Minggu, 10 Juli 2022

Resep Sempol Ayam Cemilan Simple Menyehatkan

Sejak pandemi aku lebih mengutamakan gaya hidup sehat di keluarga. Semua kebiasaan jelek di keluarga yang menyangkut kesehatan perlahan kutinggalkan. Dari hobi begadang, jarang olah raga, jarang minum air putih sampai kebiasaan jajan makanan junk food yang tidak sehat. Kini meski pandemi perlahan usai, alhamdulilah kebiasaan bagus untuk kesehatan masih tetap diteruskan. Padahal dulu bisa begadang sampai malam, padahal cuma nonton drakor. Hahaha...Terkadang kebiasaan-kebiasaan sepele seperti itu membuat tidak sehat.

Sekarang diusahakan minum 2 liter air putih sehari sampai beli tumbler air minum 2 literan biar dipaksa minum. Nggak sering-sering jajan junk food lagi. Tidur teratur maksimal jam 10 sudah tidur. Dan ternyata tidur lebih awal bisa membikin badan kita lebih seger lho. Tidak lupa olah raga kalau ada waktu luang ya. Bisa jalan pagi tipis-tipis keliling komplek setiap pagi atau main badminton.


Dua minggu yang lalu kecolongan, si bocil jajan minuman kemasan yang tidak sehat. Akibatnya harus ke dokter lagi. Si kecil emang sensitif terhadap zat aditif atau pengawet. Kalau jajan minuman seribuan dipastikan langsung batuk. Dan kalau batuk harus ke dokter lagi. Makanya aku agak 'aware' sama asupan si kecil. Mana  anaknya susah gemuk lagi. Meski nggak jago masak, aku usahakan nggak jajan sembarangan makanan di luar. kalau bisa bikin sendiri, meski agak repot.

Buat yang gak jago masak, resep-resep simple cemilan berguna banget. Apalagi cemilan menyehatkan. Makanya kemarin senang banget pas browsing dan nemu resep cemilan sehat. Langsung deh aku praktekin.  Resep cemilan sehatnya menggunakan mie lemonilo. Mie lemonilo  ini sehat karena  mengandung bahan-bahan dari alam seperti saripati bayam, kunyit, dan daun bawang. Selain itu mie instan lemonilo tidak menggunakan bahan-bahan tambahan seperti penguat rasa, pengawet, dan pewarna sintetis yang berpotensi bahaya bagi tubuh. Inilah yang membuat mie instan lemonilo lebih nyaman saat dikonsumsi. 


Resep Sempol Ayam Simple  Menyehatkan

Jadi senang banget kemarin pas lihat ada resep cemilan simple  menggunakan lemonilo. Kali ini kita mau bikin resep sempol ayam kesukaan anak-anak. Ternyata  cara bikinnya mudah. Kirain susah, hahaha. Cuzz deh langsung praktekin.

Bahan:

1 bungkus Mie Rendang Lemonilo

4 sdm tepung tapioka

2 sdm tepung terigu

1 helai daun bawang, iris tipis

1 helai daun seledri, iris tipis

150 gr ayam giling

2 siung bawang putih, cincang halus

2 siung bawang merah, cincang halus

1 buah wortel, parut

2 butir telur ayam

1 bungkus bumbu Mie Rendang Lemonilo

Tusukan sate atau sumpit kayu



resep sempol ayam




Cara Membuat:


1. Rebus Mie Rendang Lemonilo selama kurang lebih 5 menit.

2. Campur bahan mie yang telah direbus,  tepung, bawang, lalu tambahkan 1 butir telur dan 1 bungkus bumbu Lemonilo tanpa minyaknya dan aduk sampai rata.

3. Siapkan tusuk sate atau sumpit kayu.

4. Beri minyak pada tangan lalu ambil 1 sdm adonan. Rekatkan adonan pada sumpit sampai berbentuk seperti sate lilit.

5. Kocok 1 butir telur dan sejumput garam.

6. Oleskan adonan dengan telur. 

7. Goreng sampai kematangan merata dan berwarna coklat. 

8. Sempol ayam siap disantap.




resep cemilan


Kalau abis masak tuh, paling seneng kalau anaknya nyemil dengan lahap. kemarin si bocah seneng banget, sampai bilang, " Bu besok bikin cemilan enak kayak gini lagi ya. masakan ibu enaaak". langsung meleleh deh emaknya. Jadi semangat masaknya. Kayaknya besok mau coba resep toppoki. Sepertinya juga mudah.


resep toppoki

Teman - teman punya resep cemilan simple lainnya? Tulis di komen dibawah ini ya. Siapa tahu bisa aku contek dan praktekkin. 

