Selasa, 11 Juli 2023

Terdampar di Keindahan Eling Bening

Hai guys ketemu lagi nih sama fadevmother.  Huhuhu dah lama banget ya nggak nyapa pembaca dan nulis cerita jalan-jalan.  Padahal banyaaak banget cerita jalan-jalan yang belum ditulis. Kata orang nulis itu harus mood. Jadi kalau nggak mood ya kadang males nulis.

Kali ini mau nulis tentang perjalanan libur lebaran kemarin. Biasanya setiap pulang kampung pasti kami memyempatkan diri untuk berwisata di tempat wisata sekitar.  

Sayangnya libur lebaran kemarin karena mengurus nenek yang sedang sakit,  jadi tidak sempat berwisata. 

Rencananya kita mau main  ke sekitar Ambarawa pas perjalanan pulang ke Jakarta.  Kebetulan banyak tempat wisata yang dilalui saat perjalanan pulang. Ada Candi Gedong Songo, Eling Bening, Palagan Ambarawa,  Museum Kereta Api dan sebagainya. 

Hari H pulang pun tiba.  Sayangnya si bungsu lagi nggak enak badan. Jadi sepanjang perjalanan dia muntah. Satu kilometer dari  Eling Bening wajahnya semakin pucet. Jadi  kita melipir ke Eling Bening.  Niat awalnya buat wisata, namun karena si kecil sakit, kita mampir  buat istirahat sambil nunggu si bocah enakan. Judulnya sih beristirahat sambil berwisata.

Waktu menunjukkan pukul sebelas siang saat kami tiba di Eling Bening.  Parkiran lumayan penuh karena hari itu hari libur lebaran.

Eling Bening berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan udara segar. Tempat ini terletak di Jalan Sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. 

Banyak yang telah berubah dari Eling Bening. sejak terakhir kali ke sini awal tahun 2017. Harga tiketnya waktu itu masih 15 ribu plus dapat mineral water. Sekarang harga tiketnya 35 ribu rupiah dengan fasilitas yang lebih baik.




Yang kami suka dari Eling Bening adalah tempat parkirnya yang  luas dan teratur. Ada beberapa gazebo yang disediakan di dekat tempat parkir mobil. Pun beberapa ayunan dan trampolin. Jadi buat yang menunggu di parkiran bisa istirahat di beberapa gazebo yang ada di sana. Kebetulan karena si kecil lemas kita istirahat di gazebo yang ada disana sebelum jalan-jalan. 

Resto Berlatar Pegunungan dan Resto Garden

Cacing dalam perut sudah mulai meronta-ronta, tanda waktunya makan siang tiba. Anak-anak ribut memilih menu, sementara si ayah beristirahat di Gazebo. Tersedia berbagai menu dari nasi goreng, ayam goreng, sapi lada hitam, bakso sampai udang.

Kita bisa memilih membeli makan di resto dengan  lansekap pemandangan indah di kejauhan berlatar Rawa Pening atau resto dengan konsep  garden resto. Harganya standar tempat wisata karena memang nilai jualnya adalah view pemandangan Rawa Pening di kejauhan. 





Kolam Renang Berlatar Pegunungan 

Di sebelah kiri restoran ada kolam renang yang lumayan besar. Dulu terakhir kali kami kesini kolam renang ini belum ada. Baru ada kolam renang kecil dekat tempat makan. Sekarang ada kolam renang besar yang cukup nyaman.  Kolam renang berlatar pegunungan yang indah. Biaya masuknya 20 ribu rupiah. 

Buat yang ingin berwisata,  Eling Bening recommended. Semua lengkap dan bisa mengakomidir keinginan semua anggota keluarga. Anak-anak bisa berenang, mama-mama bisa cari foto spot instagrammable yang tersebar di banyak tempat, para ayah atau oma bisa menunggu sambil makan di resto sambil memandang pemandangan indah.



Spot Foto Instagrammable

Buat yang suka berfoto ada perahu naga raksasa berwarna putih. Spot perahu naga ini termasuk rame yang dikunjungi wisatawan untuk berfoto. Dari perahu naga kita juga bisa melihat keindahan danau Rawa Pening yang membentang.





Selain spot perahu naga masih ada beberapa spot lain seperti di bawah ini. Pengunjung bisa berfoto di Gardu Pandang denga  pemandangan beberapa gunung dan Rawa Pening di kejauhan.


Jangan salah, selain pemandangan Rawa Pening kita juga bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, hamparan persawahan, Gunung Andong. Sebagai penyuka keindahan pegunungan meski nggak naik gunung,  destinasi ini sungguh menarik bagiku.




Suasana di Eling Bening saat kami berkunjung berubah - ubah. Sempat mendung dan gerimis, namun beberapa saat kemudian berubah cerah. Foto-foto yang diambil saat cuaca cerah sungguh indah karena gunung dan Rawa Pening terlihat jelas.







Outbond dan Playground 

Bosen cuma berfoto saja? Buat yang bawa anak-anak don't worry. Eling Bening ini juga dilengkapi dengan playground. Ada arena outbond dan playground. Flyng fox, perosotan, halang rintang dan berbagai ayunan ada disini. Sayang saat kami datang si kecil lagi gak enak badan. Jika sehat pasti dia sudah ribut main flyng fox.

Buat teman-teman yang ingin melaksanakan sholat tersedia musholla outdoor yang bersih dan nyaman. Tempat wudhu juga terletak di dekat musholla. 




Legenda Eling Bening 


Dulu saat kami kecil dongeng favorit yang selalu diceritakan almarhum bapak adalah Baru Klinthing. Setelah besar aku baru tau, tempat yang selama ini selalu ada di dongeng bapak, yaitu Rawa Pening yang beberapa kali kulihat keindahannya. 

Meski baru tiga kali kesana, tapi legenda Eling Bening membuat penasaran. Apalagi banyak wisata di Kabupaten Semarang yang sarat dengan legenda. Agak sulit sebenarnya menemukan legenda tentang Eling Bening ini. Awalnya kukira hanya nama sebuah restoran yang akhirnya berubah menjadi resort tempat wisata. Namun ternyata ada cerita di balik penamaan tempat ini.

Agak susah sebenarnya mencari referensi asal mula Eling Bening ini. Tentu saja legendanya tidak seterkenal Baru Klinthing dengan Rawa Peningnya yang sudah diceritakan sejak aku masih anak-anak.  Namun ada salah satu sumber tempat aku menemukan asal mula nama Eling Bening ini.

Dikutip dari jurnal penelitian undip tentang profile tempat wisata Eling Bening disebutkan bahwa Eling Bening berawal dari kisah Putri Bening. 

Alkisah pada jaman dahulu ada sebuah kerajaan Ambarawa yang dipimpin oleh Raja Pramudaka. Raja tersebut mempunyai istri bernama Ratu Candaka dan mempunyai seorang putri cantik bernama Bening.

Semua orang berlomba lomba untuk mendapatkan hati Putri Bening, namun Putri Bening sudah mempunyai seseorang yang dia dambakan dan dia cintai yaitu Sanggara. Sanggara merupakan pemuda desa yang rajin dan anak dari seorang pemilik kebun teh.

Kemudian pada suatu hari Putri Bening mengatakan keinginannya pada Raja bahwa dia ingin menikah. Raja menjawab dengan lembut bahwa dia sudah menyiapkan calon untuk Bening yang dapat menjadi penerus kerajaan.

Namun Bening mengelak dan mengatakan bahwa dirinya sudah mempunyai calon sendiri bernama Sanggara dan berusaha meyakinkan ayahnya.Raja dan Ratu ingin yang terbaik untuk Putrinya dan sudah melalukan perjanjian perjodohan dengan kerajaan Bawen yaitu seorang Putra Raja bernama Brahmana. Perjanjian tersebut sebagai imbalan karena kerajaan Bawen sudah membantu kerajaan Ambarawa saat gulung tikar.

Sang Raja dan Ratu merasa sangat bersalah apabila melanggar perjanjian, namun juga bingung dengan anaknya yang tidak mau dijodohkan dengan siapapun. Alhasil Putri Bening melarikan diri dengan Sanggara ke suatu bukit dengan harapan tak seorangpun mengetahui keberadaannya. Mereka berdua hiduptentram di bukit yang indah nan sejuk sejauh mata memandang. Dibawahnyaterdapat pemandangan sungai rawa pening, sawah dan gunung merbabu yang membuat pemandangan jauh lebih indah.



Namun tanpa disadari, keberadaan mereka diketahui oleh seorang Patih yang akhirnya diketahui oleh Raja. Sang Raja mengirim pasukan untuk membawa pulang Putri Bening. Namun saat tantara melakukan penyerangan terhadap Sanggara, Bening melindunginya dan alhasil pedang tajam menancap di perut sang putri dan menyebabkan sang putri meninggal.

Setelah satu bulan kepergian Sang Putri Bening, Sanggara kembali ke tempat itu dan mengenang masa-masa saat hidup Bersama Bening. Dia mengatakan “Aku eling Bening” yang artinya “Aku ingat Bening” dan jadilah tempat bukit tersebut dengan nama Eling Bening, untuk mengenang Putri Bening. 

Rute , Tiket dan Jam Buka Eling Bening 

Buat teman-teman yang ingin berwisata ke Eling Bening,  tempatnya buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam. 

Tiket : 
Weekdays 30  ribu
Weekend 35 ribu
Renang 20 ribu

Rute :

Dari Kota Ungaran, 

Bisa melalui jalan tol dan keluar di Exit Tol Bawen. Jika lewat jalan non tol, susuri jalan utama Semarang-Solo ke arah selatan sampai pertigaan di Terminal Bawen. Dari terminal Bawen sekitar 400 an meter. Dari Ungaran Eling Bening berjarak 20 km dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit.

Dari Jogja atau Magelang

Dari Jogja atau Magelang kita bisa melewati Secang dan kemudian ke Ambarawa. Dari Ambarawa kita menuju Ngrawan. Dari sini Eling Bening sudah dekat. 

Nah teman-teman mau berwisata ke Eling Bening? Yuk...kita main ke Ambarawa.  Selain Eling Bening masih banyak tempat wisata keren di Ambarawa dan Kabupaten Semarang  lho. Teman-teman bisa berkunjung ke Ayanaz Gedong Songo, Museum Kereta Api Ambarawa, atau Kampung Kopi Banaran. Oke deh sampai jumpa di catatan perjalanan berikutnya. 








Referensi :

https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11754/3/Bab%202.pdf

50 komentar:

  1. Mba... viewnya memanjakan mata banget sih...aku gak nyangka Semarang yang kesannya panas tuh ternyata punya banyak tempat yang adem2, ijo2, dan view yang super kece juga.. wah aku dah lama ga ketemu Mba Nunung di blog nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mbak. Semarang memang kesannya panas. Tapi ini ada di Ambarawa. Jadi lebih adem. Kalau Ambarawa ini masuknya Kabupaten Semarang mbak Ophie

      Hapus
  2. Wow...wow...wooow...bnyh sekali ya tempat2 wisata di seputaran kota Semarang. Dering sekali bunda ke Semarang sblm masa2 Pandemi. tp paling banter diajaknya ke Lawang Sewfu. Bundapun baca Magelang , Secang yeti ngat pada kerabat2 yg tinggal disaña.
    Suatu saat insyaallah bisa ketemu mereka pasti mereks tau tempat2 indah ini.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah kapan-kapan main ke Magelang Secang ya bunda . Kebetulan Magelang tempat lahir saya bunda...

      Hapus
  3. Nah, Eling Bening ini belum sempat aku kunjungi saat berwisata Ambarawa, mbak. Ternyata elok benar pemandangannya. Ada perahu naga segala hihihi dan kolam renangnya luas ya dengan latar belakang pegunungan. THM terbilang terjangkau aka murah lah. Kapan2 mesti dimampirin ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mbak Nurul kalau pas jalan-jalan lagi mampir sini ya. Dekat sini juga banyak tempat wisata kece loh

      Hapus
  4. Aduh baca sejarah di balik nama Eling Bening ini ternyata bikin nyesek juga ya. Di balik keindahannya ada cerita yang cukup menyakitkan.

    Eling Bening ini bisa dijadikan tempat ngadem di tengah cuaca Semarang yang terik ya. Indah banget tempatnya, tiket masuknya juga terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya legendanya ternyata sedih juga ya mbak. By the way legenda Eling Bening ini tidak seterkenal Baru Klinthing ya

      Hapus
  5. Bagus banget pemandangannya, noted ah mudah-mudahan bisa mampir pas perjalanan pulang kampung ke Jember, Jawa Timur. Biasanya suami suka ngajak mampir ke kota-kota terdekat selama diperjalanan, jadi sekalian jalan. Di sini ada rest area yang bagus banget pemandangannya kalo ngak salah, sayang tiap lewat Semarang pasti malem hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir ya mbak kapan-kalau kalau pas ke Jember. Saya juga hobi mampir tempat wisata kalau perjalanan pulkam

      Hapus
  6. Wah, cantik sekali pemandangan di Eling Bening ini mbak
    Senang kalau bisa berenang di air yang jernih sambil menikmati pemandangan pegunungan yang cantik seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa pemandangannya adeem mbak. Bikin betah pokoknya

      Hapus
  7. Seru banget jalan-jalan di Eling Bening apalagi fasilitasnya lumayan lengkap yah, anak-anak pasti betah apalagi ada area outbound dan playground. Pemandangannya juga indah banget cucok buat dipake healing dan ngelamun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak. Ini mah lengkap banget mau dari emak-emak, anak-anak sampai bapak-bapak terfasilitasi di sini

      Hapus
  8. Kayaknya wisata Semarang dan sekitarnya sekarang banyak yang bagus ya? Sayang aku Jateng ya ujung kulon kidul mbak, jadi jujur jarang banget main ke Semarang dan sekitarnya. Kalau pun ada urusan kesana paling karena ada kepentingan.

    Mudah-mudahan suatu hari bisa eksplor buat wisata, termasuk ke eling bening ini

    BalasHapus
  9. Setelah membaca pos Eling Bening dari Mbak Nunung, jadi nyesel karena gak jadi mampir pas ke Semarang kemarin. Padahal ya gak jauh banget lah dari Kota Atlas, tapi kok belum nyampe juga di sana. Emang deh tempat wisata dengan pemandangan alam dan fasilitas lengkap, bakalan diserbu pengunjung Apa lagi sedang liburan lebaran ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dekat mbak ini dari Kota Atlas. Kapan-kapan kalau pas lewat mampir Mbak Evi. Bisa foto foto keren

      Hapus
  10. Kebetulan sekali aku sepertinya akan ke Semarang, jadi nambah daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi berarti nih. Aku baru dua kali ke Semarang dan belum pernah mampir ke Eling Bening ini mbak, cakep ini pemandangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Mak Chi bisa jadi destinasi wisata pilihan ini

      Hapus
  11. Belum pernah wisata ke Ambara atau sekitarnya nih. Kayaknya asyik banget nih. Suasana adem dengan pemandangan menakjubkan.

    Setiap daerah nampaknya memiliki cerita asal usul atau legenda jaman dulu. Seperti halnya ini, Eling Bening. Tempat di mana Putri Bening meninggal demi mwlindungi orang yang dicintainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak main ke Ambarawa dan sekitarnya. Banyak tempat indah menanti

      Hapus
  12. Seru ya kalau pulang kampungnya jauh dan bawa kendaraan sendiri bisa mampir mampir buat jalan jalan. Sy kisaran Bandung aja heuheu

    BalasHapus
  13. Cakep sekali Eling Bening, harga tikenya pun terjangkau. Pernah ke daerah sini karena ada keluarga yang saya kunjungi tapi karena sudah sore jadi belum sempat singgah..huhu. Semoga nanti. Lengkap ya ga cuma ngadem saja, bisa pepotoan, nikmati pemandangan juga ada playground, arena outbond , flyng fox, perosotan, halang rintang dan berbagai ayunan. Aysyiknyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tiketnya lumayan terjangkau untuk menikmati pemandangan seindah ini

      Hapus
  14. Cerita legenda, kenapa banyak yang tragis sih? Eling Bening ini termasuk juga. Kujadi pengen ke sana juga, ke Rawa Bening juga. Btw, ada Naga di sana. Kebayang lihat pemandangan yang menarik dan cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Naga itu spot foto favorit mbak. Banyak yg pengin berfoto disana

