Rabu, 18 Agustus 2021

Senyumku: Bank Digital dan Aplikasi Catatan Keuangan


Beberapa waktu yang lalu sempat mengobrol dengan seorang teman yang kebetulan anak pertamanya mau kuliah di kedokteran. Sempat surprise juga mengingat kuliah di kedokteran kan sumbangannya ratusan juta. Tapi meski pandemi dia bisa menyediakan uang pangkal ratusan juta. Kuncinya ada di tabungan pendidikan.

Teman yang lain bercerita kalau salah satu kerabatnya saat pandemi seperti ini susah untuk membayar uang muka daftar sekolah. Padahal sebelum pandemi keadaannya sangat lebih dari cukup.

Dari dua kisah diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa tabungan atau dana pendidikan itu penting. Terlebih jika pendapatan kita tiap bulan naik turun dan tidak tetap setiap bulannya. Bagi rumah tangga dengan satu pendapatan yang bekerja hanya suami saja seperti rumah tanggaku perencanaan keuangan sangat penting karena pendapatan hanya melalui satu pintu.

Aku akui di tahun-tahun pertama menikah lebih sering tekornya. Apalagi saat pengantin baru masih banyak kebutuhan plus cicilan rumah dan kendaraan. Sejak tekor melulu aku mulai merencanakan pengeluaran dengan cara sederhana.

Tips perencanaan keuangan sederhanaku : 

1. Bayar cicilan kartu kredit

Begitu gajian usahakan langsung membayar lunas tagihan kartu kredit. Kami masih menggunakan kartu kredit untuk belanja bulanan karena biasanya ada cashbacknya. Hehe. Namun kami selalu membayar lunas cicilan yang ada sehingga tidak terkena bunga.

2. Membuat pos - pos pengeluaran utama. Pengeluaran utama seperti pos untuk listrik, SPP anak-anak, transportasi, gaji mbak cuci setrika, belanja harian, pos sosial,  pulsa dan internet. Begitu gajian langsung masukin ke dalam amplop pembagian pos-pos ini.

3. Menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan anak-anak. 

Untuk pos tabungan pendidikan anak-anak ini aku alokasikan khusus. Dan sistemnya tidak bisa diutak-utik. 

4. Menyisihkan pendapatan untuk zakat dan sedekah. 

Untuk sedekah bisa kita ambil dari pos sosial. Untuk zakat ini  besarnya 2.5 persen. Bisa kita bayarkan setiap bulan atau setahun sekali setelah tercapai nishab.

5. Tidak lapar mata dan membeli barang seperlunya.

Meski sebenarnya bisa saja beli beli baju atau tas setiap bulan, namun aku memilih untuk tidak melakukannya. Budget untuk membeli baju atau sepatu bisa dialihkan ke hal-hal yang lebih penting atau ditabung untuk sesuatu yang tidak terduga. Jadi jangan kaget kalau sosmedku sepertinya gak ganti-ganti baju alias itu-itu saja. Hahahaha...

6. Mencatat pengeluaran harian

Pengeluaran harian ini sepertinya sepele namun bisa tekor jika tidak terkendali dan tidak tercatat. Tiba-tiba baru 2 minggu atau 3 minggu gaji sudah habis saja. Sejak beberapa tahun lalu aku mulai mencatat pengeluaran harian. Mencatatnya manual di buku tulis. Hehehe. Tapi efektif banget karena aku jadi punya catatan pengeluaran bulananku dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun berkat rajin mencatat pengeluaran harian ini.

Enaknya sekarang ada aplikasi catatan pengeluaran dari Senyumku loh. Jadi buat yang malas catat manual seperti aku, bisa catat catatan pengeluaran langsung dari aplikasi. Dan enaknya lagi sudah dikelompokkan per kategori.


Tentang Senyumku

Senyumku adalah  layanan perbankan digital untuk memudahkan kita dalam mengatur keuangan dan juga menabung hanya dalam satu aplikasi. 

Senyumku merupakan produk milik PT Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2014. Jadi aman digunakan. Buat temen-temen yang ingin aplikasi Senyumku ini bisa mengunduhnya di Playstore.

