Rabu, 31 Maret 2021

Mewujudkan Mimpi si Calon Desainer Grafis dengan Laptop ZenBook Flip S ( UX371)




Maret sebentar lagi berakhir, sudah tiga bulan menjalani tahun 2021. Tahun yang berat buat sebagian orang yang terkena dampak covid 19. Anak-anak belajar daring dari rumah, para ayah juga bekerja dari rumah. 

Sejak diberlakukannya daring awal Maret 2020 semua pembelajaran dilakukan di rumah. Termasuk anak-anakku juga belajar di rumah. Saat beberapa anak mengeluh tentang bosannya atau susahnya belajar daring kedua anakku malah lebih menikmati. Dengan belajar di rumah mereka lebih punya banyak waktu untuk mengerjakan passionnya. Kebetulan keduanya tertarik dengan fotografi, videografi dan editing video. Apalagi si sulung. Dia sangat tertarik dengan semua hal yang berhubungan dengan desain grafis dan photo manipulation. Selama daring jika ada waktu setiap harinya dia mengasah kemampuan photoshopnya. Sejak kelas 5 SD dia belajar adobe photoshop secara otodidak. Kini dia kelas 9 dan sejak daring ada kesempatan untuk mengikuti berbagai kursus online photoshop dan desain grafis untuk pertama kalinya. 

Karena hobinya desain grafis. Berbagai font berlisensi dia beli, tools-tools berbayar juga dia beli untuk menunjang hobinya. Sebagai orang tua yang baik tentu saja aku mensupportnya meski font-font berlisensi dan tools-tools berbayar itu harus dibeli dengan dolar. Melihat semangat dan antusiasnya belajar desain grafis dan videography  membuatku bangga meski pada awalnya dia belajar secara otodidak.

Suatu hari dia berteriak kegirangan saat mendapatkan klien pertamanya. Berjam-jam dia habiskan untuk mengerjakan project pertamanya, yaitu edit photoshop dengan tingkat kesulitan agak tinggi. Hasilnya memang tidak seberapa, hanya cukup untuk membeli 10 mangkok bakso. Namun aku bisa melihat rasa puas dan rasa bangga di binar matanya. Yaah finally di kelas 9 atau 3 SMP dia bisa menghasilkan dari apa yang menjadi passionnya. Singkat cerita si klien ini sampai repeat order sampai 6 kali karena puas dengan hasil edit  photoshop anakku. Oya si sulung ini juga bikin  blog sendiri yang berisi beberapa portofolionya di dunia desain grafis. 




Yuuup...banyak sisi positif dan negatif dari daring. Bagi anakku banyak sisi positif yang mereka dapatkan. Dengan daring dan tidak harus berangkat sekolah dari jam 7 pagi sampai 5 sore dia bisa lebih mengasah bakat dan passionnya karena mempunyai lebih banyak waktu. Termasuk waktu untuk belajar desain grafis dan videography. Entah berapa puluh video youtube yang dia tonton untuk belajar. Sampai akhirnya matanya berbinar bahagia saat beberapa waktu lalu dia ditunjuk untuk menjadi team panitia dalam acara perpisahan kelas 9. Tugasnya tentu saja sesuai dengan minatnya yaitu mendesain logo untuk kaos dan  buku tahunan sekolah. Di bawah ini adalah salah satu karyanya untuk desain kaos dan buku tahunan,  logo treize dengan bintang di atasnya.






Meskipun  masih duduk di  kelas 9 dia sudah mempunyai keinginan untuk  berkreasi.  Kemarin dia bilang " Bu, bolehkah aku dapat uang jajan dengan desain kaos? nanti kujual ke  teman-temanku yang pesan  ya Bu. Untuk cetak kaosnya nanti ada tempat yang bisa cetakin kaos-kaos custom Bu, " katanya. Dan kemarin beneran dia cetak kaos desainnya. Yaah meskipun di desain kaos pertamanya ini teman-temannya belum ada yang beli karena dianggap terlalu mahal karena cetak depan belakang, tapi aku salut sama anakku yang mau mencoba usaha berdasarkan passionnya. 




