Minggu, 27 Maret 2022

Tips Tetap Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Haloo apa kabar teman-teman? Nggak terasa ya sebentar lagi Ramadhan. Dan tahun ini tahun ketiga Ramadhan di musim pandemi. Aku berharap sih Ramadhan tahun ini kita bisa sholat tarawih  berjamaah di masjid lagi ya. Huhuhu...kangen banget suasana sholat tarawih di masjid.


Pandemi sudah 2 tahun berlangsung. Saat ini kita berada dalam masa transisi status pandemi jadi endemi. Meski demikian kita tetap harus waspada dan menjaga kesehatan.

Pandemi tidak membuat kami berhenti beraktivitas. Pandemi bukan berarti berhenti bersilaturahmi, dan pandemi bukan berarti diam di rumah tidak kemana-mana. Meski pandemi kami tetap aktif. Seminggu dua kali si ayah masih ngantor, work from office. Anak-anak juga masuk sekolah PTM meski bergiliran. 

Dan meski pandemi terkadang kami tetap keluar kota. Dari kondangan, takziah keluarga, menengok nenek di kampung sampai jalan tipis-tipis. Iya meski pandemi kami tetap bepergian. Kondangan ke Pontianak, main ke Bromo, Posong, Jogja. Takziah ke Jepara, Malang dan tentu saja silaturahmi pulang kampung. Meski demikian kami tetap menerapkan prokes ya. Tetap memakai masker, jaga jarak, memakai hand sanitizer dan tidak bepergian jika tidak enak badan.







Berikut tips kami tetap sehat beraktivitas selama pandemi:


1. Makan makanan bergizi
Makan makanan bergizi terutama buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang bernutrisi tinggi dapat meningkatkan sistem imun. 

2. Berolah raga
Berdiam diri di dalam rumah tidak berarti kita hanya rebahan atau tiduran. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita juga harus rajin berolahraga. Olah raga ringan seperti push up atau jogging bisa dilakukan di dalam rumah. Terkadang kita juga bisa melakukan badminton di halaman.

3. Memperbanyak minum air putih
Air putih yang kita konsumsi perhari sebaiknya 8 gelas perhari atau 2 liter air. Cairan dalam tubuh berguna untuk membuang racun dari organ, mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh, membantu pencernaan, dan menjaga kinerja otak tetap optimal.

4. Istirahat yang cukup
Istirahat atau tidur yang cukup terbukti bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Waktu tidur yang cukup yaitu antar 7-9 jam. Dengan tidur yang cukup dapat menjaga berat badan, menurunkan r├ęsiko stress dan menjaga suasana hati jadi lebih baik.

5. Konsumsi vitamin untuk kekebalan tubuh
Dulu sebelum pandemi, saya termasuk kurang perhatian dengan konsumsi vitamin ini. Saya pikir semua vitamin yang dibutuhkan tubuh cukup dari makanan yang kami makan. Namun ternyata saya salah. Makanan saja tidak cukup untuk mensuplai vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Sejak pandemi saya jadi rajin minum vitamin. Apalagi pandemi ini meski sudah menjaga prokes tetap saja dua kali si covid menghampiri. Maret 2021 sebelum varian delta, kami sekeluarga kena. Varian omicron pun saya kena. Jadi selain masker, hand sanitizer, vitamin menjadi list atas dan utama di daftar belanja bulanan.  Dari  vitamin C, vitamin D sampai vitamin B complex. 

Vitamin B Complex adalah salah satu vitamin yang kami konsumsi. Vitamin ini merupakan  vitamin penting larut air yang berperan penting bagi tubuh. Terdiri dari vitamin B-1, B-2, B-3, B-5, B-6, B-7, B-9, dan B-12. Secara keseluruhan banyak manfaat vitamin B complex ini. Diantaranya bisa dilihat di bawah ini. 




Manfaat vitamin B Complex 


1. Menunjang kesehatan otak
2. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi
3. Membantu mencegah kanker kulit
4. Mempercepat penyembuhan luka dan  sariawan
5. Meringankan gejala PMS
6. Mengurangi stress
7. Mencegah migrain

Apakah teman-teman mempunyai tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat beraktivitas selama pandemi? teman-teman bisa tulis di sini ya. 

23 komentar:

  1. Manfaat B Complex ini banyak banget yaa buat tubuh. Apalagi dimasa tengah pandemi ini, tetep waspada banget untuk menjaga selalu kesehatan. Aku pun tipsnya hampir sama sama yang diatas, seringnya minum D3, Zinc sama vit C. Itu pun kalo tubuh lagi membutuhkan. Yang utama adalah menjaga pikiran agar stabil, menciptakan happy, biar ga stress, sehat jiwa dan raga plus kantong.
    Sehat2 buat kita semuaa yaa.

    BalasHapus
  2. Setuju dengan semua tips biar tetap sehat saat puasa mba, termasuk minum suplemen vitamin bila perlu, apalagi nih puasa di masa pandemi gini, harus banget sehat selalu ya

    BalasHapus
  3. Cara keluarga saya menjaga kesehatan sama sih mbak dengan tips yang sudah disebutkan di atas. Kalau dulu sebelum pandemi, kami nggak pernah konsumsi vitamin, sejak pandemi jadi konsumsi vitamin. Alhamdulillah sehat semua

    BalasHapus
  4. Selain sudah mempraktekkan semua tips yang ada di atas, saya juga ada satu tips lagi, yaitu jangan mudah stress. Soalnya kalau mulai stress semua jadi ambyar, badan langsung ngerasa nggak enak walau aslinya sehat-sehat saja. Kudu pinter-pinter kontrol pikiran dan emosi di masa pandemi.

