Hapus
  21. Asuransi untuk anak yg penting sekarang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Kalau buat anak anak asuransi pendidikan penting ya

      Hapus
  22. banyak ya sebenarnya manfaat asuransi, tapi entah mengapa saya kok belum tertarik daftar ya mbak. Saya dan suami memilih untuk menabung dirumah aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menabung di rumah juga bagus sih mbak. Kalau asuransi itu soalnya mantep mantepan sih menurutku.Ada yang mantep pakai ada juga yang tidak

      Hapus
  23. Iya mba setuju... asuransi memang penting banget buat perencanaan anak2 yang lebih terarah ya... jadi ga khawatir menatap masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ira. Ikut asuransi juga buat masa depan anak anak

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer