Rabu, 23 Agustus 2023

Belajar Berhitung Makin Asyik dengan Mortgage Calculator Money Games

Sebagai seorang ibu aku sudah mengajarkan keuangan sejak dini pada anak-anak. Beberapa belas  tahun yang lalu saat anak-anak pertama dan kedua anak-anak masih TK, aku sudah mengajarkan konsep uang sederhana.

Mereka belajar keuangan secara sederhana. Dari belajar belanja jajan mereka sendiri ke warung, sampai mengenalkan menabung kepada anak-anak.  Setiap tahun mereka menerima angpau. Agar uang angpaonya tidak terpakai oleh ibunya, mereka aku bukain tabungan anak-anak sejak TK. Jadi uang angpao mereka ditabung. Pun saat mereka belajar mempunyai uang saku. Sisa uang sakunya ditabung. Ini adalah pelajaran literasi keuangan sederhana yang aku ajarkan pada anak-anak saat mereka kecil. Kini mereka sudah SMA. Sudah lebih bisa mengatur keuangan. Dikasih jatah uang saku sebulan dan mereka sendiri yang mengaturnya. Dari uang jajan, uang skin care sampai  uang buat hiburan seperti makan di luar bersama teman-temannya.

Lain si kakak , lain pula si bungsu. Si bungsu sekarang kelas satu SD. Sedang senang-senangnya belajar berhitung. Berhitung apa saja, dari penjumlahan sederhana sampai berhitung uang. Hihihi....iya dia mempunyai dompet uang sendiri. Isinya uang dari tante, nenek sampai uang hasil dia injak-injak ayahnya saat ayahnya capek.

Kalau pengen beli sesuatu, aku ajarkan untuk menabung. Jadi kalau pengen beli mainan yang agak mahal dia biasanya ambil uang dari dompetnya dan tidak minta ibunya lagi. Menabung juga adalah salah satu cara mengajarkan literasi keuangan sejak dini. Agar anak-anak lebih tahu mana kebutuhan dan mana keinginan.  Jadi anak-anak bisa membelanjakan uangnya dengan lebih bijak. 

Beberapa waktu yang lalu dia sangat ingin pergi ke luar negeri. Katanya hanya dia sendiri yang belum pernah ke luar negeri. Kakak-kakaknya beberapa kali saat mereka masih kecil. Habis lebaran kemarin dia memberikan semua uang angpaonya dan minta dibelikan tiket. Untung salah satu maskapai sedang ada free seat dan tiket murah. Jadi uang angpaonya dan uang hasil freelance ibu bisa buat liburan singkat backpackeran berdua saja ke negara tetangga.  Jadi dia semakin mengenal konsep uang.  Bahwa untuk membeli tiket pun harus menabung atau bekerja terlebih dulu tidak ujug-ujug bisa beli tiket kemanapun kita mau.

Kini ada beberapa games permainan tentang keuangan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Kita bisa belajar literasi keuangan untuk anak-anak melalui games yang bisa diakses melalui website Mortgage Calculator Money Games.


Di Mortgage Calculator Money Games ini ada beberapa games seru untuk berlatih berhitung dengan konsep yang menyenangkan. Kebetulan anakku kelas satu SD , sedang senang berhitung. Beberapa games yang bisa kita mainkan adalah:

1. Cashier Simulator

Aku bermain cashier simulator ini bersama si kecil. Jadi kita bisa bermain games sekaligus berhitung dan belajar mengenai nilai mata uang melalui games ini. Si kecil tampak menikmati gamesnya.

Caranya mudah sekali. Kita tinggal menjumlahkan barang yang ada ke mesin kasir. Jika ada dua barang, kita menjumlahkan dua barang. Jika tiga barang maka kita menjumlahkan tiga barang. Total harga barang akan terlihat di mesin kasir dan kita harus membayar dengan uang yang ada di sana.

Di sini anak-anak belajar berhitung dan melakukan pengembalian karena uang yang tersedia biasanya bukan uang pas. Anak-anak akan belajar berhitung berapa pecahan lembar uang yang harus dikembalikan. Biasanya ada pecahan dolar dan sen.
Kita belajar penjumlahan dan pengurangan sederhana disini. Cocok untuk anak-anak belajar berhitung. 



Ada 160 level di permainan ini. Setiap menyelesaikan satu level kita akan mendapatkan tiga bintang.

2. Idle Money Tree

Pohon uang juga salah satu games favorit anakku yanh ada di Mortgage Calculator Money Games. Cara bermainnya cukup mudah. Kita hanya perlu mengumpulkan uang dengan cara klik kantong uang yang ada di pohon uang. Semakin cepat kita klik dan semakin banyak kantong uang yang klik, jumlah uang kita semakin banyak.

Setelah jumlah tertentu kita bisa membeli beberapa item untuk membuat pohon uang tumbuh subur. Kita bisa membeli sinar matahari, air untuk mengairi sampai buah-buahan.

Jumlah uang yang digunakan membeli semakin lama semakin mahal.  Misalnya harga air lebib mahal dari sinar matahari dan harga buah diatasnya lagi.




Nah seru banget kan. Teman-teman juga bisa bermain bersama si kecil sambil belajar berhitung dan belajar nilai mata uang di website money games di bawah ini: 


Gimana tertarik kan? Oya satu lagi nih games kesukaan anakku. Semuanya masih berhubungan dengan mesin kasir. Maklum anak segitu lagi senang-senangnya belajar belanja di minimarket dan belajar membayar sendiri.

3. Grocery Cashier

Permainan ini mirip cashier simulator. Bedanya kalau games grocery cashier ini barang belanjaan lewat di belt conveyor dan setelah di scan sama kasir akan masuk ke kantong belanjaan. Setelah itu kita bisa menambahkan item lain dengan cara menambahkan. Total belanjaan akan kelihatan dan kita diberi uang untuk membayar. Tugas kita sebagai pemain akan mengembalikan sisa uang belanjaan. Anak-anak akan belajar cara mengembalikan uang. Misalnya 42 dolar, maka anak-anak akan belajar mengambil 4 lembar 10 dolaran dan 2 lembar 1 dolaran.

Anakku suka banget nih main permainan ini. Serasa jadi kasir dan menerima pembayaran dan memberikan kembalian.





Nah seru banget kan. By the way ada lusinan games buat anak-anak di website Mortgage Calculator dari berbagai kategori seperti  Grocery Store  Games, Farming Simulation Games, Business Simulation Games, Software Development Games dan Real Estate Games.


23 komentar:

  1. Aku sekarang lagi ngajarin anak pertama juga mbak buat ngatur uangnya sendiri, ternyata uang saku untuk sekolah 6 hari habis dalam 2 hari hahahhaa,,.. MasyaAllah keren sekali, butuh mental yang kuat buat ajarkan pentingnya memanage uang sama mereka ya.. biar nggak gampangan sama uang.

    BalasHapus
  2. Baru saja saya dapat informasi kalau mortgage kalkulator bisa dilakukan untuk mengecek keuangan jika akan membeli rumah. Eh sekarang dapat informasi terbaru, bahwasanya mortgage kalkulator juga memiliki fitur games yang bermanfaat untuk anak sebagai media pembelajaran berhitung. Keren memang nih... Saya jadi penasaran pengen coba game nya. Bisa untuk media pembelajaran anak ya

    BalasHapus
  3. Belajar berhitung dengan cara mudah dan menyenangkan lewat permainan jadi gak kaya sedang belajar ya mbak, anak-anak pun semangat belajar matematikanya. Banyak banget ya permainanan berhitung di mortgage

    BalasHapus
  4. Nah, kok samaan sih aku dan anak2 juga demen main Money Games semacam ini? Yang main supermarket jadi kasir itu seru hehehe. Jadi belajar menghitung uang secara cermat ya. Kelak nanti bisa mengelola keuangan mulai kecil hingga besar.

    BalasHapus
  5. Waah memang asyik bisa belajar berhitung dengan cara - cara yang fun seperti ini ya mba. I guess everyone will enjoy it

    BalasHapus
  6. ngajarin literasi keuangan dengan cara fun ini berarti ya mba nunung. Kalau yang ortunya agak lemah diurusan literasi keuangan kasih aja money games di mortgage calculator ya. bantu berhitung dengan cara seru dan asik

    BalasHapus
  7. Aku sempat jg kemaren nyobain bbrp game di mortgage ini, ternyata seseru itu ya mak. Dan game nya jg banyak bangetalah jd pengalaman seru beda2 keahlian

    BalasHapus
  8. Anak sekarang cerdas dalam bernegosiasi yaa..
    MashaAllaa~
    mengenalkan literasi yang terbaik selain dengan contoh sehari-hari, bisa juga dengan bermain Mortgage Calculator Money Games, ternyata. Semua anak pasti seneng siih.. diajak main games.

    BalasHapus
  9. Berasa kaya masa kecil main masak-masakan dan pasar-pasaran ya mak, jadi berasa lebih kekinian karena srmua serba digital tapi tetap dapat feel kasirnya hehehe

    BalasHapus
  10. Cara belajar sekarang tuh memang menyenangkan sekali, apalagi dengan modelan yang kayak gini ya. Terutama untuk anak-anak juga jadi lebih menyenangkan untuk belajar literasi keuangan.

    BalasHapus
  11. Anakku juga seneng nih belajar matematika dengan Mortgage Calculator Games. Cashier Simulator bikin dia belajar berhitung ketika membeli sesuatu. Belajar jadi lebih menyenangkan dengan game ini.

    BalasHapus
  12. Di mortgage calculator ini bukan hanya memberikan layanan untuk menghitung financial dalam membeli rumah, tapi ada banyak game seru untuk belajar keuangan. Mantap sih ini.

    BalasHapus
  13. Eh nggak usah anak-anak, aku aja sesekali masih main game di website ini. Ya biasanya saat jenuh atau buntu ide nulis, akhirnya main game

    BalasHapus
  14. Wa seru nih. Aku belum pernah main game ini. Nanti bukalah, main sama Bocil sekalian belajar berhitung sebelum dia mulai sekolah

    BalasHapus
  15. Wah, seru ya kalau belajar matematika lewat game gini
    Pastinya anak lebih suka ya mbal dan lebih cepat paham tentunya

    BalasHapus
  16. Anak sy jg suka main disini nih. Asik banget ngajarin gimana caranya punya passive income lewat permainan disini.

    BalasHapus
  17. Wah menarik sih ini game-nya. Apalagi buat anak2 yangs edang belajar berhitung dan belajar mengenal mata uang. Daripada si kecil main game kyk perang2an, mending kyk gini jadi sekalian belajar dan kita juga bisa mengawasinya ya. Thanks infonya mbak.

    BalasHapus
  18. Aaah iyaa... mengenalkan cara berhitung bisa seasyik ini ya. Anak2 bakalan tidak spaneng belajar berhitungnya kalo pake games gini. Aku juga mau nyoba aaah...

    BalasHapus
  19. Hehehe... wah si bungsu udah bisa punya penghasilan tetap nih mbak, upah menginjak-injak punggung papanya kalau capek.

    Bagus-bagus ya gamenya di Mortgage Calculator Money Games ini, ada nilai edukasinya juga, mengajarkan pengelolaan keuangan pada anak sejak dini

    BalasHapus
  20. Wah, menarik sekali ini mbk websitenya. Aku paling suka main grocery cashier, berasa jadi kasir beberan ahaha. Banyak juga ya gamesnya... Mau coba yang lain

    BalasHapus
  21. Mortgage Cashier money games menyenangkan ya bisa buat belajar berhitung anak2 pastinya meningkatkan literasi keuangan

    BalasHapus
  22. pasti asyik dan menyenangkan banget buat anak-anak yang bisa belajar berhitung dan keuangan juga dengan mortgage calculator ini, ngga akan terasa seperti belajar

    BalasHapus
  23. sekarang lebih banyak mengenalkan literasi keuangan pada anak ya

    BalasHapus