Minggu, 09 Februari 2020

Jajan Cashless lebih Mudah dengan Mesin Kasir SPOTS



Halooo sudah bulan Februari aja nih. Dan kayaknya bulan ini belum nulis apapun. Enaknya nulis apa ya? Kadang banyak sekali ide di kepala yang mau ditulis, tapi nggak ditulis-tulis juga. Hahahaha.

Kali ini mau nulis tentang pengalaman jajan pakai mesin SPOTS aja deh. Siapa tau banyak teman-teman yang belum ngerti mesin SPOTS ini beserta kegunaannya. Tulis aja deh. Berbagi itu kan indah ya kan?


Buat penyuka bakso sepertiku, aku sering mencoba berbagai macam warung bakso. Dari Bakso Solo, Bakso Tulang Rusuk, Bakso Lapangan Tembak Senayan sampai outlet bakso  yang lagi ngehits. Kebetulan ada teman yang nanya sudah pernah cobain Bakso Benhil belum. Karena belum pernah coba, kemarin iseng browsing bakso Benhil terdekat. Ternyata tempatnya di Kramat Jati. Jadi cuss deh meluncur ke sana sama bocil.





Oya sejak pernah kecopetan aku jarang banget bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Jadi selama ini bawa yang praktis-praktis aja seperti atm atau dompet digital di smartphone . Uang tunai secukupnya aja. Jadi selama ini mau ke supermarket atau jajan ya tinggal debit aja atau pakai Go Pay deh.

Sambil makan bakso sekali dua kali ada abang Gojek yang beli dan dilayani pakai mesin EDC. Eh kok jadi penasaran sama mesinnya. Di warung kecil gini kok ada mesin EDC. Jadi abis makan , sambil nyuapin si kecil menghabiskan makanannya ngobrol deh sama si mbak yang jaga warung bakso.




Bayar pakai mesin SPOTS


Kata mbaknya nama mesin EDC yang dipakainya SPOTS. Jadi mesin SPOTS itu semacam perangkat kasir online. Semua pendapatan baik pembeli yang beli langsung atau pesanan lewat abang Go-Jek tercatat di mesin itu. Mesinnya juga portable, bisa dipindah-pindah. Jadi saat kita mau bayar mesinnya dibawa ke depan kita sama si mbak.

"Pakai mesin EDC SPOTS ini lebih enak Bu, karena semua pendapatan tercatat. Nggak usah hitung-hitung manual lagi. Langsung kelihatan pendapatan hari itu berapa" , kata si mbak penjual bakso. "Harga mesin EDC nya juga murah " , lanjutnya.

Wuih canggih bener ya mesinnya. Berguna banget buat usaha kecil menengah seperti jualan bakso ini. Akhirnya kemarin aku juga bayar pakai SPOTS . Bisa keluar struknya juga loh. Untung ada mesin EDC SPOTS ya, jadi bisa jajan cashless deh, nggak harus pakai uang tunai. Soalnya bawa uang tunainya terbatas.


Karena penasaran sama mesinnya akhirnya browsing deh tentang SPOTS.  Dari fitur, harga mesin EDC, sampai syarat-syarat buat dapetin mesin SPOTS.

Mengenal Lebih Dekat SPOTS

SPOTS merupakan aplikasi perangkat kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Produk ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi mereka.



SPOTS merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.

Keunggulan SPOTS :

1. Mengatur menu secara leluasa

SPOTS  dapat mengisi secara manual atau mengimpor menu GO-FOOD serta mengatur jumlah, foto, harga, dan kategori menu restoran sesuai kebutuhan.

2. Memproses pesanan dengan lebih cepat

Setiap ada pesanan dari GO-FOOD,  akan mendapatkan notifikasi real-time*sehingga memungkinkan  untuk mempersiapkan pesanan sebelum Driver sampai. *Hanya berlaku bagi Partner GO-FOOD saja.




3. Menerima pembayaran GO-PAY dengan mudah

Selain mempermudah prosesnya--pelanggan memindai kode QR dan dana akan langsung masuk ke akun GO-PAY penjual--SPOTS juga mencatat tipe pembayaran tiap pesanan, jadi penjual dapat mengetahui tipe pembayaran mana yang sering digunakan pelanggan.

4. Mencetak resi secara instan

Aplikasi perangkat kasir SPOTS dilengkapi dengan printer, jadi tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi, baik untuk pembayaran menggunakan GO-PAY, debit maupun tunai. Kini, tiap resi dapat Anda cetak langsung setelah transaksi selesai!