Jadi kalau ada yang bertanya tentang resolusi 2021 ku selain ingin   sehat, salah satu resolusiku sederhana saja yaitu memfasilitasi  mimpi si kakak sebagai desainer grafis dan content creator agar bisa menghasilkan karya foto atau video yang bagus. Sebagai desainer grafis atau content creator dibutuhkan laptop yang mumpuni. Sayangnya dia belum mempunyai laptop. Selama ini semua karyanya dikerjakan di komputer dengan spesifikasi seadanya. Dua tahun lalu dia pernah dibelikan laptop bekas oleh ayahnya. Namun karena setiap hari dipakai belajar desain grafis , videography  dan lain-lain sementara kemampuan laptopnya terbatas, akhirnya laptop itu rusak setahun yang lalu. Jadi selama ini dia pakai komputer untuk mengerjakan hobinya.


Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

 

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.  


Minggu depan  si sulung  dan adiknya mewakili sekolah untuk ikut lomba poster antar SMP . Langsung kepikiran andai dia punya laptop berstylus sepertinya bikin posternya lebih mudahJujur aku emak-emak gaptek laptop. Bertahun-tahun juga ngeblog pakai komputer. Namun karena sepertinya anakku butuh laptop akhirnya baca-baca artikel tentang laptop yang cocok untuk desain grafis.  Dan aku langsung jatuh cinta dengan laptop ZenBook Flip S (UX371).  Biar nggak penasaran apa yang bikin aku jatuh cinta , mari kita bahas fiturnya.


DESAIN

Sebagai  laptop convertible paling premium dari ASUS,  laptop ASUS  ZenBook Flip S (UX371)   ini mempunyai  desain yang mewah, ringkas dan ringan. Bentuknya  sangat elegan, dengan tepian diamond-cut berwarna Merah Tembaga yang secara sempurna melengkapi finishing Jade Black yang abadi. Hiasan dengan finishing brushed-aluminum di sepanjang tepian keyboard menambahkan sentuhan akhir yang halus, menciptakan tampilan keseluruhan yang mewah. 

Layar laptopnya juga    dapat diputar hingga 360 derajat. Waaah langsung bayangin anakku gambar dengan laptop yang bisa diputar 360 derajat. Pasti lebih mudah dan nyaman buat mereka.



KUALITAS LAYAR

ZenBook Flip S (UX371) kali ini telah dilengkapi dengan panel layar OLED yang memiliki resolusi 4K. Laptop dengan resolusi layar lebih tinggi bagus untuk kesehatan mata. Selain itu OLED menawarkan kualitas dan akurasi warna lebih baik khususnya pada reproduksi warna hitam dimana hanya panel OLED yang mampu mereproduksi warna hitam yang sesungguhnya.

Aku pernah nanya sama si sulung, kalau desain grafis itu butuh laptop yang seperti apa. Karena lebih banyak bekerja dengan warna-warna dia bilang dia butuh layar yang menampilkan warna dengan detail.  

Nah sepertinya ZenBook Flip S (UX371) ini cocok deh buat anakku. Panel OLED yang dimilikinya mampu menampilkan kontras warna yang lebih baik dan telah mendukung fitur HDR yang menawarkan detail gambar yang jauh lebih baik karena memiliki dynamic range lebih luas.

Kualitas reproduksi warna di layar ZenBook Flip S (UX371) juga dibuktikan oleh tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 hingga 100% dan sertifikasi dari PANTONE sehingga laptop ini dipastikan dapat menunjang kebutuhan profesional kreatif. Sebagai desainer grafis yang berhubungan dengan warna, tentu saja anakku akan sangat membutuhkan laptop ini.

Selain itu laptop ini juga telah mengantongi sertifikasi dari TUV Reinland untuk flicker free dan free blue light. Hal ini membuat mata tidak cepat lelah dan juga baik untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.




PRODUKTIFITAS TIDAK BERKURANG MESKI MOBILE

Sebagai pemakai komputer yang tidak bisa mobile, terus terang produktifitas anakku terbatas. Dia hanya bisa mengerjakan tugasnya di ruang belajar di rumah. ZenBook Flip S (UX371) ini sangat portabel dan serbaguna tanpa batas, jadi bisa dibawa-bawa. Bahkan bisa mengerjakan tugas dalam mobil saat dia kami ajak jalan-jalan sekedar muterin kota. Beberapa kali  dia menolak buat diajak jalan muterin kota  dengan alasan banyak tugas dan tidak bisa ditinggalkan.  

