Senin, 11 November 2019

Silaturahmi lebih Mudah dengan Transportasi yang Aman dan Nyaman


" Kemanapun kau pergi, sejauh manapun     kau  melangkah pergi , kau tetap akan       pulang ke rumah "  ( Quote)

Pulang adalah hal yang selalu dirindukan semua perantau seperti kami. Bau tanah basah sehabis hujan selalu saja membuat rindu kampung halaman. 

Dulu...saat anak-anak masih kecil kami selalu pulang kampung  naik kereta eksekutif ke Blitar. Pertimbangannya tentu saja keselamatan, kenyamanan dan rasa aman. Kini anak-anak sudah besar dan bersekolah di sekolah swasta semua yang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tahu sendiri kan biaya sekolah swasta islam di jabodetabek.

Jadi kini kami memilih membeli tiket kereta api bisnis untuk pulang kampung. Dulu sih sebutannya bisnis untuk kereta api Majapahit. Tapi sekarang sepertinya tidak ada lagi sebutan kereta api bisnis. Semua menjadi kereta api ekonomi. Satu tiket kereta api eksekutif bisa kami belikan 2 tiket kereta api Majapahit. Lebih hemat bukan? Apalagi kami pulang kampung berlima.

Uyel-uyelan dong naik kereta api ekonomi.  Eits...jangan salah. Itu dulu, kini naik kereta api ekonomi senyaman kereta api eksekutif. Ruangan ber AC, ada colokan listrik, bersih, semua kursi bernomor dan tidak ada penumpang berdiri atau pedagang asongan yang masuk. Nyaman dan aman. Toiletnya pun bersih dan tidak bau pesing seperti toilet ekonomi jaman dulu. Si bungsu pun nyaman nyaman saja naik kereta api meski bukan naik kereta api eksekutif.


Gembira naik kereta api Majapahit (dok.pri)

Ruang tunggu penumpang kereta api sekarang dibuat nyaman dengan banyak kursi. Hanya penumpang yang boleh masuk sampai dalam ke ruang tunggu. Pengantar hanya mengantar sampai luar. Jadi tidak ada lagi stasiun yang hiruk pikuk penuh orang. 

Ruang tunggu nyaman (dok.pri)

Beberapa tahun terakhir ini stasiun - stasiun mempercantik diri. Tak ketinggalan stasiun di daerah seperti stasiun Blitar. Tempatnya menjadi bersih, nyaman dan instagramable. Penumpang pun tidak perlu antri karena sekarang bisa check in mandiri di tempat cetak boarding pass di sudut stasiun.

Instagramable (dok.pri)
Kini tidak ada alasan lagi untuk tidak pulang kampung menengok orang tua. Tidak ada kebahagiaan orang tua selain melihat anak-anaknya menengoknya. Transportasi kereta api yang murah, aman dan nyaman menjadi penyambung silaturahmi dan membuat silaturahmi lebih mudah. Dalam setahun pun bisa pulang beberapa kali tanpa takut kantong jebol.

Ibuku (paling ujung) yang selalu gembira saat anak dan cucu menengoknya.



Peran Kemenhub dalam Mewujudkan Transportasi Kereta Api yang Nyaman

Seperti kita ketahui  pemerintah melalui  kementrian perhubungan  atau kemenhub terus berusaha mengembangkan pembangunan angkutan massal seperti kereta api dengan cara membangun banyak jalur kereta api baru. Transportasi Indonesia yang unggul dan maju bukan lagi sebatas impian dan wacana.

Sumber : IG kemenhub

Selain kereta api jarak jauh, sekarang juga ada MRT dan LRT yang nyaman. Dulu pertama kali tahun 2010 ke Singapura sempat terkagum-kagum dengan MRT. Sekarang Jakarta juga sudah punya MRT dan LRT.

MRT Jakarta (dok.pri)
Mau ketemuan sama temen di daerah Thamrin Sudirman kalau dulu males banget karena terbayang macetnya. Dengan adanya MRT jarak tempuh yang sama bisa ditempuh hanya sekian menit tanpa macet. Tidak ada lagi rasa malas untuk bersilaturahmi. Transportasi yang aman dan nyaman memang memudahkan silaturahmi ya guys. Nggak hanya silaturahmi dengan ortu di kampung, namun juga silaturahmi dengan teman.

Kenyamanan Fasilitas Transportasi Udara

Tidak hanya transportasi darat seperti kereta api saja, kemenhub juga memperhatikan kenyamanan bandara buat mereka yang sering mempergunakan transportasi udara.

