Jumat, 03 Juni 2022

9 Tips Liburan Menyenangkan setelah Pandemi

Halooo teman-teman buat kalian  yang ingin pergi liburan, sebaiknya simak tips liburan menyenangkan berikut ini. Apalagi setelah dua tahun kalian di rumah saja karena pandemi.

Hampir semua orang menyukai kegiatan liburan ke tempat wisata daripada liburan di rumah saja. Tak sedikit dari mereka yang menanti-nantikan momen ini, setelah dua tahun tidak bisa bepergian karena pandemi COVID-19. 

Karena ini pertama kalinya teman-teman berlibur usai pandemi , tentu banyak sekali perlengkapan yang harus kalian persiapkan, termasuk mencari tahu apa saja tips liburan menyenangkan.

Di samping itu, ada kalanya libur menjadi daftar wajib bagi beberapa keluarga setiap tahunnya. Namun, karena pandemi, liburan pun jadi harus ditunda. 

Setelah ada waktu dan kelonggaran dari pemerintah, kini saatnya teman-teman mempersiapkan liburan setelah pandemi. Tentunya jangan lupa untuk menyiapkan asuransi perjalanan, ya. 

Tips Liburan Menyenangkan setelah Pandemi

Jadi kita bahas yuk tips liburan seru yang harus teman-teman persiapkan sebelum memulai kegiatan liburan. Simak tips liburan menyenangkan berikut ini.


  1. Memiliki Informasi Objek Wisata yang Cukup

Semuanya pasti memerlukan persiapan, termasuk dalam kegiatan wisata ini. Sebelum bepergian, ada baiknya dulu untuk mencari informasi mengenai objek wisata apa sajakah yang akan dikunjungi.

Beberapa yang harus diperhatikan yaitu lokasi tempat wisata, transportasi yang digunakan, arah jalan menuju ke sana, makanan apa yang dibawa saat berwisata ke daerah pegunungan dan pantai, dan fasilitas penginapan yang tersedia.



  1. Menentukan Transportasi yang Digunakan

Mungkin teman-teman berpikir tips liburan aman adalah dengan menyewa jasa travel yang mungkin dapat membantu kalian untuk menentukan arah perjalanan.

Akan tetapi, baik itu transportasi pribadi atau pun sewa, dua-duanya punya kelebihan masing-masing. Untuk transportasi pribadi, teman-teman bisa sesuka hati ke mana saja dan mungkin juga lebih menyenangkan karena hanya berisikan keluarga saja.



Namun jika teman-teman menggunakan kendaraan umum, reservasi tiket jauh-jauh hari pun sebenarnya dilakukan untuk menghindari tiket habis.

Selain naik kendaraan, ada lagi opsi tips liburan menyenangkan seperti jalan kaki. Mungkin terasa akan melelahkan sekali, namun jika jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah, tentu tidak ada salahnya, bukan? Masalah ongkosnya pun juga bisa lebih ditekan.

Namun, jika rasanya jalan kaki akan membebankan kalian, maka opsi dengan kendaraan mungkin jauh lebih baik.

  1. Menentukan Akomodasi yang Ditempati

Tentu saja, apabila teman-teman ingin bepergian dalam waktu yang cukup lama, maka akomodasi yang digunakan untuk tempat istirahat pun harus diperhatikan.

Teman-teman bisa melakukan reservasi seperti hotel atau guest house jauh-jauh hari agar tempat tinggal selama liburan sudah pasti tersedia di sekitar tempat wisata.

Sebaiknya kalian memilih akomodasi yang paling dekat dengan tempat wisata. Apalagi jika teman-teman tidak mempunyai transportasi tersendiri, tentu akan sulit untuk bepergian ke mana pun.

  1. Membuat Rencana Anggaran

Apabila semua informasi di atas telah diperoleh, sekarang ini waktunya untuk menyusun daftar anggaran yang akan dikeluarkan nanti. 

Saat berwisata ke pantai, teman-teman harus siapkan beberapa anggaran seperti sewa tikar, sewa jet ski, dan sewa naik banana boat.

Teman-teman pun bisa pertimbangkan saat pergi ke tempat wisata lain. Dengan berpatokan pada daftar anggaran, tentu kalian tidak akan membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

  1. Mengecek Promo Tiket 

Teman-teman juga harus sering-sering mengecek promo tiket sebagai tips liburan hemat. Biasanya terdapat promo-promo yang diberikan untuk tiket perjalanan jika kamu memesannya lewat online travel agent.

Dengan mendapatkan promo, tentu saja budget liburan kalian sudah jauh lebih hemat bersama sahabat atau keluarga. Untuk itu, rajin mengupdate informasi promo adalah trik jitunya.

  1. Membuat List Barang yang Dibawa

Untuk memulai tips liburan setelah pandemi mungkin tidak akan sama dengan sebelum pandemi. Sebab ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti perlengkapan antiseptik untuk menghindari virus.

Teman-teman bisa mencatat semua keperluan barang yang akan dibawa ini dalam secarik kertas. Misalkan seperti perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, sepatu, dompet, obat-obatan, pakaian, dan charger handphone.