Untuk bisa mendaftar di akun senyumku cukup dengan KTP saja. Syaratnya adalah WNI dengan usia 17-55 tahun. 

Produk dari Senyumku ini bermacam-macam diantaranya adalah Celengan senyumku, auto catat, laporan keuangan dan transfer. Lengkap banget ya guys?




Fitur Catat

Fitur Catat dari aplikasi Senyumku adalah fitur yang bisa kita gunakan sebagai catatan keuangan harian. Kita bisa menggunakan fitur Catat ini untuk mencatat keuangan dari uang tunai, e-wallet dan akun perbankan hanya dengan satu aplikasi saja.

Dengan fitur catat ini pengeluaran harian lebih terkontrol karena ada catatan cashflow uang masuk dan keluar. Nah biar gak lupa di senyumku ini ada alarm pengingat. Kita bisa set alarm di jam tertentu sebagai pengingat kapan waktu kita mencatat pengeluaran harian. Jadi nggak usah kaget uang lari kemana kalau tiba-tiba habis karena semua tercatat rapi di catatan keuangan. 

Dengan fitur spending meter, monthly spending dan daily digest ini kita bisa tahu keuangan kita sehat atau nggak karena bisa kita monitor.

Transfer

Di Senyumku kita bisa transfer kapan saja. Bebas biaya admin dan biaya transfer lho guys.



Celengan Senyumku

Yang paling kusuka dari Senyumku adalah celengan Senyumku. Celengan Senyumku ini adalah wish list yang ingin kita capai. Misalnya kita menabung untuk Kurban tahun depan , liburan ke Bali atau bayar pajak kendaraan tahun depan. Nah kita bisa menabung dengan cara memasukkan ke dalam pos-pos tersebut.

Kita bisa menabung tiap bulan sejumlah tertentu dan nanti akan ada simulasi berapa bulan tabungan wish list kita akan tercapai. Buat yang boros dan gak bisa atur keuangan tapi punya banyak wish list bermanfaat banget nih. Kabar baiknya lagi bunga dari celengan Senyumku ini 5.5 persen loh. Mayan banget kan?

Waah jadi pengin pindahin catatan keuangan manual di buku tulisku ke Senyumku:   Bank Digital & Aplikasi Catatan Keuangan nih. Oya proses pendaftarannya juga mudah lho dalam hitungan menit kita sudah bisa mempunyai bank digital.

Kalau kalian gimana guys? Sudahkah mencatat pengeluaran harian? Kalau belum yuuk unduh Senyumku agar keuangan lebih terkontrol dan sehat.

39 komentar:

  1. Fitur-fitur dari Aplikasi Senyumku sangat membantu banget ya untuk keluar masuknya uang, apalagi ada fitur celengan yg bisa merealisasikan keinginan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya membantu banget mbak. Pengeluaran jadi tercatat dan gak jebol. Hehehe

      Hapus
  2. wah aplikasi senyumku ini lengkap banget ya. menjawab kebutuhan emak-emak banget. Pakai ini ahh, biar semua aman jayaaaa

    BalasHapus
  3. Wow! Lengkap banget fitur-fiturnya. Jelasnya ini sangat membantu banget buat emak-emak sepertiku yang anti ribet. Makasih informasinya, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermanfaat buat emak emak ngatur keuangan pastinya. Semoga bermanfaat yaa

      Hapus
  4. Usai terjawab keluhan yang dialami langsung tersenyum ya mbak hehehe. Aplikasi yang sangat membantu nih dalam urusan keungan. Thanks mbak

    BalasHapus
  5. Sangat membantu sekali adanya aplikasi laporan keuangan yang mudah dan simpel untuk dikelola..