Beberapa bandara yang dulu sederhana kini kian cantik, megah  dan nyaman. Bandara Depati Amir contohnya. Tahun 2017 pas liburan ke Bangka bandaranya sudah bagus banget. Berbeda pada saat pertama kali mengunjunginya tahun 1995 yang masih berupa bangunan sederhana.  Kebetulan ada tante yang mempunyai keluarga di sana. Silaturahmi pulang kampung pun lebih nyaman.

Tidak jauh berbeda dengan pelayanan di bandara Sukarno Hatta dan bandara Adi Sucipto Yogyakarta.  Sekarang sepertinya semua bandara punya standar pelayanan yang sama buat manula atau difabel. Nenekku adalah salah satu yang merasakan manfaatnya.

Nenekku sering berkunjung ke Jakarta dijemput omku dan naik pesawat bareng untuk menengok anak, menantu, cucu dan cicitnya. Kebetulan beliau tinggal di Magelang. Dua tahun terakhir beliau berjalan dengan tongkat dan jalannya pelan sekali. Kadang-kadang saja beliau memakai kursi roda jika capek. Dan pelayanan bandara Yogyakarta dan Sukarno Hatta cukup diacungi jempol. Sekarang ada fasilitas kursi roda buat manula plus ada petugasnya juga. Nenekku naik kursi roda dan tidak perlu capek berjalan di area  bandara yang luas.

Sumber : IG Kemenhub

Baru kusadari bahwa kenyamanan transportasi benar-benar bisa menyambung  silaturahmi secara tidak langsung. Bukan saja yang muda mengunjungi yang tua. Bahkan yang tua pun bisa mengunjungi anak, menantu, cucu dan cicitnya dengan kemudahan dan kenyamanan  transportasi.

Nenekku bersama cucu dan para cicit saat berkunjung ke Jakarta tahun lalu (dok.pri)

Fasilitas Skytrain di bandara

Pernah menjemput saudara yang berkunjung ke Jakarta di bandara tapi ternyata kita salah parkir? Jadi harusnya jemput di terminal 2 tapi salah parkir di terminal 3?

Salah parkir mobil saat jemput masalah banget kalau dulu. Tapi kini bukan masalah lagi karena sekarang ada fasilitas skytrain gratis bagi pengunjung antar terminal di bandara.  Wah asyik banget ya. Selain nyaman juga mempermudah kita untuk berpindah dari terminal satu ke terminal lainnya.

Stasiun skytrain (dok.pri)

Ruang tunggu skytrain yang nyaman (dok.pri)


Kenyamanan Transportasi Laut


Sampai seumur gini jujur aku baru dua kali naik kapal laut menyebrangi Pulau. Itu pun cuma ke Bali yang jarak tempuhnya cuma sebentar. Penasaran sih rasanya naik kapal laut berhari-hari.


Buat yang penasaran seperti apa kenyamanan naik kapal laut saat ini bisa dilihat di infografis di bawah ini. Infografis ini diambil dari media sosial instagram kemenhub di @kemenhub151.




Lima tahun terakhir kemenhub  berusaha mewujudkan transportasi Indonesia yang unggul dan maju.  Berbagai peningkatan pelayanan dan infrastruktur digalakkan di segala bidang baik transportasi laut, darat maupun udara.

Sebagai masyarakat aku pribadi mengapresiasi apa yang dilakukan kemenhub dalam lima tahun terakhir ini. Dengan keselamatan, keamanan dan kenyamanan alat transportasi silaturahmi antar kota, antar pulau atau antar propinsi lebih mudah. Terima kasih kemenhub.

Buat yang penasaran dengan pencapaian kemenhub yuk kita follow medsos kemenhub di bawah ini :

Facebook :
https:/ facebook.com/kemenhub151
Twitter :
https://twitter.com/kemenhub151
Instagram :
https://instagram.com/kemenhub151

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Kemenhub Blogger Writing Competition 2019.