5. Memonitor pendapatan dan mendapatkan laporan harian

Kini  tidak perlu lagi melakukan perhitungan manual setiap harinya! SPOTS akan mengirimkan rekap transaksi via email tiap hari dan penjual pun dapat memantau perkembangan omzet restoran  secara langsung melalui aplikasi.

Oya sebelumnya SPOTS hanya mengandalkan Go-Pay, namun kini mesin EDC SPOTS sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit seperti kartu debit BCA maupun kartu debit dari bank lain. Dan sebentar lagi SPOTS bisa menggunakan kartu kredit loh. SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam ini. Keren kan guys?





Harga Mesin EDC  SPOTS ini sangat terjangkau yaitu Rp490.000 untuk biaya pendaftaran. Selanjutnya pengguna hanya membayar Rp4900 per hari. Untuk fitur yang sangat lengkap seperti SPOTS yang bisa berfungsi sebagai kasir sekaligus printer harga mesin EDC ini termasuk murah.

Kemarin sempat cerita ke beberapa temen tentang mesin SPOTS ini. Siapa tau mereka yang punya usaha kecil menengah dan tertarik buat pakai. Soalnya praktis banget buat para pemilik usaha. Selain sebagai perangkat kasir mesin EDC ini juga berfungsi sebagai akuntan sederhana. Nggak usah lagi malam-malam itung duit hasil pendapatan hari itu karena semua sudah tercatat rapi. Soal harga mesin EDC , sewa SPOTS harian ini sebanding bahkan terhitung murah dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Buat teman-teman yang penasaran sepertiku bisa intip-intip media sosial SPOTS ya di Instagramnya di https://www.instagram.com/spots.id/





102 komentar:

  1. cashless ini memudahkan banget ya mbak nunung, daku juga sekarang jarang bawa uang cash, selain pernah kececer ratusan ribu beberapa kali, juga lebih banyak manfaatnya, ada cash back dan diskon (emak mata diskonan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah udah gak kehilangan uang karena gak punya recehan. kalau cashless kan walau nominal receh, tetap gak ada yg tercecer. cara bayarnya pakai hp ajah lagi

      Hapus
    2. Iyah, praktis dan lebih seneng lagi karena bisa dapat cashback, lumayan menghemat uang belanja

      Hapus
    3. Iya Mak Tanti kadang kalau pakai CC sering ada cashback ya. Jadinya emang lebih suka cashless

      Hapus
  2. Jadi ini semacam mesin kasir merangkap akuntan dong, ya. Menangani transaksi sekaligus mencatatnya dengan rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ya Mbak. Aku baru ngeh. Ini mesin EDC sekaligus mesin yang merangkap jadi akuntan karena bisa memperlihatkan transaksi yang telah terjadi.

      Hapus
    2. Iya mbak Farida dan Mbak Lina. Jadi SPOTS ini bukan hanya sekedar mesin kasir tapi bisa juga sebagai akuntan sederhana.

      Hapus
  3. Mesin EDC SPOTS ini sarat faedah banget ya Mba
    Apalagi buat pedagang UMKM kuliner, super penting nihh, supaya makin sistematis dan anti ribet ribet club

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget Mbak Nurul. Bermanfaat banget ya buat UMKM nih

      Hapus
  4. Sejak ada SPOTS, urusan bayar membayar nggak perlu lagi ribet. Memudahkan sekali ya mba. Dan aku bahkan nemu pas perjalanan ke Makassar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ternyata SPOTS dah sampai Makasar juga yah. Kereeen

      Hapus
    2. asyiknya sudah merata ke seluruh nusantara. jd gak cm yg di kota besar ajah yg udah niknati kemudahannya

      Hapus
  5. Aku seneng kalau penjualnya punya mesin EDC SPOTS ini. Pas Gopay lagi ga ada saldonya, cus keluarin debit saja. Bentar lagi malah bisa kartu kredit ya
    Wah keren mesin ini, memudahkan penjual dan pembeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dian. Kadang kan lupa isi gopay ya. Eh ternyata mesin ini bisa pakai debit loh. Bentar lagi pakai CC

      Hapus
  6. Sekarang jajan-jajan makin mudah ya dan ngak perlu repot nyiapin uang tunai, cukup pakai cashless aja pakai mesin EDC GoPay, SPOTS, ngak hanya pakai GoPay pakai kartu debit juga bisa, wah...enak banget nih dan keren inovasi Gopay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya Mbak Inovasi dari Gojek. Saya aja salut loh

      Hapus
  7. Wah ini sih memudahkan banget ya. Mana harganya jauh lebih murah ketimbang beli mesin kasir, membantu penjual dan pembeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Mbak. Harganya terjangkau buat UMKM. Mayan banget kan selisihnya

      Hapus
  8. Wah keren nih mesin EDC SPOTS, bisa melakukan pembayaran melalui Gopay, debet dan nantinya juga kartu kredit, lengkap! Sangat menguntungkan bagi penjual dan pembeli, karena praktis, dan semua laporan juga tercatat di situ, nggak perlu ribet itung2 manual.

