Selasa, 11 Oktober 2022

Impian Backpacker ke Palembang Bersama #TemanHidupTraveloka

Sumber: IG Palembang.destinasi


"Liburan terbaik bukanlah soal kemewahan, tetapi soal kebersamaan di tengah keluarga tercinta."


Suka banget sama quotes di atas. Iya liburan itu bukan soal kemewahan,  namun tentang kebersamaan bersama keluarga. Persis banget seperti yang kurasakan. Kami suka jalan dan tipe family traveling. Jadi tiap jalan ya harus sekeluarga.  Meski lebih sering jalan pakai tiket promo, penginapan yang terjangkau, bahkan tiket kereta ekonomi. Yang paling penting jalan bersama keluarga karena masa kecil anak-anak tidak akan terulang. Mereka tidak ingat dibelikan baju atau sepatu branded tapi mereka akan selalu terkenang diajak jalan-jalan kemana sama orang tuanya.

Sudah belasan tahun pernikahan kami. Banyak tempat indah yang dikunjungi. Meski demikian ada impian yang belum terwujud. Apalagi kalau bukan jalan-jalan ke pulau Sumatra. Sebagai anak yang lahir dan besar di Jawa kami selalu penasaran dengan pulau Sumatra. Seperti apa ya rasanya bisa traveling ke sana. Meski tahun 2017 kami pernah ke pulau Bangka dan 2019 kami ke Belitung, rasanya tetap saja kami belum pernah menginjakkan kaki di pulau Sumatra. Yuup bisa dibilang Sumatra is our dream.

Iya di saat orang lain pengin jalan-jalan ke Labuan Bajo, Sumba atau Raja Ampat, kami malah ingin ke Sumatra. Iya destinasi anti mainstream bagi sebagian traveler.

Minggu lalu tiba-tiba pak suami ada ide. 

" Bu ke Palembang yuk, backpackeran. Kayaknya seru deh," katanya. 

" Hah? Serius ayah pengin ke Palembang backpackeran? Asyiiiik," aku pun langsung heboh sendiri. 

"Iya serius. Aku lihat  dulu masih punya cuti berapa, trus ibu seperti biasa bikin budget dan itinerary," kata si ayah.

"Siap bos, dengan senang hati,"seru si emak.


Hal-hal yang perlu dipersiapkan saat traveling.


Ada beberapa hal yang biasanya kami persiapkan saat traveling. Dari menyusun itinerary sampai budget yang dikeluarkan. Beberapa hal yang dipersiapkan sebelum traveling adalah :

1. Transportasi 

Jenis transportasi apa yang akan kita gunakan saat traveling. Bisa moda darat baik mobil pribadi, bis atau kereta api. Atau kapal laut dan pesawat terbang. Tentu saja disesuaikan dengan destinasi.

2. Hotel

Pilih hotel yang nyaman tapi tetap sesuai dengan budget.

3. Budget

Budget ini perlu disesuaikan dan dihitung sebelum perjalanan dimulai agar tidak jebol dan melebihi rencana awal.

4. Packing 

Packing juga hal yang penting dalam traveling.  Apakah memakai koper atau ransel yang lebih praktis.  Barang-Barang yang akan dibawa pun harus di list jauh-jauh hari agar tidak ada yang ketinggalan.  Jangan lupa bawa obat-obatan selama perjalanan.





Rencana Itinerary Backpacker ke Palembang


Kalau biasanya kami bepergian ke luar pulau naik pesawat kali ini karena cuti si ayah masih banyak kami ingin backpackeran.  Iya bisa jalan-jalan dengan budget murah meriah. Kali ini kita akan mencoba ke Palembang naik kereta api bersama teman hidup.

Karena dua kakak sekolah dan nggak bisa libur, rencana perjalanan kali ini kami hanya bertiga saja dengan si bungsu. Nggak sabar lihat wajah amazingnya naik kereta api. Aku sudah browsing cara naik kereta api sampai Palembang termasuk biaya yang dikeluarkan dan waktu tempuhnya. 