64 komentar:

  1. Saya belum pernah naik pesawat dan kapal laut xixixi

    BalasHapus
  2. Betul mbak, sekarang tuh transportasi darat, laut, dan udara tun udah luar biasa. Masyarakat yang hendak bepergian dimudahkan dengan pembangunan infrastruktur transportasi yang ciamik gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Sekarang bepergian kemanapun lebih mudah yaa

      Hapus
  3. Kereta sekarang memang sudah bagus ya, terakhir tahun ini ke Malang dari Sidoarjo udah nyaman banget keretanya. Bawa anak-anak naik komuter line dari Surabaya ke Sidoarjo juga sudah enak. Kalau transportasi umum semakin dibenahi, mungkin orang akan lebih memilih naik transportasi umum dan bisa mengurangi kemacetan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transportasi umum terbukti memang bisa mengurangi kemaleman mbak. Apalagi di Jakarta yang hampir sebagian besar bawa mobil. Adanya MRT dan LRT cukup mengurangi pengguna mobil untuk berpindah ke transportasi umum

      Hapus
    2. Mengurangi kemacetan maksudnya. Maaf typo..

      Hapus
  4. Yang paling kurasakan, revolusi kereta api. Wuiih, makin cinta pada KAI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran mbak. Kereta api benar-benar mengalami transformasi ya..keren sekarang.

      Hapus
  5. Transportasinya yang belum aku naiki cuman kapal laut tapi aku takut euy soalnya ibunya teman jatuh dari kapal dan ga ketemu mayatnya jadi horor deh aku selalu terngiang cerita itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah..kok serem ya mbak. Sepertinya sekarang ada pedoman keselamatan naik kapal laut deh mbak. Ada aturan aturannya juga pelayanan di kapal seperti apa. Jadi InsyaAllah lebih aman sekarang.

      Hapus
  6. Saat ini impianku cm satu ... NAIK PESAWAT. EAKAKAKAK brlum pernah. Ke bandara aja cm 3x. Itu jemput dan anter ortu dan adikku. Mengenasksn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mbak sekali kali coba naik pesawat . Aku dulu pertama kali naik pesawat tahun 1995 kelas dua SMA ke Bangka

      Hapus
  7. Paling terasa itu peningkatan pelayanan dan infrastruktur kereta api. Dulu kalau ke Jakarta masih merasakan yang berdesakan di dalam kereta, bahkan ada yang tidur di kolongnya. Pernah merasakan susahnya nyari tiket.
    Bangga deh, sekarang sudah lebih baik. Terima kasih KAI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...terasa banget ya. KAI sekarang top deeh gak kayak jaman dulu yaa

      Hapus
  8. Alhamdulillah semua jenis transportasi sudah pernah saya gunakan. Eh kok saya jadi kangen yah naik kapal laut, soalnya sdah lama banget tidak naik kapal laut lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku kalau mau naik kapal laut sekarang juga bingung mbak. Mau pergi kemana ya?.Hihihi...dulu sih ke Bali jaman SMA nyebrang pakai kapal. Sekarang naik peswat lebih cepat ya mbak. Eh tapi sekarang transportasi laut juga kereen looh.

      Hapus
  9. Inovasi PT. KAI berikut mitranya membuat kereta api semakin diminati masyarakat. Cuma, berbanding lurus dengan biaya tinggi, otomatis tarif tiket harus disesuaikan dengan dalih inflasi hehe... Tapi, saya rasa transportasi kereta api masih yang paling diminati dibanding transportasi lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini kereta api masih menjadi transportasi favorit masyarakat pak.

      Hapus
  10. Aaaaw.. transportasi Indonesia tambah maju, tambah keren, bersih, menyenangkan, aman dan nyaman. Kalo begini, siapa yang gak pengen mudik terus yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Tanti mengunjungi ortu bukan masalah lagi ya sekarang. Dengan harga hemat pun bisa mendapat layanan transportasi yang nyaman

      Hapus
  11. Wiwin | pratiwanggini.net14 November 2019 08.59

    Kangen naik kereta api euy, apalagi kereta api jaman sekarang udah beda banget dengan 15 tahun yang lalu. Demikian juga pelayanannya. Makin top deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoii Mbak Wiwin. Kereta sekarang top markotop pelayanannya

      Hapus
  12. Aku minggu lalu dari Jakarta ke Yogya naik kereta, baru pertama kalinya jalan jauh naik kereta ekseskutif, nyaman.... dan aku merasa happy, ingin mengulanginya lagi.....yuhuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah asyiik banget kan mbak Eka? Iya mbak...jalan-jalan naik kereta api memang menyenangkan. Liburan lagi yuuuk..