      Hapus
  15. Tempat yang wajib dikunjungi nih.Instagramable banget. Keren abis, alamnya masih segar. Harga tiketnya juga terjangkau. Dari perahu naga pandangan luas ya mom melihat kesekitarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak Denise. Instgrammable banget nih. Banyak spot fotonya

      Hapus
  16. Masya Allah indah banget pemandangannya Mbk, itu bakal betah deh mandinya di sini kalau anak-anakku, asli suka banget deh dengan keindahannya dan spot foto yang bagus banget

    BalasHapus
  17. Dari view dan namanya emang cooxk banget eling dan bening ya kan. Bisa buat healing ,buat yang suka pandangan dari atas cocok banget ke sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buat penyuka pegunungan dan hawa adem cocok kesini nih

      Hapus
  18. Ambarawa keren alamnya, udaranya juga seger ya maak...berarti kalau ke eling bening tiket masuk 35 berenang 20 tot 55rb belum jajan yaks...

    Tahun kemarin aku belum mampir kesini tapi ke museum.KA, benteng pendem sama danau apa itu lupaa 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbak Yeni kesini. Wisata dekat sini banyak mbak. Bagus-bagus. Eh aku malah belum pernah ke benteng pendem loh.

      Hapus
  19. Aku pernah kesiniiii. Udh jadi total berarti ya mba? Soalnya pas aku DTG, masih ada beberapa bagian yg dalam pembangunan. Tapi si kereta naga udah ada. Jadi kami foto2nya di sana.

    Sama tuh, aku mampir sini juga Krn anak2 pusing 🤣. Jadi istirahat dulu.

    Trus kemarin kan baru dari solo Jogja. Pas balik JKT, gmapsnya ngarahin lewat Magelang, dan tiba2 nembus di jalan yg bisa ngeliat eling bening ini dr kejauhan. Kirain apa putih2 di atas. Pas aku zoom, eh ternyata si perahu naga 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Fanny. Sekarang dah jadi. Yuuk main yuk kalau pas pulang ke Solo bawa mobil bisa mampir

      Hapus
  20. Waah pengetahuan baru lagi nih, legenda Eling Bening. Entah kenapa kalau cerita asal usul gini selalu menarik. Tempatnya luas, banyak spot menarik juga, walau terlihat mendung tapi tetep bagus pemandangannya.

    BalasHapus
  21. Ada banyak keseruan bermain ke Eling Bening.
    Suasana syahdunya ini sih yaa.. yang bikin adeemm. Meski berubah-ubah, jadi bikin galau pengunjung. Hihihi..
    \Bagus-bagus banget spot fotonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Mbak Len..mampir sini yak kalau pas main ke Jateng

      Hapus
  22. tempat yang nyaman untuk menikmati liburan bersama keluarga yaa mba. Bagus pemandangan dari atasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Indah. Betul sekali..pemandangannya bagus bangeet

      Hapus
  23. Subhanallah pemandangannya indah sekali mba.. memang berada di atas ya?. Apakah cuaca juga sejuk disana? Kayaknya kalau Semarang agak panas ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Ambarawa sejuk mbak , nggak panas kayak Semarang. Apalagi kalau daerah Bandungan dekat Candi Gedong Songo dingin disana malah

      Hapus
  24. Masya Allah.. view-nya bagus banget, Mbak.. sejauh mata memandang terbentang pegunungan nan hijau, juga Rawa Pening. Aku juga pecinta alam pegunungan meski gak naik gunung soalnya, hehe.. jadi ikut seneng liatnya.
    Btw obyek wisata di Ambarawa dan sekitarnya bagus-bagus ya. Kakak sepupuku suaminya orang sana, sering share pemandangan Ambarawa yang indah-indah juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya obyek wisata Ambarawa dan sekitarnya emang bagus-bagus. Kereen

      Hapus
  25. Belum pernah ke sana tapi viewnya cakep banget makkk apalagi wisata pegununga itu bikin sejuk ya. Biasanya kalau dengar kota ambarawa panas apa karena tertanam di otak itu dulu perang terjadi ya. ternyata punya tempat kece wajib dikunjungi seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambarawa lumayan gak panas Mak Echa. Apalagi kalau naik ke Bandungan. Dingin . Kalau Semarang emang panas

      Hapus