Senin, 27 Oktober 2014

SDIT Ar Rayhan : The Amazing Kidzania Visit

Kali ini bercerita tentang kunjungan sekolah SDIT Ar  RAyhan sekolah Faris Devin ke Kidzania. Mengapa sekolah mengagendakan kunjungan ke Kidzania sebagai kegiatan tahunan? Selain promosi word of mouth dari sekolah lain dan anak murid yang sudah berkunjung ke sana yang katanya seru, kunjungan ke Kidzania ini adalah sebagai sarana pengenalan profesi. Di dalam website www.kidzania.co id dijelaskan sebagai berikut :



Unsur Pendidikan dalam Aktifitas di KIDZANIA KIDZANIA adalah tujuan karyawisata sekolah yang sangat ideal karena banyak sekali nilai pendidikan yang bisa didapatkan dari setiap kegiatan di KIDZANIA, yang memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan setiap tingkatan kelas di Sekolah Dasar.  Anak-anak yang mengunjungi KIDZANIA akan senang beraktifitas di lingkungan KIDZANIA yang aman, dimana mereka bisa mengembangkan ketrampilan dan tingkah laku yang penting bagi pertumbuhan fisik dan intelektual mereka. Kreatifitas dan kemampuan bersosialisasi mereka juga terstimulasi saat mereka beraktifitas.

Memainkan peran orang dewasa adalah permainan yang sangat digemari anak-anak. Setiap aktifitas yang dirancang untuk setiap paviliun memungkinkan anak untuk bereksperimen dan merasakan langsung aktifitas di dunia orang dewasa, sehingga membuat pengalaman belajar ini menyenangkan dan berkesan.
Setiap aktifitas bermain peran di KIDZANIA meliputi empat area:

  • PENGEMBANGAN DIRI SENDIRI - Menambah ilmu pengetahuan dan peran sosial

  • INTERPERSONAL - Mengembangkan keterampilan bersosialisasi

  • BIOLOGIS - Mengembangkan keterampilan fisik

  • SOSIAL BUDAYA - Mengimitasi peran yang sangat diminati (peran orang dewasa)

Dari aktifitas di KIDZANIA, anak-anak akan mendapatkan ilmu yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan bersosial mereka, serta di lingkungan keluarga. Melalui aktifitas di KIDZANIA, mereka dapat mengembangkan ketrampilan komunikasi , menggunakan informasi yang mereka dapatkan di sekolah, dan mengembangkan kemampuan kognitif dalam lingkungan yang aman dan nyaman yang didukung oleh staf kami yang terlatih dan memiliki kualifikasi tinggi. KIDZANIA dapat membawa anak-anak untuk mengenal lebih dekat profesi dan pekerjaan, dan mempelajari pentingnya peran mereka dalam masyarakat.



Seperti sudah diceritakan sebelumnya disini akhirnya SD Faris dan Devin pergi ke Kidzania kembali  sebagai kegiatan tahunan. Tapi ternyata ada perubahan jadwal. Bukan tanggal 16 Oktober 2014 , namun diundur menjadi tanggal 21 Oktober. Dan yang pergi kesana pun bukan semua kelas, tetapi hanya kelas satu dan dua saja. Kebetulan Faris sudah kelas tiga dan tahun kemarin sudah pergi bersama rombongan saat dia kelas dua. Jadi tahun ini dia tidak ikut ke Kidzania. Padahal kemarin pas dirawat  di rumah sakit semangat banget mau ikut. Sampai dibujuk mau makan sama perawat gara-gara ingin sembuh dan ingin pergi ke Kidzania. Ternyata yang pergi  Devin (Devin kelas 2) . Sempat agak kecewa si Faris, namun setelah dijanjikan mau pergi kapan-kapan  bersama ibu dia nggak jadi ngambek.