Desainnya  ramping dan ringkas, ringan dengan berat hanya 1,2 kg dan setipis 13,9 mm.  Mupeng banget kan lihat laptop ringan dan mudah dibawa seperti ini. Praktis dibawa bahkan dimasukkan tas.  Dengan kapasitas 67 Wh baterai pada laptop ini bisa bertahan hingga 15 jam. Selain itu teknologi pengisian cepatnya bisa mengisi daya hingga 60 persen hanya dalam waktu 49 menit saja. Ngecharge nya pun bisa dengan USB type C  dengan pengisi daya yang portable. 




PERFORMANCE


Dalam pekerjaan desain dan editing video,  processor sangat dibutuhkan untuk aktifitas multi tasking, kalkulasi atau rendering objek grafis. Untuk pekerjaan ini tentu saja dibutuhkan processor dengan kinerja paling tinggi. Jangan khawatir karena ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan   prosesor 11th Gen Intel Core terbaru yaitu Intel Core i7-1165G7.  Dilengkapi dengan  GPU yang terintegrasi Intel Iris Xแต‰ Graphics yang memiliki performa yang tinggi.  

Huhuhu mupeng banget kan melihat ZenBook Flip S (UX371) ini. Ternyata selain processor yang oke, laptop ini juga telah terverifikasi sebagai laptop intel EVO. Jadi performanya sangat responsif, konektifitas terdepan dan daya baterai yang panjang.


Sebagai blogger kebutuhan RAMku tidak begitu tinggi. Namun pekerjaan desain grafis dan editing video membutuhkan laptop dengan RAM yang tinggi agar tidak ngelag karena melakukan banyak pekerjaan di satu waktu. Nah cocok banget nih. ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan 16 RAM sehingga bisa bekerja dengan kecepatan maksimal tanpa hang. Seperti kita ketahui fungsi utama RAM adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu aplikasi sedang berjalan. Makin besar RAM, makin banyak pula data yang bisa diproses bersamaan . 


SSD NVMe

SSD atau Solid State Drive adalah salah satu bagian dari komputer yang berguna sebagai media penyimpanan dan booting. Dengan  SSD NVMe PCIe 3.0 menjadikan ZenBook Flip S (UX371) primadona. Seperti kita kita ketahui performa NVMe yang memiliki kecepatan sangat tinggi bisa mentransfer data beberapa kali lipat lebih cepat dari SSD lainnya. 

Proses editing sebuah video membutuhkan memori yang sangat banyak. Dalam mengedit sebuah video terkadang anakku harus mendelete beberapa video yang tidak dibutuhkan karena kehabisan memori. Tidak aneh karena dalam satu video membutuhkan belasan sampai 20 GB. Bayangkan jika ada banyak video yang harus diedit berapa banyak memori yang diperlukan. Belum lagi aplikasi desain grafis yang juga membutuhkan banyak memori. Untuk satu photoshop dia menggunakan banyak layer bisa puluhan sampai ratusan layer yang membutuhkan banyak memori. Tentu saja semua itu bukan masalah jika menggunakan laptop ZenBook Flip S (UX371) karena SSD NVMe mempunyai kapasitas penyimpanan sampai 1 TB. 

PORT DAN KONEKTIVITAS

Meskipun ZenBook Flip S (UX371) memiliki bentuk yang tipis namun memiliki port lengkap yaitu dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, port HDMI dan USB Type-A.

Pernah terhambat saat mengerjakan pekerjaan online , atau lagi zoom tiba-tiba ngelag saat sekolah daring akibat konektifitas terhambat? Sekarang hal itu tidak masalah lagi karena ZenBook Flip S (UX371) ini  dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini WiFi 6 dan teknologi ASUS WiFi Master yang mencakup wifi stabilizer dan wifi smart Connect yang menghubungkan laptop dengan sinyal wifi terbaik yang dikenal. Dan nikmati kecepatannya.