    BalasHapus
  9. Semoga semakin banyak tukang jajanan yang pakai spots ya, soalnya memudahkan banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, jadi inget, di komplek sebelah juga ada bakso benhil, sama enggak ya... Belum coba sih...

      Hapus
    2. Coba aja Mbak. Kayaknya Bakso Benhil ini franchise gitu deh . Jadi emang ada dimana -mana.

      Hapus
    3. Iya mbak, langsung pengen coba, apalagi musim hujan begini, dingin-dingin paling enak jajan bakso :D

      Hapus
  10. Aku malah fokes ke fotomu. Kok diblur Mbak? Kan penggemarmu ini mau lihat foto terbarumu. Wkwkwk
    SPOTS ok ya. Jadi mudah bagi yg jual juag pembeli. Sama-sama praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...awalnya mohon baksonya mbak. Trus lupa set masih mode Food. Ya...sekali kali blur biar kelihatan misterius .wkwkw

      Hapus
    2. Eh Typo deh. Maksudnya awalnya motoin baksonya pakai mode food. Trus lupa ganti

      Hapus
  11. Paling senang soal EDC SPOTS ini karena catat tiap pemasukan itu. Jadi yang gak pinter itungan sangat terbantu. Gak pakai drama soal kembalian juga karena bisa bayar pakai Gopay dan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yang jelas sih ga pakai drama gak ada kembalian dan harus nukerin dulu ke warung sebelah mbak.

      Hapus
  12. mantap ya mba, warung soto pinggir jalan langgananku juga udah pake spots loh semakin keren deh hehehe emang zamannya cashless yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ga ada drama kurang bayar atau ga ada kembalian kalau udah pake ginian ya mba

      Hapus
    2. Eaah enak ya mbak kalau warung soto langganan dah pakai . Tetep bisa jajan meski lupa bawa uang tunai. Kan biasanya kalau kartu gak ketinggalan

      Hapus
  13. Penggunaan mesin EDC ini menguntungkan semua pihak ya. Penjual bisa lebih mudah mencatat keuangan bisnisnya sedangkan pembeli bisa lebih praktis dalam pembayarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi saya sendiri, penggunaan mesin EDC sangat membantu, soalnya jarang bawa banyak uang. Lebih aman cashless

      Hapus
    2. SPOTS ini memang menguntungkan kedua belah pihak mbak. Baik penjual atau pembeli

      Hapus
  14. jajan cashless pake mesin seperti ini udah banyak kali ya mba di wilayah Jabodetabek, aku sendiri belum nemuin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah banyak sih mbak UMKM yang pakai. Kalau di gerai gerai besar seperti Chatime atau Domino Pizza juga ada Mbak

      Hapus
  15. Wah, bener-bener memudahkan banget ya mesin EDC ini. Semua jadi diuntungkan. Keren deh :)

    BalasHapus
  16. Benet bngt mba Mesin kasir yg satu ini praktis segeala Jenis pembayaran bisa,,,jd mempermudah pedagang dn pmbelinya

    BalasHapus
  17. Sekarang sudah praktis ya mau belanja gitu ya kak jadi lebih mudah banget kalau lupa bawa uang cash kalau aku kak

    BalasHapus
  18. Bagus banget spots ini ya. Selain penjual yg nyaman, pembeli juga sangat merasakan manfaatnya. Bahkan sekarang ke warung pinggir jalan aja pakai spots ya. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku jg tim cashless banget

      Hapus
    2. Sama sama nyaman nih baik penjual atau membeli dengan mesin SPOTS

      Hapus
  19. Sebagai anak cashless, aku bahagia nih kalau jajan kaki lima sekarang bisa pakai debit juga. Semoga ini juga membantu para pemilik umkm atau pedagang kaki lima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bikin pedagang kaki lima naik kelas yaa

      Hapus
    2. aku juga senang sekali ini sebagai anak cashless jadi aman tentunya kalau mau jajan.

      Hapus
  20. SPOTS ternyata sudah banyak dugunakan bahkan di warung dan toko-toko pinggir jalan ya Mbak. Jajan di warungpun bisa cashless.