    BalasHapus
  5. Meski aturan udah mulai dilonggarkan dan angka kasus kian menurun, tapi namanya masih masa pandemi dan benar-benar situasinya masih serba gak pasti. Ya emang harus pintar-pintar jaga kondisi tubuh ya mbak. Makan makanan yang bergizi, olahraga, istirahat yang cukup, dan jangan lupa konsumsi vitamin.

    BalasHapus
  6. Tambah satu maak minta sama Allah di beri kesehatan selalu terhindar dari penyakit. Samaa maak selama pandemi saya dan keluarga malah traveling terus hehehehe Alhamdulillah diberi kesehatan dan kelancaran selalu memang konsumsi vitamin penting selain makan teratur.

    BalasHapus
  7. Saya juga lebih ekstra jaga kesehatan selama pandemi ini. Dulu yang diabaikan sekarang ditertibkan, di antaranya minum vitamin termasuk vit B Complex yang sangat bermanfaat bagi tubuh ini.

    BalasHapus
  8. aku juga sejak pandemi jadi bener - bener perhatian dengan kesehatan sehari - hariii mbaaa.. soalnya kita kerap lalai kaaan, apalagi kalau banyak pekerjaan dan kehabisan waktu untuk take care of ourselves

    BalasHapus
  9. Yang jadi pelajaran berharga banget sejak pandemi: Kudu konsumsi Vitamin B secara rutin ya Mak.
    Supaya kita tetep sehat paripurna.
    bisa melakukan aktivitas apapun secara optimal.

    BalasHapus
  10. Kalau lagi banyak kegiatan atau kalau lagi kegiatan outdoor aku biasanya rutin knsumsi vitmin B komplex, ke badan jadi enak, ga gampang capek dan pegel.
    Memang di masa pandemi ini kita diharuskan untuk bisa jaga kesehatan, dengan makan yang bergizi, ruitin berolahaga, kelola stress dengan baik, dan konsumsi vitamin B kompleks bila perlu.

    BalasHapus
  11. Benet nih bnyak bnget fungsi vit B Complex buat tubuh.. mesti bnget pandemi gini nambah suplemen biar imun Dan energy terjaga,.

    BalasHapus
  12. In syaa Allah sudah bisa tarawih di masjid yaa..
    Kangen banget..
    Dan iya, membayangkan keadaan kini yang sudah mulai mereda, namun tetap perlu jaga prokes dan lindungi diri dengan healthy lifestyle juga konsumsi Vitamin B Complex yang penting sekali untuk metabolisme dalam tubuh.

    BalasHapus
  13. Moga sampe COVID-19, kita semua lulus tidak terpapar virus karena selalu konsisten menjalani hidup sehat dengan konsumsi suplemen vitamin b complex

    BalasHapus
  14. Sebelum pandemi aku juga konsumsi vitamin meski terbilang jarang, karena masih mengutamakan sayur dan buah. Tapi memang semakin kesini apalagi sejak pandemi daya tahan tubuh mesti dibantu dengan asupan vitamin.

    BalasHapus
  15. Menjaga diri tetap sehat di tengah pandemi emang penting ya mbak
    Salah satunya caranya ya dengan rutin konsumsi vitamin, vitamin B complex terutama

    BalasHapus
  16. wah makasih mbak artikelnya bikin saya manggut-manggut ternyata kekurangan asupan vitamin B komplek bisa mengganggu kesehatan kita yaa. Sekarang cus ah minum vitamin B Komplek agar selalu berssemangat

    BalasHapus
  17. tips sehat ini memang tepat banget mbak. aku juga udah coba menerapkan pola hidup sehat dilengkapi dengan minum vitamin
    alhamdulillah saat ini sehat

    BalasHapus
  18. Ini dia, vitamin juga diperlukan banget loh selain asupan bergizi yang sudah kita konsumsi sehari-hari. Di rumah harus ada tuh stok vitamin untuk menjaga kesehatan keluarga.

    BalasHapus
  19. Di masa pandemi ini memang kita kudu pinter-pinter jaga kesehatan ya, Mbak. Aku juga berusaha melakukan poin-poin seperti di atas dengan baik. Cuma untuk urusan vitamin ini belum rutin konsumsi, sih. Masih kadang-kadang saja, hehe.. padahal penting ya mengonsumsi suplemen vitamin yang bukan hanya berasal dari sayur dan buah yang kita makan :)

    BalasHapus
  20. Sejak dua tahun ini saya jadi ngerasa perlu tambahan suplemen/multivitamin. sementara masih random mana yang memberi diskon, hehehhe. Pengen nyobain ini aaah

    BalasHapus
  21. Memang saat pandemi kita butuh banyak asupan vitamin. Bisa juga dari makanan, tapi terkadang kandungan vitaminnya hilang karena proses memasak. Makanya perlu tambahan suplemen ya

    BalasHapus
  22. Tipsnya juga sama Mbak, olahraga, makan makanan bergizi, minum air putih, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi vitamin. Tapi tetap taat proses juga dong.
    Aku sih berharapnya Ramadan dan Lebaran tahun ini lebih ramai dari tahun lalu, kangen berkumpul sama sanak saudara yang enggak pulang nih.

    BalasHapus
  23. itu yang bagian minum air putih itu beneran ampuh loh ketika cairan tubuh terpenuhi kita gak sakit2 sendi kalau banyak aktifitas hihihih maklum kepala 3 udah beragam sakit2 sendi kretek2 hahahahaha

    BalasHapus