Senin, 18 Agustus 2014

Be A Smart Traveler With AirAsia

Ngomongin AirAsia memang tidak pernah ada habisnya. Maskapai ini adalah maskapai yang telah mengubah hidupku dari seorang ibu rumah tangga biasa menjadi seorang yang akhirnya suka travelling. Tepatnya AirAsia mengubah hidupku menjadi seorang smart traveler.

Perkenalan pertamaku dengan AirAsia adalah lima tahun lalu. Tepatnya tanggal 7 November 2009. Untuk pertama kalinya aku naik AirAsia ke Surabaya berempat dengan krucils dan suami . Saat itu kami pulang untuk mengantar ibu mertua yang akan berangkat haji dan kebetulan berangkat dari Surabaya. Kesan pertama adalah amazing. Gimana nggak amazing ya, soalnya saat itu pertama kali aku bisa pesan tiket pesawat sendiri online dari komputer. Biasanya kalau bepergian kami membelinya lewat travel agent. Amazing kedua adalah kita bisa memilih tempat duduk sendiri. Dan amazing ketiga adalah harganya murah boooo.....

Pengalaman pertama begitu berkesan. Selanjutnya untuk kembali ke Jakarta kami juga menggunakan AirAsia. Rasanya jatuh cinta pada kesan pertama. Hal inilah yang membuatku akhirnya hunting tiket nol rupiah ke Kuala Lumpur di bulan yang sama . What a surprise saat aku dapat tiket nol rupiah ke sana untuk penerbangan bulan Agustus 2010 alias 10 bulan berikutnya. By the way  cerita jalan-jalan nol rupiahku bersama AirAsia pernah kutulis disini . Judulnya My First time Backpacker With Kiddos. Jadi perjalanan ke Kuala Lumpur itu adalah perjalanan Backpackerku untuk pertama kalinya bersama anak-anak.

Gak pernah ngebayangin deh bisa jalan-jalan bersama anak-anak. Keluar negeri lagi. Rasanya seperti mimpi yang menjadi nyata. Tanggal 21 Agustus 2010 adalah perjalanan pertama kami ke luar negeri menggunakan AirAsia dengan penerbangan malam.

Serius baca aturan keselamatan

Horee...akhirnya tiba di LCCT

Waktu sudah menunjukkan hampir jam satu malam saat kami tiba di Tune Hotel Downtown Kuala Lumpur. Anak-anak sudah kecapekan dan langsung tertidur. By the way bicara tentang Tune Hotel , hotel ini adalah hotel milik AirAsia. Dengan harga sewa permalam yang murah kita bisa mendapatkan penginapan yang bagus ala bintang lima. Jadi AirAsia benar-benar membuatku jadi smart traveler. Bisa jalan-jalan dengan biaya murah dan menginap pun murah juga tanpa membikin kantong bolong. Smart kan ?

Tune hotel tempat kami menginap

Dengan bantuan membaca blog orang-orang yang pernah terbang dengan AirAsia kami pun menyusun initiary sendiri. Jadilah kami berkeliling Kuala Lumpur selama dua hari. Nggak harus pakai guide deh. Dan tempat-tempat di Kuala Lumpur seperti Dataran Merdeka, Petronas, Petrosains, Mssjid Jamek, Pasar Seni pun berhasil kami jelajahi.

Perjalanan pertama kali kami ke Kuala Lumpur dengan AirAsia sungguh berkesan. Aku jadi semakin jatuh cinta dengan AirAsia. Setiap hari aku ikuti perkembangan AirAsia dari Facebook AirAsia Indonesia untuk mengetahui harga promosi ataupun even yang diadakan AirAsia. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Saat itu AirAsia sedang mengadakan promo  AirAsia Flyng Fantasi bekerjasama dengan HSBC. Satu orang bisa mengajak 50 orang temannya untuk terbang gratis bersama AirAsia dengan pembelanjaan tertentu. Saat itu AirAsia menyediakan tiga pesawat gratis untuk terbang ke Singapura dan bermain ke Universal Studio.

Yuhuuuu...akhirnya pesawatku saat itu menjadi pesawat pertama yang terisi penuh. Aku dan suami berhak terbang gratis ke Singapura di bulan Oktober 2010. Wow...amazing. Rasanya masih seperti mimpi. Setelah terbang nol rupiah di Bulan Agustus , aku bisa terbang gratis di bulan Oktober. Akomodasi termasuk biaya hotel,tiket masuk USS dan makan ditanggung.

