Minggu, 03 Februari 2019

Pesona Keindahan Pulau Merah Banyuwangi dan 4 Pantai Indah di Sekitarnya

Yuhuuu...ketemu lagi sama fadevmother di sini. Setelah beberapa waktu nggak ngomongin tempat wisata kali ini aku akan ajak pembaca sekalian menikmati keindahan Banyuwangi. Siapa yang nggak kenal kota Banyuwangi? Kota yang terletak di paling ujung Pulau Jawa ini ternyata menyimpan sejuta pesona yang jarang kita ketahui. Apa saja pesonanya? Yuk kita lihat sama-sama. 

Salah satu wisata di Kota Banyuwangi adalah Pulau Merah. Pulau Merah  menjadi salah satu ikon Kabupaten Banyuwangi. Bukan hal yang mengherankan memang. Apalagi pantai cantik ini mampu memikat wisatawan lokal hingga mancanegara. Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Bali kalau teman-teman ingin bertemu dengan bule.
Tapi selain Pulau Merah atau Red Island, ada sejumlah pantai di dekat wisata air ini yang panoramanya nggak kalah memikat. Sayang banget deh kalau teman-teman lewatkan. Terlebih lagi ada salah satu pantai yang memungkinkanmu untuk bertemu dengan penyu raksasa.

1. Pulau Merah Banyuwangi

Wisata yang dulunya bernama Pantai Ringin Pintu ini memang begitu memesona dengan panorama alam di sekitarnya. Di sini kalian akan menyaksikan bukit kecil di dekat pantai yang warna tanahnya berwarna merah. Nggak heran namanya menjadi Pulau Merah.
Tapi teman-teman nggak akan bisa menyaksikan tanah yang merah karena tertutup oleh pepohonan yang rimbun.
Bukan hanya bisa menyaksikan keindahan pantai dengan pasir putih keemasannya saja. Teman-teman juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru di sini yang meliputi:
  • Berselancar (untuk pemula hingga profesional)
  • Berenang
  • Memancing
  • Menyaksikan keindahan sunset
Selain aktivitas tersebut, kalian juga bisa mengunjungi bukit kecil di Pulau Merah ketika laut surut. Di sana kalian bisa menyaksikan beragam biota laut yang terjebak di antara karang laut.
Jadi tanpa snorkeling pun teman-teman bisa menyaksikan beberapa hewan lucu yang ada tinggal di dalam lautan.
Sumber : instagram @explore_banyuwangi

Untuk bisa sampai ke wisata pesisir ini, kalian memerlukan waktu kurang lebih selama 1 jam 50 menit dari pusat Kota Banyuwangi. Teman-teman bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk bisa menuju ke Pulau Merah. Kalian  bisa mengarahkan kendaraan kalian ke Desa Pesanggaran.
Nggak perlu khawatir tersesat karena di sepanjang jalan sudah ada petunjuk yang jelas. Infrastrukturnya pun juga sudah bagus dan akan memudahkan pengunjung.
Lokasi: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Delapan ribu rupiah
Sumber : instagram @sie.komo

2. Pantai Teluk Hijau

teluk hijau
Sumber : instagram @putririand
Teluk Hijau atau populer dengan nama Green Bay ini bisa dibilang merupakan surga tersembunyi di Banyuwangi. Dengan pasirnya yang putih, jernihnya air laut dan panorama alam di sekitar yang masih asri sungguh memikat. Teman-teman juga bisa melihat monyet ekor panjang di sekitar pantai, lho.
Dari pusat Kota Banyuwangi, kalian memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan berkendara. Jarak tempuhnya pun sekitar 90 kilometer. Teman-teman bisa mengarahkan kendaraannya ke Kecamatan Pesanggaran. Lalu lanjutkan ke Desa Sarongan.
Nggak perlu khawatir tersesat karena di sepanjang perjalanan akan ada petunjuk arah yang cukup jelas.
teluk hijau banyuwangi
Sumber : instagram @mrizag
Begitu tiba di pos Rajegwesi, teman-teman perlu menyediakan retribusi senilai tujuh ribuan rupiah. Setelah itu, perjalan bisa dilanjutkan dengan jalur darat maupun laut. Nah, kalau kalian ingin menggunakan jalur laut, sewalah perahu di Rajegwesi. Tarifnya hanya tiga puluh lima ribu rupiah per orang (pulang pergi).
Perjalanan darat juga bisa kalian tempuh. Tapi pastikan kendaraan teman-teman  tetap prima karena jalanan yang akan  ditempuh sangat terjal. Kalian pun perlu tracking sekitar 1 kilometer dengan jalan yang menanjak dan menguras tenaga. Jadi siapkan saja bekal air yang cukup.
Meski melelahkan, tapi perjalanan darat ini nggak kalah seru karena kalian akan melihat keindahan Pantai Batu sebelum mencapai Teluk Hijau.
Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-16.30 WIB
Tiket masuk: Tujuh ribu lima ratus rupiah