      Hapus
  13. Saya malah belum mencoba kalau kenyamanan transportasi laut mbak, setiap mau lebaran liat berita di televisi tuh kebanyakan yang diberitakan mudik di wilayah pulau Jawa yang pakai kereta api, bus atau pesawat hehe. Dulu waktu kecil saya juga langganan mudik, sekarang sih enggak. Semoga transportasi massal di negara kita semakin baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan kapan coba yuk mbak. Katanya sekarang naik kapal laut udah enak dan nyaman loh..

      Hapus
  14. Puas banget dengan terobosan yang dilakukan Kemenhub. Perjalanan pendek maupun panjang sekarang jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan. Apalagi kalau bawa anak-anak. Pergi jauh gak perlu takut lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...pergi jauh naik moda transportasi apapun sekarang aman dan nyaman

      Hapus
  15. Memang yaa kemajuan transportasi di segala sisi berpengaruh banget pasti pada sisi humanitasnya. Sektor darat, laut maupun udara terus berbenah semakin bagus dan jmudah serta nyaman saja pelayanannya saat ini. Congrats kemenhub

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kita patut mengapresiasi kerja kemenhub lima tahun terakhir

      Hapus
  16. Favoritku banget naik kereta, tiketnya murah dan nyaman, nggak kumuh kayak zaman dulu kala..

    BalasHapus
  17. KA ekonomi pun sekarang nyamaaaannn banget, ber-AC dan betah bgt aku naik KA.
    Cuma leg room-nya aja yg kurang lega hehehehheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kereta ekonomi sekarang nyaman nggak kayak jaman dulu

      Hapus
  18. Mba sampe seumur gini malahan aku belum pernah naik kapal laut wkwkwk kalau anak2 udah gede bisa mandiri pengen rasanya kayak RANS keliling Indonesia naik kapal laut salh satunya hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pengin coba mbak sekali kali yang jauhan gituu. Kalau ke Bali nyebrangnya cuma bentar

      Hapus
  19. Selama kurun waktu lima tahun ini terasa banget kemajuan transportasi juga infrastruktur pendukungnya. Sebagai orang timur, sangat senang dengan kemajuan ini, pembangunan sudah mulai merata hingga timur. Bandara-bandara bersolek, pengadaan transportasi pun lebih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya Mbak Ranny. Dulu Barat dan Timur njomplang banget ya. Sekarang udah merata berkat transportasi yang ok

      Hapus
  20. Setuju banget, Mbak. Transportasi sekarang lebih mudah, praktis, canggih dan tanpa macet. Ingat banget saya, 10 tahun yang lalu pas masih kerja di Jakarta. Mau liburan ke Ancol aja di jalan udah macet-macetan dulu. Terus parahnya lagi pas pulang kampung, naik bus macet, naik kereta api masih desak-desakan.

    Beda banget dengan yang sekarang. Bahkan, beberapa daerah juga jalannya sudah diperbaiki. Stasiun kereta api juga makin bagus. Dan bandara juga sekarang makin banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak sekarang transportasi dibuat semakin nyaman di semua sektor ya mbak. Jadi masyarakat seneng dengan segala perubahan yang ada

      Hapus
  21. Emang nyaman banget ya transportasi darat, laut dan udara saat ini. Mau kemana saja lebih mudah. Mau pergi sendirian juga tenang. Sudah terjamin keamanan dan keselamatan penjmpang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Sekarang lebih aman dan nyaman pokoknya.

      Hapus
  22. ah senangnya... baca ini saya jd tahu kalau naik pesawat itu menyenangkan. fasilitas di bandara juga oke sampai nenek berani berangkat sendiri ke Jakarta. saya selalu bayangin bakal nyasar di bandara yg segede itu, maklum belum pernah naik pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bakalan nyasar Mbak Artha di bandara. Kan ada papan petunjuknya :)

      By the way meski nenek ke Jakarta naik pesawat tapi gak sendirian berangkatnya mbak. Dijemput omku dulu ke Magelang. Jadi naik pesawatnya barengan omku dari Jogja. Tapi enaknya sekarang meski ada omku tapi ada fasilitas kursi roda buat manula. Ada petugasnya juga, kalau omku repot bawa barang barang, ada petugas yang mendorong kursi roda nenekku. Begitu...

      Hapus
  23. Kalau dibandingkan zaman dulu memang kereta apa kelas ekonomi saat ini sudah jauh lebih nyaman. Dulu mah umpel-umpelan banget. Sampai yang tiduran di gangnya juga ada. Belum lagi segala tukang jualan masuk hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kereta api ekonomi sekarang lebih nyaman. Pulang kampung naik ekonomi pun gak masalah lagi.

