Senin, 28 Juni 2021

Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Traveling




Haloo sobat fadevmother, apa kabar? Kemarin udah baca cerita perjalananku ke Wisata Alam Posong Temanggung kan? Buat yang belum baca bisa baca-baca dulu di sini ya. Nah...kali ini seperti biasa aku kan cerita tentang seputar traveling. Nah, kali aku akan bercerita sedikit tentang pentingnya asuransi perjalanan saat traveling. 

Siapa di sini yang udah kangen jalan-jalan jauh naik pesawat tunjuk jari ! Pasti banyak banget ya yang tunjuk jari. Sudah lama banget kita nggak melakukan perjalanan naik pesawat. Aku sendiri selama pandemi baru sekali melakukan perjalanan jauh naik pesawat yaitu ke Pontianak bulan Oktober tahun lalu. Berharap pandemi segera berakhir biar bisa liburan lagi tanpa merasa was-was dan cemas ya. By the way terkadang naik pesawat bukan hanya liburan juga loh. Banyak juga yang naik pesawat untuk keperluan pekerjaan atau dinas ke luar kota. Nah buat teman-teman yang masih aktif bepergian naik pesawat, jangan lupain satu hal penting  saat perjalanan atau traveling ya. Apalagi kalau bukan asuransi perjalanan. 

Asuransi perjalanan biasanya sering terlupakan. Orang malas untuk membeli asuransi perjalanan karena mereka pikir jarang digunakan atau jarang klaim. Terlebih lagi harus membayar beberapa puluh ribu rupiah. Padahal manfaatnya banyak sekali lho teman-teman dibanding biaya yang kita keluarkan. Namanya juga proteksi ya kan? 

Beberapa tahun lalu pesawat sempat delay beberapa jam dan karena aku beli asuransi perjalanan kami mendapat kompensasi berupa uang tunai yang cukup lumayan. Dari uang kompensasi itu kami bahkan bisa buat liburan pakai tiket promo ke Malaysia loh. Hihihi...

Ada banyak manfaat asuransi penerbangan saat traveling.  Nah, biar gak penasaran langsung aja ya aku tulis. 

Manfaat asuransi perjalanan saat traveling :

1. Perlindungan keterlambatan penerbangan. 

Kita nggak perlu cemas apabila pesawat delay, karena biasanya akan terjadi penggantian kerugian akibat keterlambatan pesawat. Jadi ingat kami pernah dapat kompensasi uang tunai yang cukup lumayan. Apabila teman-teman membeli asuransi perjalanan di Traveloka  segala hal yang berkaitan dengan penerbangan ditanggung hingga 7.5 juta.

2. Perlindungan terhadap kecelakaan

Asuransi perjalanan yang kita beli saat traveling biasanya mengcover biaya apabila kita mengalami kecelakaan saat perjalanan. Di asuransi perjalanan Traveloka kecelakaan yang terjadi saat perjalanan ditanggung hingga 15 juta.




3. Pertanggungan biaya medis

Jika saat traveling kita terjadi sesuatu kecelakaan atau kejadian yang membuat kita harus dirawat, asuransi perjalanan bisa mengcover biayanya. Di asuransi perjalanan Traveloka ditanggung hingga 500 juta.

4.Perlindungan bagasi hilang

Pernah kejadian bagasi hilang atau koper rusak dan penyok selama penerbangan? Salah seorang teman di salah satu grup backpacker pernah kehilangan bagasi saat penerbangan internasional, dan karena dia beli asuransi perjalanan maka bisa diklaim dan diganti biaya bagasi yang hilang. Teman lain yang kopernya rusak saat di bagasi juga mengalami penggantian koper. Nah bermanfaat banget kan asuransi perjalanan ini.#JujurGunaBanget

Buat teman-teman yang ingin membeli asuransi perjalanan caranya mudah kok. Beberapa tahun ini di Traveloka menyediakan fitur asuransi perjalanan. Jadi kita bisa membeli tiket pesawat sekaligus membeli asuransi perjalanan. Step-step cara mengajukan asuransi perjalanan di Traveloka cukup mudah kok. 

Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan di Traveloka: 

  • Unduh Aplikasi Traveloka di Google Play Store atau iOS APp Store
  • Selesaikan proses registrasi akun dan login
  • Buka produk Asuransi Traveloka (atau Traveloka Protect) dengan cara klik Semua Produk            Produk (Versi EN, All Product)
  • Scrol kebawah dan temukan bagian produk Panduan Travel & Add-on
  • Klik button Protect (Produk Asuransi Traveloka)
  • Pilih dan klik button Asuransi Perjalanan
  • Pilih destinasi penerbangan teman-teman, tersedia dua pilihan penerbangan Domestik dan             Internasional           
  •  Lengkapi data perbangan informasi lainnya yang diminta, pastikan teman-teman mengisi dengan   akurat.


Mudah bukan ? cara klaimnya pun mudah. Teman-teman cukup mengisi formulir klaim dan dokumen pendukung yang diperlukan.  Permintaan klaim harus diajukan dalam waktu 30 hari setelah kejadian. Formulir  beserta dokumen pendukung bisa dikirimkan ke email yang tertera di website Traveloka bagian asuransi perjalanan ya. 

Selamat menikmati perjalanan teman-teman. Jangan lupa stay safe ya. Tetap patuhi prokes yang ada ya. Sampai jumpa di catatan perjalanan selanjutnya. Semoga informasi kali ini berguna buat teman-teman semua ya.


42 komentar:

  1. Aku selaku beli, walopun ga pernah kepake sih :D. Tapi memang dengan membeli asuransi perjalanan gini, JD LBH tenang mba. Kalo ada apa2, ga hrs pusing mikirin tabungan terkuras :D. Buatku sih, walopun pada akhirnya ga kepake, anggab ajalah itu biaya proteksi yg memang hrs dikluarin demi menjaga kita aman. Jumlahnya toh msh LBH kecil drpd hrg tiket yg dibeli :D. Kebayang kalo hrs pake uang sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak Fanni. Asuransi perjalanan ini kadang jarang dibeli soalnya mikirnya ah paling nggak kepakai. Padahal aslinya penting banget ya mbak.

      Hapus
  2. Jadi inget dulu ak jualan travel insurance di Terminal D keberangkatan di Soekarno Hatta Airport. Proteksi selama perjalanan memang penting. Kita gak tau apa yang akan terjadi, tetapi berjaga-jaga itu penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul sekali Mbak Diah . Kita tidak tahu apa yang terjadi di perjalanan. Oleh karena itu penting sekali berjaga -jaga ya mbak.

      Hapus
  3. Asuransi perjalanan memang jadi bikin lebih tenang. Berharap sih gak kepakai ya krn ingin perjalanan berlangsung mulus. Tapi jika ada pembatalan kan, jadi nggak rugi banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fungsinya kalau terjadi pembatalan atau delay dari pihak maskapai selama beberapa jam. Mayan dapat ganti rugi

      Hapus
  4. Asuransi perjalanan memang untuk jaga2 selama perjalanan ya mba. Hati jadi lebih tenang dan harganya jg terjangkau, jauh dr biaya perjalanannya sendiri, tapi kalau terjadi gimana2, ada yg dapat mengcover. Semoga setiap perjalanan kita selalu diberi kelancaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau dibandingkan dengan harga tiketnya sendiri sebenarnya asuransi perjalanan ini murah loh. Bisa mengcover kalau terjadi sesuatu

      Hapus
  5. Jadi teringat pada rencana traveling sama anak-anak yang tertunda dan tertunda gara-gara pandemi :D Insya Allah kalau udah aman dan jadi traveling, nggak lupa beli asuransi traveling ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pandemi cepat berlalu ya mbak. Jadi bisa jalan jalan dengan tenang bersama anak anak lagi.