3. Pantai Wedi Ireng


instagram.com@grandhysetyo

Selain Pulau Merah Banyuwangi, wisata di laut selatan yang nggak kalah cantik dan sayang untuk teman-teman lewatkan adalah Pantai Wedi Ireng. Masih sedikit orang yang mengetahui soal wisata pantai satu ini. Tapi pesonanya nggak kalah memikat jika dibandingkan dengan destinasi liburan yang lain.
Perpaduan antara pasir berwarna hitam dan putih di Pantai Wedi Ireng ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jarak dari pusat Kota Banyuwangi menuju Pantai Wedi Ireng sendiri adalah sekitar 65 kilometer. Waktu tempuhnya pun kurang lebih selama 3 jam berkendara.
Untuk bisa sampai di lokasi pantai ini, kalian  bisa menggunakan jalur ke Pulau Merah. Sebab jarak kedua wisata ini hanya sekitar 3 kilometer saja.

sumber : instagram@reza_baikhaqi
Dari pintu masuk, teman-teman bisa menggunakan jalur darat dan laut agar bisa sampai di lokasi pantai. Kalau memilih jalur darat, kalian  akan melakukan tracking dengan melewati hutan pohon kelapa dan tanaman buah naga. Sedangkan kalau menggunakan jalur laut, kalian bisa sewa perahu nelayan setempat. Biayanya empat puuh ribu rupiah per orang (pulang pergi) dan dua puluh lima ribu rupiah untuk sekali perjalanan.
Lokasi: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Gratis dan hanya perlu menyediakan budget untuk parkir kendaraan

4. Pantai Rajegwesi

Sumber : instagram @awan_aee

Pantai Rajegwesi juga sayang untuk teman-teman lewatkan. Wisata satu ini punya pasir kecoklatan dan dikelilingi hutan tropis yang sangat asri. Ombak di pantai ini pun lebih kecil jika dibandingkan dengan wisata serupa di laut selatan. Alhasil banyak penduduk sekitar berprofesi sebagai nelayan.
Bahkan setiap paginya akan ada pelelangan ikan di area bibir pantai. Saat itu pun terjadilah interaksi antara nelayan dan pembeli. Wisata ini merupakan penghubung dengan pantai lain seperti Teluk Hijau maupun Sukamade.
Untuk bisa sampai ke sini, waktu tempuhnya kurang lebih selama 3 jam perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi.Kamu bisa menuju ke Jajag terlebih dahulu. Perjalanan dilanjutkan ke Desa Sarongan.
Sumber : instagram @n.i.n.o.n
Jalan yang dilalui untuk bisa sampai ke Sarongan pun cukup baik dan beraspal. Tapi begitu meninggalkan kasawan ini, medan cukup menantang. Jalan berliku hingga, berkelok sampai yang memiliki kontur bergelombang dan berbatu akan kalian lalui. Jadi pastikan kendaraan teman-teman  tetap prima ketika menuju ke wisata ini.
Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Tujuh ribu lima ratus rupiah
Ternyata selain Pulau Merah Banyuwangi masih ada pantai di sekitarnya yang panoramanya nggak kalah cantik. Bahkan ada pula yang memungkinkan teman-teman  untuk melihat penyu.
5. Pantai Sukamade

Sumber : instagram @hebdomania

Ingin liburan ke pantai dengan nuansa menantang? Coba deh kunjungi Pantai Sukamade. Tempat wisata pesisir ini merupakan kawasan Taman Nasional Meru Betiri dengan surganya penyu bertelur. Jadi nggak heran kalau teman-teman  bisa menyaksikan penyu bertelur di malam hari. Penangkaran dari peranakan hewan lucu ini pun bisa kalian lihat di sekitar wisata.
Kalau beruntung, kalian juga bisa bertemu dengan penyu super besar yang akan kembali ke lautan melewati bibir pantai. Jarak dari pusat Kota Banyuwangi ke Pantai Sukamade memang super jauh, yakni sekitar 100 kilometer. Waktu tempuhnya pun kurang lebih selama 5 jam berkendara.
Kondisi jalan pun sangat menantang dengan medan berkelok dan berbatu. Bahkan teman-teman juga akan melewati sungai dangkal dengan air jernih.
Jadi tunggu apa lagi? Yuk datang ke wisata pantai di Banyuwangi seperti yang ditulis di atas. Buat rekomendasi tempat wisata lain teman-teman bisa buka di www.qupas.id ya  guys

36 komentar:

  1. Kakak, Pulau Merah mengingatkan saja pada Pink Beach di Labuan Bajo sana hehehe. Keren-keren kak lokasi wisatanya, membuat yang baca segera berkemas dan berangkat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yooii Mbak Tuteh. Aku malah belum pernah ke Labuan Bajo loh. Jadi pengiiin....