      Hapus
  24. aku dan keluarga ak pernah diajakin buat pulang ke kampung bokap di Palopo, selain karena biayanya cukup mahal, juga akses ke sana mesti melalui jalur darat dari Makassar selama 8 jam dengan kondisi jalanan yang kurang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya jauh banget Palopo dari Makasar ya Mbak. Tapi kayaknya sekarang transportasi ke sana lebih mudah.

      Hapus
  25. Mbak, berarti beda kereta eksekutif sama ekonomi apa sekarang kalau sama-sama bersih dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya di tempat duduknya. Kalau eksekutif kan tempat duduknya lebih empuk, bisa distel direbahin ke belakang. Untuk tempat kakinya juga lebih luas karena duduknya tidak berhadapan seperti kereta ekonomi. Tapi kalau pengin berhadapan bisa juga distel berhadapan Mbak.

      Hapus
  26. Bangga ya transportasi di negri kita begitu banyak perkembangannya. Bisa sering pulang ke Blitar dan ketemu orang tua.

    Aku juga seneng waktu bandara di kota Semarang jadi keren, ada mural, taman, seneng deh perubahannya dahsyat. Meski tidak cukup sering, tapi ada 8 kali naik pesawat dari awal 2019 sampai nopember ini. Apalagi kereta, ini transport favorit, dan tahun ini sering banget naik ini dari Semarang ke Bogor dan sebaliknya. Kalo kapal pernah juga kami pakai untuk penyeberangan waktu ke Bali dan Lampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Wati bantak sekali kemajuan transportasi kita ya baik darat, laut dan udara.

      Waah Mbak Wati sering traveling juga. Pasti kerasa sekali manfaat dan perbedaannya dari beberapa tahun lalu ya.

      Hapus
  27. Aku punya pengalaman naik kereta api kelas ekonomi yg ga ada AC nya, desak-desakan, ga ada colokan charger, terus banyak pedagang di dalam kereta, mbak hheee
    Skrg kalau naik kereta walau ekonomi, tetap nyaman hehee

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah ya, sistem transportasi kita semakin bagus. Ya alat transportasinya, ya jalannya, ya pendukung-pendukung lainnya. Jadinya mau ke mana aja bisa nyaman. Bahkan saat bawa anak pun. Semoga ke depannya semakin bagus, dan semakin membawa manfaat.

    BalasHapus
  29. Semakin nyaman ya mba Transportasi Indonesia Aku banggga banget bisa merasakan nih apalg MRT praktis cepat dan nyaman banget

    BalasHapus
  30. Kereta ekonomi sekarang enak mak ga kayak dulu. Aku juga ini ngitung2 sebelum pulang. Tapi kalau inget senengnya orang tua saat kita pulang kampung itu bikin ga mikir panjang pulang. Ini semua berkat kemenhub yang cetar skrang ya mak

    BalasHapus
  31. Kalau menurutku transportasi Indonesia sudah banyak kemajuannya, ini membuat nyaman penggunanya juga. Kalau dulu aku paling males pergi naik kereta api, tapi sekarang semenjak sudah banyak berubah jadi suka banget naik kereta.

    BalasHapus
  32. Sekarang naik kereta ekonomi tak perlu resah berdesak-desakan. Serba teratur sekarang ya. Para penumpang kian nyaman. Mau naik moda transportasi apa aja ga jadi masalah.

    BalasHapus
  33. wah ikut seneng demgan perkembangan positif transportasi kita saat ini.. aku pun ikut merasakan segala kemudahannya

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah semakin baik dan semakin maju ya Mbak transportasi kita. Terlebih untuk pelayanan kereta api sungguh serius diperbaiki. Ikut bangga atas kinerja Kemenhub.

    BalasHapus
  35. Kalau kereta api emag udah bagus zaman skrng yaaa. Yg kelas ekonomi jg udah ok, Pernah ajak anak ke Jkt-Sby naik ekonomi ya nyaman2 aja :D
    Kalau udara skrng juga makin banyak dibangun bandara baru yg kyknya wah ya mbak, aksesnya juga main enak, cuma tarif pesawatnya aja nih yg perlu dibenahi hehe imho

    BalasHapus

Membantu Orang Tua Mengatasi Speech Delay pada Anak Bersama Dini.id

Gara-gara tetangga cerita tentang anaknya yang terlambat bicara di usia yang hampir 4 tahun, jadi ingat dengan si sulung. Dulu dia juga...