Nanti perjalanan kita, akan kita mulai dari stasiun Tanah Abang. Dari stasiun Tanah Abang kita akan naik kereta krl ke Rangkas Bitung. Biayanya murah banget hanya 8 ribu rupiah. Perjalanan sekitar 2 jam.


Dari stasiun Rangkas Bitung kita akan menuju stasiun Merak.  Dari Rangkas Bitung ke Merak kita akan naik kereta lokal Rangkas Bitung. Biayanya hanya 3 ribu rupiah sampai stasiun Merak. Lama perjalanannya 1 jam 58 menit. 

Sampai di stasiun Merak kita akan langsung menuju loket untuk membeli tiket kapal Merak-Bakauheni. Per 1 Oktober 2022 harga tiket penumpang ini adalah 21.600 rupiah. Waah terjangkau sekali ya ternyata harga tiket penyebrangan ini. 

Perjalanan kapal Fery Merak - Bakauheni  sekitar 2 jam.  Kalau ditambah  waktu untuk menaikkan dan menurunkan penumpang lama perjalanan sekitar 3 jam. 

Dari pelabuhan kita akan menuju Bandar lampung. Perjalanan ke Bandar Lampung memakan waktu kira-kira 2 jam. Capek yaa? Hihi sepertinya capek. Tapi ngebayangin serunya jadi tambah semangat.  Apalagi ini akan jadi pengalaman pertama si bungsu naik kapal ferry.

Rencananya  kita akan bermalam semalam di Bandar Lampung sambil istirahat, karena kereta api Raja Basa yang menuju Palembang pukul setengah 9 pagi. Jadi harus cari penginapan dulu. Tentu saja karena judulnya backpackeran, jadi cari hotel yang sesuai kantong.


Kereta Raja Basa ( wikipedia)


Mencari hotel saat ini bukan hal yang susah. Dengan aplikasi Traveloka yang sudah kugunakan selama 8 tahun sejak 2014 mencari hotel lebih gampang.

Mengapa memilih Traveloka untuk booking hotel? Karena selama 8 tahun menjadi pengguna setia Traveloka untuk booking hotel, cari tiket kereta api sampai tiket pesawat aku merasa puas. Selain itu ternyata Traveloka cukup populer di Indonesia.  Dari survey katadata.co.id Traveloka menduduki peringkat pertama aplikasi start up perjalanan dan perhotelan di Indonesia. 

Sumber: katadata.co.id


Di Traveloka kita bisa pilih hotel sesuai budget. Dari bintang 5, 4, 3 sampai hotel bintang satu. Karena judulnya backpackeran kami booking hotel yang budgetnya sesuai kantong. Jadi kami pilih POP Hotel. 

Mengapa POP Hotel?  karena letaknya strategis. Letaknya di Tanjung Karang dan hanya 2 km dari stasiun Tanjung Karang. Di tanggal yang kita pilih biaya permalamnya kurang dari 300 ribu rupiah. Sambil beristirahat kita bisa  berkeliling dan menikmati kota Bandar Lampung di waktu malam.

Sumber : Aplikasi Traveloka 


Paginya nanti perjalanan akan kami lanjutkan ke Palembang dengan kereta api Raja Basa. Lama perjalanan kurang lebih 9 jam. Biayanya cukup murah hanya 32 ribu rupiah saja. Wooow murah sekali....


Alasan kami ingin ke Palembang : 

1. Jalan-jalan ke pulau Sumatra

Seperti yang disebutin di awal. Kami pengen banget jalan-jalan ke pulau Sumatra. Kenapa pilih Palembang? Karena Palembang letaknya di tengah-tengah. Tidak terlalu dekat dari Jawa , namun juga bukan di ujung pulau Sumatra.

2. Melihat Jembatan Ampera

Iya penasaran banget dengan jembatan yang sudah menjadi icon kota Palembang ini. Jembatan yang biasanya cuma bisa aku lihat di buku-buku geografi jaman sekolah.

Jembatan Ampera terletak di Sungai Musi. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan, yaitu Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang.


Sumber : Antara


3. Mengunjungi Pulau Kemaro

Ke Palembang belum afdhol kalau belum mengunjungi pulau Kemaro. Pulau Kemaro merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera.