Dan tibalah hari H. Kami berangkat berlima puluh. Karena belum saling kenal dengan peserta lain, kami janjian memakai dresscode merah untuk memudahkan mengenali saat berada di Bandara Sukarno Hatta. Ada sih temanku yang kenal, tapi dia ada di pesawat lain dan sudah berangkat duluan. Hari pertama adalah hari bebas, kami boleh bermain kemana saja. Dan hari kedua barulah rombongan bermain ke Universal Studio. Hari pertama aku dan suami memutuskan main ke Marina Bay dan jalan-jalan ke Orchad. Hari kedua main seru-seruan bersama rombongan di USS. Perjalanan AirAsia Flyng Fantasi pernah kutulis disini.

Merlion

USS

Waah..pokoknya berkesan banget deh terbang bareng AirAsia ke Singapura. Gratis lagi..qiqiqiqi. Jadi kalau ditanya the best airplane pasti jawabanku pasti AirAsia. Bayangin aja...dari seseorang yang hanya bisa mimpi keluar negeri , tiba-tiba bisa keluar negeri dua kali dalam tiga bulan. Empat tahun yang lalu bisa jalan-jalan keluar negeri dua kali dalam tiga bulan itu top banget lho. Sampai teman-teman yang tau statusku pada nanya semua. Akhirnya rame-rame mereka pada like fanpage Facebook AirAsia Indonesia. Katanya siapa tau bisa dapat promo atau terbang gratis kayak aku.

Dan kegilaanku pada AirAsia pun masih berlanjut. Setiap hari kupantengin facebook AirAsia Indonesia. Yuhuu...akhirnya aku menemukan kursi gratis. Tidak kusia-siakan kesempatan ini. Dan akhirnya aku berhasil mendapatkan tiket nol rupiah pulang pergi untuk berempat ke Bali di bulan Oktober 2011. Cerita ini pernah kutuliskan disini dengan judul Unforgottable  "Nol Rupiah" Journey With Kids.

Woow...gimana nggak jatuh cinta sama AirAsia. Benar-benar bisa membuatku jadi smart traveler deh. Artinya aku nggak harus memikirkan biaya transport berempat ke Bali. Cuma memikirkan biaya akomodasi makan dan hotel saja.

Nol rupiah pp

Aku sering sekali pulang kampung ke Blitar lewat Surabaya dengan AirAsia. Namun tiga perjalanan di atas benar-benar perjalanan yang paling mengesankan. By the way seringnya terbang dengan AirAsia membuatku jadi smart traveler. Sekarang kalau bepergian aku akan merinci secara rinci berapa biaya yang digunakan. Paling tidak aku harus menghemat banyak uang. Istilahnya menjadi smart traveler. Sering bepergian tanpa membikin kantong bolong. Dan semuanya berawal dari AirAsia.

Meminimalkan biaya traveling

Selain itu, dalam traveling baik dalam maupun luar negeri aku mempunyai beberapa koleksi buku untuk referensi. Jadi kalau malas browsing aku ada gambaran seperti apa tempat dan suasana yang akan kita tuju dari buku yang kita baca.

Sebagian koleksi buku travelingku

Terima kasih AirAsia . Engkau telah mengubahku dari seorang ibu rumah tangga biasa menjadi emak-emak yang berani traveling. Dari seorang ibu rumah tangga biasa menjadi  seorang smart traveler. Selamat ulang tahun yang kesepuluh AirAsia. Dari sepuluh tahun usiamu di Indonesia , aku telah bersamamu setengahnya. Aku telah mengenalmu selama lima tahun. Sukses selalu untuk AirAsia ( Hiks...kenapa jadi mellow terharu mau  nangis gini ya).

32 komentar:

1. Waaah sukses mak ngontestnya...Nepal Bowww

BalasHapus
  2. wah, udah berulang kali naik pesawat air asia ya mak, kereen bingitss... aku sih belum pernah, masih belum bisa memanfaatkan momen murahnya tiket air asia. Hehe, belum siap2 bikin paspor juga nih..jdi hrs bikin dl ya biar terbang ke luar kapan aja ready :)

3. Makasih mak Ophie.Ikutan yuuuk...

4. Iya mak....sudah lama.Sudah lima tahunan dan sudah sering.Tapi yang ditulis di blog itu yang paling berkesan ajaa...Ikutan yuk.Bikin paspor dulu mak.Kan mau ke Las Vegas kan?qiqiiqi..

