Rabu, 01 Februari 2023

Kemeriahan Ulang Tahun KEB 11 Tahun



Alhamdulilah setelah beberapa lama tidak pernah berjumpa dengan teman-teman blogger, hari Sabtu 28 Januari 2023 kemarin bertemu dengan teman-teman blogger di acara ulang tahun KEB 11 tahun. Acara yang bertempat di Bali Notes Terrace, Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogongan Kebayoran Baru Jakarta Selatan berlangsung meriah.

Tema ulang tahun KEB kali ini adalah KEB berjejak dan berbagi. Blogger lintas generasi menghadiri acara ini. Dari blogger sepuh seperti Bunda Yati, makmin Makpuh Indah Juli, Mak Ranny, Mak Chiechie, Mak Elly sampai founder Mak Mira Sahid. Seru banget ya jauh-jauh datang dari Yogya, Solo bahkan ada juga Mak Ncie Hanie dari Bandung buat meriahin acara ini.

Blogger-Blogger senior pun datang dari Mak Tanti Amelia, Mbak Lidya Fitrian, Mak Ruth Nina, sampai Mbak Arin Murtiyarini yang dah hampir pensiun ngeblog.  Pun beberapa blogger muda. Jadi ajang ulang tahun kemarin seperti ajang reuni dan kangen-kangenan blogger terutama yang sudah lama tidak pernah bertemu.





Selain sebagai ajang ketemu emak-emak blogger, ajang ulang tahun kali ini juga sebagai ajang menimba ilmu buat para emak. Kali ini menghadirkan dua pembicara yaitu Kang Ali Muakhir  sebagai pengarang dan content kreator serta Oktora Irahadi CEO INFINA. Buat yang belum tahu INFINA, INFINA adalah tempat dimana para influencer dan UKM saling bantu. Tak lupa Abi Satria sebagai moderator.




Oya acara kali ini juga dibantu oleh volunteer yang mensukseskan acara. Ada Mak Yeni, Mak Ria Andika, Mak Hida dan Mak Tuty Queen sebagai volunteer. Makmin dan para volunteer tampilan kompak dengan busana serba hitam dilengkapi dengan kain yang dililit di celana.

Kang Ali Muakhir memberi materi tentang cerita inspiratif dan bagaimana kita menyusun cerita inspiratif. Cerita inspiratif sendiri adalah adalah kisah yang ditulis untuk memberikan ilham,  ide atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuannya adalah memberi inspirasi kepada pembaca agar termotivasi, menambah semangat dan rasa percaya diri.


Ciri-ciri kisah Inspiratif:

1. Diciptakan  untuk menggugah perasaan pembaca
2. Memberi kesan mendalam bagi pembaca
3. Memberi motivasi positif bagi pembaca
4. Memiliki pesan moral yang jelas sehingga pembaca dapat belajar dari kisah inspirasi yang diciptakan.

Acara ulang tahun KEB tidak hanya berisi kemeriahan namun juga sarat dengan pesan sosial. Di acara ini diserahkan secara simbolis donasi dari emak-emak blogger dari #KEBCharity11KRun dalam rangka KEB 11 Tahun sebesar Rp. 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah , Noborejo, Salatiga asuhan blogger Widi Utami.

Acara kemarin sekaligus sebagai peluncuran e-book yang ditulis oleh para makmin Kumpulan 
Emak Blogger dengan judul “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur. KEB juga mendukung Gerakan Nasional Literasi Digital - Siberkreasi.


Sebagai komunitas kumpulan emak bloger, KEB juga ikut mendukung komunitas lain seperti komunitas perempuan pelestari budaya nusantara untuk terus berkarya di ruang digital dengan karya-karya yang positif dan menyebar informasi kebaikan tentang kain dan kebaya kepada masyarakat luas melalui media sosial.


Beberapa blogger senior seperti Mak Elisa Korag, Mak Tanti Amelia dan Mak Alika Abdullah adalah penggiat di komunitas ini. Seru sekali melihat kemarin menjadi ajang pentas para wanita cantik ini dengan berbagai baju kebaya cantik khas nusantara.


Acara berlangsung haru saat pemotongan tumpeng. Hiks aku sendiri ikut meneteskan air mata saat blogger sepuh Bunda Yati  menerima potongan tumpeng dari Mak Mira. Bunda Yati memang menginspirasi. Di usianya yang 80 tahun masih aktif menulis. Sebagai motivasi kita semua saat kita merasa malas menulis.

Tak lupa potongan tumpeng juga diberikan kepada Mak Icoel ketua KEB yang sudah purna tugas dan Mak Elly Nurul ketua KEB sekarang. Oya acara ini tambah seru karena Mbak Katerina travel blogger yang selalu oke foto-fotonya. Keseruan acara KEB kemarin semakin lengkap dengan jepretan kamera handphone Mbak Rien yang cetak banget.


Meski acara sudah berlangsung selama beberapa jam tapi rasanya masih kurang. Maklum emak-emak belum puas rasa kangennya. Jadi sebelum pulang dijadikan acara foto-foto deh. Yang pasti acara kemarin seru banget. Terima kasih ya makmin sudah mengijinkan aku menjadi salah satu undangan di acara seru kemarin.




Semoga KEB semakin sukses ya. By the way acara ulang tahun KEB 11 kemarin didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar