Kamis, 23 Agustus 2018

Merdeka dari Penjajahan Produk Impor dengan Membeli Produk Lokal

Saat ini adalah  era informasi dimana informasi  berkembang dan menyebar secara cepat. Indonesia  adalah salah satu negara yang  mengalami pertumbuhan pengguna Internet. Pada tahun 2017 tercatat pengguna internet di Indonesia sebesar 143,26 jt orang, data tersebut berasal dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII).


Peningkatan jumlah pengguna internet juga berdampak bagi e-commerce. Dari segi e-commerce, tercatat juga nominal yang cukup fantastis. Pada tahun 2017 nilai transaksi e-commerce yang tercatat menurut Bank Indonesia sebesar 85 triliun dan 75 triliun pada tahun 2016. Terjadi peningkatan sebesar 10 triliun dari tahun 2016 ke tahun 2017.
Namun sungguh miris, dari total produk yang dijual online di Indonesia saat ini, 93-94% merupakan produk impor & produk lokal hanya 6-7%
Dibesarkan bertahun-tahun di sebuah desa sentra produksi kerajinan tanduk aku sangat mengetahui kehidupan para pengrajin. Produk-produk kerajinan tanduk di desaku pada jaman dahulu sempat menguasai pasaran. Sayangnya dengan banyaknya produksi barang sejenis dari plastik impor dari luar negeri lambat laun para pengrajin tanduk di desaku satu persatu gulung tikar.


Miris memang , tapi begitulah kenyataan yang terjadi sekarang. Beberapa barang impor harganya lebih murah dan membuat konsumen lebih memilih memilih membeli barang impor. Padahal barang produksi lokal secara kualitas jauh lebih bagus. Harganya memang lebih mahal karena memang dibuat satu- satu dengan tangan. Dan tanpa kita sadari kita telah dijajah dengan produk impor. 

Jika hal demikian kita biarkan terjadi maka lama kelamaan para pengrajin akan gulung tikar karena tidak ada konsumen yang membeli. Jadi kesadaran untuk membuat produk handmade buatan lokal itu harus datang dari diri kita. Kita niatkan saja untuk membantu kelangsungan hidup para pengrajin lokal.

Merdeka dari Penjajahan Produk Impor

Kita bisa merdeka dari penjajahan produk impor dengan cara yang paling sederhana yaitu dengan membeli produk-produk lokal. Kebetulan beberapa tahun terakhir ini aku lebih suka membeli barang-barang handmade dari pengrajin. Barang-barang handmade ini aku beli setiap ada pameran atau bazar yang kudatangi. Tas rajut dari benang, sandal kulit, dompet kain handmade sampai berbagai motif batik untuk kondangan. Tidak hanya untukku, kadang-kadang aku juga membeli kain batik atau tenun yang lucu buat anak-anak atau suami. 


Tas rajut koleksiku (dok.pri)

Dompet handmade (dok.pri)


Baju  Tenun Troso anakku  (dok.pri)

Sebelumnya jika ingin membeli barang handmade yang unik kita harus datang ke pameran atau bazar-bazar UKM. Artinya kita harus keluar rumah dan menyempatkan diri membeli barang tersebut. Kini kita tidak sulit untuk mencari produk-produk asli Indonesia dari rumah. Cukup di depan komputer atau dari smartphone kita bisa berselancar melihat berbagai macam barang kerajinan  karena sekarang ada e commerce qlapa.com yang khusus menjual produk-produk Indonesia. Produk handmade buatan dari pengrajin.

Tentang qlapa.com

Qlapa.com adalah situs jual beli online yang menyediakan produk-produk handmade unik berkualitas dari kemeja batik, tenun, tas dan sepatu kulit, dompet, perhiasan dan dekorasi rumah. Singkatnya sih qlapa.com adalah mall online untuk produk handmade. Semua adalah barang handmade dan langsung dari pengrajin.

Situs qlapa.com
Qlapa.com hadir sebagai perwujudan mimpi founder qlapa.com yang ingin memperkenalkan dan memberdayakan kreatifitas lokal melalui internet. Jadi qlapa.com adalah rumahnya produk handmade di Indonesia dimana banyak pengrajin berkumpul untuk menjual barangnya.