      Hapus
  6. saya sendiri termasuk penggunanya mbak, terutama asuransi kesehatan dan perjalanan untuk keterlambatan dan perubahan jadwal pesawat. sudah pernah merasa ini sangat berguna

    BalasHapus
  7. Jd terbantu banget emang ya kl traveling kita dikover asuransi perjalanan. Semisal koper hilang atau rusak ada penggantiannya ya. Btw saya dan keluarga pernah mengalami oleh-oleh ketinggalan di bandara keberangkatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau koper hilang atau rusak ada penggantian mbak. Waah sayang sekali ya oleh oleh ketinggalan di bandara keberangkatan. Hehe

      Hapus
  8. Kalau bepergian ke luar memang bagusnya dilengkapi dengan asuransi perjalanan. Sebab kita juga gak bisa prediksi sih ya. Mungkin aja bakal ada delay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kadang perjalanan domestik juga ada delay. Nah kalau delay nya terlalu lama lumayan nih kita dapat uang kompensasi keterlambatan kalau pakai asuransi perjalanan.

      Hapus
  9. Strategis banget deh TRAVELOKA. Bisa pesan perjalanan sekalian sama asuransinya. Lengkap udah. Bepergian bisa merasa aman ya karena udah ter-cover.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beli tiket sekalian asuransinya bisa sekaligus di Traveloka mbak. Praktis...

      Hapus
  10. kalo di masa pandemi bgini apakah misal kena covid setelah perjalanan bisa masuk klaim ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada asuransi tertentu yang mengcover covid mbak. Tapi tidak semua. Ada baiknya membaca terlebih dulu mana asuransi yang cover covid dan mana yang tidak

      Hapus
  11. Ternyata cakupan asuransi perjalanan cukup banyak ya, nggak cuma kecelakaan aja, tapi juga mencakup keterlambatan penerbangan hingga perlindungan bagasi hilang. Bener nih, bagi yang sering bepergian naik pesawat, saya rasa wajib nih punya asuransi perjalanan, biar perjalanannya jadi lebih nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas asuransi perjalanan cakupannya luas. Dengan beli asuransi perjalanan, perjalanan terasa lebih nyaman.

      Hapus
  12. Menurut aq beli asuransi traveling itu penting kak, biar perjalanan nyaman aja bebas was2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul sekali mbak. Nyaman dan bebas was-was

      Hapus
  13. Wah jadi pengen traveling ke Bandung nih wkwkwkww.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuzz yaa setelah PPKM berakhir bisa main ke Bandung.

      Hapus
  14. Wah menarik banget ya ada proteksi untuk keterlambatan penerbangan. Potensinya bisa dapet sampai 7,5 juta pula.

    BalasHapus
  15. Penting banget punya asuransi perjalanan. Dulu waktu masih suka wara-wiri pasti beli untuk keamanan diri dan keluarga.
    Sekarang udah nggak pernah pergi-pergi lagi (karena pandemi belum berani pergi2), jadi nggak pakai asuransi perjalanan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penting banget Kak Niken. Apalagi buat yang suka wira wiri ya....semoga pandemi segera berlalu ya biar bisa segera pergi pergi lagi

      Hapus
  16. wah iya, saat melakukan perjalanan memang terkadang ada risikonya ya mbak
    pas banget klo membeli asuransi perjalanan saat travelling

    BalasHapus
  17. Penting banget sih beli asuransi traveling agar ada back up dalam hal yang tidak di inginkan

    BalasHapus
  18. Saya juga sering banget nih pakai asuransi perjalanan apalagi kalau emang rutenya yang berpeluang suka diubah2 jadwalnya sehingga berpeluang delay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...udah merasakan manfaatnya ya mas. Penting sekali yaa

      Hapus
  19. Wah setuju sekali mba. Sangat penting memiliki asuransi perjalanan karena kita kan tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan ya..

    BalasHapus
  20. bener kak, akan lebih tenang saat pergi dan pulang ya :D stay safe for u too and fam!

    BalasHapus
  21. pentingnya asuransi perjalanan ini adalah agar setiap melakukan perjalanan tetap menyara nyaman, baik ketika akan berangkat ataupun ketika akan kembali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merasa nyaman dan aman saat perjalanan emang penting sekali mas.

      Hapus

Pengalaman Vaksin Sinovac Pertama dan Efek Sampingnya

Selamat Hari Raya Idul Adha ya teman-teman. Meski Idul Adha kali ini berbeda dengan biasanya. Yup.... kita melaksanakan sholat Idul Adha di ...