PEN STYLUS

Akhirnya sampai juga nih bahas pen stylus. Oya tadi kan awalnya cari-cari laptop karena anakku mau ikut lomba poster mewakili sekolah. Jadi selama ini dua anakku (kelas 9 dan 8) mempunyai ketertarikan yang sama terhadap dunia editing dan desain grafis. Cuma si sulung emang lebih menonjol dari adiknya. Tapi karena dua-duanya memiliki bakat yang sama, akhirnya keduanya mewakili sekolah untuk lomba poster. Yaah meskipun lombanya daring alias dikerjakan dari rumah dan hanya kirim karya, tapi kalau didukung dengan fasilitas yang keren kan jadi nyaman ngerjainnya.

Biasanya anak-anak menggambar di tablet yang terpisah dengan komputer. Tapi beda kayaknya ya kalau punya ZenBook Flip S (UX371) karena laptop ini convertible. Jadi bisa berfungsi sebagai laptop sekaligus tablet. Apalagi layarnya bisa berputar 360 derajat jadi saat menggambar bisa lebih mudah. Laptop ini dilengkapi dengan pen stylus. Jadi praktis bisa menggambar di layar laptop tanpa tambahan alat lagi. Ukuran layarnya yang besar memudahkan untuk menggambar sesuatu yang detail. Jangan khawatir, karena pen stylus di ZenBook Flip S ini didesain senyaman menggambar kertas biasa.

Stylus dengan 4096 pressure level ini cocok digunakan untuk semua pengguna bahkan bagi pemula sekalipun.





Pen stylus ini juga berguna bagi para ayah yang bekerja. Jika ada bagian penting dan harus ditandai, dengan pen stylus langsung bisa melingkari bagian yang penting di dokumen langsung pada laptopnya. Canggih banget kan?

 KENYAMANAN PENGGUNAAN

Pemakain ZenBook Flip S (UX371) ini dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Layarnya sudah menggunakan layar sentuh , HD kamera yang support Windows Hello. Laptop ini juga bisa memindai wajah penggunanya secara presisi. Jadi lebih aman untuk pengguna karena bisa dibuka tanpa menggunakan pasword.

Untuk yang suka menonton film, tim ASUS Golden Ear bekerja sama dengan spesialis audio Harman Kardon untuk menghasilkan speaker stereo berkualitas tinggi dan efek suara surround sehingga kita bisa menonton film dengan kualitas suara setara bioskop. Selain itu  teknologi ASUS AI noise-canceling dapat mengisolasi kebisingan yang tidak diinginkan. Fitur ClearVoice Mic di aplikasi MyASUS dapat menyaring kebisingan sekitar. Jadi cocok digunakan apabila kita rapat di rumah melalui zoom karena bisa mencegah suara-suara yang tidak diinginkan.

                                                 
Kenyamanan menggunakan ZenBook Flip S (UX371) ini juga makin terasa karena ZenBook Flip S hadir dengan ASUS NumberPad 2.06 yang inovatif, touchpad dengan fungsi ganda yang dilengkapi dengan keypad numerik LED backlit terintegrasi. Selain itu  desain keyboard edge-to-edge baru memberi ruang bagi seluruh baris tombol fungsi tambahan di sisi kanan sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

Huhuhu...semakin membahas ZenBook  Flip S semakin mupeng deh. Apalagi setelah tahu laptop ini telah lolos melalui serangkaian pengujian keandalan dan daya tahan dari tes benturan, tes guncangan, tes temperature. Pokoknya sudah lolos  dengan uji coba yang keras dan standar militer terpenuhi. Semoga resolusi 2021 mempunyai laptop ZenBook Flip S (UX371) untuk mewujudkan mimpi anakku sebagai calon desainer grafis  bisa terpenuhi ya. Aamin..











SPESIFIKASI LAPTOP ZENBOOK FLIP S UX371

26 komentar:

  1. Good luck Mbak lombanya.

    Asus ini emang brand jempolan deh, setiap kali launching produk, bikin pengeeen punya. Semoga nanti kebeli juga nih si laptop impian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga nanti bisa kebeli ya laptop impian. Terima kasih sudah mampir ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  2. Itu desainnya Kakak sudah keren-keren, Mbak. Jadi memang ahrus didukung dengan perangkat yang mumpuni. Pasti hasilnya semakin keren. Dan laptop Asus ini memang keren ya, Mbak. Saya pun langsung mupeng pas baca ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Bambang. Dengan laptop yang mumpuni InsyaAllah bisa lebih mengasah bakatnya ya Mbak.