Inspirasi kado dari qlapa.com
Ada bermacam-macam barang yang dijual di qlapa.com. Bahkan jika kita ingin memberi kado seseorang yang spesial ada banyak insiprasi kado yang tersedia. Ada kado ulang tahun, kado anniversay, kado pernikahan sampai kado valentine.

Qlapa.com juga terdiri dari beberapa kategori. Jika kita ingin membeli produk handmade di sini, bisa lebih mudah. Tinggal cari di kategori yang kita inginkan. Ada pakaian dan aksesoris, rumah dan aksesoris, gadget dan peralatan, perayaan dan hadiah, perawatan dan kecantikan serta kuliner. Lengkap bukan?
Ada beberapa kategori di qlapa.com

Mudahnya Membeli Produk di qlapa.com

Produk-produk yang di jual di qlapa.com adalah produk-produk handmade berkualitas dan pilihan  yang telah terkurasi. Karena aku suka dengan produk-produk handmade kali ini aku ingin membeli produk handmade di qlapa.com. Biasanya kalau membeli produk handmade harus ke bazar. 

Pilihan produk handmade yang aku pilih kali ini adalah dekorasi rumah. Untuk dekorasi rumah yang dijual  ini biasanya didominasi oleh produk-produk impor. Kali ini aku ingin mengintip dekorasi rumah handmade yang ada di qlapa.com. Pilihanku jatuh kepada 3 bantal sofa yang lucu. 


Setelah memasukkan ke keranjang belanja aku tinggal bayar. Ada berbagai macam cara pembayaran di qlapa.com. Ada transfer bank, kartu kredit atau bisa juga melalui indomaret. Aku memilih memakai cara transfer melalui Bank Mandiri untuk membayar di qlapa.com. Dua hari kemudian barang yang kupesan datang. Barangnya bagus dan tidak kalah dengan sarung bantal kualitas impor.

Sarung bantal dari qlapa.com (dok.pri)


Sarung bantal home made  (dok.pri)


Rumah tambah rapi dengan sarung bantal home made (dok.pri)

Ternyata kualitas sarung bantal dari qlapa.com ini nggak kalah dengan kualitas sarung bantal produk impor yang kulihat di toko perabotan impor beberapa minggu sebelumnya. Untuk membuat rumah rapi dan keren tidak harus pakai produk impor bukan?

Mari kita dukung para pengrajin kita dengan cara membeli produk lokal Indonesia. Kita buktikan kita tidak hanya merdeka fisik dari penjajah. Tapi juga merdeka dari penjajahan produk impor. Mari kita dukung kebijakan pemerintah untuk memperbanyak produk lokal di e commerce. #MerdekaProdukIndonesia

Bersantai di karpet (dok.pri)


11 komentar:

  1. banyak produk lokal yang sudah kece habis ya, tp sayangnya orang masih suka yang luar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mamah Tira padahal produk lokal tidak kalah bagus yaa...

      Hapus
  2. Setuju mba kalo bangga pake produk lokal, insya allah ekonomi negara akan meningkat❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ekonomi bisa maju dengan banyaknya UKM UKM yang memproduksi produk lokal ya Mbak. Yuk..kita beli produk lokal sebagai bentuk cinta kita pada Indonesia.😍

      Hapus
  3. Waah enak ya sekarang mau beli produk handmade yang berkualitas gak harus keluar rumah. Cukup mantengin qlapa.com

    BalasHapus
  4. Iya..lebih mudah dan praktis sekarang.

    BalasHapus
  5. Tempat favorit buat beli barang kerajinan dari kulit nih
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas. Banyak produk dari kulit berkualitas di sini.

      Hapus
  6. Iya betul. Dulu itu kalau pengen cari produk handmade, yang punya ciri khas tradisional daerah2 di Indonesia, susahnya minta ampun. Sekalinya ke Malioboro, misalnya, jadi kalap hahaha. Qlapa ini keren sekali, kita tidak perlu pergi ke sana sini, cuma di depan laptop dan ... tradaaaa ... transaksi terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih praktis ya Mbak Tuteh sekarang. Nggak usah kemana-mana bisa belanja produk handmade lokal meskipun cuma di rumah. Cukup klak klik dari depan komputer.

      Hapus
  7. Aku sekarang mengusahakan beli produk lokal dl. Kalo ga ada yg sreg baru intip impor. Tapi kalo harganha sama mending lokal aja lah lebih berkualitas kok

    BalasHapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...