    BalasHapus
  21. Sekarang kita masuk era cashless ya Mbaaa
    Makin gampiiill, mau belanja atau jajan di warung cukup pakai mesin EDC enih
    Cihuyy!

    BalasHapus
  22. Aku juga pencinta bakso mbak, heheh. Wah warung kecl pun sudah pakai mesin EDC ya, meski aku belum pernah nemuin sih. Jadi kemana-kemana cukup bawa kartu aja ya, gak perlu bawa uang tunai, heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa uang tunai sih bawa mbak. Tapi biasanya secukupnya aja. Lainnya ngandelin kartu di dompet

      Hapus
  23. spots ini emmang mesin edc yang bisa membantu para pedagang ya jadi gak repot buat catat keuangan dagangannya

    BalasHapus
  24. Nah senang banget kalau bisa bayar Gopay pakai spots ini. Ngebantu banget. dan skarang makin banyak yang gunakan spots saat mau jajan :)

    BalasHapus
  25. Pertama kali lihat mesin EDC SPOTS ini di SPBU, iya merasa kagum karena bisa cashless pas beli BBM. Kemudian melihat lagi mesin EDC SPOTS saat mampir makan di sebuah tempat makan di Tangerang, keren banget semakin luas yang sudah aware menggunakan metode cashless, jadi lebih santuy kalau kemana-mana gak nenteng uang jajan tunai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku malah belum ngeh mbak kalau ada mesin SPOTS di SPBU.

      Hapus
  26. Simple banget kalau pakek C Spots. Mudah buat pembeli,juga sangat membantu kerja pebisnis. Cocok diterapkan di jaman now yang apa-apa maunya cepat dan praktis. Harganya pun murah ini. BUat modal awal sih nggak terlalu gede ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mayan terjangkau sih harganya gak ada 500 ribu

      Hapus
  27. Mba Nanik, kalo aku justru karena kejadian kecopetan yang dialami ibuku bikin aku malas bawa duit tunai. Memang enak sih kalo penjual jajanan kaki lima juga udah berinovasi. Karena nantinya pasti banyak orang yang memilih cashless untuk pembayaran transaksi apa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Wati..
      Eh tapi aku Mbak Nunung bukan Mbak Nanik. Hehehhe

      Hapus
  28. Ini memudahkan banget, deh! Apalagi smartphone sekarang suka dibawa ke mana-mana. Malah dompet yang suka lupa hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau handphone gak bisa ketinggalan ya Mbak Myra

      Hapus
  29. aku belum nemuin nih mba penjual pinggir jalan yang pake edc spots ini, biasanya akan terpampang di depan restorannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak terpampang sih mbak. Ya anggap aja kayak untung-untungan. Hihihi

      Hapus
  30. berpartner sama gojek ya. bisa nyiapin pesenan makanan dulu sbl abang gofood datang. jadinya ga nunggu lama deh. keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Itu dia. Jadi customer juga gak nunggu lama ya mbak

      Hapus
  31. Pedagang sekarang makin keren ya berkat bantuan Spots. Enaknya lagi bisa chasless, gak pakai ribet kalau mau jajan tapi lupa bawa uang tunai

    BalasHapus
  32. Keren inovasi dari Gojek nih, mesin spots yang tak hanya memudahkan pembayaran tapi juga merekap transaksi dan laba hari itu ya

    BalasHapus
  33. Yang jelas pembayaran cashless ini bikin kita ga khawatir uang kita kurang ya..pernah mau beli sesuatu ternyata dompet ketinggalan, ga jadi belanja deh jadinya...

    BalasHapus
  34. Aku senang sekali ini sekarang ini beberapa tempat jajan yang suka aku mampirin juga sudah pakai SPOTS. Jadi gak perlu khawatir lagi kalau belum ambil uang tapi pengen jajan.

    BalasHapus
  35. Gojek terus berbenah ya mbak. Semakin inovatif. Dan bermanfaat banget untuk UMKM

    BalasHapus
  36. Keren ya Spots EDC ini. Gak hanya pengusaha sukses, UMKM aja bisa pake alat ini. Bikin praktis dan terjangkau harganya sih ya.

    BalasHapus
  37. Waah asiik juga mesin Spots Edc jadi kita tak perlu repot bawa uang cash yang berlebihan. Penggunaannya juga mudah dipahami.😊😊

    BalasHapus
  38. Sekarang makin asik aja nih, sebagai tim cashless saya ikut seneng dengan adanya Spots Edc ini, memudahkan transaksi soalnya tanpa harus repot bawa uang cash.