Daya tarik wisata sejarah yang ada di pulau Kemaro berupa adanya peninggalan-peninggalan sejarah (Pagoda berlantai 9, Makam putri Sriwijaya, Klenteng Hok Tjing Rio, Kuil Buddha, pertunjukkan kesenian, dan ritual keagamaan khususnya umat Tridharma).

Sumber : IG Rahmatandriansa 



4. Mengunjungi Museum Al Quran raksasa di Palembang

Al Quran raksasa yang diresmikan sejak tahun 2012 ini menjadi destinasi wisata religi di Palembang. Museum Al-Quran Akbar adalah adalah Alquran raksasa yang berbentuk lembaran kayu yang dipasang seperti jendela dengan bangunan bertingkat lima. 30 juz Alquran diukir cantik pada kayu tembesu yang berukuran 1,77×1,4 meter dengan tebal 2,5 sentimeter.

Iya sebagai umat muslim yang tiap harinya baca Al Quran penasaran banget ingin lihat secara langsung Al Quran raksasa dari kayu ini.

Sumber : liputan6

5. Menikmati kuliner Palembang

Palembang terkenal dengan mpek-mpeknya. Tapi ternyata kuliner Palembang bukan hanya sekedar mpek-mpek lho. Ada tekwan,  celimpungan, pindang patin, burgo, sambal tempoyak, malbi dan kue 8 jam. Bisa menikmati kuliner Palembang di tempat asalnya seru kali ya.

Sebenarnya masih banyak destinasi di Palembang yang harus dikunjungi. Tapi nggak papa ya 5 alasan di atas aja yang kutulis mengapa ke Palembang.

Menginap di mana di Palembang?

Sebagai pelanggan setia Traveloka nggak bingung mau nginep dimana saat di Palembang. Sudah biasa booking hotel saat flash sale Traveloka soalnya. Hahaha. Tiap flash sale biasanya langsung booking 4 hotel sekaligus buat bulan-bulan yang berbeda. Yaa...kapan lagi bisa nginep murah ya kan? Pokoknya favorit deh Traveloka. Eh...kok malah jadi curhat.

Di Palembang kami akan menginap di All Nite & Day Palembang Veteran. All Nite & Day Palembang Veteran ini adalah hotel bintang 3. Letaknya strategis dan dikelilingi banyak kuliner. 




Sumber: Traveloka 

Biasanya sebelum menginap di suatu hotel aku pasti baca reviewnya terlebih dahulu. Kebetulan hotel All Nite & Day Palembang Veteran ini nilainya 8.6 . Termasuk tinggi dari 7 ribuan review. Dan kerennya hotel ini menjadi 2022 travellers' choice dari Trip Advisor. Harga permalamnya juga 400 ribuan. Masih terjangkau kantong lah dengan pelayanan sebagus itu.

Di Palembang cukup menginap 2 malam dan kami kembali ke Jakarta. Rencananya untuk menghemat waktu kita langsung naik bis malam saja Palembang - Jakarta.  Yang penting sudah ngerasain naik kereta api pas berangkatnya. 

Cara Booking Hotel di Aplikasi Traveloka

Nah buat yang belum tahu cara booking hotel di Traveloka sini deh aku kasih tau. Caranya mudah kok. 

1. Buka aplikasi Traveloka dan klik hotel.
2. Cari hotel berdasarkan kota dan masukkan tanggal menginap.
3. Nanti keluar beberapa nama hotel.
4. Klik hotel yang diinginkan dan pilih type kamar yang diinginkan.
5.Setelah itu keluar booking summary. Kita bisa menambahkan asuransi di sana.
6. Review booking untuk melihat apakah booking kita sudah benar.
7. Lanjut ke payment.



Nah ini rencana trip backpackerku. Yuk teman-teman lihat dunia lagi, staycation lagi atau liburan bareng Traveloka. Traveling itu bikin kita bahagia. Hihihi...

Dari katadata co.id terlihat bahwa virus Corona mulai melandai. Sebelumnya, Presiden memprediksi pandemi virus corona bakal segera berakhir. Ini sejalan dengan meredanya jumlah penularan kasus Covid-19 di tanah air. “Pandemi memang mulai mereda. Mungkin sebentar lagi akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Jokowi, Senin (3/10).