    BalasHapus
  6. Artha Nugraha Jonar12 Agustus 2021 06.12

    Fitur tabungannya menarik banget ini, bisa mencatat segala pengeluaran kita. Apalagi ini tergabung di satu aplikasi tabungan digital. Bikin pengelolaan keuangan jadi lebih mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dalam satu aplikasi nih, bisa nabung, sekaligus mencatat pengeluaran

      Hapus
  7. Zaman now dipermudah ya, Mbak. kalau dulu harus pakai buku catatan, sekarang tinggal mencatat di Senyumku. Banyak fitur-fitur lain juga, termasuk celengan untuk sebuah rencana tertentu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih praktis mas Bambang . Trus fitur celenganku ini berguna banget buat yang punya banyak keinginan

      Hapus
  8. Eh gimana, gimana? Di Senyumku bebas biaya admin kalo transfer ke bank? Ke semua bank? Waaah....menarik banget ini. Kalau sering transfer ke berbagai bank, penghematannya jadi terasa banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya benas admin ke bank nya dia aja Mbak. BANK Amar. Saya nulisnya benas transfer bank, bukan ke semua bank. Hehee

      Hapus
  9. Tips perencanaan keuangannya bisa dicoba nih biar bisa manage dan ngontrol keuanganku. Ternyata banyak juga ya yang pakai Aplikasi Senyumku, aku tertarik banget dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, jarang juga fitur-fitur itu di dalam satu aplikasi, jadi memudahkan orang untuk mengatur keuangannya ya.

    BalasHapus
  10. Nyatet keuangan keluarga emang enak banget kalo pake aplikasi begini. Kalo pake manual agak ribet dan bukunya ga selalu dalam jangkauan tangan. Beda lagi kalo hp mah selalu dalam jangkauan tangan jadi bisa rajin kan nulis pemasukan dan pengeluaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ...iya, repotnya pakai buku itu kadang ada hari yang bolong karena gak setiap hari pegang buku, masih harus nyari nyari dulu

      Hapus
  11. Rasanya sedari dini punya tabungan untuk anak anak memang penting sekali. Apalagi buat yang pendapatannya kelap kelip. Jadi pengen tau lebih banyak tentang Senyumku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tabungan pendidikan itu emang penting banget . Persiapkan sedini mungkin.

      Hapus
  12. Bank Amar Indonesia baru pertama kali dengar ini mba. Namun jika sudah terdaftar di OJK pasti kredibilitas banknya baik. Semoga aplikasi Senyum ini bisa membantu aku yang paling males ini nulis pengeluaran dan pendapatan agar semua sesuai dengan pos nya dan malah bisa menabung untuk beli yang diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah diawasi OJK Mas Tomi. Jadi insyaAllah Bank Amar dan aplikasinya aman.

      Hapus
  13. Wah aku baru denger nih aplikasi senyumku.. mencatat keuangan jadi lebih mudah dengan senyumku ini yaaaaa

    BalasHapus
  14. aku juga sudah download aplikasi Senyumku ini mbak
    senang bisa catat keuangan harian dengan mudah sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah toss dong Lebih mudah catat keuangan ya Mbak

      Hapus
  15. jadi pingin download aplikasi Senyumku karena mempermudah urusan finance

    satu aplikasi untuk berbagai transaksi keuangan

    BalasHapus
  16. Yeah bener banget nih enak pake Senyumku ini. Apalagi buka rekeningnya ga harus ada setoran awal, ga ribet deh pokoknya. Fiturnya juga banyak.

    BalasHapus
  17. Enak banget pake Senyumku ini, registrasinya juga paling ga ribet deh karena ga perlu ada setoran awal dan fiturnya banyak banget juga sesuai sama kebutuhan.

    BalasHapus
  18. Nggak boring lagi nih jadi senyum hepi ya mbak. Makasih tipsnya juga mba harus diterapin ini sih. Aku belum pake senyumku jadi kepo

    BalasHapus
  19. Menggunakan aplikasi senyumku, cashflow jadi teratur ya kak. Apalagi fitur celengannya itu loh. Sungguh-sungguh definisi aplikasi keuangan yang keren banget

    BalasHapus
  20. Buat yang kesulitan membuat catatan keuangan dan mengatur pemasukan-pengeluaran uang, aplikasi Ini sangat membantu.

    BalasHapus

Wajah Baru Masjid Istiqlal Yang Adem

Hari Minggu tanggal 7 November 2021 kemarin kami pergi ke Masjid Istiqlal. Yaah sudah lama sekali sejak Masjid Istiqlal direnovasi kami belu...