    BalasHapus
  39. Kadang pergi buru-buru,kelupaan bawa dompet berisi uang cash padahal udah setengah perjalanan.
    Untung pak suami ingetin kalo nggak perlu panikan,karena kan udah banyak outlet-outlet yang gunakan Mesin EDC Spots. Sekarang mau apapun jadi mudah

    BalasHapus
  40. Enak ya mba kalau ada mesin EDC spots ini. Kita nggak usah rempong-rempong lagi bawa uang cash atau cari uang yang pas. Udah gitu buat penjualnya juga lebih enak lagi. Karena pembukuan mereka jadi lebih rapih dan terstruktur juga

    BalasHapus
  41. Wah bahagia banget deh, bisa jajajn bakso pakai cashless juga, kan bikin dompet bebas koin kecil-kecil lalu hilang hihihihi.
    Btw bagus banget ya mesin EDC ini, menguntungkan penjual maupun pembeli :)

    BalasHapus
  42. Keren emang Spots ini, jajan lupa bawa uangpun bisa meski pinggir jalan. Salam kenal ya mbak.. :)

    BalasHapus
  43. Dengan pakai EDC semua transaksi jadi lebih lancar
    😊

    BalasHapus
  44. Mesin kasir sederhana ini bikin pengusaha dan pedagang kecil naik tingkat jadi lebih profesional. Adanya transaksi keuangan yang lebih transparan bikin pelanggan makin nyaman berbelanja dan pesan makanan

    BalasHapus
  45. Senannya transaksi pake cashless, apalagi kalau punya anak jadi gausah rempong bawa-bawa uang cash banyak. Buat penjual juga jadi semakin produktif ya

    BalasHapus
  46. Iya banget, jajan cashless ini praktis banget. Jangankan buat kita, buat pedagangnya pun makin simpel ya.

    BalasHapus
  47. Seneng bngt hidup dijaman digital kaya sekarang y mba gk pwrlu bawa uang cash kemana2 ckup pake msin edc ajaa

    BalasHapus
  48. Spots ini tak hanya di mall aja lho..
    Ditempatku, banyak pkl yg sdh pake spots..
    Jajan cashless makin mudah

    BalasHapus
  49. Toosss saya skrng jg lbh sering cashless nih mbak :D
    Apalagi banyak tenant yang menrima pembayaran cashless. Mesin edc spots sering liat kyknya di beberapa tenant langganan. Enaknya sih sering dapat cashback haha

    BalasHapus
  50. Amazing yaa...mesin EDC SPOTS ini sungguh bisa banyak hal.
    AKu jadi terpesona.
    Pembukuan jadi lebih rapi dan teratur.

    BalasHapus
  51. Menarik juga ya kalau warung jajanan rakyat punya mesin pintar seperti SPOTS, pembayaran jadi mudah dan gak perlu repot bawa uang cash

    BalasHapus
  52. saat pertama lihat kukira ini mesin EDC milik bank, ternyata bukan dan miliknya gojek. sangt memudahkan penjual maupun pembeli mengenai pembayaran.

    BalasHapus
  53. Pemilik usaha kuliner wajib banget pake SPOTS. Pakai SPOTS ini mempermudah kita untuk bertransaksi. Jadi mesin kasir iya, sama tercatat semua transaksi keuangannya. Terbantu pas ngitung-ngitung

    BalasHapus
  54. Jamam sekarang memang ya, segalanya makin mudah dan mulai cashless. Belanja Bakso saja bisa bayar pakai mesin EDC serasa lagi jajan di mall atau cafe resto.

    BalasHapus
  55. Seru nih, SPOTS ada dimana-mana. Aku pun udah engga perlu khawatir kalau mau jajan, tinggal bawa HP dan kartu debit aja. Penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan...

    BalasHapus
  56. Wah Mesin EDC spot Makin merambah di kalangan UMKM ataupun kios pinggir jalan ya mom. Emang lebih praktisi sih menurutku, bisa pakai cash, kartu debit dan GOPAY/OVO jugaa

    BalasHapus
  57. Wah punya pengalaman kecopetan ya kak? Ngeri banget sih emang klo sampe kecopetan. Untung aja ada pembayaran non tunai kayak spots ini. Bantu banget deh!

    BalasHapus
  58. wah perlu banget ini pastinya pengusaha kuliner punya spots ini ya, mbak biar nggak ribet dan lebih efektif dalam urusan transaksi

    BalasHapus

Memasak lebih praktis dengan Resep Masakan Rinaresep.com

Memasak lebih praktis dengan resep masakan Rinaresep.com .  Buatku yang tidak pandai memasak ini  pandemi seperti ini begitu menyiksa. ...