Jadi sudah berani melihat dunia lagi kan? Jangan lupa kalau traveling nanti  booking hotel murah di traveloka hotel. Oke guys sampai bertemu di catatan perjalanan berikutnya.

"Yuk '#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’ dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini:  https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan"


Referensi:

https://katadata.co.id/intannirmala/berita/6342bdf77ec3c/kasus-covid-19-melandai-angka-positif-baru-di-bawah-seribu-orang







25 komentar:

  1. Palembaangggg, kebayang kulinernya yg serba kenyal kenyalll niqmaatt

    Aku mauuu k Palembang lagii.
    Dulu cuma sekali ajaaaa.
    Pingin maem pempek dan Tekwan sepuasnyaahhh

    BalasHapus
  2. Duh, begah makan mpek-mpek dong ya kalau traveling ke Palembang hehe. Aku belum kesampaian main ke Pulau Sumatera nih. Itu pilihan hotel-hotelnya kece banget mak. AKu juga setiap berwisata biasanya cari hotel di Traveloka. Udah terpercaya banget, ada promo2 yang wow juga tentunya.

    BalasHapus
  3. Aaah bahagianya bisa traveling bersama teman hidup tercinta ya mba.. dan Palembang tuh punya banyak tempat seru yang bisa didatangi

    BalasHapus
  4. Kalau POP hotel jauh mbaaa dari stasiun tanjung karang. Ada yang lebih dekat dan murah. Saya sering jalan ke lampung naik kereta.. Hahaha.. Murah. Dan 21rb tiket kapal itu kapalnya ekonomi. Itu memang 2 jam perjalanan kapal. Mending naik yang ekspress, Mba. Harga tiketnya memang lebih mahal 65rb per orang, tapi cepat 1 - 1,5jam sudah sampai dan di pelabuhannya ada bus yang mengantar ke bandar lampung. Harganya 70rb tali nyaman. Cepat cuma 1jam sudah sampai. Selamat jalan2 mba.

    BalasHapus
  5. Wah asyiknya kalau backpackeran ke Palembang..semoga segera terwujud sesuai rencana ya, Mbak
    Btw, aku roadtrip ke Sumatera pas di Lampung nginep di Tanjung Karang di hotel Pop ini, lewat Traveloka dong pasti pesannya, juga di kota lainnya selama 10 hari perjalanan...Pengin ah kapan-kapan backpackeran, baru tahu rute keretanya itu

    BalasHapus
  6. Wow, bisa ya Mbak booking banyak sekaligus hotelnya. Jadi pengen ngepoin traveloka deh, siapa tau pas ada flash sale.

    BalasHapus
  7. Wah rencana tripnya mengasyikkan, nih..

    Enak juga jadi pelanggan setia Traveloka - udah nggak bingung mau nginep dimana saat di Palembang, udah gitu bisa booking hotel harga murah saat flash sale Traveloka

    BalasHapus
  8. Hua ikutt. Belum pernah ku ke Palembang mba nung. Ngebayanginnya makan pempek aseliiii. .
    Traveloka memang jagonya nih. Cek2 diskon jg kudu ya mba sblum jauh hari. Bahkan setahunan 😆 pernah.

    BalasHapus
  9. Kalau saya ke Palembang itu ingin ke Kampung Wisata Al Munawar Mbak terus ke Pulau Kemaro sama duduk malam-malam di di tempo Sungai Musi menomanti lei faham Jembatan Ampera.

    BalasHapus
  10. Seneng banget yah.. Kini ada booking hotel dengan cara yang mudah bersama Traveloka.
    Dan sejujurnya, aku seneng banget travelling terutama ke daerah Sumatra. Rasanya excited menantikan suasana baru. Secara dari segi bahasa dan budaya, tentulah berbeda dan ini semakin membuat kita lebih bijaksana dalam menghadapi masalah selama perjalanan.

