Wisata Rohani Mengunjungi Masjid Mujahidin Pontianak

Selamat menjalankan ibadah puasa teman-teman semua. Di Bulan Ramadhan kali ini sepertinya lebih asyik kalau blognya diisi sesuatu yang berbau rohani ya. Jadi kali ini aku akan menulis tentang kunjunganku ke Pontianak beberapa bulan yang lalu. Sudah lama banget ya. Tapi belum sempat nulis jalan-jalan ke masjidnya.  Karena momennya Bulan Ramadhan sepertinya pas kalau aku menulis tentang kunjunganku ke Masjid Mujahidin Pontianak. 

Saat berkunjung ke rumah paman di Pontianak, aku memang minta diantar berkeliling ke berbagai tempat wisata di Pontianak. Jadi selain pergi ke Tugu Khatulistiwa, aku juga berkunjung ke Masjid Mujahidin ini. 


Aku di depan masjid Mujahidin



Masjid Mujahidin pertama kali diresmikan tahun 1978. Nama Mujahidin sendiri dipilih untuk mengabadikan perjuangan kaum muslimin di Kalimanan Barat.  Sejak tahun 2012 dimulai renovasi pembangunan masjid yang ditandai dengan peletakan batu pertama pada Bulan November 2011. Pada tanggal 20 Januari 2015 masjid tersebut selesai direnovasi dan diresmikan oleh Presiden RI Jokowi. 
Menara

Luas bangunan ruang Ibadah 900 meter persegi  dan ruang dalam seluas 1500 meter persegi. Selain ruang utamaa juga terdapat ruang serba guna seluas 500 meter persegi. Plaza berlantai batu bata merah seluas 1300 meter persegi.  Ruang wudhu pria dan wanita seluas 1300 meter persegi dan tempat parkir seluas 30.000 meter persegi.  Tinggi banguna ruang ibadah 2,4 meter dan menara 24,5 meter. Masjid Mujahidin ini mampu menampung sekitar 500 jamaah di ruang utama, 2500 jamaah di plaza dan 75.000 jamaah di lapangan parkir. Konon biaya untuk merenovasi masjid ini mencapai 100 milyar rupiah. 
lift masjid

Di masjid ini juga terdapat lift yang menghubungkan lantai satu dengan lantai dua. Letak lift ini berada di serambi masjid. 
menara


Masjid ini terlihat luas. Saya sempat berkeliling dan memfoto beberapa bagian dari masjid ini. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah pintu di masjid ini. Berwarna keemasan dengan dekorasi ala timur tengah. 

Pintu masjid



Bagian dalam masjid
Bagian dalam masjid


Saya berkunjung ke sana saat jam sholat dhuhur tiba. Jadi banyak pengunjung yang melaksanakan sholat dhuhur. Jamaah wanita dan jamaah pria dipisahkan dengan sekat. Sekatnya tidak tinggi, jadi makmum jamaah wanita masih bisa melihat imam jika sholat berjamaah. 

Tempat sholat wanita

Bagian dalam masjid terlihat luas. Di dalam terasa adem dan dingin karena lantainya terbuat dari marmer. Yang menarik adalah tempat penyimpanan mukena. Jika biasanya tempat penyimpanan mukena hanya berbentuk lemari kecil, lain halnya dengan tempat mukena di Masjid Mujahidin ini. Penyimpanan mukena berbentuk ruangan dengan desain unik ala timur tengah.
Kubah masjd


Tempat mukena


Jadi jika teman-teman jalan-jalan ke Pontianak, jangan lupa sholat di Masjid Mujahidin ini ya. Letaknya berada Jalan Jendral Ahmad Yani, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Sampai bertemu kembali di tulisan wisata rohani selanjutnya. 

