Rabu, 01 Februari 2017

Perbandingan Lantai Vinyl Vs Lantai Kayu

Halo guys ketemu sama fadevmother lagi disini. Hari ini kita kan membahas tentang lantai ya. Sekali-kali ngomongin lantai ya biar nggak melulu jalan-jalan. Kalau teman-teman disuruh memilih, lebih pilih mana nih,  lantai vinyl atau lantai kayu? Memilih lantai vinyl atau lantai kayu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Lantai kayu biasa diaplikasikan pada restoran - restoran yang ingin mengangkat tema vintage. Aksentuasi kayu pada ruangan dapat membuat desain interior ruangan terkesan elegan dan apik. Namun mana yang terbaik lantai vinyl atau lantai kayu solid ?


1. Lantai Kayu





Harga lantai kayu tentu lebih mahal bila dibandingkan harga jual lantai vinyl. Kayu solid biasanya menggunakan bahan dari kayu jati, merbau, kapur, ulin, dan sebagainya. Sejak jaman dahulu kayu memang dipakai sebagai bahan bangunan baik tiang penyangga, dinding, hingga kayu. Selain kuat kayu juga memiliki kesan elegan dan klasik. Kayu juga memiliki nilai estetika yang tinggi. 

Namun yang menjadi kelemahan dari lantai kayu adalah  pada pemasangannya. Memasang lantai kayu lebih susah. Selain itu harganya pun juga sangat mahal. Tak hanya itu lama kelamaan kayu akan mengalami penyusutan dan perenggangan yang dapat membuat kayu mudah rusak. Terlebih jika ada rayap yang biasa membuat kayu cepat lapuk.


2. Lantai Vinyl


Harga jual lantai vinyl lebih murah bila dibandingkan dengan lantai kayu. Selain harga jual lantai vinyl yang murah pemasangannya pun juga sangat mudah. Cukup dengan melepas bagian bawah lantai vinyl lalu merekatkannya dengan menggunakan lem pada lantai atau keramik. Jika bosan, dapat dilepas dan diganti motif lain.

Lantai vinyl umumnya memiliki berbagai macam motif. Salah satu motif yang paling banyak di produksi dan dipasarkan adalah motif kayu. Hal ini tentu dapat menggantikan posisi lantai kayu sebagai alas rumah. Selain tampilannya yang hampir mirip dengan kayu sebenarnya. Lantai vinyl khusus juga dilengkapi dengan urat yang menunjang tampilan kayu.

Lantai vinyl kayu aman, tidak dapat mengalami penyusutan atau perenggangan, dapat bertahan lama hingga 2 - 5 tahun. Serta tidak dapat dimakan oleh rayap. Sehingga memilih lantai vinyl sebgai pengganti lantai kayu tentu menjadi pilihan yang tepat.

Namun kelemahan dari lantai vinly sendiri hanya terdapat pada lapisannya yang sewaktu waktu dapat terkelupas. Dan nilai estetika yang tentu kalah jauh bila dibandingkan lantai kayu.


26 komentar:

  1. artikelnya sangat menarik. lebih suka sama lantai vinly. lebih enak di pandang mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MAs tergantung selera ya. Ada yang lebih suka lantai kayu , ada yang lebih suka lantai vinyl

      Hapus
  2. Sekarang lantai granit juga ada yg motif kayu loh..aku pernah naksir soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya toh mbak? Aku malah belum pernah lihat nih yang granit motif kayu. Asyik juga ya Mbak Ade.

      Hapus
  3. Kalau menurut saya, alami itu keren walaupun mahal. Jadi lebih baik pilih yang kayu, terutama klau bisa dapat kayu yang udah tua karena bakalan awet dan nilai estetikanya lebih kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayu memang lebih mahal namun biasanya lebih awet. Terima kasih sudah berkunjung .....

      Hapus
  4. dulu lantai kamar utamaku pake vinyl mba cm krn ga bs merwat malah cepet rusak akhirnya diganti deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya ya Mbak Ophie..kalau gak bisa merawat vinyl malah cepat rusak ya?

      Hapus
  5. Aku kalau nanti punya rumah pengen berlantai vinyl ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..iya Mbak Liswanti...lebih murah soalnya pakai vinyl. Seperti kayu coraknya tapi bukan kayu

      Hapus
  6. Lantai vinylnya mirip banget dengan yang kayu ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dewi..kalau dilihat sekilas sih memang mirip lantai vinyl sama lantai kayu.

      Hapus
  7. urusan rayap sempat bikin pusing. Lantai kayu di rumah habis dimakan rayap. Kalau udah kena sedikit biasanya cepat ke area lain.Akhirnya bongkar ganti baru. Tapi sebelumnya disempro anti rayap dulu. Termasuk tanahnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. DAerahku juga daerah rayap Mbak Myra. Yang sering kena itu bagian atap itu loh yang bawah genteng. Sekarang pada ganti pakai baja ringan.

      Hapus
  8. ih keren mirip banget sama lantai kayu, lebih murah dan mudah lagi dalam pemasangannya. dimana ya mbak yang jual lantai ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beli online di sini
      http://www.rajagordenmurah.com/product/lantai-vinyl-murah-p373770.aspx

      Hapus
  9. Impian Pak suami punya salah satu ruangan yang lantainya kayu setelah survey ternyata harganya lumayan plus harus di rawat , ya we ga jadi eh tapi ada vinyl yang mirip kayu gitu ya . btw, lantai kayu kesannya adem dan lebih homi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak..pakai vinyl aja lebih murah. Tapi juga harus bisa merawatnya juga.

      Hapus
  10. wih dulu pengen banget punya rumah dengan lantai kayu, tapi liat perawatannya cukup menyita waktu.

    sekarang jadi pengen pake lantai vynil aja tapi motif kayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..kalau pengin lebih praktis, memakai lantai vinyl saja.

      Hapus
  11. Material kayu memang muahal bila dibanding dengan vinyl. Inilah kenapa vinyl banyak yang melirik. Cocok ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak ustad, vinyl lebih banyak dilirik karena hargaya lebih murah.

      Hapus
  12. lantai kayu for the winssss! kapan ya bisa punya rumah sendiri yang berlantai kayu biar kaya di youtube2 scandinavian home.

    BalasHapus
  13. lantai vinyl lebih enak, apalahi klo buat futsal. hee

    BalasHapus
  14. pengalaman, lantai kayu klo masangnya gak bener bakal pengaruh ke semuanya ntar. tapi klo bener hasilnya juga keren dan bagus. sesuai dengan harganya lah. :D

    BalasHapus
  15. Lantai kayu sama vinyl cuman masalah harga doang. kalo horang kayah lebih milih kayu ketimbang vinyl.

    BalasHapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...