Kamis, 29 November 2018

Menikmati Pasir Putih di Pantai Parai Bangka Wonderful Indonesia

Angin sepoi-sepoi menerpa wajah kami saat kami tiba di Pantai Parai siang itu. Hari itu adalah hari kedua kami berada di Pulau Bangka. Mas Roza driver sekaligus guide kami yang kami sewa selama di Bangka  mengantarkan kami ke Parai di hari kedua ini. Pantai Parai Tenggiri terletak di Kampung Matras, Sinar Baru Sungailiat, Kabupaten Bangka, sekitar 40 Kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat.

Alhamdulilah cuaca cerah saat kami datang.Anak-anak langsung takjub melihat keindahan pantai ini. Sementara aku langsung bertasbih menyebut asma Allah melihat keindahan yang terpampang di depan mata. Mas Roza bercerita tentang sejarah Pantai Parai. Dulu namanya Parai Tenggiri karena Presiden Sukarno yang dulu dibuang ke Bangka sangat senang makan ikan Tenggiri dari pantai ini. Sekarang namanya berubah bukan Parai Tenggiri tetapi hanya Pantai Parai saja.

Turun dari mobil anak-anak sudah tidak sabar untuk memasuki area pantai dan langsung berenang. Suasana terik membuatku memilih untuk berteduh di beberapa saung yang ada di pinggir pantai.  Sementara anak-anak memilih berenang dan bermain pasir ditemani ayahnya. Baju dan anak-anak basah karena mereka nyebur mandi di pantai sekaligus penuh pasir karena bermain pasir pantai yang putih. Untung bawa baju ganti, jadi tidak khawatir meski baju anak-anak basah. 

Hamparan granit (dok.pri)


Batu granit (dok.pri)

Batu granit (dok.pri)

Horeee (dok.pri)

Jembatan (dok.pri)
Pantai Parai ini pasirnya putih dengan ombak yang tidak begitu besar. Sementara batu-batu granit dengan ukuran besar banyak berserakan di sekitar pantai menambah indahnya pantai dengan laut dan langit yang biru.

Buat yang suka berfoto-foto pantai ini banyak spot menarik dan instgrammable. Lihat saja jembatan yang terbentang panjang, atau batu-batu granit yang kece untuk difoto. Spot favorit buat yang suka foto-foto.

Cheers (dok.pri)
Selesai bermain pasir dan berenang anak-anak bingung mau ganti baju dimana. Ternyata di sebelah pantai ada juga resort. Resort ini terdiri dari beberapa cottage. Untuk masuk kesana kita dikenakan biaya 25 ribu per orang dan bisa ditukar dengan air mineral.

Setelah membeli tiket kita segera masuk ke resort. Anak-anak sibuk bilas dan berganti baju. Pemandangan di resort tidak kalah indah. Di resort yang terletak di bibir pantai ini, kita  bisa melihat keindahan pantai Parai dari dekat. Selain berenang di  kolam renang pengunjung juga bisa menyewa jetski atau banana boat di resort. Ada restoran di dalam. Pengunjung yang masuk ke resort tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. 

Pintu masuk resort (dok.pri)

Resort dengan beberapa cottage (dok.pri)
Kita bisa menginap di beberapa cottage yang disewakan disini. Tapi sepertinya harganya lebih mahal jika dibandingkan kita menginap di pangkal Pinang. Jadi kami memilih untuk menginap di Pangkal Pinang.


Kolam renang (dok.pri)
Kolam renang di resort ini bersih. Ada kolam renang  dangkal untuk anak-anak  dan dalam untuk dewasa. Sebenarnya anak-anak ingin berenang tapi nggak bawa baju renang. Jadi batal deh renangnya. Lagi pula mereka sudah capek berenang dan bermain air di Pantai Parai tadi. Jadi anak-anak hanya bilas dan berganti baju saja di area ini. 


Restoran (dok.pri)
Untuk pengunjung yang lapar, resort ini juga menyediakan restoran dengan beberapa hidangan khas laut. Karena sudah janji mau makan di restoran seafood terkenal di Sungai Liat sama Mas Roza driver, akhirnya kami nggak jadi makan disini meskipun  anak-anak sudah kelaparan.  Maaf ya  kids..nahan lapar sebentar. 


Resort tepat di bibir Pantai Parai (dok.pri)
Bocil (dok.pri)


Siang itu kami meninggalkan Pantai Parai dengan hati puas. Anak-anak puas bermain air dan ibunya pun senang bisa melihat binar kegembiraan di mata anak-anak. Perjalanan kami lanjutkan ke Pantai Tikus dan Pantai Pasir Padi. Yuup Pulau bangka ini memang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah.  Sampai ketemu lagi di pantai-pantai indah di Indonesia ya guys...


Teman-teman punya pengalaman traveling di Wonderful Indonesia? Ikutan blog competition Wonderful Indonesia yuk. Keterangan bisa dilihat di banner di bawah ini ya.




12 komentar:

  1. bersih banget pantainya, batu di pantainya juga besar-besar banget ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak pantainya bersih banget. Trus ada batu batu besarnya gitu khas pantai Bangka dan Belitung.

      Hapus
  2. Asyiknya Pantai Parai! Senang banget Kak bisa jalan-jalan bareng keluarga dan menikmati indahnya pasir putih ... Kalau saya pasti sudah gegulingan itu hahaha 😁🤗😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Tuteeeh sudah berkunjung kembali. Hahaha...sampai gegulingan nikmatin pasir putih ya Mbak.
      Pasti pertamanya komen deh kalau aku publish tulisan. Jadi terharu. Padahal aku belum sempat bewe balik. Ayoo Mbak Tuteh ikut lombanya yuuuk. Pasti Mbak Tuteh banyak tempat indah yang sudah dikunjungi. Ikutan yuuuuk.

      Hapus
  3. wah jalan2 di pantai dan menikmati kelembutan pasir memang biki menyenangkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mamah Tira. Menyenangkan sekali berjalan-jalan ke pantai menikmati ombak.

      Hapus
  4. Wah pantainya bagus ya mba..Jadi wishlist nih Pantai Parai kalau ke Bangka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fika. Pantai Parai ini salah satu destinasi wajib deh kalau main ke Pulau Bangka.

      Hapus
  5. Cantik Pantai Parai ini. Sayang ya belum ada fasilitas untuk berbilas. Menurutku kalau hanya numpang mandi, tarif 25.000/orang itu cukup mahal juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ada juga sih Mbak Evi tempat bilas di daerah pantainya. Nggak harus ke resort. Tapi daripada nyari-nyari langsung aja ke resortnya. Hihihi..

      Hapus
  6. Waini, pantai, destinasi favorit saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...suka main ke pantai juga ya Mas Adi. Toss deeh...

      Hapus