      Hapus
    2. Aduh lagi gak fokus. Panggil Mas Bambang kenapa jadi mbak. Hehehe

      Hapus
  3. Woww.. ternyata pingin jadi desainer grafis ya kak.
    ASUS emang sudah terbukti sih untuk orang-orang desain, cucok.

    Btw bisa ngajar desain grafis untuk anak-anak kah kak? Hehe Serius nanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cita-citanya pengin jadi desainer grafis ini si kakak. Kalau untuk ngajarin anak-anak sepertinya dia belum bisa. Tapi tergabung di grup-grup photoshop pemula gitu. Kalau ada yang nanya-nanya dia bisa bantu jawab. Kebetulan jadi admin juga

      Hapus
  4. Au pingin punya laptop flip gini mbak asyik aja ya bisa dilipat gitu trus enak buat nonton hehehe.
    Tos dong sama si sulung aku yang suka desain, makanay butuh laptop yang mumpuni kaya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Lidya ...salah satu resolusi nih bisa belikan buat support hobi anak ya .

      Wah hobi si sulung Mbak Lidya juga desain ya. Toss

      Hapus
  5. Desaign grafis memang membutuhkan perangkat yang mumpuni ya, Kak. Kalau memilihnya asus Zenbook Flip S sih wajar-wajar saja. Sudah pasti laptop ini bisa mengakomodir segala hal yang dibutuhkan oleh sang desaign grafis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuup betul sekali Mbak Yuni. Meski sekarang anakku masih dalam taraf belajar sih

      Hapus
  6. Laptop Asus bisa dilipat seperti ini bikin mupeng ya.

    Eh iya lagi ikut lomba ya mbak, good luck ya. Mungkin kalimat paling akhirnya jangan diikutsertakan kali ya ๐Ÿ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Mbak Fenni. Itu kalimat terakhir harus ada soalnya persyaratan lombanya harus dikasih kalimat terakhir itu ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  7. wah ini beneran gear yang mendukung hobi. Semoga nanti laptop ini bisa jadi bagian dari dari kemudahan kerjaan. ini kece banget ZenBook Flip S (UX371) ini ya kak

    BalasHapus
  8. Keren banget Mbaaaaak...kelas 9 udah bisa mendesain sebagus itu. Kalau pakai Asus ZenBook Flip S UX 371 ini keterampilannya bakal makin terasah, insya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dia belajar otodidak sejak kelas 5 SD soalnya. Tiap hari kerjaanya ya gitu depan komputer mengasah ketrampilan

      Hapus
  9. Keren sekali mbak, baru kelas 8 gitu sudah bisa bikin desain sebagus itu.
    pasti klo pakai Asus Zenboom Flip S YX 371 ini, makin banyak karya karya desainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin desain ini kakaknya mbak yang kelas 9. Kalau adiknya yg kelas 8 lebih ke video meski dua duanya sama -sama bisa

      Hapus
  10. Aih...semoga impiannya terwujud y mbak. Bisa menghadiahkan perangkat kerja yang mumpuni untuk mendukung si kakak tetap produktif dalam berkarya. Aamiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima Kasih doanya Mbak Hardiyanti ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

      Hapus
  11. Pokoknya ASUS is the best!
    Mana spek nya tingkat dewa, body nya juga aduhai.
    Ah, mantap

    BalasHapus
  12. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    BalasHapus
  13. Keren emang ASUS seri ini, aku pun mupeng banget mbak. Kebetulan anakku juga sedang belajar gambar.. jadi pas banget nih laptop.

    BalasHapus
  14. Semoga tercapai mbak..aamiin

    BalasHapus

Omset Melejit Berkat AHA commerce, E Commerce Enabler Terbaik di Indonesia

Beberapa tahun terakhir tingkat penjualan melalui Ecommerce meningkat tajam. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Orang-orang lebih...