    BalasHapus
  11. Welcome mbak to kota molly tercintah kota palembang. Palembang bnyk loh sekarang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Semoga kesampaian cita2nya

    BalasHapus
  12. Wah, seru juga ya backpackeran bareng ke Palembang. Aku sekali ke Palembang tapi kurang puas explore kotanya. Udah nggak diragukan lagi, ceki ceki tiket, hotel dll pake Teaveloka

    BalasHapus
  13. Kalau inget palembang identik aama mpekmpek ya mbak, tapi keren lho bisa backpackeran, secara aku panikan, jadi kalah backpakeran belum sanggup sepertinya bawa anak2 dua sendiri huhuhu. Tapi dengan traveloka sepertinya semua jadi mudah ya mbak Nunung.

    BalasHapus
  14. Selain jembatan Ampera, Palembang punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ya mbak
    Akan makin seru klo jalan jalan ke Palembang dengan teman hidup dan Traveloka

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah aku sudah pernah ke Palembang, Mba. Yes... memang sebagus itu. Insya Allah segera terwujud rencana jalan2 ke sana yaaa... Makin mudah nih bikin itinerary klo sudah ada Traveloka, menentukan harus nginep di mana tuh harus direncanakan sejak awal sebelum keberangkatan.

    BalasHapus
  16. Pulaunya tuh Kemaro apa Kamaro sih? Kok kyknya pernah dengar tapi Kamaro apa yaa hehe. Tau deh aku pun belum pernah ke Palembang, pengen sekali ke sana, pengen makan empek2 dari tanah asalnya langsung :D
    Pengen liat Jembatan Ampera juga :D
    Traveloka salah satu aplikasi yang bisa diandalkan utk traveling, krn semuanya tersedia lengkap ya mbak :D

    BalasHapus
  17. Aku baru tau kalau ada pulau kemaro di delta sungai musi. Waaaw...menarique. Aku juga belum pernah ke Palembang meski 11 tahun hidup di sumut. Dulu sering beralasan anak2 masih kicik2. Capek gendong kalau travelling. Giliran membesar, uda ribet urusan sekolah. Makin gede lagi, mereka akan punya kehidupan sendiri. Bener deeh..family travelling lah selagi bisa.. Apalagi kan terbantu banget sama apk traveloka yg bakalan bantu a to z urusan travellibg.

    BalasHapus
  18. Ya ampun aku kangen banget Palembang, waktu SMA aku sekolah di dana jadi teman-teman masih banyak yang tinggal di sana semoga bisa melancong ke Palembang yaa

    BalasHapus
  19. Pagodanya cantik bangettt ya, Mbakk. Pastinya senang sekali kalau bisa family traveling. masih berencana saja sudah terbayang keseruannya ya, mbakk. semoga egera terwujud bisa sampai Palembang, ya.

    BalasHapus
  20. Ahhh pengen juga euy ke Palembang. Sebagai yang belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Sumatera sama sekali. Hahaha. Ke Palembang pengen apa? pengen makan pempek langsung dari asalnya, meetup sama teman-teman blogger, hmm apa lagi ya?

    BalasHapus
  21. Ahhh pengen juga euy ke Palembang. Sebagai yang belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Sumatera sama sekali. Hahaha. Ke Palembang pengen apa? pengen makan pempek langsung dari asalnya, meetup sama teman-teman blogger, hmm apa lagi ya?

    BalasHapus
  22. Pengen banget bisa ke sana selain kulinernya banyak yang aku suka, seperti pempek, tekwan, aneka kerupuk udangnya, ternyata destinasi wisatanya juga memikat ya. Ke sana juga terjangkau deh

    BalasHapus
  23. Wah asik sekali mba.. semoga bisa kesana bersama teman hidup traveloka yaa..

    BalasHapus
  24. Wah ke Palembang
    Jadi ingat teman blogger dan juga tanteku di sana
    Kalau saya ke sana dengan bantuan Traveloka pasti mereka senang

    BalasHapus
  25. Kalau untuk urusan liburan, terutama staycation, saya sering banget memanfaatkan Traveloka. Selain itu kita juga bisa dapet referensi destinasi wisata kalau misal mau liburan di luar kota yang sebelumnya sama sekali belum pernah kita kunjungi. Mudah dan efektif banget untuk dieksplor.

    BalasHapus