      Hapus
  2. Destinasinya bagus-bagus banget deh. Kudu disosialisasiin lebih lagi, biar makin rame pengunjung Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Banyuwangi menyimpan sejuta pesona. Kayaknya lebih banyak disosialisasikan lagi ya biar lebih banyak yang tahu.

      Hapus
  3. Gileeee Bamyuwangi pantainya indah banget ya. Temen bule malah bnyak yg suka tanya destinasi wisata pantai di Banyuwangi, aku malah belom prnh ke sana heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah malah bule - bule dah pada ke Banyuwangi ya Mbak.

      Hapus
  4. Banyuwangi sekarang ngehits banget ya mba.. Tempat wisatanya bagus-bagus, pantainya itu lho keren-keren semua.. Keliatannya juga bersih, masih alami ya mba.. Penasaran sama Pulau Merah itu jadinya.. :D Semoga bisa ke Banyuwangi situ saat nanti.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Semoga suatu saat nanti bisa ke Banyuwangi yaaa

      Hapus
  5. Ga nahan klo liat postingan isinya pantai. Pengen lngsung ke sana dan menceburkan diri. Kangen sma yg asin2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...main cebur-ceburan ke pantai yuk Mbak...main asin sepuasnya..

      Hapus
  6. Wah, baru tahu pantai-pantai di Banyuwangi sekeren ini...pasir putih dan pemandangannya sangat asri. Tfs mb ..kapan2 pengen jelajah banyuwangi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ke Banyuwangi lebih mudah daripada dulu ya. Ada bandaranya juga soalnya.

      Hapus
  7. Jauh-jauh banget ya, jarak temouhnya bisa 3-5 jam. Tapi memang tidak ada yg mudah untuk mendapatkan sesuatu yg bagus ya.


    Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. View nya cakep. Sesuai dengan pengorbanan perjalanannya ya Mas.

      Hapus
  8. Pantai Sukamade seru banget. Dari foto aja udah terlihat deburan ombaknya. Tapi 5 jam perjalanan...waduh... Harus kuat stamina tuh...
    Makasih info pantai-pantainya...

    BalasHapus
  9. Baru kemarin ngobrol sama teman pengen liburan ke Banyuwangi, lihat ulasan ini jadi memantapkan untuk bikin trip sama teman-teman ke Banyuwangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah pasti seru sekali ngetri bareng-bareng temen ya Mbak. Yuk...yuk...

      Hapus
  10. Banyuwangi emang harus disinggahi selama hidup :)

    BalasHapus
  11. Wahh ada banyak pantai cantik yaa ternyata di Banyuwangi. Kalau lihat fotonya, favorit saya yang Pantai Wedi Ireng nih. Warna air lautnya juarakkk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus ya Mbak. Kayak Lombok yang pantainya bagus-bagus.

      Hapus
  12. Banyak sekali destinasi wisata indah di Banyuwangi. Tak heran makin ke sinisini Banyuw semakin ramai dikunjungi. Aku belum ke tempat destinasi destination sebutkan di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan Mbak Evi harus ke Banyuwangi pokoknya. Apalagi kalau Mbak Evi yang motret . Pasti kereen kereen.

      Hapus
  13. Wah indah banget ya pantainya masih bersih pula cocok nih buat refreshing sama keluarga.

    BalasHapus
  14. Mantap, uy! Ternyata pantai di Banyuwangi banyak yang bagus

    BalasHapus
  15. Saya suka banget Pantai Pulau merah Dan tetangganya. Kalau suka Pantai berjejer Pantai di sekitar ini tinggal dikunjungi. Banyak perkebunan Buah Naga lagi. Mantap betul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ....mirip- mirip di Bangka ya. Pantainya berjejer gini

      Hapus
  16. Waktu ke Banyuwangi aku nggak ke pantai2nya 😄😄
    Tujuannya beda sih dtg ke nikahan adek bukan traveling 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba traveling Manda. Asyiik banget ya pantainya.

      Hapus
  17. Banyuwangi emang salah satu yang keren di Jawa Timur. Destinasinya top2 deh.. termasuk pantai2nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selain malang Banyuwangi ini menyimpan banyak pesona yang wajib dikunjungi

      Hapus
  18. Banyuwangi emang istimewa. Rasa-rasanya semua pantai di Banyuwangi bagus-bagus deh. Kalo keliling pantai-pantai di Banyuwangi nggak cukup 2,3 hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau didatatangin semua dan benar-benar menikmati gak cukup dua hari mbak kayaknya.

      Hapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...