Walaupun teman-teman sudah membuat daftar barangnya, mungkin ada baiknya untuk mengecek dulu semua barang sebelum berangkat dan menyesuaikannya dengan list tadi.

  1. Mencatat Pengeluaran Apapun

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran teman-teman selama liburan, sekalipun itu hanya membeli air mineral.

Hal ini sekiranya dapat membantu teman-teman dalam mengatur serta mengetahui kemana sajakah uang ini dikeluarkan. Dengan tahu ini semua, kemungkinan kamu untuk berfoya-foya dan boros pun dapat ditekan.

  1. Beristirahat yang Cukup

Menjelang hari keberangkatan, teman-teman menyediakan waktu istirahat yang cukup. Ini karena, kondisi fisik sepanjang waktu liburan mungkin akan melelahkan. Untuk itu, teman-teman harus persiapkan kesehatan prima dari sekarang.

Coba bayangkan jika kalian memaksakan diri untuk berlibur dengan kondisi yang tidak sehat? Tentu liburan kalian jadi tidak menyenangkan.

  1. Mengabadikan Setiap Momen

Supaya momen liburan teman-teman makin seru dan bisa diingat sampai kapan pun, jangan lupa untuk mengabadikannya dengan foto dan video. 

Untuk itu, membawa kamera DSLR jadi pilihan yang tepat agar hasil potretnya juga lebih sempurna. Namun, jika tidak punya, dengan kamera HP saja mungkin cukup.



Selain mengetahui tips liburan menyenangkan di atas, hal lain yang tidak kalah penting disiapkan adalah asuransi perjalanan. 

Untuk mendapatkan manfaat berupa jaminan rasa aman serta nyaman selama berwisata, teman-teman bisa memilih produk asuransi perjalanan Travi Insurtech dari SimasInsurtech.com. Ada banyak manfaat perlindungan yang akan teman-teman baik saat liburan di dalam negeri maupun luar negeri.


13 komentar:

  1. Hal pertama yang harus dicermati menurutku adalah anggaran hahaha :) Biasanya kepengen berwisata ke destinasi tertentu terutama yang belum sempat dikunjungi. Urusan transportasi juga penting dan melihat situasi dan kondisi terkini. Liburan setelah pandemi kita tetap melaksanakan 3M saja ya walaupun presiden sudah mengumumkan kita boleh buka masker hehehe :D

    BalasHapus
  2. Yup, banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat akan liburan terutama kalau bawa keluarga. Harus tahu paling nggak konsisi wisatanya gimana, soal transportasi, akomodasi dan yang pasti harus disesuaikan dengan budget yang ada. Supaya happy jadi makin happy jangan malah jadi beban ke anggaran hehe..Itu kalau aku..

    BalasHapus
  3. Kalau aku liburannya masih yang lokal-lokal aja mba, yang tanpa menginap. Pengen banget liburan ke pantai, tapi pak suami masih sibuk.

    BalasHapus
  4. Sekarang ini kudu cari informasi banyak2 terkait tempat liburan juga harga promo tiket ataupun tempat menginap ya .. informasi banyak sekali, kalau beruntung kita bisa dapat harga murah. Hati senang karena bisa berhemat, liburan pun menyenangka :)

    BalasHapus
  5. Maak kalau aq yg pertama tujuan mana yg tiketnya promooo murah pastinya ada budget beli tiket ya. Tapi pernah juga tau murah banget langsung main hajar aja tp berangkatnya masih jauh2 hari jadi masih ada waktu nabung. Yg penting tiket amankan dulu 😀

    BalasHapus
  6. Lama banget aku dan anak-anak tidak liburan, terakhir liburan sekeluarga itu tiga tahun lalu, kemudian pandemi. Moga pasca pandemi ini bisa mengajak anak-anak liburan, aamiin. Kangen pengen ke Yogya atau Bandung sih

    BalasHapus
  7. aku juga udah jalan sana - sini niiih mba selama pandemi.. memang kita teap harus waspada yaa. Soalnya pandemi belum benar - benar usai

    BalasHapus
  8. Tips nya mantul mba, bermanfaat banget buat kami-kami yang hendak menghabiskan liburan bareng anak-anak kali ini.

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas tipsnya, kalo kami mau liburan yang utama itu adalah menentukan kapan mau perlunya, mencocokkan jadwal saya, suami dan anak2 serta selera. Ini kadang butuh sidang beberapa kali, hahaha

    BalasHapus
  10. Tips liburan yang kini sudah memungkinkan untuk diwujudkan.
    Asiik~
    Semoga dengan perhitungan budget untuk berbagai keperluan selama liburan, semua aman, gembira dan balik dalam keadaan fresh kembali.

    BalasHapus
  11. Tipsnya lengkap banget, Mbak. Mumpung liburan sekolah pengen nih ajak anak-anak liburan yang agak jauh. Biar nyaman juga perlu punya travel insurance, ya.

    BalasHapus
  12. Baca artikel ini jadi kangen liburan mbak, padahal sekarang Alhamdulillah pemerintah sudah memberikan kelonggaran setelah 2 tahun ruang gerak kita bener-bener terbatas banget. Tapi sayangnya anggaran jalan-jalan tahun ini terpakai buat si kecil masuk sekolah 😂

    BalasHapus