Komentar

  1. Dalam kubah nya mewah banget SUKA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah dikunjungi seleb blogger..Terima kasih Mas sudah berkunjung ke sini.Iya dalam kubahnya mewah banget Mas.Masjidnya juga kelihatan mewah kok dalamnya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Masya Allah :-)
    Semoga dengan traveling ke tempat ibadah membuat keimanan kita semakin bertambah ya mbak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas...dengan berkunjung ke tempat ibadah semoga keimanannya makin bertambah ya...

      Hapus
  3. Masjidnya megah banget.
    Semoga Bisa kesana. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...Mbak Novia..Masjidnya megah dan bagus.Semoga suatu saat bisa ke sana ya.

      Hapus
  4. wah megah sekali ya mesjidnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Tira masjidnya kelihatan besar dan megah banget...

      Hapus
  5. Masjid nya bagus yaa. Aku lupa terus mau foto2 masjid kalau lagi singgah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak masjidnya bagus. Konon biaya renovasinya 100 milyar. Foto-foto aja mbak, kalau pas singgah di masjid. Saya banyak ada foto masjid. Cuman belum sempat nulisnya aja.

      Hapus
  6. Bagus sekali ya, Mbak, indaaah.... semoga yang jamaah senang, nyaman, khusyuk, dan semakin banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus dan megah Pak Ustad. Semoga jamaahnya banyaak ya Pak Ustad. Seperti masjid di komplek saya yang selalu full setiap waktu sholat

      Hapus
  7. Bagus banget dan megah masjidnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...masjidnya bagus dan megah ya...Dalamnya juga adem.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Iya Mbak Nathalia..bagian dalamnya aku suka. Apalagi tempat penyimapanan mukenanya.

      Hapus
  9. Andai di tempat saya ada mesjid yang megah seperti itu mbak pasti saya lebih semangat lagi untuk menjalankan ibadahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang..kalau masjidnya bagus jadi lebih semangat ya sholatnya..

      Hapus
  10. waah keren banget mba arsitekturnyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ophie arsitekturnya bagus ya...timur tengah gituu

      Hapus
  11. Keren, mbak. Makin penasaran, Kalimantan yang belum kejamah tinggal Kalbar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sudah kemana-mana ya Mas. Keren...Iya berarti kapan-kapan harus main ke Kalimantan Barat. Saya malah Kalimantan baru ke Pontianak saja

      Hapus
  12. masyaallah masjidnya indah banget, beruntung bisa mengunjunginya ya mbak, kesempatan yang luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah Mbak Lia. Bisa jalan-jalan ke Pontianak dan mengunjungi Masjid Mujahidin

      Hapus
  13. Masjidnya mewah banget mbakkkk... boleh ini buat tempat istirahat saat ke Pontianak... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..bisa buat tempat istirahat dan sholat kalau pas ke Pontianak..

      Hapus
    2. Iya..bisa buat tempat istirahat dan sholat kalau pas ke Pontianak..

      Hapus
  14. Aaaaah kereen :') megah dan mewah banget ini Masjidnya :') Duuuh, kayaknya masjid-masjid di Kalimantan itu emang besar dan megah-megah ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas ..masjidnya megah dan besar.Nggak kalah sama masjid -masjid di kota-kota besar di Jawa..

      Hapus
    2. Iya Mas ..masjidnya megah dan besar.Nggak kalah sama masjid -masjid di kota-kota besar di Jawa..

      Hapus
  15. Mesjidnya bagus banget. Aku belum pernah ke Pontianak padahal kakaku pernah tinggal disana. Skrg udah pindah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah harusnya Mbak Lusi main ke Pontianak ya sebelum kakaknya pindah.Kulinernya enak-enak lhoo...

      Hapus
    2. Waaah harusnya Mbak Lusi main ke Pontianak ya sebelum kakaknya pindah.Kulinernya enak-enak lhoo...

      Hapus
  16. Mba, aku juga pernah kesini :D. Megah banget masjidnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah pernah kesini juga ya Mbak Wuri...iya emang megah dan bagus ya masjidnya..

      Hapus

Posting Komentar