43 komentar:

  1. Whooaa ini mie kesukaan kluargaaaa

    Pengin coba utk recook.
    Bahan dam caranya gampil
    Rasa endeusss bgt yak 👌

    BalasHapus
  2. Cemilan sehat ini..bisa buat bekal sekolah juga ya, Mbak
    Makasih idenya, aku mau bikin ah...Di rumah anak-anak suka Mie Rendang Lemonilo. Makin mantap pasti kalau dibikin cemilan yang simple dan menyehatkan seperti Sempol Ayam. Yummy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbak Dian bikin. Ini mudah banget bikinnya. Bisa buat bekas sekolah juga

      Hapus
  3. aku lagi kelaperan nih mba terus baca blog kamu ah makin laper nih aku, btw cara bikinnya cukup mudah ya mau ah kapan-kapan dipraktikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jadi tambah laper ya mbak Aie. Yok Coba yuuk

      Hapus
  4. waaa..aku and bocils suka bangets empol ayam Mbak. Tapi belum pernah nih coba bikin sempol campur mie. Hhhmh..yang namanya mie, mau dibikin apapun anak2 suka. Apalagi dibuat sempol campur ayam...bakalan double suka kayanya. TFS mbak :)

    BalasHapus
  5. Saya belum pernah cobain sempol ayam. Mau coba bikin kok lupa melulu. Baca resep di sini kelihatannya gak sulit. Mau cobain bikin, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pemula Mbak Myra. Tapi ini gampang banget. Apalagi buat Mbak Myra yang hobi masak. Gampil

      Hapus
  6. Aku suka sempol ayam tapi mungkin taktambahin lagi lada atau dikasi cabe hehehe, eh tapi ini buat anak2 jg yaa :D
    Wah ternyata bisa ya bikin sempol pakai mie lemonilo?
    Baca resepnya kyknya bahan2nya gampang didapat dan mudah dibikin, saved dulu ah, kapan2 eksekusi hehe TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini gak ditambah lada karena udah pakai bumbu rendang dari Mie lemonilo

      Hapus
  7. Sempol ayam favorite anak nih, catat ah resepnya nanti libur mau bikin.

    BalasHapus
  8. Aku pernah bikin cemilan mirip sempol tapi mie nya bihun. Namanya kalau di sini Bilung. Bihun gulung. Gara-gara liat jajanan dekat sekolah anakku. Anakku suka. Akhirnya bikin sendiri.

    Nah kalau sekarang mau coba pakai Lemonilo juga. Soalnya di rumah sering sedia mie Lemonilo. Anak-anak kalau lagi pengen mie instant, saya kasihnya Lemonilo karena kandungan bahannya aman.

    Trims resep sempol ayamnya mbak. Cobain pakai Lemonilo ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Aku malah belum pernah bikin bilung mbak. Kapan kapan aku coba aah

      Hapus
  9. Huwaa... Jadi kepingin bikin sempol ayam lagi nih. Sempol ayam cemilan favorit keluarga, terutama anak-anak. Makasih ya resepnya...kebetulan ada stok mie Lemonilo juga di rumah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Nung dicoba mumpung ada stok lemonilo

      Hapus
  10. Banyak yang jual smepol ayam di luaran nih ya mbak, tapi aku belum pernah nyicipin atau beli. Eh sekarang dapat resep sempol ayam sehat dari Lemonilo. Mumpung [unya stok lemonilo mau ah cobain bikin sempol ayam

    BalasHapus
  11. Waah resepnya simpel dan menggugah selera.
    Samaa iih anak2ku kemarin sempat tepar krn cuaca.

    BalasHapus
  12. Dulu bikin sempolan dari tepung dan ayam aja. Pakai mie kaya gini boleh juga ya apalagi keponakan juga suka mie-miean. Jadi langsung kenyang habis makan

    BalasHapus
  13. Simpel cara membuatnya dan membuat saya laferre mak.
    Ternyata mie lemonilo bisa di olah menjadi makanan yang unik enak dan menyehatkan ya

    BalasHapus
  14. Wahhh akhirnya nemu resep sempol dari mie, pakai mie Lemonilo pula. Jadi merasa senang karena tahu kandungan mie Lemonilo itu tanpa pewarna buatan, tanpa pengawet, prosesnya juga dipanggang bukan digoreng. Aku nyontek ya resep sempolan ayamnya

    BalasHapus
  15. heyyy sejak kapan lemonilo punya mie rendang? aku masih berkutat dengan mie gorengnya yang bungkus hijau
    asik juga yah membuat sempol seperti ini. Kepikiran ekperimen di dapur dengan anak. Kalau pakai lemonilo yang biasa bisa kah?

    BalasHapus
  16. Gak nyangka banget, dengan bahan dasar mie sehat Lemonilo, jadilah cemilan lezaattt... Sempol Ayam. Aku suka sempooll...

    BalasHapus
  17. Aku sukaaa nih resep2 yg gampang begini 😄. Kalo Sempol sih bukan cuma anaknya yg doyan mba, tapi emaknya juga 🤣. Yg ada bikinnya harus banyaaak

    BalasHapus
  18. Camilan bergizi dan sehat gini nih yang sudah sepatutnya disajikan kepada anak. Daripada jajan kan kita tak tau isian sempol ayamnya apa aja, mendingan gini deh.

    BalasHapus
  19. Wah, sempol.. Makanan kesukaan keluarga tu.. Cuma belum pernah nyoba dicanpur mie lemonilo. Sepertinya oke juga itu.. Boleh dicoba nih, gampang juga bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicampur lemonilo rasa rendang ya mbak..biar enak

      Hapus
  20. Lho alah.. Ini resep menarik karena sempolnya ngga cuma pakai tepung. Ada Lemonilo, pastinya juga lebih sehat ya. Boleh lah dicoba, save dulu.

    BalasHapus
  21. Wah Sempol, kesukaan anakku nih. Cara buatnya juga simpel ya mbak. Jadi pengen coba di rumah. Tapi penasaran kalau pakai lemonilo rasanya seperti apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain dulu bikin mbak baru tau rasanya seperti apa. Yg jelas enaak..hihi..

      Hapus