Pukul tujuh pagi rombongan bertolak dari tempat parkir Superindo dekat sekolahan  tempat kami berkumpul.  Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu guru sebagai pendamping. Orang tua tidak diperbolehkan ikut dan hanya mengantar sampai tempat keberangkatan bis. Anak-anak sudah antusias sekali sejak pagi. Mereka sudah tidak sabar berangkat ke Kidzania. Apalagi menurut cerita dari kakak kelasnya yang tahun kemarin pergi ke Kidzania. Katanya bermain dan belajar di Kidzania seru. Bisa jadi dokter, polisi, apoteker, reporter, jurnalis dan dapat gaji. Pokoknya cerita word of mouth kakak kelas dan teman-teman SD lain yang sudah pernah ke sana membuat anak-anak tidak sabar pergi ke Kidzania. Wajah anak-anak sumringah meskipun mereka harus bangun pagi-pagi. Devin juga sudah semangat bangun dari pagi. Ini adalah kunjungan ke sekian kalinya dia ke Kidzania.


Anak-anak depan bis

sebelum berangkat





Hari masih pagi saat anak-anak tiba di Kidzania. Anak-anak langsung dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingi masing-masing satu orang guru. Acaranya adalah pengenalan profesi.  Anak-anak kelihatan antusias sekali. Dalam kunjungan kali ini ada beberapa profesi yang diperkenalkan kepada anak-anak diantaranya jurnalis, reporter, petugas pemadam kebakaran, mekanik dan lain sebagainya. Meskipun aku tidak ikut mendampingi Devin, namun dari cerita Devin anak-anak antusias sekali. Dengan detail Devin bercerita tujuan dia kali ini kemana saja. Kebetulan beberapa kali ke Kidzania dia belum pernah mencoba profesi sebagai jurnalis. Jadi kemarin bersama beberapa teman kelompoknya dia menuju kantor Kompas dan belajar menjadi jurnalis di sana. Pulang dari kantor Kompas dia bawa Koran yang ada fotonya. Lucunya di tanggal lahir tertulis 21 Oktober 2014 karena dia lupa tanggal lahirnya. Hihihi..


kompas


Bersama ustazah (bu guru)



Oleh-oleh kompas cetak



Meskipun tidak ikut mendampingi, namun beberapa kali kunjungan ke Kidzania aku sudah bisa membayangkan serunya anak-anak saat bermain di sana. Ditambah dengan cerita Devin dan beberapa guru yang mendampingi anak-anak selama disana. Sungguh sebuah pengalaman berharga.  Beragam profesi yang selama ini hanya mereka pelajari secara teori bisa dipraktekkan secara langsung. Apalagi ada sistem gaji berupa uang Kidzos bagi anak-anak yang berprofesi sebagai pekerja. Oya pada kunjungan kemarin Devin sempat menjajal sebagai pembaca berita Metro TV lho. Wah..bangga banget dia bersama seorang temannya bisa menjadi pembaca berita. Anak-anak lain pun ikut senang karena mereka bisa mengetahui proses dan melihat secara langsung siaran seperti di Metro TV. Berikut adalah keseruan anak-anak SDIT Ar Rayhan dalam kunjungan ke Kidzania.


pemadam kebakaran






uang kidzoa








Hari sudah agak siang saat anak-anak beranjak dari Kidzania. Session pertama telah berakhir. Beberapa anak-anak masih belum puas dan masih ingin mencoba beragam profesi yang seru di Kidzania. Tapi sudah waktunya pulang. Kami orang tua juga sudah menunggu anak-anak di rumah. Sampai Jumpa Kidzania. Sampai bertemu kembali. By the way  kalau ingin pergi ke Kidzania alamatnya ada di Mall Pacific Place Lantai 6. Jl. Jend Sudirman  Kav 52-53 Jakarta Selatan.

Oya untuk sekolah-sekolah yang ingin melakukan kunjungan ke Kidzania bisa melakukan reservasi di nomor di bawah ini :
T: 021 - 5154 222
F: 021 - 5154 333
E: school@kidzania.co.id









4 komentar:

  1. bakal ketagihan ya mbak ke kidzania, aku tinggal publish nih mbak

    BalasHapus
  2. Iya mbak Lidya.Ketagihan terus.Anakku saja berkali kali minta lagi kesana

    BalasHapus
  3. jadi sarana edukasi sekolah juga ya mba

    BalasHapus
  4. Iya pasti dong mbak Arin
    Eh sekolah Cinta dah pernah kesini belum.mbak?

    BalasHapus

Cara Cek Resiko Tertular Virus Corona secara Online

Sejak awal Maret pertama kalinya ada virus corona di Indonesia sampai hari ini sudah 25 ribuan orang di Indonesia positif virus corona. Ter...