BalasHapus
  5. Serruuuuu... AirAsia emang is The Best. Goodluck... :)

6. Yooiii mbak May...Eh ikutan lombanya yuk.Tabletnya kan sekarang baru.Hihi...AirAsia emang the best deh...

7. Makasih mak Ophie.Ikutan yuuk...

BalasHapus
  8. Emang sih ya... AA itu jagoan murahnya. Aku termasuk pelanggan setia. Xixixixi

9. Betul mak.Top murahnya...Percaya deh mak Nurul pelanggan setia.Kan sudah traveling kemana-mana.Kalau aku seringnya naik jurusan Jakarta Surabaya.Kan kalau pulkam ke Blitar naik AirAsia.Murah..

10. Waaah, seruu.. Udah pernah ajak jalan-jalan anak sampai ke LN. Dengan nol rupiah, lagi. Saya belom pernah dapet kursi berharga nol, Mbak.

Sukses ya!

BalasHapus
  11. Ayo mak Isnuansa.Hunting nol rupiah.Tapi kalau sekarang gak bisa nol rupiah benar benar murah kayak dulu lagi.Soalnya AirAsia ada fuel surcharge.By the way meskipun ada fuel surcharge tetap murah mak.Ikutan yuk lombanya..

12. Widih, sangaaarrr euy, pengalamannya. Mau coba hunting tiket AA juga aahh

13. Wuuih....apanya yang sangar?qiqiqi..Ayo hunting. Lagi promo kayaknya. Adikku mau ke LEGOLAND sama suami dan anaknya bulan ini.

14. Rosanna Simanjuntak18 Agustus 2014 pukul 22.14

kapan-kapan ajakin saya terbang gratis ya bun,,
    Air Asia memang wokee

BalasHapus
  15. qqiqiqiqi...beres Bun Rosanna. AirAsia memang okee murahnya.....

16. belum pernah ke luar negeri :(
    hrs blajar jd smart traveler nih :D

BalasHapus
  17. Hihi...ayo mak. Harus berani...Ikutin aja website promo AirAsia.Banyak promo keluar negeri. Bulan ini ada promo ke KL lho. Murah,mulai 99 ribu.Harus smart ...murah dan gak bisa bikin kantong bolong.

18. air asia kalo kefefet dan doyan terbang malam. yang jelas boarding air asia paling asik,bahkan lebih asik dari terminal 3 Cengkareng yang paling kinclong. cuman suka harap2 cemas soal kelebihan bagasi hehehe ... apalagi kalau disangoni cowek

19. wow banget deh mbak nung iki..
    nek planning liburan, sing tak bukak pertama kali yoiku www.airasia.com
    podo karo mbak nung poko'e

BalasHapus
  20. Hihi... AirAsia emang oke banget. Yang jelas sih murah meriah. ...Wah..disangoni cowek. Hihi..bikin ketawa aja uncle Jim ini. Yah..jangan bawa yang berat-berat donk.

21. Yoooii dik Farid....Kita kan AirAsia mania. Murah soalnya...hihihi...

22. Kerennya jalan2 keluar negeri pake tiket gratis dr air asia..sptnya menarik juga buat dicoba mak..nice posting mak.semoga menang ya mak:)

BalasHapus
  23. Iya makasih Mak Arifah. Senang aja dapat gratis terus. Ikutan lomba blognya yuk.Makasih ya doanya. Kuaminkan deh . Aamiin :)

24. Acik acik acik jalan2 nol rupiah ^^

Gutlak ya mak

BalasHapus
  25. Hihihi...iya asyik banget.Noool gitu looh.Ikutan yuk mak lomba blognya.

26. Hidup pejalan nol rupiah! XD Sayang sekarang makin susah dapetnya, mulai banyak saingan pemburu tiket gratis air asia ini -,-

27. Hidduuuup nool rupiah. Hehe..penyuka gratisan nih mas aku. Iya sekarang selain semakin susah dapatnya juga kena fuel shurchage. Kalau dulu tanpa fuel surcharge kalau pas dapat nol gitu jadi murah bingits. Paling bayar airpot tax aja. Tapi AirAsia memang tooop murahnyaaa...

BalasHapus
  28. Gimana caraanya ya sis biar bisa dapat kursi gratis itu. Aku sering coba tapi gak pernah kebagian lho. Padahal mupeng banget tuh setiap liat ada promo kursi gratis dari Air Asia

29. Ada triknya.Ntar kapan kapan aku tulis deh...

30. Interesting content you post on your blog, i have shared this post on my facebook